8 Makanan Khas Jogja, Bikin Kamu Ingat Kenangan Lama

Makanan Khas Jogja – Jogja, kota penuh kenangan dan rasanya selalu ingin kembali kesana. Tentu saja, karena Jogja memiliki banyak cerita yang membuat kamu selalu kepikiran ketika meninggalkannya.

Apalagi buat kamu mantan mahasiswa yang pernah kuliah di Jogja. Selama kurang lebih empat tahun kamu tinggal di Jogja, pastilah ada banyak hal yang membuat kamu sulit untuk melupakannya.

Salah satu yang bikin Jogja ngangeni itu adalah makanannya. Untuk anak kos, makanan di Jogja itu tergolong murah dan banyak pilihannya. Ada angkringan yang siap mengisi perut kamu dengan nasi kucingnya. Atau mungkin burjo yang selalu buka 24 jam, kalau-kalau kamu dilanda lapar saat malam tiba.

Pokoknya, banyak deh makanan di Jogja yang bikin kangen tuh. Apalagi kalau udah mencicipi makanan khas-nya Jogja, kamu pasti akan teringat rasanya tuh.

Mungkin kamu sudah tahu beberapa makanan khas Jogja, tapi pasti ada juga yang belum kamu tahu dong. Berikut ini makanan khas Jogja yang menyimpan rasa penuh dengan kenangan.

1. Gudeg

Gudeg kering dalam kendil
kuliner.panduanwisata.id

Makanan yang satu ini sudah jadi ikonnya Kota Jogja. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti mencicipi makanan manis yang lezat ini.

Gudeg namanya, makanan yang terbuat dari nangka muda atau kalau di Jogja disebut dengan “gori”. Untuk memasak gudeg, dibutuhkan waktu yang lama. Mengubah nangka muda yang awalnya berwarna putih menjadi coklat.

Nah, untuk kamu yang belum pernah ngerasain enaknya gudek, sepertinya kamu rugi deh. Soalnya ya, kalau kamu suka makanan manis, gideg ini bisa jadi salah satu makanan favorit kamu.

2. Jadah Tempe

Sandwich Tempe
ensiklopediaindonesia.com

Kamu tahu yang namanya sandwich? Nah, jadah tempe ini mirip-mirip kayak gitu lah. Bedanya, jadah tempe itu bukan pakai roti dan isi daging. Pakainya ya cuma jadah sama tempe, udah gitu aja.

Nah, jadah sendiri adalah salah satu nama makanan yang bahan dasarnya adalah nasi ketan yang ditumbuk dan dibentuk menjadi bulatan pipih. Jadah ini, paling cocok kalau dimakan sama tempe bacem. Hmmm, makanan tradisional yang nggak kalah sama kuliner modern deh.

3. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng mercon Bu-Narti
piknikdong.com

Kamu tahu apa itu mercon? Itu lho, benda yang bisa meledak, kalau bahasa Indonesia-nya itu petasan. Nah, oseng-oseng yang satu ini dinamai mercon mungkin karena bisa meledak juga ya.

Ternyata bukan seperti itu. Nama mercon ini diambil karena rasa dari makanan ini sangat pedas. Bikin kamu jadi kayak diledakkan gitu. Muka jadi merah, keringat bercucuran, dan mulut terasa panas.

Oseng-oseng mercon ini terbuat dari daging yang dicampur dengan lemak. Terus kedua bahan itu diolah bersama dengan bumbu rempah dan cabe tentunya. Kamu bisa cobain kuliner malam hari yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

4. Sate Klathak

Sate Klathak Khas Jogja
mayasmitasfoodstories.blogspot.com

Apa yang kamu bayangkan kalau dengar makanan bernama sate? Tentu daging yang ditusuk kemudian dibakar menggunakan arang. Tapi kalau sate klathak pernah denger nggak?

Sate klathak ini berbeda dengan sate pada umumnya, ada hal unik dari olahan daging yang satu ini. Pertama, tusuk sate yang digunakan adalah jeruji besi sepeda. Kedua, bumbu yang digunakan untuk membumbui sate hanya garam saja.

