6 Makanan Khas Makassar (Enak, Lezat, dan Ringan)

Makanan Khas Makassar – Salah satu kota besar yang cukup banyak di perbincangkan di Indonesia adalah Makassar. Sebuah kota yang berada di pulau yang bentuknya seperti huruf K, ya Pulau Sulawesi.

Makassar merupakan kota yang banyak terdapat kuliner khasnya lho. Makanan dari Makassar ini nggak kalah sama makanan khas dari Jogja, makanan khas Padang, ataupun makanan khas dari Bandung.

Buat kamu yang belum tau apa aja sih sebenernya makanan khas Makassar itu, mendingan langsung kita cari tahu yuk di bawah sini.

1. Coto Makassar

Coto Makassar khas Sulawesi Selatan
laparcarimakan.blogspot.co.id

Siapa sih yang nggak kenal makanan yang satu ini? Dari namanya aja kita udah bisa nebak kalau makanan ini merupakan salah satu khas nya Makassar. Bahkan, sekarang makanan ini bukan cuma orang Makassar saja yang dapat menikmatinya. Di berbagai kota di Indonesia banyak yang menjual makanan yang satu ini.

Coto Makassar ini bentuknya mirip-mirip soto gitu lho. Buat kamu yang penasaran, langsung aja dateng ke Makassar. Kalau emang belum bisa, ya cari warung makan yang jual coto Makassar ini aja ya.

2. Sop Konro

Sop Konro Makanan Khas Makassar
wikipedia.org

Sop konro tentu kamu sudah sering mendengarnya kan? Salah satu makanan yang berasal dari Makassar yang bahan dasarnya adalah iga sapi dan daging sapi.

Untuk membuat sop ini, pertama-tama iga atau daging sapi direbus bersama dengan bumbu seperti air asam Jawa, kayu manis, dan bumbu penyedap lainnya. Tak lupa juga bumbu yang sudah ditumis seperti merica, pala, kacang merah, dab juga bahan lainnya.

Sop konro ini berwarna gelap, mirip-mirip brongkos gitu, karena sama-sama menggunakan kuwak untuk bahannya.

Konro yang asli merupakan konro dengan sup atau kuah yang kaya rasa, tetapi sekarang ada yang memodifikasi konro menjadi konro bakar. Konro bakar ini adalah iga sapi yang dibakar dengan bumbu khas konro. Tentu, rasanya nggak kalah dengan konro biasa, tetap nikmat dan lezat.

3. Pisang Epe

Pisang Epe makanan khas Makassar
jendelakuliner.com

Pisang epe merupakan olahan berbahan dasar pisang yang dibakar di atas bara api sampai harum dan agak lunak. Pisang epe biasa dibuat menggunakan pisang kepok yang masih mengkal atau setengah matang.

Proses memasak pisang ini cukup mudah, pisang hanya perlu dibakar, kemudian dipipihkan menggunakan alat khusus. Setelah itu, pisang akan dipotong-potong dan diberi saus gula merah. Makan pisang epe ini paling nikmat kalau di Makassar langsung lho.

4. Gogoso

Gogoso makanan khas Makassar
dapoeryuyu.com

Gogoso merupakan salah satu kulinernya orang Bugis Makassar. Makanan ini sangat digemari oleh orang Sulawesi terutama saat lebaran tiba.

Kalau kamu mau mencoba rasa dari gogoso, datang saja ke daerah Pantai Losari. Di sana, kamu akan menjumpai banyak pedagang yang menjajakan gogoso ini.

Gogoso ini kalau dilihat sekilas, mirip banget sama makanan khas dari Maluku ya?

5. Sop Saudara

Sop saudara makanan khas Makassar
bennyrhamdani.com

Sop saudara, salah satu makanan berkuah tradisional yang berasal dari Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Makanan ini dapat juga kamu temui di daerah Makassar.

Makanan berkuah ini terbuat dari daging sapi, bihun, dan juga kentang goreng yang biasanya akan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Tak lupa, paru sapi goreng pun turut serta dalam masakan ini. Nasi putih juga menjadi sumber karbohidrat untuk sop sodara, ditemani ikan bakar dan telur rebus.

