7 Cara Merawat Dompet Kulit yang Baik dan Benar

Cara Merawat Dompet Kulit – Dompet dengan bahan kulit tentu disukai banyak orang, selain nilainya yang tinggi, produk ini terlihat elegan dan mewah. Ya, memang mewah sih, apalagi kalau kita membeli dompet yang harganya tidak murah.

Nah, karena harganya yang mahal, biasanya kita sayang kan kalau dompet kita kenapa-kenapa. Tentu kita akan merawatnya dengan baik agar umurnya panjang dan nggak cepet rusak.

Walaupun memang, kualitas dompet kulit juga berpengaruh pada ketahanannya. Tapi, kalau pemakaian kita nggak bener juga bakal ngaruh banget si dompet cepet rusak atau nggak.

Biar dompet kulitmu awet, ada beberapa tips dari pengrajin kulit yang bisa kamu coba nih. Lakuin aja dari yang paling mudah dulu, kalau semua langsung dijalanin, ntar ujung-ujungnya malah nggak jadi deh.

Atur Isi Dalam Dompet

Isi dari dompet kulit
pixabay.com

Kalau dompet diisi berlebih, selain membuatnya sulit utuk masuk ke kantong celana, ternyata juga bisa mengubah bentuk dompet. Bahkan, ada resiko lain, seperti kartu ATM patah, KTP lecek, dan isi di dalam dompet tidak rapi lagi.

Sebaiknya kurangi isi di dompet kamu, biat bentuknya tetep bagus. Kamu bisa menggunakan dompet kartu sebagai penyimpan kartu-kartu penting kamu. Jadi isi di dompet bisa benar-benar dikurangi.

Jangan Duduki Dompet

Dompet kulit sapi di dalam kantong
pixabay.com

Kebiasaan yang satu ini sering kali dilakukan, padahal akibatnya bisa memengaruhi tulang belakang lho. Apa tuh? Itu lho, kebiasaan menduduki dompet yang diletakkan di saku celana belakang.

Bukan cuma bisa membuat cedera pada tulang belakang saja, menduduki dompet juga dapat membuatnya jadi cepat rusak. Lebih baik keluarkan dompet ketika kamu akan duduk. Selain menjadi lebih nyaman, dompet kulit kamu juga lebih awet dan terhindar dari kelembaban tinggi.

Pakai Produk Perawatan Terbaik

Seperti halnya kulit manusia, kulit hewan pun juga butuh perawatan, apalagi yang sudah jadi sebuah produk. Produk kulit perlu dirawat agar kelembabannya terjaga, sehingga lapisan kulit terhindar dari resiko negatif akibat pemakaian dan pengaruh cuaca.

Sebaiknya kamu menggunakan produk pelembab kulit yang menggunakan bahan wax alami. Kenapa pakai yang bahannya wax? Supaya manfaat produk tersebut dapat dirasakan dalam waktu yang cukup lama.

Bahan Pelembab Alami

Selain produk perawatan yang biasanya sudah dijual dalam merk tertentu, kamu juga bisa pakai bahan sederhana di rumah. Cukup campurkan cuka dengan dua sendok makan minyak zaitun.

Setelah campuran selesai dibuat, oleskan pada koleksi dompet kulit yang akan kamu bersihkan, lalu diamkan semalaman. Setelah semalam didiamkan, pagi harinya tinggal kamu bersihkan.

Atau, kalau kamu punya kondisioner khusus bahan kulit, tuangkan beberapa tetes dan campur dengan minyak zaitun. Tuangnya di atas kain microfiber ya, lalu oleskan di permukaan kulit dan tunggu sampai semuanya resesap.

Membersihkan Dompet Kulit

Tips Merawat dompet kulit asli
pixabay.com

Untuk membersihkan dompet kulit, tuangkan bahan pembersih ke permukaan kain mikrofiber. Kemudian, usapkan ke permukaan dompet dengan gerakan melingkar. Cara ini berguna untuk mengangkat kotoran yang menempel pada lapisan kulit.

Kalau bahan pembersih yang kamu gunakan mengandung sabun, setelah diusap, beri sedikit saja air tapi jangan sampai basah kuyup ya. Lalu bersihkan sabun menggunakan kain mikrofiber lagi, yang ini jangan pakai air. Lalu keringkan sampai benar-benar kering ya.

Selain pakai bahan pembersih, kamu juga bisa menggunakan air jeruk nipis dan kain microfiber. Cukup ambil sedikit air jeruk nipis, lalu usap ke dompet kulit kamu secara merata dan perlahan. Dan ingat, lakukan secara berkala agar dompet selalu bersih dan tahan lama.

Tips Menyimpan

Cara Merawat dompet kulit asli
unsplash.com

Kalau kamu sedang tidak menggunakan dompet kulitmu, simpanlah di tempat yang kering, sejuk, dan sebisa mungkin terhindar dari sinar matahari langsung. Hal tersebut dimaksudkan agar kualitas produk kulit selalu terjaga.

Ingat ya, simpat di tempat kering, kalau disimpan di tempat yang lembab, akan memicu munculnya jamur. Kalau dinar matahari langsung bisa mengubah warna kulit.

Hindari Hal Berikut

dompet kulit sapi
unsplash.com

Ada beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika merawat dompet kulit. Saat membersihkan dan mengaplikasikan kondisioner, hindari produk yang mengandung minyak petrolium, minyak munk, silikon, pelarut petrolium, dan minyak sejenis lainnya.

Kenapa tidak boleh pakai produk yang mengandung bahan-bahan tersebut?

Karena, bahan-bahan tersebut bisa meningalkan noda atau bahkan sampai merusak bahan kulit. Ketika sudah terbentuk noda, tentu akan sulit untuk dibersihkan.

Selain itu, jangan gunakan produk yang berpotensi meninggalkan noda. Apalagi kalau noda yang muncul sangat sulit dibersihkan.

Langkah-langkah di atas bisa kamu coba semua, supaya dompet kulit kamu lebih awet dan tahan lama. Ingat ya, rawat dengan baik dan benar.

Oia, ada sedikit tips nih, kalau kamu menggunakan produk perawatan yang baru dipakai, gunakan sedikit dulu. Jadi, tes pada bagian kecil yang tidak terlihat menggunakan produknya. Lihat, apakah produk yang digunakan aman dan nggak memunculkan noda di kulit atau malah sebaliknya.

Leave a Reply