Konon, jeruji besi dipilih agar panas dapat lebih merata ketika dibakar. Terus, hanya menggunakan garam karena itulah asal mula nama kuliner ini. Klathak itu ceritanya dari bunyi garam yang dibakar sehingga menghasilkan bunyi klathak-klathak.

Biasanya, untuk menikmati sate unik ini, kita akan diberi juga kuah gule. Perpaduan sate klathak dan kuah gule tentu benar-benar mantab.

5. Sego Kucing

Sego Kucing,makanan khas Jogja
wikipedia.org

Selain gudeg, makanan dari Jogja yang harus kamu cobain adalah sego kucing. Kuliner ini bentuknya adalah nasi bungkus yang berisi sedikit nasi, ikan teri atau oseng tempe, dan sambel. Kenapa kok disebut sego kucing? Mungkin karena porsinya yang kecil dan hanya beberapa suap saja sampai habis.

Mungkin kamu pernah denger, kalau pengen makan murah, ke angkringan aja. Di sana kamu bisa makan sego kucing, gorengan, dan minum es teh. Katanya bisa ngirit kalau makan di angkringan.

Padahal, nyatanya nggak seperti itu, kamu bakalan tergoda untuk mengambil sate usus, gorengan sampai lima, sego kucing lebih dari satu. Dan akhirnya, nggak jadi ngirit deh itu.

6. Bakpia

Bakpia isi kacang ijo
tips-cara.info

Bakpia ini cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Makanan ringan ini terbuat dari tepung terigu bagian kulitnya dan kacang hijau untuk isiannya.

Dulu, memang awalnya hanya berisi kacang hijau saja. Tapi, sekarang kamu bisa menemukan beraneka ragam bakpia dengan variasi rasa. Mulai dari coklat, keju, durian, dan masih ada beberapa rasa lain.

Harganya pun juga berbeda-beda, ada yang murah banget sampai mahal banget. Kamu bisa mendapatkan jajanan khas ini di toko oleh-oleh ataupun langsung ke tempat produksinya. Atau, kalau pas jalan-jalan di Malioboro, di sana juga ada kok yang menjajakannya.

7. Geplak

Resep Geplak Bantul
travelingyuk.com

Selain bakpia, geplak juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga lho. Makanan manis ini terbuat dari kelapa parut dan gula. Dengan komposisi bahan tersebut, tentu saja rasa dari jajanan ini sangat manis. Cocok dinikmati bersama dengan teh tawah hangat.

Kalau mau cari geplak, tentu saja di pusat oleh-oleh ada yang jual. Atau bisa ke tempat asalnya yaitu Kabupaten Bantul. Di sana tentu banyak pembuat geplak yang rasanya enak-enak.

8. Yangko

Yangko khas Jogja
pariwisata.jogjakota.go.id

Biar oleh-oleh dari Jogja nggak biasa, kamu bisa bawain nih yangko. Tentu saja belinya bisa di toko oleh-oleh. Harganya bervariasi, tengantung merk dan banyaknya.

Yangko ini memiliki bentuk kotak dan memiliki tekstur yang lembut serta kenyal. Rasanya tentu saja manis, tapi ada sedikit gurihnya. Biasanya di permukaan yangko terdapat tepung yang menjadi ciri khas dari kue ini.

Kalau kamu nggak kebayang, mungkin kue ini mirip seperti moci, tapi kue moci lebih lebek dari yangko dan berisi kacang.

Nah, mungkin itu dulu deh makanan khas Jogja yang bisa kamu cicipi. Pokoknya harus dicobain dulu tuh tiga makanan itu, baru deh boleh nyobain makanan yang lain.

Ingat, kalau pergi ke suatu daerah itu cobain makanan khas-nya. Bisa makanan khas Sunda, makanan khas Maluku, makanan khas Semarang, pokoknya yang khas di daerah itu lah. Selamat wisata kuliner ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.