9 Makanan Khas Maluku (Enak dan Wajib Kamu Coba)

Makanan Khas Maluku – Apakah kamu pernah berkunjung ke Indonesia timur? Kalau pernah, apakah kamu juga mencoba makanan khas yang ada di sana? Kalau belum pernah, kamu harusnya cobain tuh, soalnya makanan di sini enak-enak lho. Berbeda dengan makanan yang berasal dari daerah kita.

Salah satu tempat di Indonesia bagian timur adalah Maluku. Di tempat ini banyak sekali makanan enak yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa makanan yang mungkin bisa kamu masukkan daftar menu wajib untuk dicoba.

Gogos

Gogos Makanan Khas Maluku
senibudaya12.blogspot.com

Kalau dilihat sepintas, jajanan yang satu ini mirip banget sama lemper. Bedanya, gogos tidak diisi dengan ayam suwir atau abon ayam, melainkan menggunakan ikan asar. Penyajiannya pun juga berbeda dari lemper, gogos akan dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan dan disantap.

Pisang Asar

Pisang Asar Khas Maluku
senadunglautbiru.blogspot.com

Apa itu pisang asar? Salah satu olahan pisang ini dinamai asar karena cara memasaknya. Pisang asar dibuat dengan cara dipanggang, asar itu istilah Maluku dari memanggang. Biasanya, pisang ini dibuat menggunakan pisang raja saja.

Gohu Ikan

Gohu Ikan Khas Maluku
primarasa.co.id

Kalau kamu suka masakan Jepang berbahan ikan, mungkin bisa coba olahan ikan yang satu ini. Orang bilang, gohu ikan ini sashimi ala Indonesia, bedanya bahan dasar yang digunakan saja.

Gohu ikan menggunakan ikan tuna yang dipotong kecil dan dibumbui garam, bawang merah, air lemon, cabe rawit, dan kemangi. Lalu minyak kelapa panas disiramkan di atas ikan yang sudah dicampur bumbu. Baru setelah itu ditaburi dengan kacang goreng yang sudah ditumbuk.

Nasi Kalapa

Nasi Kelapa Khas Maluku
ranselusang.com

Mirip seperti nasi uduk, inilah sebutannya kalau di Maluku, nasi kelapa. Olahan beras yang dimasak menggunakan santan. Soal rasa? Tentu saja gurih lezat, apalagi kalau ditambah dengan pelengkap. Biasanya pelengkap yang digunakan adalah serundeng pedas disebut juga sambal kalapa.

Papeda

Papeda dari sagu
id.wikipedia.org

Kalau makan nasi udah biasa, coba deh makan papeda, makanan pokok di Indonesia timur. Papeda ini merupakan bubur sagu, tapi lengket-lengket gitu seperti lem. Biasanya dimakan bersama dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dimasak berkuah.

Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar
iyakan.com

Olahan ikan ini menggunakan bahan ikan cakalang. Cara masaknya tentu yang membuatnya berbeda, ikan cakalangannya ditusuk pakai bambu, lalu diasapi sampai jadi kering.

Untuk menikmati ikan komu asar, paling enak menggunakan nasi hangat dengan sambal colo-colo khas Maluku. Kombinasi ikan dan sambal ini tentu akan membuat kamu makan lebih banyak dari biasanya.

Ikan Kuah Pala Banda

Seperti namanya, olahan ikan ini berasal dari Pulau Banda, salah satu pulau yang terkenal dengan rempahnya. Masakan yang berkuah ini memiliki rasa khas yang lezat dengan sedikit pedas dari buah pala. Biasanya, ikan kuah pala Banda disajikan berama daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bekasang.

Kue Bagea

Kue Bagea Khas Maluku
resepkoki.id

Kue khas Maluku ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih. Bentuk dari kue bagea bundar dan terdapat retakan di permukaanya. Kue ini menggunakan bahan dasar sagu dan biasanya ada bahan tambahan lain seperti kacang-kacangan dan kayu manis.

Jenis dari kue bagea pun ternyata ada beberapa, dan yang paling terkenal adalah kue bagea kacang kenari. Selain varian kacang kenari, kamu bisa cobain juga yang menggunakan kelapa dan gula. Semuanya enak kok, apalagi dinikmati sambil minum teh atau kopi.

Kohu-kohu

Kohu-kohu Khas Maluku
twitter.com – SwastikaNohara

Kalau dilihat, kohu-kohu mirip sekali dengan urap, hanya berbeda sedikit saja bahannya. Dalam kohu-kohu, sayuran yang digunakan adalah daun kemangi, kacang panjang, dan tauge. Salad sayuran khas Maluku ini biasanya disantap bersama dengan parutan kelapa, ikan cakalang asap, perasan lemon, dan irisan bawang merah.

Kelihatan enak-enak kan? Jangan ketinggalan buat coba juga makanan khas Sunda, makanan khas Jogja, dan makanan khas Bengkulu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.