9 Makanan Khas India dengan Cita Rasa yang Menggoda

Kalau ngomongin tentang makanan tentu nggak akan ada habisnya. Cuma ngomongin makanan khas Indonesia aja udah begitu banyaknya, kok, gimana kalau yang dibahas makanan dari berbagai penjuru dunia, pastinya bakalan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan banyaknya makanan yang ada di dunia ini dan kita nggak mungkin untuk membahas semuanya, sekarang yang diomongin makanan khas India dulu saja ya. Kita akan mencari tahu apa saja makanan khas yang berasal dari negaranya Shahrukh Khan ini.

Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang tahu beberapa makanan dari India. Biasanya sih, kalau nggak nyobain langsung, paling nggak udah pernah lihat di film-film India. Kan sekarang baru rame-ramenya tuh film India diputar di layar kaca Indonesia.

Makanan khas India sebenarnya hampir sama dengan makanan di Indonesia. Sama-sama menggunakan bumbu rempah yang banyak, sehingga sangat kuat rasanya. Tetapi, yang membedakan adalah bahan pokoknya, di India, makanan pokoknya bukan hanya beras, tapi juga ada kacang hitam, kacang hijau, kacang Arab, kacang gude, dan letil.

Dengan makanan pokok yang sedikit berbeda, tentu bisa menjadi hal yang menarik untuk kamu coba. Biar ada pengalaman baru merasakan lezatnya masakan dari luar negeri sana.

Dari pada kamu tambah penasaran dan keburu laper, mending langsung aja kita lihat beberapa makanan enak yang berasal dari Negara India.

1. Biryani

Makanan khas India Nasi Biryani

myqueenstown.blogspot.co.id

Makanan pertama yang mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia adalah biryani. Biryani adalah makanan khas yang terbuat dari beras khusus yang biasa disebut basmati. Bedanya dengan beras basmati dan beras biasa adalah bentuk dan ukurannya. Beras basmati memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar, sehingga tekstur yang dihasilkan pun akan berbeda.

Setelah beras basmati dimasak menjadi nasi, selanjutnya tinggal membuatnya menjadi biryani. Nasi Biryani ini dimasak menggunakan berbagai macam rempah yang cukup banyak. Ada lada, merica, kuyit, dan bahan lain serta kuah khusus untuk biryani.

Saat penyajian, biryani biasanya akan ditemani dengan daging, bisa daging kambing atau ayam. Bahkan, kalau kamu vegetarian, menunya bisa diganti yang tanpa hewani lho.

2. Chana Masala

Channa Masala, salah satu makanan khas India

seriouseats.com

Makanan selanjutnya adalah chana masala, dan ini makanan ya, bukan nama orang. Cita rasa dari chana masala ini sangat khas dan lezat tentunya. Kalau kamu melihatnya sekilas, maka pasti akan berpikir bahwa makanan ini adalah gulai, padahal bukan lho, tempilannya aja yang mirip.

Tapi, buat orang yang pernah makan chana masala, pastinya nggak akan terkecoh dengan tampilannya. Bahkan saat ini chana masala sudah mulai populer di Indonesia.

Seperti halnya gulai, chana masala merupakan makanan berkuah yang dimasak bersama dengan bumbu rempah dan santan. Rasanya tentu akan sangat khas, perpaduan berbagai macam rempah yang digunakan.

Buat kamu yang penasaran rasanya, saat ini di Indonesia sudah lumayan banyak yang menjual makanan ini. Jadi kamu nggak perlu jauh-jauh sampai ke negeri asalnya, cukup datangi saja rumah makanan yang menyajikan makanan khas India.

3. Chole

Makanan India Chole Bhature

wikipedia.org

Kuliner khas India lainnya adalah chole, atau kalau di Indonesia bisa disebut kari kacang. Untuk membuatnya, kita hanya membutuhkan bahan yang sederhana dan tidak rumit. Bahan yang dibutuhkan adalah bawang, tomat, dan buncis. Untuk bumbunya, digunakan rempah rempah khas dari India. Nah, bumbu nya itu yang membuat rasa dari chole ini akan berbeda dari makanan sejenis dari negara lainnya.

Chole bisanya akan disajikan saat masih hangat karena rasa rempah yang digunakan dalam makanan ini menjadi berasa lebih kuat. Untuk penyajiannya, chole biasa disajikan bersama dengan irisan daging kambing ataupun daging ayam.

4. Chaat

Chaat Khas India

wikipedia.org

Chaat merupakan salah satu camilan yang menjadi khas di India, terutama di India bagian utara. Kamu akan dengan mudah menemukan makanan ringan ini di pedagang kaki lima yang ada di India bagian utara. Camilan ini kadang muncul juga lho di film-film India. Jadi kalau kamu penasaran, coba aja tonton film India, siapa tau ketemu sama chaat ini.

