bahan rayon premium

Bahan Rayon Premium Apakah Bagus? + Kelebihan dan Kekurangan

Bahan rayon premium sebenarnya adalah istilah saja untuk menyebut kain rayon dengan kualitas yang bagus. Apakah bahan rayon bagus, mudah melah, tipis, atau panas?

Simak pembahasannya di artikel ini ya.

Mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang seperti apa bahan rayon itu. Pokoknya lengkap deh, mulai dari apa itu rayon, jenis, karakteristik, contoh, sampai ke penggunaannya.

Apa itu Bahan Rayon?

Bahan rayon adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan serat selulosa murni. Serat tersebut biasanya diambil dari pulp kayu yang kemudian akan melewati proses pemurnian.

Walaupun bahannya alami, tapi dalam proses pembuatannya, rayon membutuhkan bahan kimia. Sehingga, kain ini dianggap juga sebagai kain semi sintetis.

Jenis Bahan Rayon

benang kain rayon
rawpixel.com

Saat ini, di pasaran terdapat banyak sekali jenis bahan rayon. Tetapi, secara umum ada beberapa saja yang paling dikenal.

1. Rayon Viscose

Jika kamu bertanya contoh bahan rayon premium, salah satu jawabannya adalah rayon viscose.

Rayon viscose atau dikenal juga dengan rayon viscosa adalah jenis yang favorit di kalangan wanita. Soalnya, kualitasnya itu sangat bagus dan harganya cukup terjangkau.

Karakteristik kainnya itu halus dan licin, mirip-mirip sutra gitu. Selain itu, jenis ini punya daya serap yang bagus layaknya katun. Jika kita membuat pakaian menggunakan rayon viscose, maka akan terlihat berkilau.

Produk fashion yang biasanya dibuat menggunakan bahan ini adalah:

  • Tunik
  • Blus
  • Rok
  • Gamis

2. Rayon Jersey

Jenis rayon yang satu ini cukup menarik, soalnya ada paling tidak 3 jenis behan yang digunakan untuk membuatnya. Bahan tersebut adalah wol, katun, dan bahan sintetis.

Kain jenis ini bisa dibilang juga perpaduan antara rayon dan jersey. Kamu bisa membedakan rayon jersey yang beredar di pasaran dari perbandingan campuran serat benang yang digunakan.

Jenis rayon ini biasanya digunakan untuk berbagai pakaian, seperti:

  • Gamis
  • Rok
  • Jilbab pashmina

3. Rayon Spandek

Dari semua jenis bahan rayon, bisa dibilang rayon spandek adalah jenis yang paling bagus. Kain jenis ini punya kelebihan yaitu fleksibilitas.

Bukan cuma itu aja, rayon spandek juga adem dan halus ketika dipakai. Kita jadi merasa lebih nyaman saat menggunakan pakaian dengan bahan ini.

Warna dari rayon spandek ini cenderung cerah. Ketika dipakai, kain akan mengikuti atau membentuk lekuk tubuh.

Biasanya, rayon spandek digunakan untuk membuat:

  • Pakaian olahraga
  • Kaos manset

4. Rayon Polyester

Jenis rayon yang satu ini lebih kasar dan kaku dibandingkan dengan spandex. Penyebabnya tentu saja perpaduan antara rayon dan polyester (PE). Tekstur kainnya jadi sedikit kaku dan lebih mudah sobek saat dipakai.

Kalau perbandingan polyester yang ada di kain rayon ini lebih banyak, maka kainnya akan semakin kaku tapi rapuh. Itulah kenapa harga kain rayon polyester ini lebih mudah, dan biasanya nggak masuk ke bahan rayon premium.

Rayon polyester biasanya digunakan untuk bahan pembuatan mukena. Mulai dari mukena one piece (terusan), mukena abaya, sampai mukena two piece.

5. Rayon Crinkle

Kain yang satu ini bisa dibilang paling beda dari yang lainnya. Kenapa hayo? Karena, tekstur dari rayon crinkle ini bergelombang.

