9 Makanan Khas Pontianak yang Lezat dan Enak

Makanan Khas Pontianak – Kamu bingung cari makanan di kota yang dilewati garis katulistiwa ini? Nggak usah bingung deh, ada banyak makanan enak yang siap disantap nih.

Banyak kok kuliner khas Pontianak yang siap memanjakan lidah dan mengisi perut kosong kamu. Jangan lupa juga, cari-cari makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Langsung aja kita simak beberapa makanan yang khas di Kota Katulistiwa.

1. Sotong Pangkong

Makanan khas Pontianak Sotong Pangkong
pontibonticake.com

Sotong pangkong adalah makanan yang menggunakan sotong (cumi) sebagai bahan dasarnya. Makanan ini merupakan jajanan khas dari Melayu Pontianak ketika Ramadhan.

Cumi yang digunakan untuk membuat kuliner khas ini bukan cumi segar lho, melainkan cumi yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Nah, cumi kering kemudian dipanggang lalu dipukul-pukul agar dagingnya lebih empuk.

Biasanya, untuk menikmati sajian lezat yang satu ini, ada sambal kacang atau asam pedas manis yang menemani.

2. Pengkang

Pengkang khas Pontianak
pengkangpontianak.blogspot.com

Buat yang bukan dari Pontianak, mungkin nama makanan ini jarang sekali didengar. Iya nggak?

Pengkang merupakan makanan khas yang bahan dasarnya adalah beras ketan atau kalau orang Kalimantan Barat menyebutnya beras pulut. Rasa dari kuliner ini unik, kalau dimirip-miripin, pengkang ini mirip seperti lemper dari Jawa, bedanya ada pada isian.

Jajanan khas ini menggunakan isian berupa udang kering (ebi). Penyajiannya pun juga berbeda, setelah dikukus, pengkang akan dibakar terlebih dahulu. Baru kemudian disajikan bersama dengan sambal kerang.

Tertarik mencoba?

Langsung saja serbu Jalan Raya Pontianak – Sungai Pinyuh, tepatnya di daerah Peniti. Di daerah tersebut kamu bakalan menjumpai restoran yang mengjual menu spesial ini.

3. Burung Punai

Burung Punai khas Pontianak
hericfood.blogspot.com

Seperti namanya, makanan yang satu ini memakai daging burung sebagai bahan bakunya. Daging burung yang digunakan tentu saja daging burung punai.

Burung punai sepintas mirip seperti merpati, paruhnya berwarna kemerahan, dan badannya hijau. Jenis burung ini biasanya mudah ditemukan di daerah Pontianak dan Mempawah. Para pemburu biasanya menggunakan jaring untuk menangkap burung ini.

Biasanya, burung punai diolah dengan digoreng atau dibakar saja. Walaupun pengolahannya sederhana, tapi rasanya enak luar biasa. Teksturnya empuk dan memiliki rasa yang gurih, sangat cocok dimakan bersama dengan sambal dan lalapan.

4. Chai Kue

Chai Kue
heyitsmedevina.blogspot.com

Jangan cuma makan makanan berat saja, cobain juga jajanan khas dari Kota Katulistiwa ini, chai kue.

Apaan tuh chai kue?

Chai sendiri artinya adalah sayur, jadi chai kue ini termasuk makanan yang menyehatkan. Isinya adalah sayuran yang dikukus (sehat banget nih). Tapi, ada juga yang digoreng, mungkin biar lebih lezat lagi ya.

Kalau kamu lihat sepintas, chai kue ini mirip seperti pastel atau kroket. Tapi sebenarnya beda banget lho, kulit chai kue ini bikinnya dari tepung beras yang dicampur dengan tapioka. Kalau pasket kan pakainya tepung terigu tuh.

Nah, untuk isiannya, biasanya menggunakan sayur seperti keladi, kucai, bengkuang, kacang kedelai, dan rebung. Pastinya, jajanan ini enak dan halal kok.

Kira-kira, bisa nggak ya chai kue dijadikan oleh-oleh?

5. Kue Bingke

Bingke
instagram.com

Buat kamu yang cari oleh-oleh khas Pontianak, cobain deh kue bingke. Kue yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis ini bisa kamu bawa sebagai buah tangan lho.