Camilan khas ini terbuat dari bahan kentang yang kemudian dimasak dan dihaluskan. Biasanya, chaat akan disajikan bersama dengan kuah yang terbuat dari campuran berbagai macam rempah-rempah khas India. Contohnya seperti gula, kunyit, lada, garam, bawang putih, dan bumbu lainnya.

5. Sambar dan Idli

Idli Sambar Makanan India

reenamansukhani.com

Makanan selanjutnya ini adalah dua makanan yang biasanya berpadu dalam satu sajian, sambar dan idli. Sambar adalah makanan khas India yang berbahan dasar nasi dan kacang hitam yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Kalau idli adalah makanan khas dari India yang terbuat dari sayuran dan memiliki rasa sangat pedas.

Buat kamu yang suka makanan pedas, tentu sambar dan idli ini bisa menjadi favorit. Bahkan, makanan ini sangat baik dijadikan sebagai makanan bekal karena mengandung nilai gizi yang cukup tinggi, itu kata WHO lho.

Sambar dan idli memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, sehingga makanan ini cukup disukai banyak orang. Untuk kamu yang sedang diet, makanan ini juga menjadi salah satu sajian yang cocok untuk menu program dietmu.

6. Samosa

Samosa Makanan khas India

thebetterindia.com

Samosa adalah salah satu jenis camilan dari India, kalau di Indonesia mirip seperti pastel. Bedanya, samosa berbentuk segitiga, sedangkan pastel bentuknya adalah setengah lingkaran.

Rasa dari samosa adalah gurih dengan tekstur kulit luar yang renyah. Samosa original memang memiliki rasa gurih, tetapi, dengan berkembangnya zaman, sekarang makanan ini sudah dimodifikasi dengan bermacam rasa. Ada rasa coklat dan juga susu yang tentu saja manis, berkebalikan dengan rasa originalnya.

Kalau kamu penasaran soal rasa dari samosa, kamu bisa kok mencobanya di Indonesia. Tinggal cari saja restoran yang menjual berbagai makanan India di kota kamu. Atau kalau nggak ada, coba cari restoran dengan menu khas Timur Tengah deh. Biasanya, restoran-restoran tersebut terdapat juga menu samosa yang gurih ataupun manis.

7. Naan

Naan, salah satu Makanan India

getdiningroomfurniture.wordpress.com

Jajanan berikutnya adalah naan, makanan berbentuk roti yang bahan dasarnya adalah tepung dan juga ragi. Di Indonesia sendiri, makanan ini cukup terkenal lho, biasanya disebut roti India. Adonan yang terbuat dari tepung dan ragi untuk membuat naan dipanggang menggunakan oven tradisional dari tanah liat yang bernama tandoor.

Untuk menikmati naan, orang India biasanya akan memakannya bersama dengan hidangan lain seperti palak paneer atau ayam tandoori.

Naan sendiri juga ada variasi olahannya lho, salah satunya adalah butter naan. Bedanya dengan naan original, butter naan dimasak bersama dengan mentega yang banyak, sehingga akan tercipta butter naan yang renyah dan juga gurih.

8. Chapati

Chapati atau Roti merupakan makanan khas India

whitbitskitchen.com

Chapati adalah makanan berupa roti, tetapi berbeda dengan naan. Kalau naan dibuat dari tepung terigu, chapati terbuat dari tepung gandum. Dan memang, chapati sengaja dibuat agar tidak mengembang.

Masyarakat di India menyebut chapati sebagai roti. Kalau kamu tanya soal rasa, chapati tidak memiliki rasa atau tawar karena memang dibuat tanpa menggunakan tambahan perasa. Tetapi, sebagai gantinya, chapati akan dimakan bersama dengan lauk dan hidangan berbumbu.

Walaupun aslinya tidak menggunakan perasa dan tambahan apapun, ada juga yang membuat chapati menggunakan lonak, paneer, ataupun sayuran lainnya yang dicampurkan ke dalam chapati.

9. Ayam Tandoori

Tandoori Chicken khas India

mayakitchenette.com

Ayam tandoori merupakan salah satu jenis makanan yang cukup terkenal di berbagai negara. Penamaan ayam tandoori ini karena proses pemasakannya menggunakan proses bernama tandoori.

Tandoori sendiri merupakan teknik memasak yang bahan makanan dimasak bersama bumbu sampai meresap ke dalam bahan. Setelah itu, bahan makanan dipanggang menggunakan oven tandoori yang suhunya tinggi, sekitar 300 derajat celsius.

Dengan pemasakan suhu tinggi tersebut, ayam harus menggunakan besi panjang untuk menusuknya. Jika menggunakan bambu atau kayu, tentu bisa terbakar.

Selain cara memasaknya yang tidak biasa, bumbunya pun nggak umum, jarang dipakai untuk kombinasi bumbu di Indonesia. Ayam tandoori menggunakan bumbu seperti garam musala, minyak mustar, garam bubuk, bubuk cabe, yoghurt, bubuk ketumbar, bubuk jinten, dan juga bumbu khas India yang namanya adalah kasoori methi.

Leave a Reply