Gambar Sketsa Pemandangan yang Mudah Digambar

Gambar sketsa pemandangan biasanya menjadi pilihan untuk tugas kesenian dari guru di sekolah. Menggambar pemandangan menjadi lebih mudah ketika ada gunung, sawah, rumah, matahari, dan pohon.

Pernah bikin kayak gitu kan kamu? Hayooo, ngaku ajaa, hehehe.

Ya, sepertinya gambar seperti itu menjadi legend banget di Indonesia. Terutama buat anak-anak di tahun 90-an dulu. Hampir semuanya bikin gambar seperti itu.

Nah, di zaman milenial seperti sekarang ini, nggak tahu deh tren nya kayak gimana? Mungkin masih tetap gambar gunung dan sawah kali ya.

Buat kamu yang bosan dengan gambar seperti itu, mending langsung aja lihat beberapa contoh sketsa pemandangan di bawah ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk mengerjakan tugas nanti.

Pemandangan Alam

Gambar sketsa pemandangan alam
kreasiwarna.com

Gambar pemandangan alam itu kelihatannya mudah banget dibuat. Ada pohon, rerumputan, dan bukit-bukit yang berjejer. Kamu bisa menambahkan bebatuan dan juga bunga-bunga kecil.

Gambar pemandangan alam
pinterest.com

Atau, kamu bisa juga membuat gambar rumah sederhana di bawah bukit. Lalu buat bukit yang cukup tinggi dengan matahari mengintip di baliknya.

Jangan lupa, berikan pepohonan yang nggak perlu banyak-banyak, yang penting terlihat ada di alam saja. Dan, jadi deh gambar sketsa pemadangan alamnya. Menarik bukan?

Pemandangan Pantai

Pemandangan pantai
youtube.com

Pantai itu identik dengan pohon kelapa, laut dan perbukitan di sekitarnya. Nah, untuk membuat sketsa seolah berada di pantai, biasanya kamu membutuhkan komponen tersebut.

Cukup gunakan pensil untuk membuat sketsanya, jadi kalau salah bisa dihapus dan diprebaiki lagi. Kalau memang kamu sudah mahir, bisa langsung coba pakai spidol tuh.

Kamu tertarik membuat seperti gambar di atas? Berikut ini ada video cara membuat gambar pemandangannya. Kamu ikuti aja tuh langkah-langkahnya.

Selain pohon kelapa, ketika di pantai kita juga melihat laut lepas yang luas. Kadang ada kapal nelayan yang terlihat dari kejauhan.

Pemandangan hamparan pantai dan laut
sigambarbaru.com

Selain itu, ada juga awan yang beriringan berjalan tertiup angin yang sepoi-sepoi. Kamu bisa membuat awan yang terlihat jelas agar kesan pantainya jadi terlihat.

Pemandangan Laut

Pemandangan pantai dengan matahari terbenan sunset
hariannusantara.com

Pemandangan di laut itu mirip-mirip pantai, kecuali kalau kita berada di tengah laut ya. Biasanya hanya terlihat hamparan laut yang luas sampai kita dekat dengan sebuah pulau.

Gambar di atas, kita melihat laut dari tepi pantai. Menikmati pemandangan laut sambil menikmati sunset yang indah.

Tertarik membuat gambar seperti itu?

Pemandangan Bawah Laut

Gambar pemandangan bawah laut untuk mewarnai
gambarcoloring.blogspot.com

Di bawah laut nggak kalah indahnya dengan keindahan di atas laut. Kita bisa menemukan banyak binatang dan batu karang.

Untuk membuat gambar sketsa bawah laut, kamu bisa fokus pada satu objek terlebih dahulu. Misalnya nih, kamu akan membuat gambar ikan hiu. Yaudah, fokus membuat gambar ikan hiu terlebih dahulu sebelum bikin yang lainnya.

Agar ikan hiu jadi fokus di sketsa kamu, bikin yang agak gede sekalian, hehehe. Setelah ikan hiu selesai digambar, baru deh bikin temen-temennya.

Pemandangan bawah laut
gambar-mewarnai.com

Selain contoh sebelumnya, gambar di atas ini juga bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa menggambar berbagai jenis ikan ataupun hewan laut.

Sketsa pemandangan bawah laut
kreasiwarna.com

Sebenarnya, kamu nggak perlu bikin gambar yang rumit lho. Ikan yang simple pun cukup kok buat bikin sketsa bawah laut. Yang penting terlihat ramai aja, biar gambarnya jadi lebih kece.

