Makanan Khas Italia yang Terkenal di Dunia Sampai ke Indonesia

Makanan khas Italia, siapa yang nggak tahu jenis dan macamnya?

Tenang-tenang, kamu nggak sendiri kok, hehehe.

Ada banyak macam makanan dari negara ini, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, sampai makanan penutup. Tapi, kebanyakan orang di Indonesia taunya pasti makanan utama aja kan?

Padahal, banyak cita rasa khas dari Italia di jenis makanan lainnya. Mau tahu kan apa saja makanan enak dari Italia? Kita simak bersama yuk berbagai macam makanannya!

Spaghetti

Makanan khas Italia Spaghetti
fivehearthome.com

Salah satu makanan paling terkenal dari Italia adalah spaghetti. Kamu mungkin bisa menjumpai jenis makanan ini hampir di seluruh belahan dunia ini.

Padahal, di Indonesia sendiri ada makanan yang mirip lho, namanya mie. Bedanya, kalau spaghetti ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dari pada mie di Indonesia.

Kamu pernah makan spaghetti jenis apa nih? Soalnya ada banyak juga masakan dari bahan dasar spaghetti, mulai dari yang mudah dibuat seperti oglio olio, sampai yang cukup terkanl yaitu spaghetti carbonara.

Lasagna

Lasagna
jessicagavin.com

Lasagna menjadi salah satu makanan khas Italia yang paling lezat lho. Lasagna ini merupakan hidangan yang banyak digemari masyarakat selain spaghetti.

Sebenarnya, lasagna merupakan salah satu masakan berbahan pasta yang pertama diciptakan di Italia. Cara membuat lasagna cukup sederhana, beberapa lembar pasta disusun dan secara selang-seling diberi saus.

Saus yang digunakan adalah campuran saus tomat, keju mozzarella, irisan atau cincangan daging, sayuran (bisa jamur atau bayam). Semua bahan dicampur dan dijadikan sebagai saus untuk membuat lasagna.

Untuk menikmati lasagna, paling enak waktu masih hangat-hangat. Jangan pas panas-panas ya makannya, nanti malah mulut kamu melepuh tuh.

Pizza

Pizza
monsieur-cuisine.com

Siapa sih yang nggak kenal pizza?

Mungkin hampir semua orang di belahan bumi ini tahu jenis makanan yang satu ini. Tapi emang iya sih, soalnya pizza menjadi makanan khas Italia yang paling populer.

Pizza memiliki bentuk lingkaran yang diberi topping di atasnya. Ada banyak macam topping yang bisa ditambahkan, mulai dari daging, keju mozzarella, sayuran, jamur, sampai tuna. Tak lupa juga olesan saus tomat yang membuat pizza jadi makin lezat.

Kalau cara tradisional, pizza biasanya dipanggang menggunakan oven atau tungku kayu. Jadi, bentuk ovennya tu setengah bola gitu, mirip iglo. Unik banget deh kalau kamu pernah lihat cara membuat pizza ini.

Bruschetta

Bruschetta khas Italia
inspiredtaste.net

Siapa yang suka pergi ke restoran Italia?

Apakah kamu pernah mendapatkan appetizer lezat ini?

Salah satu makanan pembuka yang terbuat dari roti panggang yang dimasak menggunakan bawang putih, garam, minyak zaitun, dan merica.

Setelah dipanggang, roti akan dilengkapi dengan topping sayuran, tomat mini, keju, dan kacang-kacangan. Ukuran bruschetta ini cukup kecil, sehingga kamu bisa menyantapnya dengan sekali lahap.

Risotto

Risotto Italia
wallflowerkitchen.com

Risotto merupakan masakan Italia yang menggunakan beras sebagai bahan dasarnya.

Makanan ini berasal dari salah satu daerah di Italia bernama Piedmont. Tempat yang memiliki banyak lahan untuk menanam padi. Jadi wajar sih kalau makanan khas dari tempat itu adalah risotto.

Makanan utama ini dibuat dengan memasak beras bersama bawang putih dan anggur. Ada bahan lainnya lagi yang membuat makanan ini lebih enak, daging, sayuran, dan keju.

Tortellini

Tortellini dari Italia
welcometothetable.coop

Tortellini merupakan olahan pasta yang bentuknya seperti pangsit. Makanan khas ini berasal dari Emilia, berupa pasta yang diisi dengan campuran daging panggang serta keju. Biasanya, tortellini akan dihidangkan bersama dengan kuah kaldu daging yang kental.

Buat yang mau membawa makanan ini untuk oleh-oleh dari Italia, ada lho tortellini instan. Tortellini instan ini dapat tahan selama 7 minggu di dalam kulkas. Kalau kamu mau memakannya, cukup panaskan saja menggunakan microwave.

Tiramisu

Tiramisu
bakingamoment.com

Kamu suka dessert yang manis-manis gitu?

Kayaknya kudapan yang satu ini cocok deh untukmu. Tapi mungkin ada rasa pahit-pahitnya sedikit ya, karena tiramisu dibuat menggunakan kopi juga.

Jadi, resep tiramisu ini cukup mudah, kue atau biskuit berbentuk seperti jari atau lidah kucing, dicelupkan ke dalam kopi.

Kue yang dicelup kopi tadi disingkirkan sejenak sambil menyiapkan adonan lain. Campurkan telur, gula, dan keju mascarpone. Nah, susun kue dan adonan secara selang-seling. Jadi deh tiramisunya.

Biasanya, ketika dihidangkan, tiramisu akan diberi taburan bubuk coklat agar makin mantab rasanya. Penasaran kan sama rasa makanan penutup ini?

Gelato

Gelato
walksofitaly.com

Buat kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, atau Surabaya. Mencari es krim khas Italia ini rasanya nggak begitu sulit deh.

Gelato ini merupakan salah satu es krim paling enak di dunia lho. Es krim khas Italia ini memiliki tekstur yang lebih pada dan kaya rasa.

Kenapa kok lebih padat? Karena, gelato lebih banyak susu skim dari pada susu krim. Jadi, kandungan lemak di dalam es krim ini lebih sedikit.

Untuk menikmati gelato, biasanya akan ada tambahan topping di atasnya. Kamu bisa memilih, mulai dari buah-buahan, biskuit, kacang-kacangan, atau topping lainnya.

Menarik bukan makanan yang ada pada gambar di atas? Kamu cobain juga dong makanan dari India, makanan khas dari Thailand, atau masakan khas Turki, sama-sama enak kok.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.