pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa itu ada banyak. Apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang. Pekerjaan jadi luas banget, dan muncul pekerjaan baru yang dulu belum pernah ada.

Biasanya, jenis pekerjaan ini dibagi menjadi dua, ada yang menghasilkan barang, ataupun menawarkan jasa. Kedua jenis pekerjaan ini tentu menghasilkan output yang berbeda ya.

Buat yang masih bingung menentukan pilihan pekerjaan apa. Bisa dibaca artikel ini sampai habis, siapa tahu dapat inspirasi mau bekerja di bidang apa.

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Seperti namanya, jenis pekerjaan ini menghasilkan barang sehingga bisa digunakan oleh orang lain. Mungkin bisa disebut podusen atau orang yang memproduksi.

Berikut contoh pekerjaan penghasil barang beserta dengan gambarnya.

1. Petani

petani
pixabay.com

Petani biasa berangkat pagi pergi ke sawah untuk menanam padi atau tanaman lainnya. Mereka merawat tanamannya dengan baik sampai masa panen tiba.

Setelah tiba masa panen, petani akan memanen padi. Padi merupakan barang yang dihasilkan oleh petani. Jadi, petani merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan barang setelah panen.

2. Peternak

peternak
pixabay.com

Peternak mirip dengan petani, dia merawat hewan seperti kambing, sapi, ayam, ikan, dan hewan ternak lainnya sampai menjadi besar.

Setelah besar, hewan akan dipanen, bisa dijual saat masih hidup, ataupun ketika sudah dipotong. Kalau masih hidup, hewan tentu akan dipotong oleh pembeli.

Tapi, ketika peternak memotong hewannya sendiri, maka yang dijual menjadi bermacam jenisnya. Bisa daging, jeroan, kulit, dan lainnya.

3. Tukang Kayu

tukang kayu
pixabay.com

Tukang kayu akan menghasilkan banyak jenis barang, seperti meja, kursi, lemari, rak buku, rak sepatu, kitchen set, dan barang lainnya.

Pak tukang akan mengolah bahan baku berupa kayu, yang kemudian diubah menjadi perabotan seperti keahliannya. Karena mereka mengolah sesuatu menjadi barang, maka pekerjaan ini termasuk yang menghasilkan barang.

4. Pandai Besi

pandai besi
pixabay.com

Pandai besi akan mengolah besi mentah menjadi berbagai barang. Kamu tentu pernah melihat atau bahkan memegang barang yang dihasilkan pandai besi. Ada golok, cangkul, pisau, palu, sabit, dan barang lainnya berbahan besi.

5. Nelayan

nelayan
pixabay.com

Nelayan juga merupakan perkerjaan yang menghasilkan barang. Tentu kamu tahu dong barang apa yang dihasilkan. Yups, bener banget, ikan atau hewan laut lainnya.

Perairan menjadi wilayah aktivitas dari para nelayan. Baik itu perairan air tawar, air laut, ataupun air payau. Biasanya, nelayan menangkap ikan dengan berbagai macam alat dan tentu saja perahu.

6. Pelukis

pelukis
pixabay.com

Pelukis termasuk menghasilkan barang berupa karya lukis lho. Mereka bekerja dengan penuh hati melukis sampai terciptalah karya lukisan yang indah dan bagus.

7. Pembuat Kue

pembuat kue
pixabay.com

Kue adalah barang yang dihasilkan oleh pembuat kue. Jadi, pekerjaan ini termasuk yang menghasilkan atau memproduksi barang.

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Berbeda dengan pekerjaan penghasil barang, pekerjaan ini menawarkan jasa. Jadi, seseorang akan menawarkan jasa berupa keahlian yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Dokter

dokter bedah
pixabay.com

Dokter memberikan jasa untuk memeriksa dan memberikan layanan kesehatan atau pengobatan. Jasa yang diberikan dokter ini berbeda-beda, tergantung spesialisasi yang dipunyai. Ada dokter umum, dokter gigi, dokter kulit, dokter penyakit dalam, dan lainnya.

