14 Makanan Khas Padang, Bikin Lidah Jadi Bergoyang

MAKANAN KHAS PADANG – Kamu sudah pernah pergi ke Padang? Itu lho Sumatera Barat? Kalau belum pernah, mungkin kamu pernah nyobain makanan khas dari Padang? Tentunya pernah dong kalau itu. Karena, hampir di tiap daerah di seluruh Indonesia ada yang namanya Rumah Makan Padang.

Dan salah satu makanan khas Padang yang paling digemari adalah rendang. Nah, kalau udah nyebut rendang, pasti hampir semua pernah tuh nyicipin.

Kalau kamu cuma tahu rendang saja sebagai makanan khas Padang, rugi banget deh. Masih ada banyak lho makanan khas Padang yang bisa kamu jajal dan rasakan kenikmatannya.

Nah, berikut ini kita akan melihat beberapa makanan yang bisa kamu jadikan pengetahuan. Kan kita nggak pernah tahu, bisa jadi besok kamu punya kesempatan ke Padang dan merasakan semua masakan khas yang ada di sana.

1. Rendang

Rendang daging sapi

masteresep.com

Hampir semua orang tahu makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini sangat terkenal, bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia.

Kamu tentu pernah mendengar bahwa rendang ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN. Dengan publikasi itu membuat rendang makin dikenal lagi secara internasional.

Bahan dasar untuk membuat rendang adalah daging sapi dengan campuran banyak bumbu dan rempah. Daging sapi dimasak dalam kuah santan bersama bumbu sampai matang dan santan meresap. Rasanya? Jangan ditanya deh kalau soal rasa. Yang jelas, kalau bisa mendapatkan gelar makanan terlezat di dunia itu pasti benar-benar enak.

2. Sate Padang

Sate Padang

en.wikipedia.org

Kalau dengar kata sate, tentu kamu akan terbayang dengan penjual yang memakai baju garis-garis dengan logat Madura. Ya, itu sate madura.

Tapi, kalau yang diomongin sate padang gimana? Ternyata ada lho sate di Padang, Sumatera Barat.

Sate di Padang terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu kemudian dibakar. Yang membedakan antara sate ini dan sate lainnya adalah dari kuahnya. Kuah sate padang ini mirip seperti kuah kare.

Kalau dilihat, kuah sate padang berwarna kuning dan kental. Kuah tersebut terbuat dari kaldu jeroan pedas, jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih, lengkuas, jinten, bubuk kari, garam, dan tepung beras.

Walaupun kebanyakan sate padang menggunakan daging sapi, tapi ternyata ada juga lho yang menggunakan daging ayam dan kambing. Kalau mau nyobain, langsung saja cari penjaja sate padang di kota kamu.

3. Dendeng Balado

Dendeng Balado

tips-cara.info

Kalau kamu pernah tahu cara mengawetkan makanan dengan dikeringkan, ya salah satunya dendeng ini. Dendeng merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dikeringkan.

Awalnya, dendeng ini ditemukan oleh masyarakat Minangkabau. Mereka membuat masakan dari daging sapi, kemudian dikeringkan agar dapat tahan lama dan bisa dibawa pergi.

Salah satu hidangan yang paling populer di Indonesia dengan bahan dasar dendeng adalah dendeng balado. Ada juga yang menyebut makanan ini dendeng batokok. Dendeng ini terbuat dari potongan daging sapi tipis yang dikeringkan dan kemudian digoreng. Setelah itu, ditambahkan cabai dan juga bumbu lainnya yang disebut balado.

4. Soto Padang

Soto Padang

nailandra.blogspot.com

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau soto merupakan makanan berkuah yang ada hampir disetiap daerah di Indonesia. Salah satu soto yang ada di Indonesia adalah soto padang.

Soto padang terbuat dari irisan daging sapi khas dalam yang tentunya memiliki tekstur yang empuk dan cita rasanya lezat. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menikmati soto padang ini. Kalau nggak percaya bisa buktikan sendiri deh kelezatan makanan ini.

5. Ikan Balado

Ikan Balado

veroathome.com

Sodaranya dendeng balado yang nggak kalah enak adalah ikan balado. Ikan yang dimasak dengan bumbu balado, ada cabe, bawang merah, tomat, jeruk nipis, garam, gula, dan air.

Makanan ini memiliki rasa yang pedas manis, cocok banget sama lidah orang Indonesia. Tapi, bukan cuma di Indonesia saja ternyata penggemar makanan ini, di Singapura dan Malaysia juga pada suka lho.

6. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

dendengbatokoknusantara.blogspot.com

Olahan daging sapi lainnya yang menjadi makanan khas Padang adalah dendeng batokok. Dendeng ini nggak kalah terkenalnya sama dendeng balado lho.

Walaupun sama-sama dendeng, ternyata cara membuat dendeng batokok ini berbeda dari dendeng balado. Dendeng batokok dibuat dengan cara dipukul, sesuai dengan namanya batokok, yang artinya dipukul.

7. Gulai Itiak

Gulai Itiak

perutgendut.com

Gulai itiak merupakan salah satu makanan khas Padang berbahan dasar bebek. Gulai ini mirip seperti gulai pada umumnya, perbedaan paling terlihat tentu saja di bahan dagingnya. Gulai itiak menggunakan bebek sebagai sumber proteinnya.

