Sate lilit

12 Makanan Khas Bali yang Enaknya Dimakan Sama Istri

Siapa sih yang nggak kenal Bali? Pulau dengan julukan Pulau Dewata dan menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling ramai.

Bahkan, ada lho orang luar negeri yang ketika ditanya tentang Indonesia di tidak tahu. Tapi, setelah disebutkan Bali, eh bule-nya tahu tuh. Padahal kan Bali itu ada di dalam Indoensia.

Berkunjung ke Bali, ada yang kurang rasanya kalau nggak mencicipi makanan khas yang ada di sana. Tapi, harus pilih-pilih ya kalau makan di Bali. Kalau kamu seorang muslim, pilih makanan yang halal. Bukan apa-apa, karena di Bali itu mayoritas beragama Hindu, jadi kita harus selektif dalam memilih makanan yang halal.

Berikut ini makanan khas Bali yang sayang sekali untuk kamu lewatkan jika berkunjung ke sana.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu Bali
plesiryuk.com

Hampir di tiap daerah di Indonesia punya makanan olahan dengan bahan dasar ayam, Bali termasuk salah satunya. Di Bali, makanan berbahan dasar ayam yang paling terkenal adalah ayam betutu.

Ayam ini sangat spesial lho, karena terbuat dari ayam dan juga rempah-rempah pilihan. Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat ayam betutu adalah jahe, kencur, bawang putih, bawang merah, cabe, kunyit, dan daun salam.

Bumbu tersebut dicampur menjadi satu kemudian dimasukkan ke dalam ayam. Setelah itu tinggal dimasak sampai matang deh. Nah, bumbu yang dimasukkan ke dalam ayam itu, nantinya akan memberikan rasa yang sangat kaya pada daging ayamnya, hhmmmm.

2. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo Bali
trythismenu.blogspot.com

Kalau kamu pernah ke Jogja, pasti tahu makanan khas Jogja yang dibungkus dengan ukuran yang kecil. Nah, bener tuh, nasi kucing atau sego kucing.

Nah, ternyata, di Bali juga ada makanan yang mirip-mirip sama sego kucing lho, namanya nasi janggo. Makanan ini mirip banget deh sama sego kucing, nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dalam porsi yang kecil.

Perbedaan antara sego kucing dan nasi janggo mungkin terletak pada lauk yang digunakan. Nasi janggo menggunakan lauk yang lebih berkelas, ada ayam suwir, tempe goreng, dan serundeng, tak lupa sambal yang pedas penggugah selera.

Sambal yang ada di nasi janggo menjadi ciri khas makanan ini. Rasanya super pedas, dan kamu pasti akan kurang kalau cuma makan satu bungkus saja. Pengennya nambah lagi sampai kekenyangan.

3. Sate Lilit

Sate lilit
srisadjuni.wordpress.com

Sate yang satu ini sangat terkenal di Bali, olahan daging yang dibakar layaknya sate pada umumnya. Pembedanya adalah penggunaan daging yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

Kuliner khas bali ini menggunakan daging giling yang kemudian dililitkan pada tusuk sate. Kalau sate pada umumnya kan dagingnya yang langsung ditusukin ke tusuk sate tuh. Jadi, makanan ini tentu lebih lembut saat kita memakannya.

Sate lilit juga tidak menggunakan bumbu kacang untuk sausnya. Bumbu sudah dimasukkan ke dalam adonan daging sebelum di bakar. Jadi, kamu akan mendapatkan rasa yang lebih menyatu dengan daging.

Daging yang biasanya digunakan untuk membuat sate lilit adalah daging ikan tuna. Tapi ada juga lho yang membuat sate lilit menggunakan daging ayam.

Resep sate ini cukup mudah, cukup giling daging sampai halus. Kemudian, beri bumbu berupa bawang merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk. Jangan lupa beri sedikit garam biar rasanya makin mantab. Setelah itu, adonan dililitkan ke tusuk sate atau batang serai. Tinggal dibakar sampai benar-benar matang.

Rasa dari sate lilit ini enak banget, perpaduan antara pedas dan manis. Aroma serai juga akan terasa sekali, apalagi kalau kamu menggunakan tusuknya dari batang serai. Pokoknya nikmat banget deh makanan yang satu ini.

4. Tum Ayam

Tum Ayam Bali
foodcomas.com

Ada satu lagi olahan ayam yang menjadi makanan khas di Bali, namanya tum ayam. Terbuat dari ayam yang dicincang kemudian diberi bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat tum ayam adalah bawang, jahe, lengkuas, kencur, dan rempah lainnya.

