alat ukur massa

Alat Ukur Massa Lengkap

Alat ukur massa merupakan sebuah alat untuk mengetahui massa sebuah benda. Ada bermacam-macam alat yang bisa digunakan untuk mengukur massa ini.

Kamu tentu pernah melihat neraca digital atau elektroni, neraca pegas, neraca sama lengan, neraca ohauss, neraca analog, ataupun neraca lengan gantung. Semuanya punya bentuk, tingkat ketelitian, dan cara penggunaan yang berbeda.

Dan, fungsi dari alat-alat ini juga berbeda-beda ya. Contohnya, ada yang diguanakan untuk menimbang di laboratorium, pasar, toko kue, dan tempat lainnya.

Alat Ukur Massa Lengkap

Nah, buat yang penasaran apa saja alat ukur besaran massa beserta fungsi, ketelitian, gambar, dan cara menggunakannya. Lengkap deh pokoknya, simak artikel ini sampai habis ya.

1. Neraca Sama Lengan

neraca sama lengan
bukalapak.com

Neraca sama lengan ini mungkin kamu pernah melihatnya kalau pergi ke penjual logam mulia, seperti emas dan perak. Biasanya, neraca jenis ini diletakkan di lemari gitu.

Kenapa diletakkan di dalam lemari?

Karena, untuk mengukur massa dari perhiasan emas atau perak, butuh ketelitian yang tinggi. Bahkan, bisa sampai ke ukuran miligram.

Maka dari itu, neraca sama lengan harus bebas dari segala macam gangguan. Bisa dari angin, nafas petugas yang menimbang, getaran, dan lainnya.

Neraca sama lengan memiliki dua piringan dan anak timbangan dengan berbagai ukuran massa.

Piringan pada neraca ini digunakan sebagai tempat untuk meletakkan benda yang akan diukur bobot atau massanya. Sedangkan anak timbangan digunakan untuk menjadi besaran pembanding.

Alat ini memiliki tingkat ketelitian sampai 0,1 gram. Tergantung dari anak timbangan yang dimiliki. Dengan ketelitian segitu, alat ini biasanya digunakan oleh penjual emas, atau kadang di laboratorium juga menggunakan ini.

Cara menggunakan neraca sama lengan ini cukup mudah.

  1. Letakkan anak timbangan di salah satu piringan.
  2. Lalu letakkan barang yang akan diukur massanya di piringan satunya.
  3. Tutup penutup neraca sama lengan dan lihat, apakah sudah tepat seimbang antara kanan dan kiri atau belum.
  4. Jika belum, kamu bisa mengganti anak timbangan sampai didapatkan keseimbangan di antara kedua piringan.
  5. Usahakan jangan sampai neraca goyang tertiup angin atau terpengaruh getaran.

Nah, itu kalau kamu mau menimbang perhiasan emas. Kalau mau mengukur berat sebuah bahan misalnya, kamu tinggal pilih anak timbangan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah itu, letakkan bahan yang mau ditimbang di piringan satunya. Tambahkan atau kurangi bahan yang ditimbang sampai kedua piringan jadi seimbang.

2. Neraca Analog

neraca analog
shopee.co.id

Neraca analog adalah jenis neraca yang banyak digunakan pada skala rumah tangga. Neraca ini memiliki tingkat ketelitian yang beragam ya, tergantung ukurannya.

Kalau yang ukuran kecil dengan maksimal berat 5 kg, biasanya memiliki ketelitian 10 gram. Kalau yang ukuran maksimal 20 kg, biasanya memiliki tingkat ketelitian 50 atau 100 gram.

Cara menggunakan neraca analog cukup mudah.

  1. Pertama, atur dulu jarum di angka 0 (nol).
  2. Setelah itu, letakkan barang yang mau ditimbang di atasnya.
  3. Lihat neraca analog, jarum menunjukkan skala berapa.
  4. Itu merukana nilai besaran massa dari barang yang ditimbang.

3. Neraca Ohauss

neraca ohauss
youtube.com

Neraca ohauss adalah neraca yang biasanya digunakan untuk penelitian di laboratorium. Neraca ini terdiri dari dua jenis, neraca ohauss dua lengan dan tiga lengan.

Keduanya memiliki tingkat ketelitian yang berbeda-beda ya.

Contohnya neraca ohauss tiga lengan, punya lengan depan, tengah, dan belakang.

