22 Makanan Khas Jawa Barat, Cocok untuk Kulineran Bersama Kerabat

Makanan khas Jawa Barat – Makanan yang ada di Indonesia ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari ujung barat sampai di bagian timur sana. Tiap daerah memiliki makanan khas-nya masing-masing. Baik itu makanan berat yang bikin kita kenyang, ataupun makanan ringan yang bisa mengganjal perut sampai waktunya makan datang.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan unik dan rugi kalau nggak kamu cicipi adalah Jawa Barat. Di Jawa Barat atau Sunda itu banyak banget lho makanan yang enak. Kamu pernah nyobain belum? Kalau belum pernah, mending kita cari tau dulu aja makanan yang jadi khas-nya orang Jawa Barat itu apa aja.

1. Lotek

Lotek enak
ratnawatiutami.blogspot.com

Udah pernah denger lotek belum? Lotek itu makanan yang bentuknya mirip seperti pecel, tapi pecel kan makanan khas Jawa Timur bukan Jawa Barat.

Isian yang ada di lotek dan pecel pun hampir sama lho, yaitu sayuran yang direbus terus disiram sama bumbu kacang. Nah, yang bedain antara lotek dan pecel tuh mungkin pelengkap lainnya. Lotek biasa ditambah bakwan sama ketupat, kalau bisa juga ditambahi telur dan juga kerupuk.

Bumbu untuk menyiram lotek pun berbeda, dalam bumbunya kadang pakai terasi dan juga bawang putih. Selain itu tingkat kepedasan bumbunya juga bisa kita sesuaikan dengan selera kita.

2. Batagor Bandung

Batagor Bandung
masteresep.com

Batagor itu nama kerennya, kalau kepanjangannya tuh bakso tahu goreng. Makanan yang satu ini sudah gampang ditemui di tiap daerah. Biasanya jualan di pinggir jalan, ada juga yang keliling pakai gerobak atau malah ada yang buka semacam restoran gitu.

Nah, batagor ini terbuat dari tahu yang berisi bakso lalu dibungkus dengan tepung dan digoreng. Biasanya disajikan dengan sambal kacang dan ada juga yang ditambahi dengan potongan timun.

Jajanan ini enak banget lho, kamu bisa menemuinya dijajakan oleh pedagang pinggir jalan. Mungkin di kota kamu juga ada, buruan cobain. Cobain juga makanan dari Betawi ya, hehehe.

3. Karedok

karedok
masakanragam.blogspot.com

Makanan khas Jawa Barat lainnya adalah karedok. Makanan yang satu ini agak unik lho, karena sayurannya masih segar alias mentah atau bahasa kerennya tu raw food. Nah, karena sayurannya nggak dimasak, maka karedok ini rasa khas dari sayurannya masih terasa.

Walaupun sayurannya mentah, saus kacang yang ditambahkan saat pembuatan karedok akan menambah cita rasa dari makanan ini lho. Cobain aja deh biar tau gimana rasanya, yang pasti rasa sayuran mentahnya terasa banget, seger-seger manis gitu.

4. Sega Lengko

Sego Lengko
ranselkecil.com

Sega lengko ini kalau di bahasa Indonesia namanya nasi lengko, merupakan makanan khas dari pantai utara, mulai dari Bandung, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan daerah di sekitarnya.

Bahan penyusun yang ada dalam nasi lengko ini adalah nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, timun, tauge rebus, daun kucai, bumbu kacang, bawang goreng dan kecap manis.

Ada beberapa orang yang suka menambahkan nasi lengkonya dengan sedikit minyak bekas dipakai untuk menggoreng tahu dan tempe.

5. Cireng

Cireng - aci goreng
flickr.com

Cireng atau aci goreng, kalau dibahasa Indonesia artinya tepung kanji goreng. Bahan utamanya adalah tepung kanji yang digoreng. Sekarang udah banyak varian rasa dari cireng ini, bahkan ada juga cireng isi.