Setelah ayam diberi bumbu, ayam dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dikukus. Kalau dilihat sih, mirip sama pepes gitu, rasanya pasti sama enaknya deh. Jangan ngiler ya, langsung aja samperin tempat yang jual tum ayam.

5. Bubur Mengguh

Bubur ayam Bali
blog.hulaa.com

Nggak cuma Jakarta aja yang punya bubur, Bali juga ada tuh, namanya bubur mengguh. Makanan yang satu ini terbuat dari beras yang dimasak menggunakan santan. Rasanya pasti gurih dan sedap nih.

Penyajian bubur mengguh ini hampir mirip bubur ayam Jakarta. Bubur di letakkan dalam mangkuk, kemudian diberi taburan ayam suwir yang sudah dibumbui. Tak lupa, disiram dengan kuah ayam yang kental dan gurih tentunya.

Ternyata masih ada tambahan lagi, urap sayur yang penyajiannya terpisah, dengan rasa yang sedikit pedas dan gurih, Hmmm, bakal menambah cita rasa dari bubur mengguh deh.

6. Sate Languan

Sate languan khas bali
@doubletreejkt – nstagram.com

Kalau kamu taunya cuma sate lilit, kudu banyak jalan-jalan lagi deh kalau ke bali. Soalnya ada sate lain yang nggak kalau enaknya, walaupun bentuk dan cara pengolahannya mirip banget sih. Sate languan dan sate lilit sama-sama dililitkan ke tusukannya.

Bedanya, kalau sate languan menggunakan bahan baku dari daging ikan laut. Biasanya yang dipakai sih ikan tongkol, rasanya khas dan gizinya tinggi.

Resep bikin sate languan ini mirip sate lilit, daging akan digiling terlebih dahulu sampai halus. Lalu, tambahkan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe, jeruk limau, terasi, gula merah, dan berbagai bumbu berjenis rimpang-rimpangan.

Sebelum bumbu dicampur bersama dengan daging ikan laut, mereka dihaluskan terlebih dahulu. Baru dicampurkan ke dalam daging dan diaduk sampai semua bumbu rata. Kemudian adonan sate languan dililitkan ke tusuknya. Baru deh sate siap dipanggang sampai matang.

Kalau kamu mencari sate languan yang sudah melegenda, coba deh dateng ke Desa Pesinggahan, Klungkung. Di sana kamu bakalan nemu banyak warung yang menyajikan sate languan sebagai menu utamanya. Tapi, ada yang paling terkenal nih, namanya Warung Lesehan Mertha Sari, warung ini sudah ada sejak 1996.

7. Rujak Buleleng

Rujak Buleleng Bali
visitbali.id

Buat kamu yang suka buah-buahan, rujak buleleng ini pasti bisa jadi makanan kesukaan kamu juga. Jajanan ini paling cocok dimakan siang hari pas lagi panas-panasnya lho. Rasanya pedas dan sensasinya segar, menemani suasana terik siang hari.

Seperti halnya rujak lain, rujak buleleng terdiri dari beberapa buah yang dipotong dan disiram bumbu. Rujak buleleng ini bumbunya akan dicampur dengan buah-buahannya, jadi kita tinggal lhep aja, hehe.

Untuk membuat bumbu rujak, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Seperti cabe rawit, gula aren buleleng, terasi, cuka, garam, dan pisang batu. Pisang batu ditambahkan pada bumbu agar ada sensasi sepet gitu.

Nah, kalau buah yang digunakan di rujak buleleng biasanya adalah nanas, mangga, bengkoang, kedondong, pepaya, timun, dan ubi merah. Kesemua buah itu akan terasa pas banget dengan bumbu atau sambel yang pedas.

8. Bulung Kuah Pindang

Bulung kuah pindang makanan khas Bali
wikipedia.org

Bali terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah. Pantai yang memiliki pemandangan memukau dan banyak orang yang datang ke sini.

Tapi kamu tau nggak kalau ternyata di Bali ada makanan yang berhubungan dengan laut atau pantai selain ikan?

Ternyata, Bali menjadi penghasil rumput laut lho, jumlahnya banyak. Sampai-sampai ada makanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut, namanya bulung kuah pindang.

9. Nasi Tepeng

Nasi tepeng makanan khas Bali
jatim.tribunnews.com

Salah satu menu sarapan yang bisa kamu cobain ketika berkunjung ke Gianyar, bali. Di kabupaten ini, nasi tepeng banyak yang menjajakan, jadi nggak sulit untuk mencarinya.

