12 Makanan Khas Manado (Enak, Lezat, Ngangenin)

Makanan Khas Manado – Manado adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang menyimpan banyak keindahan. Setiap tahunnya ada banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk melihat pemandangan indahnya. Bukan hanya wisatawan domestika saja lho, tapi juga turis asing berkunjung ke kota ini.

Bagaimana tiak, di Manado ada Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal keindahannya. Saya saja juga pengen ke sana, tapi belum kesampaian aja sih.

Selain tempat wisata, kuliner khas juga menjadi daya tarik dari Kota Manado. Kamu akan menemukan banyak makanan yang unik dan nggak biasa.

Mau tahu apa saja itu?

Langsung lanjutin bacanya ya.

1. Klappertaart

Makanan Khas Manado Klappertaart
denhaagklappertaart.com

Pertama, kita akan menyicipi kue khas Manado yang sudah terkenal lama, klapertaart. Nama yang nggak Indonesia ini sebenarnya karena kue ini ada pengaruh dari Belanda saat zaman penjajahan dulu.

Klappertaart biasa dijadikan makanan penutup karena memiliki rasa yang manis. Manisnya kue ini tentu karena perpaduan bahan-bahan yang bagus.

Bahan yang digunakan untuk membuat klappertaart adalah kelapa, tepung terigu, mentega, susu, dan telur. Untuk toppingnya, biasanya menggunakan kismis, kacang kenari, ataupun keju.

Penyajian klappertaar ini biasanya dalam keadaan dingin. Jadi, enak banget tuh rasanya, dingin-dingin manis gitu. Teksturnya lembut dan creamy gitu, enak banget untuk menutup hidangan utama.

2. Gohu

Gohu Manado
instagram.com

Di Indonesia ada dua makanan bernama gohu lho, gohu dan gohu ikan. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah gohu, sajian khas Manado.

Gohu ini mirip seperti rujak, tapi buah yang digunakan biasanya hanya pepaya, nanas, atau timun saja. Buah-buahan tersebut dipotong-potong dan dicampurkan ke dalam cuka khas. Larutan cukanya terbuat dari air, cuka atau lemon, cabe rawit, gula merah, jahe, dan garam secukupnya.

Menikmati gohu paling enak saat dingin habis keluar dari lemari es. Tapi, kalau kamu membelinya di Manado, biasanya yang jual akan memberikan pilihan, mau yang dingin atau biasa.

3. Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan Bubur Khas Manado
wikipedia.org

Tinutuan adalah bubur yang berisi campuran berbagai macam sayur dan tidak pakai daging. Bubur khas ini biasanya dimakan sebagai menu sarapan dengan pelengkap lain.

Walaupun buburnya tidak menggunakan daging, kita masih bisa menggunakan pelengkap berupa ikan asin lho. Bukan cuma ikan asin saja, kamu bisa menambahkan gorengan, sambal, dan pelengkap lainnya jika diperlukan.

Kamu pernah ketemu kuliner Betawi yang kayak gini nggak?

4. Ikan Woku

Ikan Woku Khas Manado
dentistvschef.wordpress.com

Menu halal satu ini cocok banget buat penggemar ikan dan bumbu-bumbu Indonesia. Ikan woku ini ikan yang dimasak menggunakan banyak bumbu. Jenis ikannya pun bisa beragam, bisa tuna, mujair, salem, nila, cakalang, dan ikan lainnya.

Sedangkan untuk bumbunya, biasanya menggunakan jeruk nipis, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, daun pandan, kemangi, daun kunyit, cabe rawit, dan bumbu dapur lain. Dengan bumbu sebanyak itu, rasa yang dihasilkan sangat lezat. Amis yang biasanya ada pada ikan juga bisa hilang lho.

5. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu Makanan Khas Manado
katalogwisata.com

Kalau kamu penggemar masakan pedas, cakalang fufu bisa jadi pilihan. Masakan ini tentu saja terbuat dari ikan cakalang yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Sebelum dimasak, ikan cakalang akan diasap (fufu). Setelah proses pengasapan, ikan kemudian disuwir dan dimasak berasma denagn bumbu pedas. Bumbu pedas ini mirip seperti bumbu balado gitu, tentu rasanya pedas.

6. Pisang Goroho Goreng

Pisang Goroho Goreng dari Manado
berthanatalia.wordpress.com

Pisang goreng tentu dapat kamu temui di masa saja. Tapi, di Manado ada pisang goreng yang khas dan berbeda dari gorengan biasanya. Kalau pisang goreng pada umumnya itu digoreng dengan baluran tepung, pisang goroho tidak.