Bahan yang digunakan untuk membuat cireng ini cukup sederhana, seperti tepung kanji, air, garam, merica bubuk, bawang putih dan daun bawang. Nah, kalau untuk yang cireng rasa biasanya diberi perasa bubuk. Tapi kalau cireng isi, ada isian di dalam cirengnya.

6. Combro

combro - oncom di jero
tasting-diary.blogspot.com

Combro ini kepanjangannya adalah oncom di jero atau oncom di dalam. Combro merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dari singkong dan juga oncom. Singkong diparut kemudian dibentuk bulat atau lonjong, lalu di dalamnya diisi dengan sambal oncom, setelah itu digoreng.

Rasanya combro itu gurih-gurih mantab deh. Perpaduan antara singkong dan combro itu pas banget. Di luar itu renyah, tapi bagian dalamnya lembut dan oncomnya mantab.

7. Oncom

Oncom
jurnaltransformasiku.wordpress.com

Oncom merupakan makanan yang terbuat dari kedelai, bentuknya mirip seperti tempe. Bedanya, kalau tempe itu diperjualbelikannya sebelum kapangnya menghasilkan spora. Sementara itu, oncom diperjualbelikan setelah kapangnya menghasilkan spora.

Warna antara tempe dan oncom pun juga berbeda, kalau tempe kan putih, oncom warnanya ada yang sampai oranye. Jadi, jangan kaget kalau kamu jalan-jalan ke jawa barat, terus nemu ada makanan jamuran kok dijual bebas.

8. Peuyeum

Peuyeum Singkong
ensiklopediaindonesia.com

Peuyeum, atau tape singkong merupakan singkong yang difermentasi. Jadi singkong yang keras di fermentasi dengan menggunakan ragi tape sampai menjadi lunak dan rasanya agak manis.

Kalau di daerah Jawa Tengah dan Jogja, mungkin makanan ini disebut tape singkong. Bentuknya memang mirip, bedanya, kalau peuyeum biasanya dijual dalam bentuk singkong utuh, tape dijual dengan bentuk yang sudah dipotong-potong.

9. Rengginang

Rengginang
id.wikipedia.org

Rengginang ini udah banyak dikenal oleh masyarakat, di berbagai daerah sudah mudah ditemui. Rengginang merupakan makanan seperti kerupuk yang terbuat dari nasi atau ketan. Bentuk rengginang ini berbeda dari kerupuk biasa, malah terlihat seperti brondong. Rengginang masih tampak butiran-butiran ketannya.

Suka ada guyonan tentang rengginang nih kalau pas hari raya Idul Fitri. Biasanya, kalau ada kaleng biskuit, terus buat tebak-tebakan. Isinya asli apa palsu? Soalnya, kadang ada yang isinya bukan lagi biskuit, melainkan rengginang.

10. Misro

Misro amis di jero
resepkoe.com

Misro terbuat dari parutan singkong yang di dalamnya diisi gula merah kemudian digoreng. Nah, nama dinamai misro karena merupakan kependekan dari amis di jero dalam bahasa Sunda, kalau bahasa Indonesia-nya manis di dalam.

Sepeti namanya, makanan tradisional ini rasanya manis, tetapi bagian dalamnya saja. Sedangkan bagian luar memiliki rasa sedikit manis dan gurih. Bentuknya bulat lonjong dan biasanya seukuran bola ping pong.

Kalau ngomongin olahan singkong, jadi keinget makanan yang dari Pontianak. Eh, tapi kan nggak ada makanan khas dari singkong ya di sana?

11. Wajit

wajik manis
kuehmueh.com

Wajit adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, yang dimasak dengan gula merah dan kelapa. Kalau di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah wajit ini biasa di sebut wajik. Wajit merupakan oleh-oleh khas dari Cililin, Bandung Barat.

Rasa dari makanan berbentuk balok ini manis, dengan tekstur yang legit. Warna aslinya adalah coklat karena menggunakan gula merah sebagai pemanisnya. Kalau kamu menikmati wajit, paling cocok dimakan saat pagi hari dan ditemani secangkir teh hangat.