Sulit nggak dapetnya?

Tenang-tenang, kue bingke ini gampang baget kok ditemuin di Kota Pontianak. Apalagi pas Bulan Ramadhan, kue ini biasanya disajikan ketika berbuka. Harganya pun murah, kisaran 10-20 ribu rupiah saja kok.

Rasa dari kue ini juga berkembang lho, mengikuti perkembangan zaman. Sekarang kamu bisa memilih, mau rasa original, susu, ubi rambat, keju, jagung, kacang ijo, coklat, durian, dan masih banyak lagi rasa lainnya.

Selain rasa yang bervariasi, jenis kue bingke juga ada variasinya, bingke biasa dan bingke berendam. Bingke biasa penampakannya agak kering, berbeda dengan bingke berendam yang basah dan teksturnya lembek.

Pengolahan dua jenis bingke tersebut sedikit berbeda. Kalau bingke biasa, memasaknya dengan cara dipanggang, bingke berendam memasaknya dikukus. Nah, agar bingke tidak cepat kering setelah matang, masukkan saja ke dalam alumunium foil, lalu simpan di tempat yang tertutup rapat.

6. Lempok Durian

Lempok Durian
adira.co.id

Buat penggemar duren, cobain deh makanan enak yang satu ini, lempok durian. Salah satu makanan khas Pontianak yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bentuk lempok durian ini mirip seperti dodol. Ya, karena memang proses pembuatannya sama kayak bikin dodol. Bedanya, lempok nggak pakai campuran tepung beras ketan, jadi rasanya duren banget.

Selain daging durian, lempok juga menggunakan gula pasir agar lebih awet. Gula pasir ini juga digunakan untuk membuat rasa lempok lebih manis. Tapi tenang, rasa duren nggak hilang kok, aroma kuat durian juga masih bisa kamu nikmati.

Kamu penggemar durian?

Langsung aja beli lempok durian, yang langsung dari Pontianak ya, biar cita rasanya itu pas banget. Kamu bisa titip tuh sama temen yang asli Pontianak.

7. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya
fahmi-artcolection.blogspot.com

Es lidah buaya adalah minuman khas Pontianak yang menyegarkan. Minuman ini bukan cuma nama aja lho, emang bahan baku yang digunakan untuk membuat minuman khas Pontianak ini lidah buaya. Iya, tanaman lidah buaya yang ada lancip-lancipnya itu.

Anti mainstream kan?

Emang unik banget kok minuman ini. Tapi tenang, sebelum dikemas, lidah buaya sudah diolah terlebih dahulu dengan direbus dan direndam air garam. Tujuannya apa? Tujuannya untuk menghilangkan zat-zat yang bisa menyebabkan kulit jadi gatal.

Masyarakat Pontianak biasanya menikmati lidah buaya dengan buah melon. Jadi, kesegarannya akan bertambah lagi beberapa kali lipat. Mantab.

Lidah buaya ini bukan cuma meneygarkan saja lho, tapi juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Lidah buaya mengandung asam amino, enzim, mineral, vitamin, dan beberapa polisakarida.

8. Coklat Wijen

Biskuit Coklat Wijen
koepoekoepoe.com

Oleh-oleh khas Pontianak ternyata bukan cuma kue bingke atau lempok saja lho. Ada satu lagi yang kamu harus cobain, coklat wijen. Perpaduan antara manisnya coklat dan gurihnya wijen.

Rasa dari coklat wijen ini sangat unik dan tentu saja enak lho. Jajanan ini juga awet, jadi bisa kamu bawa untuk oleh-oleh.

Kalau kamu tertarik mencicipi coklat wijen, harganya nggak begitu mahal kok. Kamu cukup mengeluarkan sekitar 20 ribu rupiah saja.

9. Pisang Srikaya

Pisang Srikaya
side.id

Pisang goreng tentu bukan makanan yang sulit ditemui, baik itu di Jakarta ataupun Pontianak. Tapi kalau pisang srikaya, mungkin sulit ditemukan di kota lain selain Kota Katulistiwa ini.

