Cara Membuat Kastengel Keju Renyah

Resep Kastengel Keju – Apakah kamu sering menikmati kastengel? Kue yang mudah hancur dan memiliki rasa gurih ini pastinya akan jarang kamu temui. Biasanya sih cuma di moment tertentu aja, seperti saat lebaran misalnya.

Ketika lebaran, kamu akan dengan mudah menemui kue kering ini. Entah itu waktu berkunjung ke tetangga, ke tempat saudara, atau jangan-jangan di rumah kamu juga ada nih?

Kastengel biasanya ada berdampingan dengan nastar. Kalau nastar memiliki rasa yang manis-manis asem karena di dalamnya ada selai nanasnya, bebeda dengan kastengel. Rasa kastengel cenderung asin gurih gitu, karena menggunakan keju yang cukup banyak sebagai salah satu bahannya.

Kue kering gurih ini cocok dinikmati ketika kita sedang berkumpul bersama keluarga. Atau bisa juga jadi camilan sembari menikmati secangkir teh hangat. Kamu juga bisa menyajikan kastengel kepada tamu sebagai salah satu hidangannya.

Sama seperti cara mendapatkannya, untuk membuat kastengel nggak terlalu sulit. Cukup sediakan bahan yang dibutuhkan, dan ikuti langkah yang ada pada resep berikut ini.

Resep Kue Kastengel Keju

Kastengel Keju
vebma.com

Bahan

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 250 gram margarin atau mentega
  • 100 gram keju edam yang sudah diparut
  • 100 gram keju cheddar yang sudah diparut
  • 3 butir telur ayam yang sudah dipisahkan antara kuning dan putihnya, kuning telur untuk olesan
  • 1 butir telur ayam sebagai bahan campuran

Cara Membuat

  1. Campurkan margarin dan putih telur, aduk mengunakan mixer sampai mengembang dan berwarna putih pucat.
  2. Tambahkan keju edam dan satu butir telur, aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk sampai tercampur rata.
  4. Uleni adonan sampai kalis, lalu giling dan cetak menjadi bentuk sedikit tebal dan persegi panjang.
  5. Siapkan loyang, olesi dengan margarin, lapisi dengan kertas roti.
  6. Susun adonan yang sudah dicetak sebelumnya ke dalam loyang. Jangan lupa beri jarak supaya kue tidak saling menempel.
  7. Olesi bagian atas adonan dengan kuning telur, tambahkan parutan keju cheddar.
  8. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama kurang lebih 25 menit.
  9. Atau, perhatikan adonan, jika sudah berwarna kuning kecoklatan, segera angkat.
  10. Kastengel keju siap disantap bersama keluarga 🙂

Melihat kamu bersemangat seperti itu, jadi nggak tega deh kalau cuma bikin kastengel aja. Cobain juga dong resep kue bawang renyah dan resep kue garpu goreng nya, hehehe.

Resep Kastengel Keju Renyah

Resep Kastengel Renyah
dapurgenik.blogspot.co.id

Bahan

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 150 gram margarin
  • 50 gram keju cheddar yang sudah diparut
  • 35 gram tepung maizena
  • 25 gram susu bubuk putih
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Olesan

  • 1 kuning telur
  • 25 gram keju spread yang sudah diaduk halus dan masukkan ke dalam plastik segitiga

Cara Membuat

  1. Kocok terlebih dahulu margarin bersama dengan garam selama sekitar 30 detik, kemudian tambahkan kuning telur lalu kocok sampai tercampur semua.
  2. Masukkan keju parut dan aduk sampai rata menggunakan spatula kayu.
  3. Tambahkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan juga baking powder. Jangan lupa, gunakan ayakan saat memasukkannya agar tidak ada yang menggumpal. Aduk lagi sampai semua tercampur dengan sempurna.
  4. Simpan adonan yang sudah kalis ke dalam kulkas selama 30 menit.
  5. Lalu giling adonan dan cetak menggunakan cetakan, atau potong dengan ukuran 5×2 cm.
  6. Susun di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
  7. Olesi adonan yang sudah disusun di loyang dengan kuning telur, lalu berikan keju spread di atasnya.
  8. Panggang adonan selama kurang lebih 30 menit pada suhu 140 derajat celsius sampai warnanya kuning keemasan.
  9. Setelah matang, angkat, dinginkan, dan masukkan ke dalam toples.
  10. Kastengel renyah siap disajikan 🙂

Cara Membuat Kastengel Tanpa Mixer

Sebenarnya, kamu juga bisa kok bikin kastengel sederhana tanpa mixer.

Gimana caranya?

Caranya ya tinggal aduk aja, tapi jangan pakai tangan langsung ya. Kamu harus menggunakan alat, bisa sendok kayu atau spatula, yang penting bisa buat ngaduk aja.

Hindari banget pakai tangan langsung ya. Soalnya, tangan kita itu panas, ketika tangan kena adonan kastengel, margarin atau mentega akan leleh. Hal tersebut bisa membuat adonan jadi lembek.

Cara Membuat Kastengel Tanpa Oven

Di rumah nggak ada oven?

Tenang, tenang, masih ada cara ekonomis kok biar kita tetap bisa berkreasi. Kamu bisa menggunakan teflon untuk memanggang adonan kastengel.

Ya, cukup panaskan teflon, lalu kecilkan api, susuk adonan yang sudah dicetak ke atas teflon. Tutup, dan panggang adonan sampai benar-benar matang.

Gimana? Kamu tetap bisa membuat kastengel rumahan tanpa oven kan?

One Response

  1. almaguna cargo May 14, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.