Pemandangan Pedesaan

Sketsa pemandangan pedesaan
marimewarnai.com

Apa yang kamu pikirkan tentang desa? Biasanya, desa itu identik dengan tempat yang masih asri, dengan sawah yang luas.

Nah, gambar di atas ini memberikan gambaran lain tentang desa. Rumah-rumahnya masih menggunakan kayu dengan suasana yang terlihat nyaman.

Tapi itu nggak bisa menggambarkan desa saat ini ya. Udah banyak banget desa yang maju sekarang ini. Coba deh kamu sekali-kali main ke daerah pedesaan.

Lukisan pedesaan
realring.blogspot.com

Lukisan di atas ini mungkin bisa jadi inspirasi kalau kamu mau menggambar sketsa pedesaan. Lihat aja tuh, ada satu rumah mungil, seorang yang akan berangkat ke sawah, dan pepohonan rindang.

Dalam gambar berwarna itu terlihat kesejukan kan?

Pemandangan Hutan

Sketsa hutan belantara
gambarcoloring.blogspot.com

Pemandangan hutan biasanya terdiri dari jajaran pepohonan yang banyak. Kadang, ada juga jalan setapak yang membelah hutan menjadi dua bagian.

Kalau kamu pengen yang simple, coba deh bikin sketsa yang seperti itu. Lebih mudah membuatnya, cukup dengan menggambar pepohonan yang banyak, jadi deh, hehe.

Pemandangan hutan
marimewarnai.com

Kalau dirasa gambar pepohonan itu terlalu simple, kamu bisa menambahkan beberapa hewan. Tinggal gambar aja, mau kijang, rusa, jerapah, harimau, atau hewan lainnya yang biasa ada di hutan.

Atau, kamu bisa juga menambahkan sketsa bunga indah yang ada di hutan.

Pemandangan Kota

Pemandangan kota bunderan HI
tataruang.atrbpn.go.id

Kota itu biasanya banyak gedung-gedung tinggi yang menjulang. Terus gedungnya terlihat rapat dan saling berbaris rapi.

Kamu bisa pergi ke kota untuk membuat sketsa ini. Tapi kalau memang malas keluar, bisa lihat di Youtube atau foto di Instagram.

Pemandangna kota di Korea
Urban Sketchers – goodnewsfromindonesia.id

Gambar di atas bisa kamu contoh ketika sedang menggambar sketsa langsung di tempatnya. Coretan yang tegas menggambarkan bahwa yang membuat sketsa ini sudah sangat ahli. Pewarnaan gambarnya pun juga terlihat natural dan bagus banget.

Pemandangan Gunung

Gambar pemandangan gunung dan sawah
sigambarbaru.com

Siapa yang pernah menggambar sketsa di atas?

Ada dua gunung dengan matahari di tengahnya. Lalu persawahan yang sedang ditanami padi dan burung yang terbang berbentuk huruf M.

Kamu pasti pernah menggambar kayak gitu kan?

Ngaku aja deh, hehehe.

Pemandangan gunung
gambarmewarnai.com

Kalau udah bosen sama gambar dua gunung, bisa cobain gambar satu gunung saja. Tapi tetep, ada persawahan dan sungai yang mengalir deras.

Sketsa pemandangan gunung
youtube.com

Buat kamu yang udah PRO, bisa coba membuat sketsa gunung seperti di atas ini. Keren banget kan gambarnya?

Walaupun sama-sama gambar gunung, tapi desainnya itu nggak biasa. Nggak kayak yang sering kita lihat di sekolah.

Buat yang pengen nggambar kayak gitu, di bawah ini ada video langkah-langkah menggambarnya nih. Coba ikutin caranya ya.

Pemandangan Air Terjun

Sketsa air terjun hitam putih
izarnazar.blogspot.com

Biasanya, pemandangan air terjun itu menjadi satu dengan hutan dan bebatuan. Air mengalir dari atas, melewati hutan dan mengalir deras menuju bebatuan.

Kadang ada juga sebuah kolam air yang cukup luas menampung aliran air terjun dari atas.

Lukisan air terjun berwarna
onmedianet.com

Gambar lukisan air terjun di atas juga bisa kamu jadikan inspirasi.

Sketsa air terjun berwarna
marimewarnai.com

Nah, kalau gambar di atas ini lengkap banget, ada gunung, pohon, rumah, kolam, sawah, dan air terjun. Gambar sketsa pemandangan air terjun berwarna ini bisa jadi ide lho untuk tugas kamu.

Sebagai tambahan, kamu bisa menggambar sketsa menggunakan spidol terlebih dahulu, baru kemudian di warnai.

Gimana? Tertarik untuk membuat gambar pemandangan yang keren?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.