Kalau dilihat itu seperti kain kusut, tapi memang seperti itulah jenis kainnya, walaupun kusut tapi tetap terasa halus. Tekstur kainnya juga enak kalau dipakai, ringan dan adem.

Biasanya, rayon crinkle digunakan untuk membuat pakaian seperti:

  • Mxi dress bersiluet A
  • Midi dress
  • Drop waist dress

6. Rayon Janger

Kalau mau buat mukena premium, kain rayon ini biasanya jadi pilihan. Soalnya, bahan rayon premium ini nyaman banget digunakan, walaupun tebal, tapi tidak terasa panas.

Karakteristik rayon janger itu kerapatan benangnya tinggi. Selain itu, bahannya sedikit lebih tebal daripada rayon biasa. Daya serap rayon janger juga tinggi, jadi warnanya bisa cerah dan tajam.

Kelebihan Bahan Rayon Premium

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki kain rayon.

  1. Ringan
  2. Murah
  3. Berpori-pori
  4. Gampang kombinasi
  5. Mudah diwarnai

1. Ringan

Bahan ini itu ringan, jadi banyak pabrikan pakaian yang menggunakan rayon untuk bahan dasar produknya. Misalnya nih, mukena bahan rayon, produk ini bahkan populer karena ringan dan adem.

Dengan tekrtur dan bobotnya yang ringan, bahan rayon juga sering digunakan untuk pakaian harian.

2. Murah

Walaupun murah, kalau sudah jadi baju, kain ini kelihatan mewah. Soalnya, memang bahan ini tuh awalnya digunakan untuk pengganti sutra. Jadi, terlihat mewah tapi harganya cukup murah.

3. Berpori-pori

Maksudnya, pori-pori kain ini tuh terbuka, istilahnya itu breathable. Sehingga, rayon nggak bikin kita jadi gerah karena ada sirkulasi udara yang baik, sangat cocok digunakan saat musim panas.

4. Gampang Kombinasi

Kamu mau mengombinasikan jenis kain lain dengan bahan rayon premium juga mudah. Seperti jenis rayon yang sebelumnya misalnya, kan ada rayon spandek, rayon jersey, dan yang lainnya.

5. Mudah Diwarnai

Baju yang bahannya rayon juga punya banyak warna. Ya karena memang kainnya itu mudah untuk diwarnai, terutama warna-warna cerah. Dengan banyaknya warna ini, tentu permintaannya juga lebih banyak lagi.

Dengan kelebihan seperti itu, ada yang bikin rayon jadi kain motif batik Indonesia nggak ya kira-kira?

Kekurangan Bahan Rayon

Selain keunggulan, tentu ada juga kekurangan dari bahan rayon.

  1. Gampang berbau
  2. Mudah menyusut
  3. Gampang terbakar
  4. Mudah pudar
  5. Bahannya licin
  6. Gampang kusut

1. Gampang Berbau

Rayon dapat dengan mudah menyerap air atau kelembapan. Karena hal tersebut, maka kain ini jadi lebih mudah bau. Kalau kita membiarkannya lembap dan nggak segera dicuci, maka baunya akan membandel.

2. Mudah Menyusut

Kalau kamu mencuci pakaian berbahan rayon menggunakan metode dry clean, maka bahan ini akan gampang menyusut.

3. Gampang Terbakar

Kain ini nggak tahan panas, baik itu terkena matahari ataupun saat disetrika. Kalau terlalu panas, bisa-bisa akan ada bekas di baju kita.

4. Mudah Pudar

Selain mudah diwarnai, ternyata bahan ini juga mudah banget pudar warnanya. Apalagi kalau sering terkena sinar matahari langsung, warna kainnya jadi nggak secantik saat pertama kali kita beli.

5. Bahannya Licin

Kain rayon itu tipis, halus, dan licin. Makanya, bahan rayon adalah kain yang sifatnya jatuh ketika digunakan.

6. Gampang Kusut

Bahan rayon premium ataupun yang biasa itu mudah kusut. Kalau kamu pakai baju dari rayon terus sering terlipat atau buat lendetan dinding, pasti kelihatan banget kusutnya.

