Makanan Khas Jogja, Bikin Kamu Ingat Kenangan Lama

MAKANAN KHAS JOGJA – Jogja, kota penuh kenangan dan rasanya selalu ingin kembali kesana. Tentu saja, karena Jogja memiliki banyak cerita yang membuat kamu selalu kepikiran ketika meninggalkannya.

Apalagi buat kamu mantan mahasiswa yang pernah kuliah di Jogja. Selama kurang lebih empat tahun kamu tinggal di Jogja, pastilah ada banyak hal yang membuat kamu sulit untuk melupakannya.

Salah satu yang bikin Jogja ngangeni itu adalah makanannya. Untuk anak kos, makanan di Jogja itu tergolong murah dan banyak pilihannya. Ada angkringan yang siap mengisi perut kamu dengan nasi kucingnya. Atau mungkin burjo yang selalu buka 24 jam, kalau-kalau kamu dilanda lapar saat malam tiba.

Pokoknya, banyak deh makanan di Jogja yang bikin kangen tuh. Apalagi kalau udah mencicipi makanan khas-nya Jogja, kamu pasti akan teringat rasanya tuh.

Mungkin kamu sudah tahu beberapa makanan khas Jogja, tapi pasti ada juga yang belum kamu tahu dong. Berikut ini makanan khas Jogja yang menyimpan rasa penuh dengan kenangan.

1. Gudeg

Gudeg kering dalam kendil

kuliner.panduanwisata.id

Makanan yang satu ini sudah jadi ikonnya Kota Jogja. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti mencicipi makanan manis yang lezat ini.

Gudeg namanya, makanan yang terbuat dari nangka muda atau kalau di Jogja disebut dengan “gori”. Untuk memasak gudeg, dibutuhkan waktu yang lama. Mengubah nangka muda yang awalnya berwarna putih menjadi coklat.

Nah, untuk kamu yang belum pernah ngerasain enaknya gudek, sepertinya kamu rugi deh. Soalnya ya, kalau kamu suka makanan manis, gideg ini bisa jadi salah satu makanan favorit kamu.

2. Jadah Tempe

Sandwich Tempe

ensiklopediaindonesia.com

Kamu tahu yang namanya sandwich? Nah, jadah tempe ini mirip-mirip kayak gitu lah. Bedanya, jadah tempe itu bukan pakai roti dan isi daging. Pakainya ya cuma jadah sama tempe, udah gitu aja.

Nah, jadah sendiri adalah salah satu nama makanan yang bahan dasarnya adalah nasi ketan yang ditumbuk dan dibentuk menjadi bulatan pipih. Jadah ini, paling cocok kalau dimakan sama tempe bacem. Hmmm, makanan tradisional yang nggak kalah sama kuliner modern deh.

3. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng mercon Bu-Narti

piknikdong.com

Kamu tahu apa itu mercon? Itu lho, benda yang bisa meledak, kalau bahasa Indonesia-nya itu petasan. Nah, oseng-oseng yang satu ini dinamai mercon mungkin karena bisa meledak juga ya.

Ternyata bukan seperti itu. Nama mercon ini diambil karena rasa dari makanan ini sangat pedas. Bikin kamu jadi kayak diledakkan gitu. Muka jadi merah, keringat bercucuran, dan mulut terasa panas.

Oseng-oseng mercon ini terbuat dari daging yang dicampur dengan lemak. Terus kedua bahan itu diolah bersama dengan bumbu rempah dan cabe tentunya.

Nah, mungkin itu dulu deh makanan khas Jogja yang bisa kamu cicipi. Pokoknya harus dicobain dulu tuh tiga makanan itu, baru deh boleh nyobain makanan yang lain.

Ingat, kalau pergi ke suatu daerah itu cobain makanan khas-nya. Bisa makanan khas Padang, makanan khas Medan, makanan khas Palembang, makanan khas Semarang, pokoknya yang khas di daerah itu lah. Selamat wisata kuliner ya 🙂

Leave a Reply