Resep Kue Garpu (Manis, Gurih, Asin) Mudah Dibuat

Resep kue garpu tentu berbeda dengan cara membuat kue lainnya. Bahan dan langkahnya nggak sama dan rasanya juga.

Kamu penasaran sama resep kue kering yang namanya diambil dari salah satu alat makan ini?

Dari pada kelamaan, langsung aja yuk kita bikin kue garpu yang bisa dibuat di rumah, lembut, dan bisa untuk dijual, mantab.

Resep Kue Garpu Manis

Cara membuat kue garpu enak
keepspirit23.blogspot.com

Pertama, kita akan membuat yang manis-manis dulu, biar kayak kamu, iyaa kamuu.

Bahan

  • 250 gram tepung terigu (pakai yang protein rendah)
  • 7 sendok makan gula pasir (atau sekitar 140 gram)
  • 5 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 bungkus vanili bubuk

Cara Membuat

  1. Campurkan telur, gula, vanili bubuk,dan garam, kocok menggunakan garpu sampai gula larut dan berbusa.
  2. Masukkan margarin yang tadi sudah dilelehkan, aduk lagi sampai tercampur.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk pakai sendok kayu atau alat lainnya sampai kalis dan tidak lengket lagi.
  4. Setelah adonan jadi, ambil sedikit, bentuk bulat dan pipihkan.
  5. Tempelkan adonan di balik garpu, lalu ditekan agar terbentuk lekukan garpu, baru gulung perlahan.
  6. Lakukan pencetakan tersebut sampai adonan tercetak semua.
  7. Selanjutnya, tinggal digoreng menggunakan minyak yang banyak dan panas.
  8. Goreng menggunakan api kecil, masukkan adonan satu per satu agar tidak lengket, dan goreng sampai warna kuning kecoklatan.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  10. Kamu bisa memasukkannya ke dalam toples atau dihidangkan langsung.

Kalau kamu perhatikan, resep kue ini mungkin mirip kayak cara membuat biji ketapang ya?

Resep Kue Gerpu Gurih Asin

Resep kue garpu renyah
youtube.com

Buat kamu yang kurang suka sama manis, sekarang bikin yang rasanya gurih-gurih asin ya.

Berikut bahan dan juga resepnya.

Bahan

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung tapioka
  • 50 ml santan kenta
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 lembar daun seledri yang sudah diiris halus
  • 1/2 liter minyak goreng

Cara Membuat

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka terlebih dahulu.
  2. Tambahkan garam dan kaldu bubuk.
  3. Kemudian masukkan santan dan margarin, aduk sampai semua bahan tercampur dan adonan kalis.
  4. Masukkan irisan seledri, dan aduk lagi sampai semua tercampur dengan baik.
  5. Setelah itu, ambil sedikit adonan, bentuk bulat, lalu pipihkan dengan garpu, gulung.
  6. Lakukan sampai seluruh adonan selesai dicetak.
  7. Goreng adonan menggunakan api kecil sampai matang.
  8. Kue garpu yang rasanya gurih asin siap untuk dihidangkan.

Resep Kue Garpu Keju Renyah

Resep mudah bikin kue garpu
idntimes.com

Resep kali ini buat kamu yang doyan banget sama keju. Coba deh buat kue ini sendiri di rumah, gampang banget caranya.

Bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 150 gram keju cheddar yang sudah diparut (kamu bisa pakai Kraft, Prochiz Gold, atau keju lainnya)
  • 1 butir telur
  • 1 batang seledri yang sudah diiris halus
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 65 ml santan kental
  • 1 sendok makan margarin yang sudah dicairkan

Cara Membuat

  1. Ambil tepung terigu, tepung tapioka, keju parut, kaldu bubuk, gula pasir, garam, dan merica bubuk, masukkan ke dalam wadah besar dan aduk.
  2. Kemudian masukkan telur, margarin, dan santan, aduk lagi sampai semua tercampur rata dan adonan siap untuk dibentuk.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, dan pipikan, lalu tekan pada garpu, kemudian gulung.
  4. Ulangi sampai adonan tercetak semua.
  5. Panaskan minyak, lalu goreng adonan menggunakan api kecil sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat dan tirikan.
  7. Simpan kue garpu ke dalam toples, dan hidangkan.

Kalau masih ada sisa keju, coba juga dong kamu bikin kastengel keju yang lezat rasanya.

Kue Garpu Tanpa Telur

Resep kue garpu tanpa telur
youtube.com

Sebenarnya, resep sebelum-sebelumnya juga ada yang tanpa menggunakan telur. Tapi, kita tulis resep lainnya yang tentu nggak kalah renyah, dan enak tentu saja.

Bahan

  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Campurkan semua adonan sampai kalis, tidak lengket, dan mudah dibentuk.
  2. Kamu bisa menambahkan air kalau memang adonan terlalu kering, tapi jangan banyak-banyak.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, letakkan di punggung garpu, pipihkan, lalu gulung.
  4. Lakukan sampai adonan tercetak semua.
  5. Goreng adonan yang sudah dicetak sampai matang.

==================

Untuk Jualan

Resep-resep di atas bisa kamu praktekkan terlebih dahulu dan coba mana yang menurutmu paling enak.

Setelah menemukan resep yang paling mantab dan rasanya enak, kamu bisa tuh mulai hitung-hitung. Biaya bahan yang dibutuhkan, gas, plastik, tenaga, dan kira-kira mau dijual dalam kemasan berapa gram.

Setelah hitung-hitungannya selesai, kamu bisa tuh tentuin harga jual. Yang jelas, jangan jual mahal-mahal, kebanyakan orang suka yang ekonomis sih, hehehe.

Kalau mau dijual murah, bikin aja yang bungkusnya kecil-kecil, isinya dikit, tentu harga lebih murah.

Tips Anti Gagal

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat kue garpu yang renyah dan anti gagal.

  1. Ayak tepung terigu, pengayakan ini dilakukan agar tidak ada gumpalan tepung. Jadi saat mencampur, adonan akan tercampur dengan sempurna.
  2. Cetak menggunakan garpu, saat mencetak, jangan ditekan terlalu keras, nanti malah bikin adonannya jadi hancur, cukup tekan sampai ada bentuknya saja, baru gulung.
  3. Gunakan api sedang atau kecil, jangan gunakan api besar ya, nanti bisa membuat adonan yang digoreng jadi gosong dan tidak bisa dinikmati bersama deh.

Gimana resepnya? Mudah dan bisa kamu buat sendiri kan?

Resep di atas bisa banget kamu buat terus dijual dengan harga ekonomis dan terjangkau lho. Tapi, kamu harus praktek sampai bisa membuat yang enak banget.

Kalau masih kurang, kamu bisa cobain juga resep dari NCC atau yang lainnya. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.