7 Macam Phobia yang Bisa Fatal Akibatnya

MACAM-MACAM PHOBIA – Apakah kamu tau apa itu phobia? Pasti kamu sudah tau, phobia adalah rasa takut atau ketakutan yang berlebihan terhadap kejadian, situasi, atau benda. Rasa takut itu ditandai dengan keinginan untuk menjauhi apa yang ditakuti.

Kamu tau nggak apa saja macam phobia itu? Mungkin yang paling banyak itu rasa takut terhadap ketinggian, tempat yang  gelap, dan rasa takut lain yang umum di masyarakat.

Tapi, ternyata ada juga phobia yang bisa berakibat fatal lho. Rasa takut yang bisa jadi membuat orang yang menderitanya akan sangat tersiksa. Nah, berikut ini beberapa rasa takut yang dapat berakibat fatal pada orang yang menderitanya.

1. Cibophobia

Makanan cepat saji

godfatherpolitics.com

Cibophobia, rasa takut terhadap makanan, salah satu phobia yang sangat fatal. Rasa takut yang kompleks dan dapat berkembang menjadi sebuah obsesi. Ada yang beranggapan kalau phobia ini sama dengan anorexia, yaitu sebuah gangguan kebiasaan makan.

Padahal, kedua hal ini berbeda lho. Kalau anorexia lebih kepada rasa takut atau cemas akibat dari makanan yang dimakan terhadap tubuhnya. Nah, kalau cibophobia lebih pada takut terhadap makanan itu sendiri.

Gejala Cibophobia untuk saat ini masih sulit untuk dikenali. Cibopobia yang paling umum adalah menghindari makanan. Bahkan, makanan yang terlihat agak menjijikan menjadi ditakuti, contohnya seperti susu dan mayonaise.

Ada juga penderita phobia ini yang sangat belebihan dalam memerhatikan tanggal kadaluarsa suatu makanan. Kalau kamu bertemu penderita Cibophobia, mereka seringkali akan mengendus dahulu makanan, walaupun tanggal kadaluarsanya masih lama.

Ketika memasak, orang yang punya rasa takut terhadap makanan akan menunjukkan perilaku yang berlebihan. Contohnya, ketika sedang memasak, makanan yang dimasak bisa sampai gosong.

Gejala lainnya adalah mereka menghindari restoran. Hal ini karena makanan yang ada di restoran sudah di luar kontrol dari mereka.

Penyebab phobia ini masih belum diketahui, tapi ada beberapa ilmuan yang memperkirakan bahwa ada trauma di masa lalu, sehingga menyebabkan seseorang menderita Cibophobia.

2. Pantophobia

perlombaan lari estafet anak

tkk2.bpkpenaburjakarta.or.id

Pantophobia adalah rasa takut terhadap segala hal. Dari pengertiannya saja kita sudah dapat melihat bagaimana akibat fatal dari phobia ini. Pasti tidak dapat kita bayangkan bagaimana rasanya kalau orang menderita phobia yang satu ini.

Ada satu sumber yang menyebutkan bahwa Pantophobia didefinisikan sebagai rasa takut yang semu dan terus-menerus terhadap sesuatu yang tidak diketahui. Pada kondisi yang sangat ekstrim, penderita Pantophobia bahkan bisa jadi gila.

 

3. Epistemophobia atau Gnosiophobia

Dosen

rumahdanie.blogspot.com

Epistemophobia atauGnosiophobia adalah rasa takut untuk belajar dan takut terhadap ilmu pengetahuan. Penderitanya akan sulit atau bahkan tidak dapat mempelajari hal-hal baru. Tapi, kalau penderitanya dapat memaksakan diri mereka untuk menerima hal baru, maka phobia ini dapat diatasi.

4. Somniphobia atau Hypnophobia

Susah tidur- insomnia

bodyfitnessexpert.com

Somniphobia atau bisa juga disebut Hypnophobia adalah rasa takut untuk tidur. Phobia ini masuk ke dalam phobia yang fatal karena penderitanya dapat mengalami kelelahan fisik sekaligus mental.

Penderita Somniphobia akan merasa panik saat sebelum ataupun ketika tidur. Orang yang menderita phobia ini berpikiran kalau ia tidur, maka ia akan mati dan tidak akan pernah bisa bangun lagi.

5. Ambulophobia

Lari maraton

huffingtonpost.com

Ambulophobia adalah rasa takut untuk berdiri atau berjalan. Penderita phobia ini pastilah tidak dapat menjalani hidupnya secara normal. Untuk berdiri dan berjalan saja mereka takut, bagaimana mau bepergian keluar. Walaupun bisa memakai kursi roda, tapi itu juga tidak efisien.

Penderita phobia yang satu ini, tidak akan bisa menghindari berhadapan dengan rasa takutnya setiap hari. Gejala dari Ambulophobia ini bermacam-macam, bisa berkeringat, pusing, mual, rentang nafas pendek, gemetar, bahkan sampai panik.

Nah, penyebab dari phobia ini, kalau ditelusuri bisa karena pengalaman cidera pada kaki, radang sendi, atau masalah medis lainnya, yang menyebabkan penderitanya merasa sakit saat berjalan.

6. Phobophobia

Vertigo

youtube.com

Phobophobia adalah rasa takut terhadap rasa takut itu sendiri. Jadi, gampangnya itu rasa takut yang ada di dalam diri penderitanya tentang suatu hal yang membuatnya takut dan gelisah.

Phobophobia biasanya berasa dari dalam diri penderitanya. Orang yang menderita phobia ini sering terlihat takut tapi takutnya itu tidak beralasan alias hanya bersifat semu saja.

Bahkan, penderita Phobophobia juga memiliki rasa takut kalau ternyata dirinya menderita phobia. Atau, bisa dikatakan kalau penderita phobia ini seringkali tidak sadar dirinya menderita phobia.

7. Decidophobia

Mengajari anak hidup mandiri

parentingforum.zz.mu

Decidophobia merupakan rasa takut untuk mengambil keputusan, atau rasa kurang keberanian atau keinginan dari seseorang untuk memilih. Orang yang menderita Decidophobia akan takut memilih alternatif yang berbeda-beda untuk mengetahui suatu kebenaran.

Penderita dari Decidophobia, biasanya akan menyerahkan keputusan kepada pihak atau orang lain. Biasanya, akan dilemparkan kepada orang tua atau pasangan mereka untuk mengambil keputusan.

Gejala dari phobia ini bermacam-macam, berbeda-beda antara penderita satu dengan yang lain. Gejala yang umum biasanya susah nafas, mulut menjadi kering, kejang otot, pusing, gemetar, jantung lebih berdebar, bahkan ada yang sampai menjadi panik.

Penyebab rasa takut ini biasanya karena penderita pernah mengalami suatu hal yang menyebabkan trauma yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Contohnya, ada seorang anak kecil yang dalam waktu lama selalau dipaksa untuk menerima segala keputusan orang tuanya. Hal ini tentu akan dapat memunculkan Decidophobia pada anak karena berdampak negatif pada psikologis anak.

Itu tadi macam-macam phobia yang mungkin saja bisa berakibat fatal akibatnya.

Leave a Reply