13 Makanan Khas Betawi (Enak, Asli, Terkenal)

Makanan Khas Betawi – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Betawi? Pasti langsung kepikiran sama ibu kota tuh, iya nggak?

Kalau saya nih ya, denger kata Betawi itu langsung kepikiran makanan khas yang ada di sana deh. Pasti bakal banyak makanan enak yang siap menunggu untuk disantap. Apalagi kan Betawi itu letaknya ada di kota besar yang ramai, makanan khas tentu menjadi incaran para pemburu kuliner.

Kamu tahu nggak apa makanan yang jadi khasnya Betawi?

Kalau nggak tahu, berikut ini ada beberapa makanan yang mungkin bisa jadi referensi kamu ya.

Kerak Telor

Kerak Telor Makanan khas Jakarta, Betawi
taysbakers.com

Makanan khas yang satu ini asli dari Betawi lho, bentuknya kalau dilihat mirip pizza atau omlete gitu. Kamu tahu nggak apa itu kerak telor? Kerak telor adalah telur yang dimasak bersama dengan ketan dan bahan lainnya.

Cara membuatnya pun mudah, telur ayam atau telur bebek dicampur dengan beras ketan dan ebi yang sudah disangrai. Kemudian di masak di atas bara arang sampai matang, lalu atasnya ditaburi serundeng dan bawang goreng.

Kamu bisa menemukan kerak telor ini mudah banget sekarang. Udah ada banyak penjualnya, bahkan makanan dari Jakarta ini bisa kita temui di kota lain selain ibu kota lho.

Sayur Babanci

Sayur Babanci makanan khas Betawi
inamedia.online

Makanan asli suku Betawi ini sekarang susah banget didapatkan, udah hampir punah. Kalau kamu muter-muter, hanya sedikit warung makan dan restoran yang menyajikan kuliner ini.

Bahan untuk membuat sayur ini cukup banyak, mulai dari serai, jahe, bunga bintang, kapulaga, cabe merah besar, kemiri, asam jawa, terasi, lengkuas, serundeng, kelapa muda, petai, dan bumbu lain yang masih banyak.

Ada sekitar 25 bahan yang digunakan dalam pembuatan sayur ini, dan 50% nya saat ini sulit didapatkan. Mungkin itu yang menyebabkan kuliner ini sekarang sudah hampir punah.

Selendang Mayang

Selendang Mayang khas Betawi
minumkopi.com

Selendang mayang ini unik lho, walaupun dia minuman, tapi memakai tepung beras dan hunkue sebagai bahan dasarnya. Agar lebih segar, kuliner ini disajikan bersama santan, gula aren, dan tentu saja es batu.

Nama selendang mayang diambil dari warna jajanannya yang mirip selendang. Warna makanan ini biasanya adalah hijau, putih, dan merah. Sedangkan mayang artinya adalah manis dan kenyal.

Soto Betawi

Makanan khas Betawi Soto Betawi
dapurpritha.wordpress.com

Mungkin hampir di tiap daerah di Indonesia ada kuliner bernama soto, termasuk di Betawi. Soto Betawi ini cara membuatnya berbeda dengan soto kebanyakan. Salah satu bahan di resepnya menggunakan santan, dan bahan lain seperti daging sapi, kentang, dan tomat.

Rasa dari makanan ini gurih dan paling enak dimakan saat masih hangat. Kalau pas siang-siang laper, cobain deh soto khas ini. Rasakan gurihnya kuah kental yang bisa menggoyang lidahmu.

Nah, soto ini juga ada di daerah lain, seperti misalnya yang ada di makanan khas daerah Jawa Timur.

Roti Buaya

Roti Buaya
dianabakery.id

Kamu tentu pernah dengar dong roti buaya ini? Orang Betawi biasa menggunakan roti ini ketika akan mengadakan acara lamaran nikahan. Roti buaya wajib ada dalam prosesi adat Betawi tersebut.

Walaupun bentuknya buaya, tapi terlihat lucu lho, rasanya pun nggak kalah enak. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencari di toko roti sekitaran Kota Jakarta.

Dodol Betawi

Dodol Betawi
ayousaha.co.id

Dodol, makanan manis yang kenyal, berwarna coklat kehitaman, rasanya mirip seperti dodol pada umumnya. Rasa dari dodo Betawi ini ada tiga, ketan hitam, ketan putih, dan durian, rasa tempo dulu pokoknya.

Resep dodol Betawi cukup mudah, bahannya adalah ketn, gula merah, gula pasir, dan santan. Cara membuatnya hanya dimasak di atas tungku kayu bakar. Pemasakan dodol ini cukup lama, bisa berjam-jam, sampai tekstur dodol jadi kenyal dan lengket.