  • Lengan depan terdapat anting logam yang bisa digeser dengan skala 0, 1, 2 sampai 10 gram. Dan, tiap skala nilainya adalah 1 gram.
  • Lengan tengah memiliki anting lengan dan bisa digeser dengan 5 skala, 0, 100, 200, sampai 500 gram. Dan, tiap skala nilainya 100 gram.
  • Lengan belakang memiliki anting lengan yang bisa digeser dengan 10 skala, 0, 10, 20 sampai 100. Dan, tip skala nilainya adalah 10 gram.

Neraca ohauss ini punya ketelitian sampai 0,01 gram untuk yang tiga lengan.

Cara menggunakan neraca ohauss cukup mudah.

  1. Kamu tinggal meletakkan barang yang akan ditimbang ke piringan atau tempatnya.
  2. Kemudian, geser-geser anting pada tiap lengan sampai menemukan titik yang seimbang.

4. Timbangan Duduk

timbangan bebek
carousell.com

Timbangan duduk atau biasanya disebut timbangan bebek merupakan alat ukur besaran massa yagn baisanya digunakan oleh pedangan di pasar.

Alat ukur besaran massa ini biasanya digunakan untuk menimbang bahan yang dijual di pasar. Contohnya seperti gula pasir, gula aren, beras, terigu, sayur, minyak, telur, dan berbagai bahan lainnya.

Dilihat dari bentuknya, timabgan ini punya dua sisi. Satu untuk menimbang benda, yang satunya untuk meletakkan anak timbangan yang sudah diketahui massanya.

Ketelitian timbangan duduk ini sampai 50 gram. Tidak sampai kecil banget tingkat ketelitiannya karena digunakan untuk menimbang bahan-bahan berukuran besar.

Cara menggunakan timbangan duduk atau timbangan bebek ini cukup mudah.

  1. Pastikan timbangan sudah seimbang dulu.
  2. Setelah itu letakkan anak timbangan sesuai dengan ukuran yang dicari pada bagian yang datar.
  3. Masukkan bahan yang akan ditimbang pada wadah timbang.
  4. Tambahkan sedikit demi sedikit sampai timbangan atau indikator yang ada di tengah menjadi seimbang, tepat, atau sejajar.

5. Neraca Lengan Gantung

neraca lengan gantung
protinal.com

Neraca lengan gantung adalah alat ukur besaran massa yang biasanya digunakan di kantor POS untuk menimbang surat. Tapi, ini diguanakan zaman dulu banget ya, sebelum teknologi berkembang.

Alat neraca lengan gantung ini punya ketelitian sampai 1 gram.

Cara menggunakan neraca lengan gantung cukup mudah.

  1. Tempatkan benda yang akan ditimbang pada wadah.
  2. Geser pemberat pada lengan sampai seimbang.
  3. Kamu bisa lihat indikator keseimbangan berupa titik, garis, atau tanda panah di poros neraca.

6. Timbangan Gantung

timbangan gantung
timbanganbudi.com

Timbangan gantung adalah alat yang biasanya digunakan oleh pedagang di pasar. Namanya timbangan gantung, maka kita perlu menggantung dulu alat ini untuk bisa menggunakannya.

Setelah timbangan digantung, tinggal timbang deh barang yang mau ditimbang.

Cara menggunakan timbangan gantung mudah kok.

  1. Letakkan barang yang akan ditimbang pada kait di tengah dengan hati-hati.
  2. Geser pemberat pada batang besi sampai seimbang.
  3. Baca skala yang ada di batang besi tersebut.

7. Neraca Pegas

neraca pegas
sindunesia.com

Neraca pegas alat alat sederhana yang menggunakan pegas untuk menentukan massa dari sebuah benda. Neraca ini mengukur massa dari defleksi pegas yang ditampilkan dalam skala massa (skala angka sudah dibagi gravitasi).

Alat ini sering digunakan karena praktis. Biasanya digunakan di laboratorium untuk mengukur benda yang ringan.

Tapi, kalau digunakan dalam jangka yang lama, tingkat sensitifitas pegasnya akan berkurang. Sehingga pengukuran jadi tidak akurat lagi.

Neraca pegas punya dua skala, yaitu skala N untuk newton dan skala g untuk gram. Tingkat ketelitian alat ini berbeda-beda, tapi yang paling sering digunakan di lab adalah 0,1 newton.

Cara menggunakan neraca pegas cukup mudah.

