6 Makanan Khas Cirebon, untuk Menikmatinya Kamu Nggak Perlu Ngebon

Makanan Khas Cirebon – Cirebon, salah satu kota di Indonesia yang memiliki khasanah kuliner yang menggoda. Ada banyak makanan yang menjadi populer sebagai masakan Indonesia. Bukan hanya di Cirebon saja, tapi makanan dari daerah ini juga sampai ke kota lainnya di nusantara.

Kamu tentu pernah mendengar tahu gejrot kan? Itu salah satu makanan khas dari Cirebon. Selain itu masih ada lagi yang lainnya dan sudah ada di berbagai daerah di Indonesia. Kamu penasaran ada makanan apa saja di Cirebon? Yuk, kita simak bersama ulasannya di bawah ini!

1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot

wisnuwidiarta.wordpress.com

Kamu pasti sudah sering denger makanan yang satu ini. Atau jangan-jangan kamu malah salah satu penggemar makanan berbahan dasar tahu ini?

Kamu tau nggak kalau ternyata tahu gejrot itu asalnya dari Cirebon? Makanan dengan bahan dasar tah pong yang dipotong kemudian disiram dengan bumbu. Bumbunya nggak sulit kok, cukup uleg bawang merah, cabai, bawang putih, dan gula merah, beri sedikit air.

Rasanya? Tentu saja menggoda buat dicoba. Tapi ingat, jangan makan banyak-banyak karena bisa gawat. Apalagi kalau kamu pakai cabenya banyak. Bisa-bisa kamu jadi sakit perut tuh setelah makan tahu gejrot.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

rumahukm.com

Nasi jambalang, salah satu olahan dari nasi yang merupakan khas-nya Cirebon. Nas yang dibungkus menggunakan daun jati dan berisi lauk dan juga pelengkap lain. Terlihat unik dan tentu saja menggoda.

Nasi jamblang ini terdiri dari nasi dan juga pelengkap lain seperti ikan asin, sayur tahu, semur, dan sambal goreng. Mirip-mirip nasi kucing atau nasi jinggo gitu bentuknya.

3. Sate Kalong

sate kalong

mprito.wordpress.com

Namanya sate kalong, tapi kamu jangan salah sangka, karena makanan ini bahannya bukan dari kalong atau kelelawar lho. Sate kalong ternyata berbahan dasar daging kerbau.

Disebut sate kalong karena makanan ini biasa dijual ketika malam hari. Setelah magrib sampai tengah malam, jadi aktif di malam hari, seperti kelelawar, makanya disebutnya sate kalong.

Kalau kamu penasaran mencicipi kelezatan sate kalong, datang aja ke Cirebon. Cobain sate kalong yang bahan dasarnya daging kerbau. Rasanya, gurih dan ada manis-manisnya gitu.

4. Empal Gentong

Empal Gentong

ranselkecil.com

Empal gentong ini tidak hanya terkenal di Cirebon saja, namanya sudah sampai ke penjuru Indonesia. Empal merupakan makanan yang dibuat dari daging sapi. Jadi, empal gentong tentu dibuat dari daging sapi yang teksturnya lembut dan legit. Kuah dari empal gentong rasanya mirip seperti soto, cocok kalau ditambah sambel.

Konon, dahulu kala, empal gentong hanya tersedia di daerah Desa Batemmbat, Kecamatan Tengah Tani saja. Tetapi, karena kelezatannya, makanan khas ini kemudian merambah sampai ke Cirebon.

5. Docang

Docang khas Cirebon

indonesiawisata.info

Docang, makanan yang terbuat dari beraneka macam bahan. Ada lontong, daun singkong, tempe gembus, tauge, dan juga kerupuk. Dan tentu saja, makanan ini merupakan makanan khas Cirebon.

Kamu bisa menikmati docang di kota asalnya, biar rasanya lebih nikmat. Biasanya, di Cirebon, docang disajikan dengan parutan kelapa muda di atasnya. Docang biasa dijajakan pagi hari, untuk sarapan warga cirebon yang akan beraktivitas.

6. Nasi Lengko

Sega Lengko atau Nasi Lengko

wikipedia.org

Selain nasi jamblang, ternyata Cirebon juga punya nasi yang lain lho, namanya nasi lengko. Olahan nasi ini mirip seperti nasi jamblang, nasi putih yang dihidangkan dengan pelengkap. Kamu bisa memilih mau menggunakan tahu atau tempe. Selain itu, nasi lengko dilengkapi juga dengan toge, timun, dan seledri.

Nasi lengko ini dinikmati dengan kuah kacang sebagai sausnya. Siraman sambal kacang di atas sayuran pelengkap akan menambah cita rasa makanan ini. Perpaduan rasa manis, pedas, dan gurih menjadi kelezatan yang tiada tara.

Gimana? Ada banyak makanan yang bisa kamu coba di Cirebon kan? Nggak kalah sama makanan khas Jawa Barat lainnya. Bisa juga bersain dengan makanan khas Jogja atau makanan khas Semarang. Nggak percaya? Buktikan aja 🙂

Leave a Reply