Makanan Khas Malaysia yang Enak dan Harus Dicoba

Makanan khas Malaysia sebenarnya mirip seperti kuliner yang ada di Indonesia. Terutama makanan di daerah Sumatera. Mungkin karena suku kita yang sama ya, sama-sama Melayu.

Dengan kemiripan ini, kita jadi nggak kaget banget lah kalau main ke negeri tetangga ini. Cobain makanan di sana juga bisa lah kalau masih familiar.

Kalau dilihat dari bentuknya sih mungkin kita mengira itu makanan dari negara kita. Mulai dari nasi lemak yang kayak nasi uduk atau nasi liwet, ada juga murtabah yang mirip sama martabak telor, dan makanan lainnya.

Buat yang penasaran, kita lihat-lihat dulu aja yuk sebelum bisa mampir ke negeri asalnya.

Nasi Lemak

Nasi lemak khas Malaysia
seindotravel.com

Siapa sih yang nggak kenal sama nasi yang satu ini? Rasa gurih nasinya dipadukan dengan lauk dan pelengkap, cocok banget dimakan pas lagi anget, enak dan lezat.

Nasi lemak ini cara memasaknya mirip seperti nasi liwet atau nasi uduk. Nasi dimasak denga menggunakan santan dan beberapa bumbu tambahan. Nah, santan inilah yang membuatnya menjadi gurih dan tambah lezat rasanya.

Biasanya, nasi ini dihidangkan dengan berbagai macam lauk. Ada telur rebus, ayam goreng, rendang sapi, sambal goreng kacang teri, sambal sotong, dan tambahan lainnya.

Kamu harus cobain deh makanan ini, rasanya kurang lengkap aja kalau ke Malaysia nggak mencicipi kuliner lezat ini.

Nasi Daun Pisang

Nasi daun pisang
butterkicap.com

Nasi daun pisang sebenarnya bukan asli dari Malaysia. Makanan ini berasal dari negeri Bollywood, India. Walaupun ini makanan dari India, tapi, kamu juga wajib mencoba makanan ini ya.

Sebenarnya, nasi ini mirip seperti makanan yang ada di Indonesia. Kamu tau nasi pincuk? Itu lho, nasi dengan lauk yang dibungkus daun pisang.

Nah, mirip banget sama nasi daun pisang ini. Bedanya mungkin di isiannya aja kali ya. Di Malaysia, nasi ini biasanya berisi nasi dengan bumbu kari dan lauk rendang kambing atau ayam. Selain itu, terdapat juga sayuran. Tertarik untuk mencobanya?

Nasi Kandar

Nasi kandar negeri Jiran
eats.my

Nasi kandar ini cocok buat kamu pecinta masakan padang atau yang bersantan. Nasi yang disiram dengan kuah kare kental yang gurih dan disajikan bersama lauk lezat. Kamu bisa milih, mau pakai telur, cumi goreng, daging sapi, daging kambing, ayam goreng, ataupun udang goreng.

Nggak cuma lauknya aja ya, ada juga sayuran seperti pare dan tumis terong. Biasanya, orang yang menjual nasi kandar adalah keturunan India.

Nasi Kerabu

Nasi Kerabu Malaysia
journal.isca.org.sg

Berbeda dengan nasi-nasi sebelumnya, nasi kerabu ini cukup unik dan sayang kalau nggak dicicipin. Nasi kerabu memiliki warna sedikit kebiruan, ini yang membuatnya berbeda. Warna biru pada nasi ini didapatkan dari kelopak bunga yang ditambahkan saat memasak nasi ini.

Nggak cuma nasinya aja yang menggoda, lauk dan sayurnya pun turut mengundang untuk segera memakannya. Kamu bisa memilih mau pakai ayam goreng, ikan kering goreng, telur asin, ayam bakar, dan kerupuk.

Buat yang penasaran, kamu harus ekstra mencari makanan khas Malaysia yang satu ini. Sebab, pewarna yang digunakan untuk memberi warna alami pada nasi kerabu ini cukup sulit menemukannya. Jadi, yang membuat nasi kerabu pun sekarang tinggal sedikit orang saja.

Ayam Laksa Penang

Ayam laksa penang
donna.com.my

Seperti namanya, ayam laksa penang ini tentu terbuat dari ayam dengan rasa laksa yang khas. Ayam laksa penang terdiri dari bihun atau mie yang disiram dengan kuah laksa kental dengan rasa asam pedas.

Tentu saja, mie nggak sendirian, masih ada topping berupa ikan mackerel segar, mentimun, nanas, selada, dan cabe. Pastinya itu adalah perpaduan yang pas banget, apalagi dimakan saat masih anget, hmmm.

Mee Siam

Mee siam
youtube.com

Makanan khas Malaysia ini cocok banget buat para pecinta mie yang berburu olahan mie dari berbagai negara. Soalnya nih ya, mee siam ini mendapat label “Truly Malaysia” dari pemerintah lho. Dimana, Truly Malaysia adalah sebuah brand yang digunakan di Malaysia untuk promosi pariwisatanya sejak tahun 1999.

