12 Makanan Khas Banten yang Menggugah Selera

Makanan Khas Banten – Kulineran di Banten nggak pernah ada habisnya lho. Apalagi kalau kamu berburu masakan khas di kota ini. Ada banyak banget dan semuanya enak-enak, kamu harus cobain pokoknya.

Bukan hanya makanan berat saja lho, ada makana ringan dan bahkan bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah Banten.

Daripada penasaran apa saja yang enak-enak dari provinsi yang satu ini, langsung aja kita simak yuk!

1. Pecak Bandeng

Pecak Bandeng - Makanan Khas Banten
nekatmasak.blogspot.com

Makanan pertama yang harus kamu cobain adalah pecak bandeng. Biasanya makanan ini dibuat untuk petani yang sedang bekerja di sawah, semacam bekal buat makan siang gitu. Tapi, karena ternyata olahan bandeng ini lama-lama banyak yang suka, mulai dari penduduk asli sampai pendatang.

Pecak bandeng ini terdiri dari dua komponen, yaitu pecak dan bandeng. Pecak adalah sambal yang rasanya sangat pedas dan ada tambahan irisan jeruk nipisnya. Kalau bandeng nya sendiri dibakar sampai benar-benar matang. Setelah matang, barulah sambal disiramkan di atas bandeng.

Olahan bandeng ini bukan hanya disukai warga Serang saja, dari luar Banten pun banyak yang suka. Kalau mau makan masakan ini, langsung saja datang ke Banten, sambil menikmati hijaunya persawahan yang indah.

2. Sate Bandeng

Makanan Khas Banten - Sate Bandeng
idntimes.com

Ke Serang tidak akan terasa lengkap kalau kamu belum menicipi sate bandeng. Kuliner andalan dan khas di salah satu daerah di Banten.

Terus kenapa banyak olahan bandeng ya di Banten?

Ternyata, bandeng memang banyak ditemukan di Banten, khususnya Kabupaten Serang. Itulah alasan kenapa banyak olahan dari jenis ikan ini, salah satunya sate.

Sate bandeng cocok buat kamu yang ingin merasakan kelezatan bandeng tetapi tidak mau membersihkan durinya. Soalnya, sebelum dimasak, bandeng akan terlebih dahulu dihilangkan durinya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir bakalan menelan duri yang bisa nyangkut saat makan.

Cara membuatnya mudah kok, pertama pilih bandeng yang layak dari segi ukuran dan umurnya. Lalu hilangkan durinya, kemudian pukul-pukul sampai daging dan kulit terpisah.

Resep senlanjutnya, setelah daging ikan hancur, bumbui dengan rempah yang memiliki rasa manis dan pedas. Kemudian ditusuk pakai bambu, lalu tinggal dibakar deh sampai matang.

3. Angeun Lada

Angeun Lada
travelingyuk.com

Kamu tahu nggak apa arti angeun lada?

Angeun lada itu artinya sayuran kuah pedas, khas dari Pandegelang dan Lebak. Rasa pedas didapat dari berbagai macam rempah dan tentu saja cabe rawit. Mungkin kalau kamu mencobanya sekali bakal ketagihan deh, ada rasa pedas dan gurih soalnya.

Biasanya, angeun lada juga menggunakan iga sapi atau babat sapi. Masaknya bersamaan dengan bahan lainnya, tak lupa santan digunakan untuk memberikan rasa gurih.

Sayur khas ini biasanya disajikan saat ada acara hari besar, seperti lebaran misalnya. Tapi, kalau ada acara hajatan seperti pernikahan, kamu bisa menemukan angeun lada juga.

Kamu pernah ngrasain kelezatan angeun lada? Kalau uda, cobain juga deh kuliner khas Manado, biar tau cita rasa dari berbagai daerah di Indonesia.

4. Rabeg

Rabeg - Olahan kambing khas Banten
budiinstitute.wordpress.com

Penggemar kambing ayo absen di sini, ada makanan khas yang pas banget buat kamu.

Rabeg, makanan berkuah yang bahan dasarnya adalah daging beserta jeroan kambing. Bisa dibilang, ini menu Arab yang sudah menjadi khas Banten.

Olahan kambing ini menggunakan daing kambing dan jeroannya yang dimasak bersama bumbu khas. Paling terlihat sih jahe dan cabe, karena rasa dari makanan ini cukup pedas.

Untuk memasak rabeg, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut bertujuan untuk membuat daging menjadi empuk, bau kambing hilang, dan bumbu bisa meresap ke dalam daging. Rabeg ini paling cocok dimakan bersama nasi khas Arab, seperti nasi kebuli misalnya.

5. Sambel Burog

Sambel Burog atau kulit tangil
instagram.com

Buat yang pergi ke Serang, Banten, harus cobain sambel burog nih. Sambel khas yang jarang banget ditemui di wilayah lain di Indonesia.

Saya sendiri jarang banget nemu sambel yang menggunakan bahan dasar seperti sambel burog ini.

Sambel burog menggunakan kulit melinjo atau bahasa daerahnya kulit tangkil. Nggak pernah nemu sambel kayak ini kan? Nah, kulit melinjo kemudian dicampur dengan cabe, bawang merah, bawang putih, daun salam, kemiri, dan bumbu lainnya.

6. Sayur Besan

Sayur Besan Banten
iniresep.com

Sayur besan adalah makanan khas Tangerang, Banten yang akan dihidangkan kepada orang tua mempelai laki-laki saat datang ke rumah orang tua mempelai wanita. Makanan ini biasanya ada saat acara perkawinan atau istilah daerahnya ngabesan.

