5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Tak Menentu

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, tentunya daya tahan tubuh kita akan sangat berpengaruh. Kalau tubuh kita nggak kuat, tentu kita akan jadi gampang sakit. Belum lagi kalau kita aktivitasnya banyak. Lantas, kita harus sebisa mungkin menjaga daya tahan tubuh.

Biasanya, kalau daya tahan tubuh turun, tubuh jadi gampang lemah, hingga mudah sakit. Nah, yang paling sering sih kena flu, badan lemas, insomnia, atau bahkan sampai muncul herpes.

Untuk menghindari terkena serangan penyakit tersebut, sebaiknya kita meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan di rumah.

Minum Air Putih yang Cukup

Segelas air putih
lifehacker.com

Sering merasa lelah ketika beraktivitas ataupun tidak, itu tanda-tanda kamu kurang minum air putih. Seperti yang dilansir dari situs health.harvard.edu, ketika kekurangan cairan, tubuh akan menjadi lemah.

Oleh karena itu, sebisa mungkin konsumsi air putih yang cukup. Seperti yang dianjurkan, minimal konsumsi 8 gelas sehari. Itu kalau kamu beraktivitas biasa ya, kalau aktivitasmu lebih berat, berarti harus minum air putih lebih banyak lagi.

Tentu konsumsi air putih ini cara yang paling mudah buat dilakukan. Entah itu untuk balita, ibu hamil, anak umur 1 tahun, bayi setelah disapih, ataupun orang tua.

Makan Buah-buahan

Buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh
rmolsumsel.com

Konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi dapat meningkatkan aktivitas sel NK. Apa itu sel NK? Sel NK adalah sel yang salah satu fungsinya adalah mencegah kanker.

Bukan cuma sel NK saja lho yang kerjanya meningkat, neutrofil yang merupakan bagian dari sel darah putih juga naik kinerjanya. Fungsi neutrofil ini untuk mencegah infeksi atau memulihkannya ketika sudah terjadi.

Selain itu, vitamin C juga bisa memperkuat limfosit. Kegunaan dari limfosit ini adalah untuk mendeteksi jika ada bakteri atau virus yang berbahaya.

Terus, apa aja dong buah yang kandungan vitamin C nya tinggi? Kalau yang biasa kamu konsumsi adalah jeruk, ternyata ada yang lebih tinggi lagi, jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji ibi bisa mencapai 200 mg lho. Kalau jeruk, hanya sekitar 59-83 mg saja.

Jadi, konsumsi buah-buahan ini bisa membuat daya tahan tubuh meningkat secara alami. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus, atau dimakan langsung.

Konsumsi Yoghurt

Resep Yoghurt
shopify.com

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh adalah sistem pencernaan. Jadi, kalau mau sistem imun meningkat, perbaiki dulu usus kita. Salah satunya dengan mengonsumsi probiotik yang bisa berasal dari bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Nah, sumber probiotik yang bisa kamu konsumsi contohnya adalah yoghurt. Olahan susu yang satu ini mengandung bakteri Lactobacillus Bulgaricus. Jadi, bagus banget nih kalau kamu rutin mengonsumsinya, agar tubuhmu terhindar dari penyakit yang berbahaya dan tentu saja sistem imun meningkat.

Tidur yang Cukup

Bayi tidur nyenyak
eattoperform.com

Buat kamu yang suka begadang, mulailah untuk dikurangi kebiasaan itu. Karena, begadang bisa membuat stamina berkurang, tidak bergairah, dan tubuh terasa lemas. Selain itu, jika kita kurang tidur, sistem kekebalan tubuh juga akan melemah.

Terus apa hubungannya tidur sama daya tahan tubuh? Jadi, saat tidur, sel T di dalam tubuh akan bekerja memperbaiki sel imun. Sel T akan melawan virus dan juga bakteri patogen dalam tubuh. Ketika kamu begadang, atau bahkan tidak tidur selama 24 jam, kinerja sel T tentu akan terhambat.

Jadi, kurangi ya begadangnya, biar tubuh tidak mudah sakit. Imbangi juga dengan latihan atau olahraga, konsumsi obat herbal agar jasmani makin sehat lagi.

Konsumsi Suplemen dan Multivitamin

Imboost - cara meningkatkan daya tahan tubuh
shopee.co.id

Mengonsumsi suplemen tambahan seperti Imboost juga bisa menjadi pilihan. Imboost adalah imunomodulator yang bisa menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Suplemen seperti ini bisa digunakan untuk mencegah terkena sakit ataupun mempercepat penyembuhan.

Imboost ini tersedia dalam bentuk sirup, tablet, dan tablet effervescent. Kamu bisa membelinya di apotek terdekat dan tanpa memerlukan resep dokter kok.

Kandungan utama yang ada di dalam suplemen ini adalah echinacea dan zinc picolinate. Kedua zat tersebut sudah terbukti secara klinis mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Cobalah beberapa cara di atas agar kesehatan tubuh kamu selalu terjaga. Semoga kita semua sehat dan memiliki tubuh yang kuat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.