Yuk Cicipin Makanan Khas Jawa Barat

Di Sunda atau Jawa Barat itu banyak banget lho makanannya. Kamu pernah nyobain belum? Kalau belum pernah, mending kita cari tau dulu aja makanan yang jadi khas-nya orang Jawa Barat itu apa aja.

1. Lotek

Lotek enak

ratnawatiutami.blogspot.com

Udah pernah denger lotek belum? Lotek itu makanan yang bentuknya mirip seperti pecel, tapi pecel kan makanan khas Jawa Timur bukan Jawa Barat.

Isian yang ada di lotek dan pecel pun hampir sama lho, yaitu sayuran yang direbus terus disiram sama bumbu kacang. Nah, yang bedain antara lotek dan pecel tuh mungkin pelengkap lainnya. Lotek biasa ditambah bakwan sama ketupat, kalau bisa juga ditambahi telur dan juga kerupuk.

Bumbu untuk menyiram lotek pun berbeda, dalam bumbunya kadang pakai terasi dan juga bawang putih. Selain itu tingkat kepedasan bumbunya juga bisa kita sesuaikan dengan selera kita.

2. Batagor

Batagor Bandung

masteresep.com

Batagor itu nama kerennya, kalau kepanjangannya tuh bakso tahu goreng. Makanan yang satu ini sudah gampang ditemui di tiap daerah. Biasanya jualan di pinggir jalan, ada juga yang keliling pakai gerobak atau malah ada yang buka semacam restoran gitu.

Nah, batagor ini terbuat dari tahu yang berisi bakso lalu dibungkus dengan tepung dan digoreng. Biasanya disajikan dengan sambal kacang dan ada juga yang ditambahi dengan potongan timun.

3. Karedok

karedok

masakanragam.blogspot.com

Makanan khas Jawa Barat lainnya adalah karedok. Makanan yang satu ini agak unik lho, karena sayurannya masih segar alias mentah atau bahasa kerennya tu raw food. Nah, karena sayurannya nggak dimasak, maka karedok ini rasa khas dari sayurannya masih terasa. Cobain aja deh biar tau gimana rasanya, yang pasti rasa sayuran mentahnya terasa banget tuh.

4. Sega Lengko

Sego Lengko

ranselkecil.com

Sega lengko ini kalau di bahasa Indonesia namanya nasi lengko, merupakan makanan khas dari pantai utara, mulai dari Bandung, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan daerah di sekitarnya.

Bahan penyusun yang ada dalam nasi lengko ini adalah nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, timun, tauge rebus, daun kucai, bumbu kacang, bawang goreng dan kecap manis.

Ada beberapa orang yang suka menambahkan nasi lengkonya dengan sedikit minyak bekas dipakai untuk menggoreng tahu dan tempe.

5. Cireng

Cireng - aci goreng

flickr.com

Cireng atau aci goreng, kalau dibahasa Indonesia artinya tepung kanji goreng. Bahan utamanya adalah tepung kanji yang digoreng. Sekarang udah banyak varian rasa dari cireng ini, bahkan ada juga cireng isi.

Bahan yang digunakan untuk membuat cireng ini cukup sederhana, seperti tepung kanji, air, garam, merica bubuk, bawang putih dan daun bawang. Nah, kalau untuk yang cireng rasa biasanya diberi perasa bubuk. Tapi kalau cireng isi, ada isian di dalam cirengnya.

6. Combro

combro - oncom di jero

tasting-diary.blogspot.com

Combro ini kepanjangannya adalah oncom di jero atau oncom di dalam. Combro merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dari singkong dan juga oncom. Singkong diparut kemudian dibentuk bulat atau lonjong, lalu di dalamnya diisi dengan sambal oncom, setelah itu digoreng.

7. Oncom

Oncom

jurnaltransformasiku.wordpress.com

Oncom merupakan makanan yang terbuat dari kedelai, bentuknya mirip seperti tempe. Bedanya, kalau tempe itu diperjualbelikannya sebelum kapangnya menghasilkan spora. Sementara itu, oncom diperjualbelikan setelah kapangnya menghasilkan spora. Warnanya pun beda, kalau tempe kan putih, oncom warnanya ada yang sampai oranye.

8. Peuyeum

Peuyeum Singkong

ensiklopediaindonesia.com

Peueyum, atau tape singkong merupakan singkong yang difermentasi. Jadi singkong yang keras di fermentasi dengan menggunakan ragi tape sampai menjadi lunak dan rasanya agak manis.

9. Rengginang

Rengginang

id.wikipedia.org

Rengginang ini udah banyak dikenal oleh masyarakat, di berbagai daerah sudah mudah ditemui. Rengginang merupakan makanan seperti kerupuk yang terbuat dari nasi atau ketan.

Bentuk rengginang ini berbeda dari kerupuk biasa, malah terlihat seperti brondong. Rengginang masih tampak butiran-butiran ketannya.

10. Misro

Misro amis di jero

resepkoe.com

Misro terbuat dari parutan singkong yang di dalamnya diisi gula merah kemudian digoreng. Nah, nama dinamai misro karena merupakan kependekan dari amis di jero dalam bahasa Sunda, kalau bahasa Indonesianya manis di dalam.

11. Wajit

wajik manis

kuehmueh.com

Wajit adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, yang dimasak dengan gula merah dan kelapa. Kalau di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah wajit ini biasa di sebut wajik. Wajit merupakan oleh-oleh khas dari Cililin, Bandung Barat.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Jawa Barat yang rasanya sayang sekali kalau kamu belum pernah mencobanya. Atau mungkin kamu pengen nyobain makanan khas Jawa Tengah?

Leave a Reply