Untuk membuat sayur besan, ada empat bahan utama yang dibutuhkan, petai, trubuk, kentang, dan bihun. Selain itu ada bahan tambahan lain, buncis, labu siam, wortel, dan udang.

Sayur yang sarat akan tradisi ini ternyata buka hanya ada di Banten saja lho. Sayur besan juga menjadi simbol adat dalam acara pernikahan di Betawi.

7. Gecom

Gecom - Toge Oncom Khas Banten
instagram.com

Nama yang jarang didengar ya?

Gecom kalau didengar memang sedikit aneh ya namanya? Padahal itu nama singkatan lho, gecom, toge dan oncom. Sekali kamu coba, mungkin bakalan ketagihan tuh.

Bukan cuma nama aja lho yang unik, memasaknya pun juga nggak biasa. Kalau masak sayur biasanya menggunakan wajan melengkung, gecom ini pakai wajan datar. Mirip seperti wajan yang biasanya digunakan untuk menggoreng martabak telor.

Cara membuat gecom ini cukup mudah sebenarnya, resepnya juga gampang. Bahan yang dibutuhkan adalah oncom, toge, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tomat, gula, garam, dan tauco.

8. Pasung Merah

Pasung Merah
detik.com

Setelah makanan yang berat-berat, sekarang kita melihat makanan ringan, semacam jajanan gitu. Kamu bisa mencari makanan ini di daerah Pandeglang, Serang, Cilegon, dan Lebak. Biasanya sih ada saat acaara tertentu, seperti pernikahan atau perayaan hari besar.

Kalau memang mau cari, kamu bisa mendapatkannya di Pasar Taman Sari waktu masih pagi-pagi banget.

Kue Pasung ini berbahan dasar tepung beras, tepung sagu, gula merah, dan santan. Semua bahan diaduk sampai menjadi adonan, lalu dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk kerucut dari daun pisang.

Pasung merah ini kalau nggak pakai bungkus, kelihatan mirip lempok ya? Salah satu makanan dari Pontianak.

9. Balok Menes

Balok menes
nurfaizianshori.blogspot.com

Balok menes adalah makanan khas dari Pandeglang, Banten. Kue ini sederhana bentuknya, bahan bakunya pun dari singkong. Ya, mirip seperti gethuk gitu, buat yang dari Jogja atau Jawa Tengah pasti tahu deh.

Beda antara balok menes dan gethuk itu dari cara membuatnya. Resep balok menes, pertama dari singkong, lalu dikupas, dicuci, dan dikukus sampai matang. Kemudian ditiriskan dan ditumbuk menggunakan lesung sampai jadi halus. Tak lupa kasih garam biar rasanya jadi gurih.

Bentun dari balok menes ini adalah kotak atau balok, seperti namanya. Warnanya putih dan punya tekstur yang kenyal.

Balok menes ini biasanya disajikan bersama dengan pelengkap berupa bumbu serundeng. Tau serundeng kan? Itu lho, kelapa parut yang dimasak dengan beberapa bumbu. Kelapa parut dimasak dengan cara diasang, beru setelah itu ditumbuh sampai halus.

10. Ketan Bintul

Ketan Bintul
@infoserang – instagram.com

Ketan bintul adalah jajanan khas Banten yang merupakan makanan favorit sultan di daerah ini pada zaman dahulu. Biasanya, kuliner ini hanya akan muncul ketika bulan Ramadhan saja. Banyak banget tuh masyarakat yang menjajakan makanan ini.

Selain banyak yang jual, ada juga yang membuatnya sendiri untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Bahan dari kuliner khas ini tentu saja ketan. Ketan direbus bersama dengan santan dan garam. Setelah matang, ketan ditumbuk sampai halus.

Nah, ketan yang sudah matang dan dibentuk, akan disajikan bersama dengan serundeng.

11. Nasi Belut

Belut Goreng
niyasyah.com

Makanan khas Banten selanjutnya adalah nasi belut. Kamu tahu belut kan? Hewan yang bagi sebagian orang menggelikan. Memiliki tubuh seperti seekor ikan dan ular, permukaan kulitnya licin, berwarna coklat kehitaman.

Buat kamu yang doyan segalam macam makanan, nasi belut ini layak banget buat dicoba. Soalnya, kuliner ini termasuk makanan favorit untuk warga Serang lho. Orang luar Serang, Banten pun juga banyak kok yang suka.

Belut yang digunakan biasanya belut sawah yang digoreng garing dan renyah. Belut akan dibersihkan terlebih dahulu dan diambil jeroannya. Lalu, belut dipotong kecil-kecil, baru kemudian dimasak sampai matang.

Untuk menikmati belut, orang Serang biasanya mengguanakn nasi dan sambal. Tentu akan nikmat sekali, makan nasi hangat dengan sambal dan belut garing.

12. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang Banten
dearassignment.blogspot.com

Walaupun di daerah lain ada juga kuliner ini, di Tangerang nggak kalah lho soal rasa. Bahkan, laksa Tangerang merupakan kuliner yang masih mudah kamu temukan di Kota Tangerang.

Isian dari laksa ini cukup sederhana, menggunakan mie putih yang ukurannya agak besar. Selain itu, ada juga kacang hijau, suwiran ayam, dan potongan daun kucai. Lalu disiram dengan kuah sayur lezat menggoda.

Kuah dari laksa Tangerang ini kalau dilihat lebih bening dari laksa Cibinong ataupun laksa Betawi. Mie yang digunakan pada laksa khas Banten ini juga lebih kasar teksturnya.

Leave a Reply