Makanan ringan ini bisa dengan mudah kamu temui di daerah Jalan Gajah Mada Pontianak, Kalimantan Barat. Ada banyak banget penjual camilan ini di sepanjang jalan itu.

Cara membuat pisang srikaya ini mirip seperti pisang goreng pada umumnya. Pertama goreng pisang yang sudah dilumuri adonan tepung. Setelah matang, pisang goreng akan disiram dengan saus srikaya yang khas.

Rasanya?

Nggak usah ditanya deh, manis dan enak tentunya. Perpaduan pisang goreng dan saus srikaya juga pas banget. Tekstur pisangnya pun lembut dan berselimut adonan tepung yang digoreng renyah. Hmmmm, nikmat banget dimakan bareng kopi atau teha hangat.

10. Kue Kantung Semar

Kue Kantung Semar
hanifah-hawwa.blogspot.com

Kue kantung semar, asalnya dari pedalaman dan pesisir Kalimantan Barat. Makanan ringan ini bahkan jadi khas di Kota Pontianak.

Jajanan tradisional ini adalah kantong semar, yang saat ini keberadaannya dilindungi. Jadi, tumbuhan kantong semar digunakan sebagai wadah untuk adonan beras pulut (ketan) yang dicampur dengan kacang merah.

Kue kantung semar ini wajib ada ketika acara tertentu. Biasanya ada di acara seperti pernikahan, acara adat, dan ketika hari raya Idul Fitri.

11. Sagu Gunting

Sagu Gunting
instagram.com

Seperti namanya, kuliner khas satu ini terbuat dari bahan dasar sagu. Cara membuatnya cukup mudah, sagu dikentalkan terlebih dahulu sampai seperti lem.

Kemudian, dicampur sagu lagi sampai nggak lengket. Lalu adonan digunting-gunting sampai seperti kertas. Adonan sagu lalu direbus sampai matang, baru kemudian dicampur kuah santan dan gula aren.

Dari bentuknya, mungkin kamu mengira ini adalah es cendol, padahal mah sagu gunting. Teksturnya mirip kayak agar-agar gitu. Kamu bisa mencari kuliner ini di pinggir jalan di Pontianak.

12. Jorong-jorong

Jorong-jorong
@prawita_septiana – instagram.com

Kalau kamu mau cari jajanan khas Pontianak, cobain deh jorong-jorong. Jajanan ini adalah salah satu kue tradisional yang cara membuatnya dikukus.

Jorong-jorong ini biasanya akan mudah didapatkan saat bulan Ramadhan tiba. Untuk membuat makanan ini, bahan utamanya adalah tepung beras dan santan. Kedua bahan itu dan bahan lainnya dibuat adonan dan dikukus.

Kue tradisional ini menggunakan daun pandan untuk cetakannya. Jadi, akan tercium aroma pandan yang harum. Rasa dari jorong-jorong ini gurih, teksturnya lembut.

13. Tau Swan

Tau Swan
misstamchiak.com

Dari namanya, mungkin kamu sudah tau kalau makanan khas ini adalah kuliner dari China. Ya, tau swan adalah kuliner masyarakat Tionghoa di Pontianak. Tau swan terdiri dari dua kata, tau yang artinya kacang dan swan adalah mutiara.

Tau swan biasanya dijual pada malam hari. Dibuat dari air gula yang dicampur dengan kacang kedelai dan juga potongan kue yang manis.

Rasa dari tau swan ini sangat manis, jadi kalau kamu punya kadar gula yang tinggi sebaiknya hindari makan makanan ini ya.

14. Kiam ko Kwe

Kiam Ko Kwe
instagram.com

Kue khas Pontianak ini berbahan dasar tepung beras dan di atasnya diberi taburan ayam cincang. Kuliner ini enak dan halal lho, kamu pasti suka deh sama kue yang satu ini. Biasanya, jajanan ini dimakan saat pagi ataupun sore hari.

Jajanan ini adalah kuliner yang merupakan campuran dari budaya Tionghoa. Rasanya gurih-gurih nyoi gitu.

Gimana? Enak-enak kan? Nggak kalah sama makanan khas dari Betawi, kuliner khas Banten, dan makanan dari Jawa Barat.

Selamat berkuliner ria ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.