Kamu tentu pernah kan periksa ke dokter?

Biasanya, kita datang ke tempat praktek dokter atau rumah sakit. Setelah datang, kita akan diperiksa dan dokter akan memberikan resep obat.

2. Guru

guru
pixabay.com

Pekerjaan berikutnya yang menawarkan jasa adalah guru. Seorang guru akan memberikan pengajaran dan pendidikan bagi para muridnya agar jadi pintar.

Tentu kamu masih ingat ungkapan yang berbunyi “guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”. Dari kalimat itu saja kita tahu kalau guru itu memberikan jasa bukan barang.

3. Pangkas Rambut

tukang pangkas rambut
pixabay.com

Kamu tentu pernah potong rambut kan? Biasanya, kalau potong rambut, datang ke tukang pangkas rambut atau barber shop nih?

Tukang pangkas rambut akan melayani kamu dan memotong sesuai dengan permintaan. Pekerjaan yang mereka lakukan adalah memberikan jasa potong rambut kepada pelanggannya.

4. Montir Bengkel

montir bengkel
pixabay.com

Ketika kendaraan kamu rusak atau perlu perawatan, tentu akan datang ke bengkel. Nah, di bengkel, montir akan bekerja memberikan jasanya untuk merawat kendaraanmu.

Kenapa tidak masuk ke yang menghasilkan barang? Karena montir hanya bertugas membetulkan kendaraan saja. Mereka tidak menghasilkan mobil.

5. Asisten Rumah Tangga

asisten rumah tangga
pixabay.com

Asisten rumah tangga ini punya peranan penting dalam rumah lho. Mereka membantu ibu membereskan pekerjaan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel, mencuci, memasak, dan pekerjaan di rumah lainnya.

Jasa yang mereka tawarkan adalah tenaga untuk membereskan rumah.

6. Sedot WC

sedot wc
biayasedotwc.com

Ketika rumah WC-nya sedang mampet, biasanya akan dipanggilkan tukang sedot WC. Apalagi ketika kita tahu kalau ternyata septictank sudah penuh. Harus buru-buru disedot biar nggak mampet lagi.

Tukang sedot WC ini memberikan jasa penyedotan septictank yang sudah penuh dengan kotoran. Jadi, mereka menawarkan jasa dan tidak menghasilkan barang.

7. Satpam

satpam
asamandiri.com

Seorang satpam menawarkan jasa penjagaan untuk mengamankan keadaan di tempat kerjanya. Satpam akan dengan sigap menjaga keamanan dari tempat dia bekerja.

Dengan adanya satpam, kita bisa sedikit lebih tenang dan tidak perlu memikirkan tentang keamanan.

Penutup

Itulah beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa di Indonesia. Kira-kira, ada tidak ya pekerjaan yang bisa menghasilkan barang dan jasa sekaligus?

Pertanyaan

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang mungkin kamu juga penasaran tentang jawabannya.

Sebutkan perbedaan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa?

Perbedaan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa adalah hasil yang didapatkan. Pekerjaan yang menghasilkan barang akan menghasilkan barang atau produk. Sedangkan jasa, orang akan menawarkan jasa.

Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang?

Tukang kayu, peternak, petani, nelayan, penambak ikan, pelukis, penjahit, pemahat, pembuat kerajinan.

Sebutkan contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa?

Guru, dosen, dokter, satpam, asisten rumah tangga, tukang pijat, tukang pangkas rambut, tukang sapu jalan, sopir, tukang POS.

Apa pekerjaan yang mengahsilkan barang dan jasa di daerah pegunungan?

Pekerjaan yang menghasilkan barang di pegunungan adalah petani, penambang pasir, penambang batu. Sedangkan pekerjaan yang menghasilkan jasa di pegunungan adalah pemetik daun teh, penjaga gunung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.