  1. Atur terlebih dahulu skalanya ke angka 0.
  2. Sangkutkan benda yang akan ditimbang pada pengait.
  3. Biarkan pegas turun dan stabil.
  4. Baca skala hasil pengukuran.

8. Neraca Digital

timbangan digital - alat ukur massa
aliexpress.com

Neraca digital adalah buah dari perkembangan teknologi. Sebuah alat untuk mengukur besaran massa dengan lebih mudah. Dilengkapi layar digital yang dapat menampilkan hasil penimbangan secara otomatis.

Jenis neraca ini membutuhkan energi listrik untuk dapat digunakan. Tapi, dengan menggunakan neraca digital, mengukur massa sebuah benda akan sangat mudah.

neraca digital - alat ukur massa
timbanganpas.com

Tingkat ketelitian neraca digital ini paling bagus dan tergantung dengan jenisnya. Biasanya dapat mengukur dengan tingkat ketelitian 0,01 sampai 0,001 gram.

Dengan tingkat ketelitian sekecil itu, biasanya digunakan di laboratorium. Kalau untuk skala rumah tangga atau perdagangan, skala paling kecil biasanya 1 gram.

Cara menggunakan neraca digital atau elektronik ini cukup mudah.

  1. Colokkan dulu neraca digital pada sumber listrik. Atau pasang baterai jika menggunakannya.
  2. Nyalakan neraca digital dan tunggu sampai muncul angka 0 (nol).
  3. Letakkan benda yang akan diukur massanya di atas timbangan.
  4. Lihat indikator massa pada layar neraca.

Alat Ukur Massa Jenis Zat Cair

Ternyata, alat untuk mengukur zat cair, larutan, atau fluida itu berbeda dari alat di atas lho. Massa jenis ini soalnya hal yang lain dari bobot benda.

Nama alat untuk mengukur massa jenis zat cair adalah hidrometer.

Cara kerja hidro meter ini cukup mudah dipahami.

Hidrometer memiliki skala massa jenis dan pemberat yang menyebabkan posisi alat ini vertikal.

Cara menggunakan hidrometer adalah dengan memasukkan zat cair yang akan diukur ke dalam gelas tinggi. Lalu masukkan hidrometer ke dalam zat cair tersebut.

Hasil pengukuran didapat dengan acuan sebagai berikut. Jika hidrometer tercelup semakin dalam, maka massa jenis zat cair semakin kecil.

Satuan dari massa jenis adalah g/cm3.

Penutup

Dari beberapa alat ukur massa di atas, tentu kamu sudah tahu beberapa di antara semuanya kan?

Alat yang digunakan di atas satuannya biasanya adalah gram. Untuk yang ukuran besar, biasanya menggunakan kilogram. Kalau dalam SI kira-kira apa ya?

Kamu bisa baca-baca lagi dan lihat gambar alat ukur massa beserta keterangannya. Ada cara penggunaannya, ketelitiannya, fungsinya, dan informasi lainnya.

Kamu juga tentu sudah bisa menentukan mana alat yang digunakan untuk mengetahui massa beras, batu, cincin emas, gula pasir, gula aren, kelereng, terigu, penghapus, dan suatu benda lainnya.

Pertanyaan

Ternyata ada beberapa pertanyaan mengenai alat untuk mengukur besaran massa ini. Kita lihat bersama aja yuk!

Alat ukur massa yang paling teliti adalah menggunakan?

Neraca digital atau elektroni dengan tingkat ketelitian 0,001 gram.

Apa saja alat ukur massa?

Neraca sama lengan, neraca lengan gantung, neraca analog, neraca ohauss, timbangan duduk, timbangan gantung, neraca pegas, neraca digital.

Apa fungsi alat ukur massa?

Untuk mengetahui massa suatu benda.

Jelaskan apa itu neraca sama lengan?

Neraca sama lengan adalah alat yang diguanakan untuk mengetahui massa benda dengan memanfaatkan keseimbangan. Dilengkapi dengan dua piringan dan anak timbangan berbagai satuan massa.

Tuliskan alat ukur massa yang mempunyai ketelitian 0,001 gram?

Neraca digital.

Sebutkan alat ukur massa yang biasa digunakan di laboratorium?

Neraca sama lengan, neraca ohauss, neraca digital.

Alat ukur massa jenis zat secara tidak langsung dapat menggunakan?

Volume benda, rumus massa jenis adalah ρ = m/v.

One Response

  1. Raditya Ayu Dewi Wardhani August 27, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.