Pisang goroho biasanya dipilih yang masih muda, kemudian dipotong menjadi empat memanjang. Setelah itu dimasukkan ke dalam larutan garam, lalu digoreng.

Cukup mudah untuk dibuat dan rasanya sangat enak. Cocok dimakan bersama dengan sambal roa atau dinikmati saat minum teh hangat.

7. Sambal Roa

Sambal Roa Khas Manado
novigorakazenzero.blogspot.com

Sambal yang paling hits di Manado ya sambal roa. Sambal ini biasa digunakan ketika masyarakat Manado menikmati gorengan dan berbagai jenis makanan lainnya.

Sambal ini ternyata tidak hanya dibuat menggunakan cabe saja lho. Ada rasa gurih yang didapat dari ikan roa yang sebelumnya sudah diasap dan dijemur selama beberapa hari sampai kering. Ikan roa asap tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya.

8. Kue Bobengka

Kue Bobengka Khas Manado
instagram.com

Makanan ringan dari Manado ini cocok banget buat mengganjal perut. Kue bobengka atau biasa juga disebut dengan binyolos. Kamu bisa menemukan kue ini di pasar tradisional dan beberapa retoran tertentu di Manado. Nggak tau deh di Jakarta atau Surabaya ada kue ini apa tidak.

Kue bobengka terbuat dari tepung terigu, santan, telur, kelapa parut, dan gula merah. Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih, teksturnya lembut dan empuk. Kalau dilihat sekilas, kue ini mirip dengan brownies gitu, cobain deh.

9. Ayam Tuturuga

Ayam Tuturuga Makanan khas Manado
ohnemampfkeinkampf.blogspot.com

Kamu suka opor ayam?

Kalau suka, ayam tuturuga ini mungkin juga bisa menjadi makanan kesukaanmu. Ayam tuturuga adalah masakan khas dari Manado yang bentuknya mirip seperti opor ayam. Selain penampakannya mirip, ayam tuturuga juga memiliki rasa yang mirip juga. Bedanya cuma masakan khas ini lebih gurih dan pedas sedikit.

Selain sedikit beda di rasanya, ternyata ayam tuturuga ini juga berbeda di bahannya. Masakan berbahan dasar ayam ini menggunakan bahan tambahan seperti jeruk nipis, daun kemangi, dan daun pandan.

10. Nasi Jaha

Nasi Jaha
breakingnews.co.id

Makanan yang enak lainnya dari Manado adalah nasi jaha. Kuliner yang satu ini terbuat dari bahan beras, ketan, dan santan.

Cara memasak makanan ini cukup unik lho, soalnya menggunakan bambu untuk memasak ketannya. Proses pembuatannya yaitu dengan memasukkan bahan ke dalam sebatang bambu yang dilapisi daun pisang. Setelah bambu terisi bahan, selanjutnya dibakar.

Kuliner khas ini sudah terkenal lho, kamu harus cobain kalau berkunjung ke Manado. Nyarinya gampang, hampir semua rumah makan di Manado menyediakan nasi jaha ini.

11. Ayam Woku

Ayam Woku
unileversolutions.com

Kalau tadi udah lihat gambar ikan woku, sekarang kita lihat foto ayam woku. Olahan ayam ini kadang disebut juga dengan ayam masak woku atau woku belanga.

Woku sendiri dari bahasa Manado, artinya adalah masak. Jadi, ayam woku itu ayam yang dimasak dengan bumbu dan cita rasa khas Manado.

Olahan ayam ini pedas dan gurih, pasti bisa bikin kamu ketagihan deh. Bahkan, ada yang membuat ayam woku dengan rasa sangat pedas. Kalau kamu memakannya, bisa-bisa bikin perut panas.

12. Rica Rodo

Rica Rodo makanan khas Manado
novigorakazenzero.blogspot.com

Buat yang suka sayur, rica rodo sangat direkomendasikan nih buat kamu. Makanan ini terbuat dari bahan terong yang dicampur dengan irisan jagung manis, cabe rawit, kacang panjang dan bahan lainnya.

Sayur ini tentu paling enak dimakan bersama nasi putih dan lauk.

Enak-enak kan makanannya? Kamu harus cobain juga makanan dari Padang yang terkenal itu. Kamu juga bisa coba makanan yang ada di Banten kalau mau, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.