Mie yang digunakan dalam mee siam adalah misoa atau bihun. Penyajiannya tentu saja berbeda dengan mie lainnya. Mee siam menggunakan kuah asam pedas yang rasanya begitu menggugah selera. Belum lagi ditambahi dengan daun bawang dan perasan jeruk nipis, makin segar aja deh rasanya.

Habis dari ngrasain Truly Malaysia, mungkin kamu bisa ke utara, ada makanan khas di Thailand yang menanti tuh.

Ayam Percik

Ayam percik makanan khas Malaysia
herbfedpoultry.co.uk

Bentuk ayam percik ini mirip seperti ayam bakar yang ada di Indonesia. Olahan ayam ini cara memasaknya adalah dengan merendam ayam pada bumbu, kemudian dipanggang di atas bara api sampai sedikit hangus.

Nah, nama percik diambil karena saat memanggang ayam, akan ditambahkan bumbu dengan cara dipercik. Eits, belum selesai sampai disitu aja ya. Sebelum disajikan, ayam akan dibalur dulu dengan saus khas yang membuat rasanya makin enak dan maknyus.

Koropok Lekor

Keropok Lekor
athirahzaki8.blogspot.co.id

Namanya mirip kerupuk yang ada di negara kita ya?

Keropok lekor ini adalah makanan khas Malaysia yang biasanya dijadikan sebagai camilan. Kerupuk ini cukup terkenal di daerah kawasan pantai timur Malaysia. Salah satu tempat yang banyak dijumpai camilan ini adalah Terengganu.

Selain dikenal dengan nama keropok lekor, camilan khas ini biasa juga disebut dengan sosis ikan, ikan tongkat, atau ikan goreng. Yah, berbeda penyebutannya saja sih yang jelas, tapi rasanya tetap sama.

Sekilas, tampilan keropok lekor mirip banget sama otak-otak. Mungkin karena bahannya sama kali ya?

Soalnya, camilan ini dibuat menggunakan bahan yang hampir sama dengan otak-otak. Bahan utama tentu saja ikan, lalu ada tepung sagu, bumbu, garam, dan gula. Bedanya dengan otak-otak, keropok lekor ini digoreng dan teksturnya renyah.

Untuk menikmati kerupuk lekor, biasanya ada saus cabe atau tomat. Kalau kamu pecinta ikan, mungkin akan suka makanan khas yang satu ini, sebab bau amisnya akan sangat kuat.

Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun
johorkaki.blogspot.com

Makanan khas Malaysia yang satu ini adalah sejenis kwetiau yang cara penyajiannya adalah digulung dan dihidangkan bersama saus sambal khusus. Tapi, ini bukan makanan utama lho, melainkan makanan pembuka yang berasal dari Kanton.

Karipap

Karipap makanan khas Malaysia
huangkitchen.com

Mau cari oleh-oleh dari Malaysia yang bentuknya makanan ringan? Mungkin kamu bisa coba bawa karipap sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Karipap ini nggak cuma terkenal di Malaysia aja lho. Kudapan yang satu ini cukup terkenal di Singapura dan Thailand juga.

Bentuk dari karipap sebenarnya mirip banget dengan pastel yang ada di Indonesia. Walaupun bentuk luar mirip, tapi isi di dalamnya berbeda. Karipap biasanya diisi dengan daging dan juga kentang.

Selain berisi daging, ternyata sekarang ada karipap dengan berbagai macam rasa. Kamu bisa memilih mau isian ayam, ikan, sarden, atau temosa.

Nama karipap ternyata nggak cuma satu aja lho. Ada juga yang mengenalinya dengan epok-epok, terutama di daerah Johor. Bahkan, nama epok-epok ini juga digunakan saudara kita yang ada di Batam, Kepulauan Riau.

Murtabak

Murtabak Malaysia
misstamchiak.com

Dari nama dan tampilannya, tentu kamu langsung terbayang martabak telor kan?

Yups, emang bener banget nih murtabak ini kembarannya martabak. Sama-sama adonan telur, daging, dan sayuran, dibungkus kulit dari tepung.

Buat yang penasaran sama rasa murtabak, mending langsung ke Malaysia deh buat cicipin makanan ini. Sama enaknya kok dengan yang ada di Indonesia.

Kelihatannya lezat-lezat kan? Oia, makan di Malaysia ini nggak banyak berbeda dengan di Indonesia kok. Cukup banyak makanan halal yang bisa kamu coba di sana. Kalau harganya? Ya, harga juga nggak terlalu berbeda jauh dengan yang di kota besar.

Buat yang liburan di Kuala Lumpur atau ke Johor, cobain deh kuliner di atas. Kalau ada yang bisa dibawa pulang, bungkus sekalian buat oleh-oleh. Cari restoran yang terkenal juga ya, walaupun harganya sedikit lebih mahal, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.