12. Surabi

Surabi
mrsshiksa95.wordpress.com

Buat kamu yang sedang main ke Bandung, Jawa Barat, akan sangat rugi kalau nggak cobain surabi. Salah satu makanan yang dimasak masih dengan cara tradisional tapi bentuknya seperti makanan luar. Kalau kamu perhatikan, surabi memiliki bentuk seperti pancake, tetapi dimasak di atas tungku.

Adonan yang terbuat dari tepung beras dan bahan lainnya akan dimasak menggunakan tungku tanah liat. Dengan metode memasak seperti ini, tentu akan membuat rasa khas surabi menjadi tetap terjaga keasliannya.

Dengan berkembangnya zaman, surabi yang dulunya hanya berpenampilan polos, kini sudah banyak varian rasanya. Kamu bisa meminta surabi dengan berbagai rasa, ada coklat, keju, nangka, pisang, durian, sosis, atau oncom. Tinggal pilih mana yang sesuai selere kamu.

13. Cimol

Cimol - aci digemol khas Jawa Barat
blogoinformasi.com

Makanan berbentuk bulat dari Jawa Barat ini merupakan singkatan dari aci digemol, atau aci yang dibentuk bulat-bulat. Aci merupakan tepung kanji, ya maka dari itu makanan ini diberi nama cimol. Bulatan dari cimol ini tidaklah sebesar misro, kamu bisa memakannya dengan sekali lahap saja.

Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih-gurih lezat. Adonan aci yang sudah dibulatkan akan digoreng sampai matang. Sehingga bagian luar dari cimol ini terasa sedikit renyah tetapi akan kenyal di dalam. Kemudian ditambahkan bumbu yang memiliki rasa pedas, bikin kamu nggak bisa berhenti sebelum cimol di tangan habis.

14. Bandros

Kue Bandros
simplyasep.com

Bandros merupakan salah satu kue tradisional di Jawa Barat. Kue ini terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Adonan bandros kemudian dimasak di atas cetakan yang bentuknya mirip kue pukis.

Sola rasa, nggak usah ditanya deh, bandros ini rasanya tradisional tapi enak, ada gurih-gurihnya gitu. Paling enak, menikmati bandros ini ketika masih hangat dengan taburan kelapa parut di atasnya dan secangkir kopi sebagai temannya.

15. Colenak

Colenak khas Jawa Barat
goodindonesianfood.com

Makanan dari Jawa Barat itu banyak yang disingkat-singkat, salah satunya colenak ini. Colenak merupakan singkatan dari dicocol enak. Kedengaran lucu ya namanya? Tapi memang itulah nama makanan ini, dan tentu ada maksud di balik sebuah nama.

Colenak merupakan sebuah olahan berbahan dasar peuyeum yang dibakar di atas arang. Setelah itu disiram dengan saus gula merah yang kental dan parutan kelapa. Nah, di sini nih makna dari namanya, ketika menikmati colenak, kita akan mencocolkan peuyeum ke saus gula merahnya.

16. Tutug Oncom

Tutug Oncom
wonderfulisland.id

Seperti namanya, tutug oncom merupakan nasi yang ditumbuk atau dicampur bersama dengan oncom. Tetapi, sebelum dicampur, oncom sudah terlebih dahulu digoreng atau dibakar agar rasanya menjadi lebih enak. Menu ini dikenal sebagai makanan khas Tasikmalaya.

Kamu bisa mengonsumsi tutug oncom ini tanpa nasi, rasanya sudah enak kok. Tapi, kalau dimakan menggunakan lauk, tentu rasanya lebih enak lagi. Pendamping makan tutug oncom ini bisa ayam ataupun sambal. Kalau tanpa lauk, tutug oncom memiliki rasa yang gurih.

17. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu
beritaplatmerah.com

Sekarang ini, ubi cilembu sudah mudah kita temui di beberapa kota besar di Indonesia. Ubi cilembu merupakan ubi jalar yang memiliki rasa manis seperti madu. Tapi, kalau kamu melihat saat masih mentah, ubi cilembu ini bentuknya seperti ubi pada umumnya.