Untuk memasak gulai ini, diperlukan beebrapa bumbu, seperti jahe, kunyit, laos, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan cabe.

Gulai ini memiliki rasa yang pedas dengan warna kuah yang kehijauan karena menggunakan cabe hijau untuk meberikan rasa nendangnya. Tertarik mencoba gulai itiak? Langsung aja datang ke Tanah Minang buat merasakan sensasinya.

8. Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai

adepusuang.blogspot.com

Kalau kamu mampir ke Bukittinggi, jangan lupa bawa oleh-oleh khas dari daerah ini, karupuak sanjai. Karupuak sanjai ini merupakan keripik yang bahan dasarnya adalah singkong. Diolah sedemikian rupa menjadi sebuah keripik yang memiliki tiga rasa yang berbeda.

Rasa dari keripik sanjai ini sebenarnya ada tiga, rasa tawar tanpa bumbu berwarna putih, rasa asin berwarna kuning, dan rasa pedas. Dari ketiga rasa tersebut, yang paling populer tentu saja yang pedas. Mungkin karena yang rasa tawar sama asin kurang begitu menggoda.

Keripik sanjai yang pedas biasanya disebut juga dengan keripik balado. Tentu kamu pernah mencicipinya kan? Paling enak emang kalau makan keripik singkong itu yang rasanya pedas.

9. Gulai Tauco

Gulai Tauco

veggiewayindonesia.blogspot.com

Mungkin kamu jarang dengar nama makanan yang satu ini. Padahal gulai tauco ini juga salah satu makanan khas Padang lho. Gulai dengan warna hijau dan coklat, serta memiliki aroma yang menggoda ini cocok banget dimakan sama nasi hangat.

Gulai tauco ini terbuat dari buncis, udang, tahu, dan bahan lain yang dimasak bersama tauco dengan kuah santan. Rasa dari gulai tauco ini, selain dari tauco juga berasal dari rempah-rempah khas masakan Padang.

10. Gulai Banak

Gulai Otak atau Gulai Banak

id.wikipedia.org

Gulai banak atau gulai otak merupakan makanan berkuah santan pedas yang asalnya dari Minangkabau. Bahan utama dari makanan ini adalah otak sapi yang sudah dipotong-potong. Otak sapi dimasak bersama dengan santan dan bumbu gulai.

Buat kamu yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi, sangat tidak disarankan buat mengonsumsi gulai otak ini. Kamu tentu tahu kan kalau otak itu kolesterolnya tinggi, udah gitu dimasak sama santan lagi, makin tinggi aja tuh kadar kolesterolnya.

11. Gulai Paku

Gulai Paku

masakandapurku.com

Gulai paku atau bisa juga disebut gulai pakis adalah salah satu makanan khas Padang yang memiliki rasa unik. Gulai ini menggunakan bahan berupa daun pakis yang kemudian dimasak dalam saus kelapa dengan bumbu lengkuas, cabe, dan jahe. Gulai paku ini sangat cocok buat kamu yang vegetarian, selain enak, rasanya juga unik lho.

Walaupun bahan yang digunakan ini masih asing untuk beberapa daerah di Indonesia, tapi rasanya enak kok kalau kamu coba. Masakan berkuah ini biasanya disajikan bersama dengan ketupat untuk menyambut hari raya.

12. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang

dapoeryuyu.com

Kalio dagiang adalah gulai daging sapi yang memiliki rasa lezat, nggak kalah sama rendang deh. Jadi, kalau kamu ke rumah makan Padang, coba sekali-kali cicipin kalio dagiang ini, jangan cuma pesen nasi sayur sama kuah aja tuh.

Daging yang digunakan untuk membuat kalio ini dimasak bersama dengan bumbu rempah dan cabe. Agar menghasilkan tekstur yang empuk, kemudian daging dimasak cukup lama. Jadi, ketika kamu gigit, dagingnya nggak alot, bumbu pun dapat meresap sampai ke dalam.

13. Cancang

Cancang khas Padang

facebook.com

Bahan yang digunakan untuk membuat cancang ini biasanya adalah daging kambing yang dipotong kecil-kecil, walaupun ada juga sih yang memotongnya berukuran besar. Daging tersebut kemudian dimasak bersama dengan santan dan juga cabe merah giling serta bumbu lainnya. Karena menggunakan cabe, tentu saja rasa dari cancang ini cukup pedas.

14. Teh Talua

Teh Talua

malkistdebest.wordpress.com

Setelah menikmati banyak jenis makanan, tentu akan kurang kalau nggak minum dong. Nah, ada satu minuman khas Padang yang bisa kamu nikmati nih, namanya teh talua. Walaupun di semua daerah juga ada yang namanya teh, tapi teh talua ini tentu akan memiliki rasa khas yang berbeda.

Teh talua dibuat bukan hanya dengan daun teh saja, tapi juga menggunakan kuning telur ayam ataupun bebek. Ternyata, bukan cuma kuning telur aja nih yang ditambahkan, masih ada air jeruk nipis dan gula. Rasanya? Coba aja sendiri deh, bisa jadi kamu suka, atau mungkin minum untuk terakhir kalinya, hehe.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Padang yang sayang banget kalau kamu nggak mencicipi mereka. Tetep sehat dan semangat, biat bisa terus wisata kuliner 🙂

Leave a Reply