Cara Membuat Tauge Sendiri di Rumah (Putih, Gemuk, Super)

Cara Membuat Tauge – Tentu kamu pernah memakan sayuran bernama tauge,  toge, atau kecambah. Tauge adalah salah satu jenis sayuran yang merupakan kecambah biji-bijian. Biasanya, biji yang digunakan adalah kacang hijau atau kedelai. Rasa dari tauge ini segar dan memiliki tekstur yang renyah, sehingga banyak dimanfaatkan di berbagai olahan makanan.

Banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan tauge sebagai salah satu bahan pembuatannya. Sebut saja rawon, soto, toge goreng, dan banyak lagi makanan lain yang menggunakan tauge.

Untuk membuat tauge tidaklah sulit, hanya butuh beberapa alat dan bahan yang mudah didapatkan. Proses pembuatannya adalah kita hanya perlu membuat biji-biji yang sudah disiapkan berkecambah, atau biasa disebut dengan proses persemaian.

Walaupun terlihat mudah dan sederhana, tetapi jika kita salah melakukannya, biji yang sudah disemai bukannya malah berkecambah, tetapi bisa membusuk. Untuk itu diperlukan langkah-langkah yang tepat agar tauge dapat dibuat dengan baik.

Alat dan Bahan untuk Membuat Tauge

Kacang hijau
gapoktansekarsari.wordpress.com
  • Kacang hijau atau kacang kedelai
  • Air
  • Baskom
  • Karung beras

Langkah Membuat Tauge

Setelah semua alat dan bahan siap, selanjutnya ikuti langkah di bawah ini.

1. Perendaman Biji

Merendam kacang hijau untuk membuat tauge
iis-resep.blogspot.co.id

Kacang hijau atau kacang kedelai yang sudah kita siapkan, pertama-tama harus dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, biji-biji yang sudah bersih dimasukkan ke dalam baskom dan ditambahkan air sampai baskom penuh dan biji terendam semua.

Rendam biji selama seharian penuh, kurang lebih sekitar 24 jam, agar biji mekar. Jika ditemukan biji yang mengapung, sebaiknya buang singkirkan karena biji tersebut memiliki kualitas yang buruk.

2. Penyemaian Awal

Setelah perendaman dilakukan, di hari kedua kita akan menyemai biji menggunakan karung beras. Letakkan tempat untuk menyemai di ruangan yang sedikit lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Misalnya saja di sekitar tempat yang terdapat kran air.

Setelah tempatnya siap, biji yang sudah ditiriskan setelah direndam, selanjutnya diletakkan di atas karung beras. Ratakan dan jangan sampai biji menumpuk di satu tempat saja. Awasi juga agar biji aman dan tidak diganggu tikus saat sedang disemai.

3. Penyemaian Akhir

Pada hari ketiga, biji yang kita semai akan mulai berkecambah. Agar tidak terjadi kebusukan, lakukan pencucian pada bakal kecambah secara berkala saat pagi, siang, dan juga sore. Setelah dicuci, biji yang mulai berkecambah bisa diletakkan lagi pada tempat penyemaian.

4. Pemanenan Tauge

Pada hari keempat, kamu sudah bisa memanen tauge. Sebelum diolah, sebaiknya cuci dahulu tauge sampai bersih.

Cobalah cara di atas biar tauge yang dihasilkan putih dan gemuk-gemuk. Kalau kamu mau menghasilkan tauge atau kecambah yang pendek, bisa dikurangi durasi penyemaiannya. Tapi kalau pengen yang panjang-panjang, tambahkan saja waktu penyemaian.

Nah, mudah kan membuat kecambah sendiri di rumah? Kamu bisa mendapatkan tauge dengan ukuran yang diinginkan jika membuat sendiri. Tunggu apa lagi, siapkan alat dan bahannya, lalu buat sendiri taugenya.

Coba juga membuat tempe, bikin sirup, dan minyak kemiri sendiri ya. Selamat mencoba 🙂

One Response

  1. deni oktaviano October 23, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.