Tetapi, setelah dimasak, bentuk ubi cilembu akan kempes dan keriput. Setelah dibuka atau dikupas, kelihatan warna ubi cilembu akan seperti madu. Ketika dimakan, ubi ini memiliki rasa yang manis seperti madu. Biasanya, ubi ini dimasak dengan cara dioven.

18. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang Jawa Barat
flickr.com

Tahu yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumedang. Sepintas, tahu sumedang mirip seperti tahu lainnya yang sering kita jumpai. Tapi, rasanya tentu berbeda dari tahu-tahu di pasaran.

Kalau kamu berkesempatan pergi ke Sumedang, coba beli tahu ini. Rasa dari tahu yang ada di Sumedang ini enak banget lho. Tahu sumedang berbentuk kotak dengan bagian tengahnya kopong. Rasanya tahu sumedang adalah gurih dengan tekstur yang lembut.

19. Asinan Bogor

Asinan Buah Bogor
qudapan.blogspot.com

Asinan Bogor memiliki ciri khas berupa kuah yang menggunakan cabe merah. Dengan menggunakan cabe merah sebagai salah satu bahannya, asinan Bogor warna kuahnya menjadi merah pekat. Rasanya pun tidak seperti asinan biasanya, asinan ini memiliki rasa yang pedas.

Selain kuah yang pedas, asinan Bogor dipadukan dengan berbagai sayur dan buah-buahan. Atau, bisa juga kamu memesan asinan buah dan asinan sayur secara terpisah. Umumnya, untuk asinan sayur, terdiri dari tauge dan kol. Sedangkan asinan buah biasanya menggunakan salak, bengkoang, jambu, dan nanas.

20. Dodol Garut

Dodol Garut
dilajustin.blogspot.com

Dodol Garut merupakan salah satu jenis dodol yang ada di Indonesia. Dodol garut biasanya memiliki bentuk balok dan berwarna coklat. Dodol garut memiliki tekstur yang mirip seperti jenang Kudus, tetapi dodol ini lebih kering.

Bahan untuk membuat dodol Garut adalah tepung ketan, gula merah, dan santan. Tetapi, dodol ini sekarang sudah banyak macamnya.

21. Dorokdok

Dorokdok khas Jawa Barat
tokopedia.net

Ternyata, selain dodol, di Garut juga ada makanan khas yang menjadi salah satu ikon kabupaten tersebut. Nama makanannya adalah dorokdok, kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ataupun kerbau. Kalau di daerah Jawa Tengah, mungkin makanan ini namanya krecek.

Tapi, di Jawa Barat, penamaan makanan biasanya dari ciri khas makanan tersebut. Seperti dorokdok, penamaannya diambil dari suara saat kita memakannya. Saat makan kerupuk ini, akan muncul suara “dorok dok dorok dok”, yah, walaupun tidak persis seperti itu sih suara yang timbul.null

22. Seblak

Seblak basah
rasamasa.com

Makanan yang lagi hits dan ada di banyak daerah nih.

Kamu pernah nyobain nggak nih? Makanan yang terbuat dari kerupuk dan dibumbui dengan garam, cabe, kencur, bawang putih, garam, dan bumbu lainnya. Selain kerupuk dan bumbu biasanya juga ditambah dengan sayuran, telur, ayam, ceker, sosis, dan bahan lainnya.

Seblak ini bentuknya berkuah gitu, paling enak dimakan pas masih panas-panas. Nggak cuma panas sih, seblak juga paling enak dimakan dengan banyak cabe. Jadi panas dan pedes, pasti nafsu makan kamu jadi bertambah berkali-kali lipat.null

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Jawa Barat yang rasanya sayang sekali kalau kamu belum pernah mencobanya. Atau mungkin kamu pengen nyobain makanan khas Jawa Tengah?

Leave a Reply