Merawat Tas Kulit

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas Kulit

Pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana cara menghilangkan noda tinta pada tas kulit kan?

Ya, kebanyakan orang bahkan tidak menyadari, kalau menghilangkan noda tinta di produk kulit itu cukup mudah. Tapi mereka takut produk kulitnya menjadi rusak atau berkurang keindahannya.

Jangan takut atau bimbang.

Semua pasti ada jalannya, termasuk membersihkan noda dari tas kulit milikmu.

Noda Tinta

Ada banyak noda sebenarnya yang mungkin hinggap pada tas kulit milikmu. Tapi, yang biasanya menghantui adalah noda tinta. Bisa tinta apapun itu, tinta pulpen, bolpoint, ataupun tinta printer.

Tinta yang menempel pada tas kulit tentu saja akan mengurangi kecantikan dari tas kulit kamu. Apalagi buat para karyawan yang tiap hari pakai tas kulit. Bakal mengganggu banget kalau ada noda yang menempel di tas kulit kesayangannya.

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pada Tas Kulit

Ketika ada noda berupa tinta, kamu nggak perlu khawatir. Bisa-bisa, noda tintanya akan merata ke seluruh permukaan tas kulit karena kamu menggosoknya dengan tangan.

Pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Tetap tenang dan jangan sekali-kali meratakan tinta yang menempel pada permukaan tas.

Pakai Alkohol

Cara merawat tas kulit asli
perawatantaskulit.blogspot.com

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda tinta adalah dengan menggunakan alkohol. Caranya cukup mudah kok.

  • Tuangkan alkohol secukupnya pada kapas.
  • Gosok perlahan pada bagian yang terkena tinta.
  • Ulangi dengan menggunakan kapas baru yang diberi alkohol sampai noda hilang.

Pastikan kamu tidak menggosoknya dengan keras ya. Takutnya, warna tas kulit yang kamu gosok dengan keras akan ikut hilang juga.

Kadang, kalau nodanya cukup membandel, menggunakan alkohol tidak bisa sepenuhnya menghapus tinta.

Gunakan Hairspray

Cara menghilangkan noda tinta pada kulit menggunakan hairspray
pinterest.com

Hairspray juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada tas kulit.

  • Semprotkan hairspray pada bagian yang terkena tinta sampai basah.
  • Gosok perlahan menggunakan kapas atau cotton bud.
  • Ulangi dengan menggunakan kapas yang baru sampai tinta hilang.

Kedua cara tersebut bisa kamu coba di rumah. Tapi sebaiknya dicoba dulu pada bagian tas yang tersembunyi. Usapkan sedikit bahan pembersih pada bagian tersembunyi itu. Apakah kedua bahan itu akan membuat kulit menjadi memudar warnanya dan kering atau tidak.

Kalau tas kulit kamu malah jadi kering dan warnanya memudar, sebaiknya jangan memakai alkohol dan hairspray. Kamu bisa mencoba pembersih tinta yang memang dikhususkan untuk menghilangkan noda tinta pada kulit.

Cara di atas juga bisa kamu coba aplikasikan untuk tas kulit sintetis lho. Atau bisa juga untuk produk kerajinan kulit lain, seperti dompet, jaket, sabuk, dan produk lainnya.

Selamat mencoba

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.