Nasi tepeng memiliki tekstur antara nasi dan bubur, tapi cenderung lebih mirip bubur. Memiliki rasa yang cukup pedas dipadu dengan bumbu-bumbu khas Bali. Sehingga, rasa nasi tepeng menjadi gurih, karena jugad ditambahkan santan saat memasak nasinya.

Selain nasi bertekstur lembek, nasi tepeng akan disajikan bersama dengan sayur nangka muda, kacang panjang, kacang merah, terong, ayam goreng, kelor, atau telur.

Cara makan nasi tepeng ini cukup unik, kuliner khas ini akan dihidangkan dengan menggunakan daun pisang. Hal itulah yang membuatnya menjadi terlihat lebih tradisional lagi.

10. Sambal Matah

Sambal matah makanan khas bali
herworld.co.id

Sambal itu juga termasuk makanan kan ya? Nah, makanan khas Bali ini cukup banyak digemari untuk menemani menikmati makanan utama. Sampai-sampai, Indomie mengeluarkan rasa sambal matah juga lho.

Salah satu jenis sambal ini diberi nama matah yang berarti mentah atau belum dimasak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sambal ini terkenal sampai seluruh Indonesia.

Bahan dasar dari sambal matah cukup mudah dicari, ada cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, serai, terasi, daun jeruk purut, perasan jeruk nipis, garam, dan minyak goreng. Kesemua bahan dicampur jadi satu, yang perlu dipotong tentu saja dipotong-potong dulu ya.

Sambal matah biasanya disajikan sebagai pelengkap menu utama. Sangat cocok dinikmati bersama dengan ikan goreng, ikan bakar, ayam goreng, ayam bakar, seafood, dan tentu saja nasi.

Rasa sambal ini pedas dan segar, sedikit asam asin gitu. Bikin makan jadi makin lahap deh pokoknya kalau ditambahin sambal matah ini.

11. Tipat Blayag

Tipat blayag makanan khas Bali
@nailworx_soapsuds – instagram.com

Kuliner yang satu ini mirip seperti ketupat, makanan khas dari Buleleng. Perbedaannya dengan ketupat adalah bentuknya agak lonjong seperti lontong, dan bungkusnya menggunakan daun enau atau aren.

Biasanya, daun yang digunakan untuk membungkus tipat ini hanya digunakan yang masih muda. Penggunaan daun yang masih mudah tujuannya adalah agar rasa tipat menjadi lebih enak. Selain itu, karena daunnya masih muda, maka lebih gampang buat dibentuk.

Untuk membuat tipat, beras yang sudah dibungkus dengan daun harus direndam terlebih dahulu selama 5 jam. Dari resep memang begitu, bahkan semakin lama merendamnya, maka hasilnya bakal lebih bagus.

Tipat blayag biasanya disajikan dengan dipotong-potong dan diberi lauk serta bumbu dan sayur tambahan. Ada urap, kacang tanah goreng, tauge, suwiran ayam, dan disiram dengan kuah ayam nyat-nyat.

Selain itu, ada tambahan pelengkap lain yaitu potongan telur rebus dan bawang goreng. Nggak lupa peyek garing yang gurih juga menemani kawan-kawannya di menu ini.

12. Serombotan Klungkung

Serombotan khas Klungkung
kintamani.id

Kalau kamu ke Bali dan bertanya pada masyarakat di sana tentang sayur serombotan, kebanyakan akan langsung mengarah ke Klungkung, salah satu daerah di Bali. Ya, karena memang makanan ini merupakan kuliner khas dari Kabupaten Klungkung.

Makanan ini terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, bayam, buncis, dan terong bulat. Sayuran tersebut, kecuali terong direbus sampai matang. Setelah itu dipotong sesuai selera untuk disusun di atas piring.

Selain sayuran, serombotan juga bisa disajikan bersama dengan berbagai jenis kacang. Mulai dari kacang tanah, kacang ijo, kacang merah, dan kacang hitam. Oleh karena itu, ada juga yang menyebut sayur ini dengan serombotan kacang.

Cara menyajikan serombotan ini seperti pecel, semua bahan dimasukkan ke dalam piring. Kemudian, disiram dengan bumbu khas sayru serombotan.

Itu dia beberapa makanan khas Bali yang mungkin belum pernah kamu cicipi. Kalau main ke Bali, cobain deh itu makanan khas nya satu-satu. Tapi ingat, pastikan dulu ya ke-halal-an makanannya.

Tetap sehat dan tetap wisata kuliner 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.