Jajanan Khas Bandung Ini Ternyata Mudah Dibuat di Rumah

Selain kaya akan destinasi wisata, Bandung juga merupakan kota yang terkenal dengan jajanan hits nan kreatif. Berbagai macam kuliner, mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat siap memanjakan lidah dengan rasanya yang unik dan khas.

Tak peduli siang atau malam, kota ini layaknya surga kuliner dengan seribu sajian makanan yang menggoda.

Bahkan, beberapa di antaranya telah terkenal hingga ke berbagai pelosok negeri dan akhirnya juga menjadi makanan yang digilai. Sebut saja seperti batagor, seblak, cimol, cireng, dan berbagai jajanan populer asal Bandung lainnya.

Tentunya, ini sangat memudahkan karena kamu bisa menikmatinya tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke Bandung. Meski memang, cita rasanya terkadang tidak seenak makanan di kota asalnya.

Tak perlu kecewa, karena sebenarnya ada beberapa jajanan khas kota ini yang dapat dengan mudah kamu buat sendiri di rumah.

Selain lebih hemat, cara ini juga cenderung lebih sehat dan higienis. Keinginan untuk bisa menyantap jajanan khas Bandung pun bisa terealisasi dengan hasil karya tangan sendiri. Yuk, segera intip informasinya di bawah ini.

1. Batagor

Batagor Bandung
masteresep.com

Kuliner yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Atau, barangkali kamu bahkan sudah sering menyantap makanan khas yang satu ini, mengingat keberadaannya yang hampir ada di setiap kota. Entah itu dijual dengan menggunakan gerobak, di rumah makan, atau bahkan restoran mahal.

Nyatanya, makanan asal Kota Kembang ini memang cukup diminati karena rasanya yang enak dan dan lezat. Campuran daging ikan di dalamnya juga kian memperkuat cita rasanya menjadi semakin nagih. Entah itu dinikmati dengan sambal kacang dan kecap ataupun disajikan dengan kuah hangat.

Namun, meski tersedia di banyak tempat, tak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, caranya juga tidak terlalu susah, kok.

Yakni, hanya tahu dilembutkan serta diisi dengan adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Isian adonan ini juga bisa variatif, tergantung selera masing-masing. Bisa dengan tuna, udang, ataupun seafood lainnya.

Kemudian, adonan dibentuk bulat atau lonjong dan digoreng hingga berwarna kecokelatan. Terakhir, batagor dengan sensasi krispi dan garing ini dipotong-potong serta disajikan dengan tambahan kentang, kubis, ataupun tahu. Tuang bumbu kacang dan kecap, hidangan pun telah siap dinikmati bersama keluarga.

2. Seblak

Seblak basah
rasamasa.com

Selain batagor, seblak juga merupakan jajanan khas Bandung yang tak kalah populer. Bahkan, popularitasnya telah tersebar di berbagai kota, sehingga masyarakat pun lebih leluasa untuk menikmatinya.

Tak hanya dengan membeli, tetapi juga bisa membuatnya sendiri berdasar pada resep cara membuat seblak yang kamu bisa lihat di halaman ShopBack.

Jika kamu salah satunya, proses pembuatan seblak bisa diawali dengan merebus kerupuk dan menumis bumbu. Bumbu yang ditumis ini terdiri dari bawang putih, cabe, dan kencur yang sudah dicincang atau dihaluskan.

Kemudian, satukan keduanya dan tambahkan berbagai varian topping sesuai selera. Bisa berupa daging, pasta, sayuran, atau yang lainnya. Seblak basah ini pun telah siap dinikmati selagi hangat ataupun dingin.

3. Cilok

Cilok jajanan khas Bandung
kaskus.co.id

Berbeda dengan batagor dan seblak yang umumnya juga tersedia di restoran atau kafe mahal, jajanan satu ini tergolong sangat murah meriah.

Namun, untuk soal popularitas, jajanan berbahan dasar tepung tapioka atau aci ini tak perlu diragukan lagi. Nama cilok atau ‘aci dicolok’ bahkan telah dikenal di seantero negeri, hingga telah terdapat kemasan instan yang bisa dinikmati kapan dan di mana saja.

Namun, dibanding harus menikmati cilok versi instan, alangkah lebih baik jika kamu membuatnya sendiri. Caranya, kamu hanya perlu membuat adonan yang terdiri dari tepung terigu, tapioka, garam, merica, dan bawang putih.

Kemudian, siapkan air hingga mendidih, dan celupkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat kecil. Setelah adonan matang, angkat dan tiriskan.

Langkah selanjutnya, cilok tersebut bisa diolah sesuai selera. Apakah ingin digoreng dan dicocol dengan saus sambal, disajikan dengan bumbu kacang, atau dihidangkan dengan kuah hangat. Sangat cocok untuk dijadikan teman bersantai keluarga, bukan?

Selain cilok, kamu juga bisa mencoba resep membuat cireng lho. Nggak kalah enaknya dengan cilok, cireng ini memiliki tekstur yang renyah di luar.

4. Cilor

Cilor jajanan khas Bandung
pesona.travel

Hampir serupa dengan cilok, cilor juga terbuat dari aci. Proses awalnya juga tak jauh berbeda, hanya saja jajanan ini kemudian dibalut dengan adonan telur. Hingga jadilah cilor atau aci telur. Sebuah jajanan kekinian khas Bandung yang umumnya disukai oleh anak-anak sekolah.

Jadi, jika kamu sedang mencari camilan untuk anak-anak di rumah, cilor bisa menjadi pilihan. Tentunya, dengan membuat sendiri, kebersihan dan keamanan bahannya juga lebih terjamin.

5. Kue Cubit

Cara Membuat Kue Cubit
tarasmulticulturaltable.com

Satu lagi jajanan khas Bandung yang dapat dengan mudah kamu buat di rumah, yakni kue cubit. Sebenarnya, kue mini ini merupakan jajanan basah tradisional yang kini telah banyak mengalami modifikasi dan kreasi. Baik dari segi rasa, tampilan, warna, maupun jenis topping.

Untuk membuatnya, pertama, kocok gula dan telur dengan menggunakan mixer berkecepatan rendah. Lalu campurkan tepung terigu, baking powder, vanili, dan ragi, serta kocok hingga mengembang. Baru setelah itu, tuang ke cetakan kue yang sebelumnya telah dipanaskan dan diolesi minyak.

Setelah beberapa saat, beri topping sesuai selera, misalnya keju, meses, atau lainnya. Biarkan hingga matang, dan kue cubit berukuran mini dengan tekstur lembut sudah siap disantap bersama keluarga.

Meski saat ini kue cubit telah banyak tersedia di kafe atau restoran, membuat sendiri di rumah ternyata jauh lebih memuaskan.

Tak hanya bisa lebih hemat, ini juga bisa menjadi sarana quality time bersama keluarga. Kecuali jika kamu memiliki voucher atau cashback dari ShopBack, yang tentunya sayang jika tidak dimanfaatkan.

Jadi, yuk manfaatkan waktu santai bersama keluarga dengan ditemani aneka jajanan khas Bandung ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.