Karakteristik Katun Rayon

bahan rayon premium
flickr.com

Ciri-ciri kain rayon yang bahannya berasal dari serat tumbuhan ini mungkin kurang spesifik ya. Tapi, kalau kamu sudah memegang bahan rayon premium, pasti bakal tahu kalau itu tuh rayon.

  1. Lembut dan halus
  2. Mengkilap
  3. Drapey
  4. Menyerap lembap
  5. Berathable

Kita jabarkan penjelasan tentang bahan rayon itu seperti apa ya. Apakah bagus atau tidak? Tipis atau tebal? Apakah mudah kusut atau tidak? Apakah mudah melar? Mari kita baca lengkapnya di bawah ini.

1. Lembuat dan Halus

Bahan rayon punya tekstur yang halus. Ketika dipakai terasa nyaman dan lembut saat dipegang. Jika disandingkan, mungkin nyamannya itu kayak katun dan linen.

2. Mengkilap

Rayon juga terkenal kainnya mengkilap, glossy gitu, mirip sutra. Kemilaunya itu dari skala yang rendah sampai sangat mengkilap.

3. Drapey

Serat dari kain rayon biasa juga disebut fluid drape. Artinya adalah bergerak dengan cara mengalir seperti cairan. Maksudnya adalah bahannya tidak kaku seperti kanvas dan bisa mempertahankan kerutan.

4. Menyerap Lembap

Rayon itu nggak anti air, bahkan bahan ini lebih menyerap air daripada kapas. Dari sifatnya inilah, rayon sangat cocok digunakan untuk pakaian di daerah yang lembab karena dapat menyerap kelembapan di permukaan kulit.

Tapi, ketika basah, bahan rayon bisa menyusut. Hal ini menyebabkan banyak jenis rayon yang nggak bisa dicuci pakai mesin.

5. Breathable

Bahan ini tidak bisa menahan panas karena jenisnya memang kain yang bisa “bernapas”. Jadi, saat memakai kain ini rasanya sejuk.

Karakteristik kain ini tentu sudah kamu ketahui. Nah, sekarang, kalau kamu punya kain rayon premium, kira-kira perpaduan biru dongker cocoknya dengan kain rayon warna apa ya?

Penggunaan Bahan Rayon

Bahan rayon premium ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di jenis kain rayon, beberapa produk yang biasanya dibuat dari rayon seperti:

  • Tunik
  • Gamis
  • Rok
  • Blus
  • Pakaian olahraga
  • Kaos
  • Manset
  • Kemeja wanita
  • Jilbab pashmina
  • Dress
  • Mukena
  • Daster
  • dll.

Nah, baju bahan rayon premium tentu bisa dilihat dari kualitasnya ya. Menggunakan kain grade A yang tentu adem dan nggak panas. Biasanya harganya akan lebih mahal dari pada baju yang pakai rayon biasa.

Buat yang pengen bikin baju sendiri, bisa coba cari-cari kainnya di marketplace. Salah satu merk yang terkenal itu adalah Kahatex. Produsen ini menjual berbagai jenis kain, seperti bahan rayon twill premium.

FAQ

Apa bedanya katun dan rayon?

Katun terbuat dari serat kapas, kalau rayon dibuat dari serat selulosa tumbuhan.

Apakah bahan rayon premium panas?

Bahan ini tidak panas ketika digunakan. Selain itu, tidak membuat gatal juga.

Bahan rayon premium apakah mudah kusut?

Bahan rayon memang mudah kusut ketika digunakan.

Apakah bahan rayon itu tipis?

Rayon memiliki karakteristik bahna yang tipis dan jatuh.

Rayon paling bagus rayon apa?

Rayon viscose termasuk jenis bahan rayon premium.

Apakah bahan rayon menyusut?

Ya, bahan rayon rawan menyusut ketika dicuci dan dikeringkan menggunakan mesin cuci.

Kesimpulan

Bahan rayon premium tentu seperti namanya ya, punya kualitas yang super dan bagus. Kamu bisa memilih dan melihat-lihat kain premium di toko kain terdekat di kota kamu ya. Tanyakan saja rayon yang premium itu seprti apa. Dilihat, diraba, diterawang dulu kainnya, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.