12 Makanan Khas Sunda, Tunggu Apalagi? Buruan Dicoba

Makanan Khas Sunda – Kalau kamu sedang berjalan-jalan di Jawa Barat, jangan lupa ya untuk menikmati kuliner yang ada di sana. Banyak banget lho kuliner khas Sunda yang bisa kamu cobain kalau lagi main di sana.

Mulai dari makanan yang rasanya pedas, sampai yang bahannya terbuat dari sayuran yang masih mentah pun ada. Ya, mirip-mirip makanan khas Bandung gitu, atau emang sama ya? Kayaknya sih sama tuh.

Nah, dari pada penasaran, berikut ini makanan khas penggoyang lidah yang siap memanjakan perutmu.

1. Perkedel Bondon

Perkedel Bodon
lyvtoeat.com

Perkedel bondon ini sebenarnya sama seperti perkedel-perkeldel yang lain. Bahan pembuatnya adalah kentang yang dimasak kemudian dihancurkan, ditambah bahan lain terus digoreng deh.

Makan perkedel bondon ini paling enak kalau masih panas. Apalagi ditemani nasi hangat dan sayuran yang berkuah, dan nggak ketinggalan juga sambel yang super pedas, hmmm bikin laper deh.

2. Comro

combro - oncom di jero
tasting-diary.blogspot.com

Kamu tahu oncom kan? Itu lho, makanan yang terbuat dari ampas tahu yang difermentasi. Nah, comro ini tu dalemnya merupakan oncom yang sudah dimasak dan di beri bumbu.

Sesuai namanya, comro, oncom di jero, atau oncom di dalam. Untuk menikmati comro, yang paling enak itu kalau masih hangat. Rasanya jadi tambah nendang dan lezat.

3. Misro

Misro amis di jero
resepkoe.com

Ada comro ada misro. Misro ini kalau dilihat dari bentuknya, mirip banget sama comro. Bedanya cuma diisinya saja, kalau comro itu isinya oncom, nah kalau misro isinya gula merah.

Kenapa bisa dinamai misro? Karena, misro itu singkatan dari amis di jero. Kalau bahasa Sunda, amis itu manis, jadi ada manis-manisnya gitu di dalam misro.

4. Karedok

karedok
masakanragam.blogspot.com

Kalau kamu seorang vegetarian, karedok ini cocok banget sama kamu. Terbuat dari berbagai macam sayuran mentah seperti tauge, timun, kol, terong, kemangi, dan kacang panjang.

Biasanya sih, karedok dihidangkan bersama dengan saus yang terbuat dari kacang, bawang putih, cabe merah, kencur, gula merah, air asam, dan terasi. Rasanya enak banget deh, kamu bisa menikmati sayuran mentah yang nikmat kalau makan karedok.

5. Nasi Timbel

Nasi Timbel Jawa Barat
sanguliwetbuika.blogspot.com

Kalau makanan di Jogja ada yang namanya sego kucing, di Sunda ada yang namanya nasi timbel. Nasi timbel ini sebenernya nasi putih biasa yang dibungkus dengan daun pisang.

Digunakannya daun pisang ini agar nasi jadi memiliki aroma yang khas dan sedap. Kalau kamu makan nasi timbel, biasanya ada pelengkap lain seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng. Tak lupa pula lalapan dan juga sambal.

5. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung
flickr.com

Mie kocok merupakan makanan yang terbuat dari mie kuning dan tauge. Mie kocok di makan dengan kuah kaldu yang terbuat dari kaki sapi.

Rasanya mantab deh, panas dan segar, apalagi kalau kamu tambahkan sambal saat memakannya. Bakal bercucuran tuh keringat dan rasanya nggak mau berhenti sebelum mie nya habis. Atau bahkan kamu malah mau nambah lagi karena keenakan.

6. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang Jawa Barat
flickr.com

Dilihat dari namanya aja udah kelihatan kalau makanan ini adalah tahu, tepatnya tahu khas Sumedang. Biasanya lebih nikmat dimakan saat masih hangat bersama dengan beberapa buah cabe rawit yang pedas.

7. Batagor

Batagor Bandung
perutgendut.com

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan khas Sunda, Jawa Barat yang dibuat dari tahu yang ditepungin terus digoreng.

Untuk menikmatinya, biasanya akan ditambahkan pelengkap lain, seperti kentang, telur rebus, dan kerupuk. Tak lupa saus kacang disiramkan di atas batagor untuk menambah cita rasa yang menggoda.

8. Lotek

Lotek Jawa Barat
dhee17.wordpress.com

Lotek ini bentuknya mirip dengan pecel, sayuran yang ditambahi dengan saus kacang. Yang bikin beda saat kamu makan lotek adalah pelengkapnya. Dalam lotek biasanya juga ditambahkan bakwan dan juga tempe. Biar lebih kenyang, makan lotek juga perlu karbohidrat dong. Kamu bisa memilih antara ketupat atau nasi, pilih salah satu aja ya.

9. Nasi Liwet

Nasi Liwet Khas Sunda
took-me.blogspot.com

Nasi Liwet memiliki rasa yang gurih dan aroma khas. Rasa gurih didapatkan dari bumbu-bumbu, cabe rawit, serai, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan daun kemangi.

Untuk menikmati nasi liwet, biasanya orang Sunda menyandingkan dengan ikan asin. Tapi ada juga yang memakannya bersama sayur asem, tahu dan tempe goreng, ataupun ikan bakar. Semua pelengkap akan membuat olahan ini menjadi makin lezat.

10. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Khas Sunda
harianresep.blogspot.com

Kamu tahu dari mana asal nasi tutug oncom? Makanan ini berasal dari Tasikmalaya, olahan nasi yang dicampur oncom bakar atau kering. Untuk menikmati nasi tutug oncom, paling enak bersama dengan tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, sambal terasi, dan lalapan.

11. Geco

Makanan Khas Sunda - Geco Khas Cianjur
panduanwisata.id

Apaan tuh geco? Geco adalah singkatang dari toge tauco, sayuran dengan bahan gasar toge yang disiram bumbu tauco. Geco biasanya dihidangkan bersama dengan ketupat, tahu, kentang, dan potongan telur.

12. Empal Gepuk

Empal Gepuk Khas Sunda
majalah-holiday.com

Empal gepuk memiliki rasa yang unik, soalnya perpaduan antara gurih dan manis. Rasa manis dan gurih didapatkan dari berbagai macam bumbu dan santan. Cara memasak olahan daging ini adalah dengan direbus lalu digepuk atau dipukul-pukul sampai empuk.

Nah, makanan khas Sunda begitu menggoda kan? Kamu tertarik buat nyobain yang mana? Kalau saya sih pengen semuanya, hehe.

Cobain juga makanan khas Maluku, makanan khas Semarang, dan makanan khas Solo. Selamat berburu kuliner di Sunda 🙂

Leave a Reply