6. Barongko

Makanan khas Makassar Barongko
youtube.com

Kamu mencari jajanan khas Makassar yang enak dan cukup mengenyangkan? Cobain deh barongko. Kuliner yang berasal dari daerah Bugis Makassar berbahan dasar pisang.

Selain menggunakan pisang, resep barongko terdiri dari telur, santan, gula pasir, dan garam. Semua bahan dicampur dan adonan dimasukkan ke bungkus daun pisang. Adonan barongko kemudian dikukus sampai matang.

Untuk menikmati jajanan ini, biasanya disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas. Baru, setelah dingin, barongko siap untuk dihidangkan.

7. Kapurung

Kapurung khas Makassar
fanyfebriany.wordpress.com

Para pecinta kuliner seafood, pasti suka nih kalau makan yang namanya kapurung. Kuliner khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar ikan.

Kapurung memiliki kuah dengan rasa sedikit asam, tetapi itu yang bikin segar. Di dalam kapurung, terdapat berbagai kondimen. Mulai dari sagu, kuah bumbu kacang, sayur, daging ikan, dan bahan lainnya.

Biasanya, makanan khas ini menggunakan sayuran berupa kacang panjang, terong, jagung manis, jantung pisang, dan bayam.

Untuk memasak, bumbu yang digunakan ada bermacam. Biasanya sih menggunakan cabe, lada, kemiri, dan bawang putih. Kalau rasa asamnya, didapatkan dari buah yang bernama patikala.

8. Songkolo Bagadang

Songkolo bagadang
traveloka.com

Buat yang sedang ada di Makassar dan kelaparan, meding cari makanan khas satu ini, sangkolo bagadang.

Songkolo ini biasanya disebut juga dengan sokko, kuliner atau jajanan khas berbahan dasar ketan hitam atau putih yang ditaburi dengan serundeng.

Selain serundeng, ada juga lauknya lho, biasanya pakai teri, telur, bersama sambal kuning. Atau, bisa juga mengunakan tempe goreng, ayam goreng, ikan, atau kering kentang. Makanan ini sih bisa kamu temukan saat malam hari di warung kopi yang bukanya setelah subuh.

Atau, kalau kamu malam-malam sudah kelaparan, coba aja cari di sekitaran pasar tradisional. Biasanya, saat malam hari, pedagang songkolo ada di sana.

Kalau masih belum kebagian juga, datang deh waktu lebaran. Songkolo biasanya disajikan ketika hari raya tersebut untuk dinikmati bersama keluarga besar.

9. Konro Bakar

Konro bakar
backpackerjakarta.com

Selain sop konro, konro bakar ini ternyata juga menjadi makanan favorit lho. Sebab, rasanya itu beda dari iga bakar biasanya.

Nah, kamu tahu kan kalau konro itu berarti sapi? Jadi, konro bakar ini terbuat dari daging sapi. Tapi, bukan daging biasa ya, konro bakar menggunakan bagian iga.

Tulang iga yang sudah disiapkan dimasak menggunakan bumbu rempah. Misalnya saja seperti, merica, bawang, ketumbar, kayu manis, dan cengkeh. Dengan bumbu-bumbu tersebut, aroma yang keluar dari bakaran konro ini maknyus banget deh.

Dari pada kepengen, mending langsung cari aja di kota kamu. Kalau di Jakarta, atau kota besar lainnya pasti ada tuh konro bakar ini.

Konro bakar biasanya dihidangkan bersama dengan kuah sop. Ada yang lebih suka dicampur di dalam sop, tapi ada juga yang dipisah.

Daging sapi yang masih menempel di tulang iganya itu empuk banget. Kamu gigit sedikit aja bisa copot tuh daging dari tulangnya.

Rasanya tentu lezat, bumbu bisa meresap sampai ke dalam. Perpaduan antara rasa daging, bumbu, dan saus kacangnya mantab banget.

Enak-enak ya makanannya? Cobain juga makanan khas Sunda, makanan khas Semarang, dan makanan khas Solo ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.