Asinan Betawi

Asinan Jakarta, Betawi
backpackerjakarta.com

Bukan cuma Bogor aja yang punya asinan, Betawi juga ada lho. Walaupun sama-sama asinan, tapi keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Asinan Betawi diolah dengan mengikuti cita rasa orang Betawi sendiri.

Isi dalam asinan Betawi biasanya adalah sayuran, dihidangkan bersama kacang goreng, bumbu kacang, cabe, kerupuk, dan cuka. Buat yang penasaran, cobain langsung aja deh, enak banget rasanya.

Bir Pletok

Bir Pletok
twitter.com

Jangan salah paham dulu sama namanya ya, nama dari minuman ini ada penjelasannya. Jadi, bir pletok ini bukan bir beneran, cuma minuman herbal yang cara menyajikannya diaduk bersama dengan es dalam bambu. Nah, suara saat mencampurnya itu pletok-pletok gitu.

Awal mula muncul bir pletok ini saat zaman penjajahan tempo dulu. Jadi, orang Betawi zaman dahulu bikin minuman yang menghangatkan mirip yang diminum orang Belanda.

Tapi, karena bir asli ada alkoholnya, jadilah kreatifitas orang Indonesia muncul. Bikin minuman hangat, yang bisa kayak bir ada busanya.

Laksa Betawi

Laksa Betawi
travelingyuk.com

Laksa Betawi ini terbilang mudah dibuat, isinya adalah bihun, perkedel, telur, daun kucai, dan kemangi. Biasanya, yang jual makanan ini orang Cina Betawi. Soal rasa, laksa Betawi ini enak banget, perpaduan antara gurih dan manis.

Roti Gambang

Roti Gambang
beritagar.id

Roti gambang adalah makanan tempo dulu yang sekarang hampir punah lho. Dahulu kala, makanan ini banyak dijual, tapi sejak banyak orang asli Betawi yang pindah ke luar Jakarta, kuliner yang satu ini jadi sulit ditemui.

Bentuk dari roti gambang ini mirip seperti bolu, bedanya terletak di bahan pemanisnya saja. Kalau bolu biasanya menggunakan gula pasir putih, roti gambang memakai gula merah. Warna coklat dari gula merah yang menjadikan rotinya juga jadi coklat.

Kalau kamu lihat gambar di atas, bentuknya mirip seperti roti ganjel rel yang kuliner khas Jawa Tengah ya?

Nasi Uduk

Nasi Uduk Betawi
codefoot.wordpress.com

Walaupun berbahan dasar beras, nasi uduk ini nggak seperti nasi yang dimasak biasa lho. Rasa dari nasi ini adalah gurih gitu. Hal ini karena cara membuatnya dimasak bersama santan, daun jeruk, dan salam, serai, dan laos. Semua bahan itu dimasak bersama sampai matang.

Dengan bahan-bahan tersebut, rasa dan aroma nasi uduk ini jadi khas banget. Biasanya, nasi uduk Betawi disajikan bersama dengan lauk, misalnya saja ayam goreng. Selain itu, ada taburan bawang goreng dan sambal serta pelengkap lainnya.

Semur Jengkol

Semur jengkol yang menggoda
kesehatanibuhamil.com

Buat yang doyan, pasti bakal mencari kuliner menyengat ini deh. Yah, walaupun ada juga yang nggak suka, tapi kalau udah doyan pasti habis banyak deh.

Jengkol memiliki tekstur empuk dan sedikit kenyal setelah dimasak. Ketika masaknya tidak benar, rasa dari jengkol ini biasanya ada pahit-pahitnya gitu. Tapi kalau masaknya benar, rasanya tentu akan mantab, apalagi dengan bumbu rempah yang rasanya bakalan nendang banget.

Semur jengkol ini cocok banget dimakan bersama dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Tentu bersama dengan lauk dan kerupuk dong makannya.

Gado-gado

Gado gado yang nampak lezat dimakan
travelblog.ticktab.com

Buat kamu yang suka salad, mungkin bakalan suka juga gado-gado, salah satu makanan khas Betawi yang nggak cuma enak, tapi juga sehat. Gado-gado terbuat dari berbagai macam sayuran dan dihidangkan bersama lontong atau ketupat.

Semua bahan disusun di atas piring, lalu disiram saus kacang dan taburan bawang goreng. Rasa dari bumbu kacang yang membuat gado-gado jadi makin mantab. Mirip-mirip makanan yang dari Jawa Barat gitu ya bentuknya?

Leave a Reply