Bunga sakura hitam putih

Gambar Sketsa Bunga yang Mudah Dibuat dan Sederhana

Gambar sketsa bunga mungkin menjadi salah satu pilihan ketika kamu mendapatkan tugas menggambar dari guru. Sketsa bunga ini bisa dibilang lebih mudah dari pada harus menggambar hewan atau bahkan manusia.

Sebenarnya, ada banyak jenis bunga yang bisa kamu bikin sketsanya, mulai dari bunga matahari, mawar, sampai kembang sepatu.

Tentu saja kamu nggak harus membuat semua sketsa bunga tersebut kan?

Berikut ini ada beberapa gambar sketsa bunga yang bisa kamu jadikan contoh. Pilih yang menurutmu paling mudah dikerjakan ya.

Bunga Matahari

Gambar sketsa bunga matahari
senibudayaku.com

Bunga matahari memiliki biji yang sangat banyak di bagian tengahnya. Selain itu, kelopak bunganya juga banyak karena bunga matahari memiliki ukuran yang cukup besar.

Jika kamu menggambar bunga matahari, butuh ketelitian yang ekstra. Jangan cuma menggambar bagian kelopak bunganya saja ya. Kalau bisa, detail biji bunga matahari juga terlihat. Siapa tahu itu akan menambah nilai dari gambar yang dibuat.

Kamu juga bisa menggambar keseluruhan tanamannya lho, mulai dari bunga, daun, dan batang. Tentu itu membutuhkan kerja yang lebih lagi agar mendapatkan hasil yang bagus.

Bunga Tulip

Sketsa bunga tulip
gambar-mewarnai.com

Jika kamu ingin yang mudah digambar, bisa coba nih bunga tulip. Karena bentuk bunganya cukup sederhana, menggambarnya pun lebih mudah tentunya.

Kalau dilihat-lihat, bentuk bunga tulip ini mirip bunga mawar yang masih belum mekar ya. Bedanya hanya ada pada daunnya saja. Bentuk daun bunga tulip memanjang seperti daun pada tanaman padi. Jadi, tentu saja akan lebih mudah untuk menggambarnya.

Bunga Mawar

Gambar mawar dari pensil
rebanas.com

Kalau menggambar bunga mawar, tentukan dulu ya, mau menggambar yang masih kuncup atau yang sudah mekar. Soalnya bakalan beda nanti hasilnya, tingkat kesulitannya pun juga berbeda.

Bunga yang masih kuncup akan lebih mudah digambar karena kelopak bunganya masih berkumpul. Ketika sudah mekar, kelopak akan membesar dan membuatnya lebih sulit dibuat sketsanya.

Kamu harus memperhatikan bagian gelap terang pada bunganya juga ketika akan menggambar bunga mawar ini. Karena, kalau tidak dibuat bagian gelap terang, maka gambarnya kurang memukau.

Bunga Sakura

Bunga sakura hitam putih
gambar-abc.blogspot.com

Siapa yang nggak kenal bunga dari jepang ini? Tentu saja hampir semua orang mengetahui bunga khas dari Negeri Matahari Terbit itu.

Nah, salah satu julukan Negara Jepang adalah Negeri Sakura. Jadi, buat yang suka sama jejepangan tentu sangat tahu sama jenis bunga ini.

Untuk membuat sketsa bunga sakura, kamu sepertinya nggak terlalu kesulitan deh. Cara membuatnya cukup mudah kok.

Bagian pertama yang dibuat sebaiknya adalah batangnya. Setelah menggambar batang pohonnya, kamu tinggal membuat bunga-bunga kecil di beberapa bagian batang tersebut. Mudah bukan?

Bunga Sepatu

Sketsa kembang sepatu
obatrindu.com

Bunga atau kembang sepatu, salah satu bunga yang mudah untuk digambar. Kenapa mudah digambar? Coba aja lihat gambar di atas, gimana? Simple bukan?

Nah, kamu nggak bakal kesulitan deh kalau membuat sketsa dari bunga sepatu ini. Agar lebih mudah, coba buat terlebih dahulu putih bunga yang ada di bagian tengahnya.

Setelah putiknya jadi, lalu buat kelopak yang mengelilinginya. Jika seluruh bagian bunganya selesai di gambar, kamu bisa menambahkan gambar daun dan batang di bagian bawahnya.

Bunga Anggrek Bulan

Gambar bunga anggrek
lakonhidup.com

Bunga anggrek bulan adalah salah satu jenis anggrek yang paling indah lho. Kamu pernah lihat yang asli belum?

Bunga anggrek bulan ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Kalau dibandingin mawar dan bunga matahari, ada sedikit di bawahnya lah.

Untuk menggambar bunga anggrek bulan, pertama-tama buat satu bunga terlebih dahulu ya. Setelah gambar satu bunga sudah selsai, kamu bisa menambahkan teman-temannya, biar nggak kesepian gitu, hehehe.

Bunga Melati

Sketsa bunga melati
youtube.com

Bunga melati memiliki bau yang sangat harum mewangi. Karena keharumannya, bunga ini ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk campuran dalam minuman teh. Ya, teh jasmin, salah satu jenis teh yang dicampur bersama bunga melati.

Jenis bunga ini cukup sulit juga untuk menggambar sketsanya. Walaupun cukup sulit, tapi kamu tentu bisa dong membuatnya? Pokoknya jangan menyerah dulu sebelum mencoba.

Nah, daripada takut mencoba, berikut ini ada video bagaimana menggambar sketsa bunga melati dari awal.

Gimana? Kamu sudah tertarik untuk membuat sketsanya sekarang juga? Sambil membuat sketsa bunga melati, kamu bisa sekalian lihat videonya, kalau bingung, pause dulu aja ya videonya, siap?

Bunga Teratai

Sketsa bunga teratai
pinterest.com

Bunga teratai ini memiliki kelopak bunga yang sangat banyak. Mirip-mirip sama bunga matahari lah. Bedanya, bunga teratai ini hidupnya di atas air.

Kamu boleh banget lho mencoba untuk membuat gambar sketsa bunga teratai ini. Kalau merasa tertantang harusnya sih bisa.

Coba saja lihat sketsa dari pensil di atas. Walaupun terlihat rumit, tapi kalau sudah jadi ternyata bagus juga ya? Pakai pensil lagi, jadi kalau salah bisa langsung dihapus.

Bunga Kamboja

Bunga kamboja ungu
muchneededtherapy.blog

Bunga kamboja ternyata juga memiliki bentuk yang indah ya? Kamu bisa melihat sketsanya di atas, sketsa berwarna tapi ya, hehehe.

Sketsa tersebut adalah bunga tampak dari atas. Tapi, kamu juga bisa menggambarnya dari samping kalau memang terlalu mudah menggambar tampak atas, hehehe.

Buat awalan, pakailah pensil terlebih dahulu ketika membuat sketsa bunga kamboja. Kalau sudah mahir, baru deh pakai pewarna seperti contohnya di atas.

Gimana? Mudah dibuat bukan sketsa bunganya? Kamu bisa membuat sketsanya menjadi lebih sederhana juga lho, jangan terpaku pada contoh yang ada.

Selain bunga, kamu juga bisa membuat sketsa tentang pemandangan ataupun sketsa wajah orang. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.