Semua Hal Tentang Arah Mata Angin

Arah mata angin digunakan oleh banyak orang untuk menunjukkan kemana akan pergi. Misal, ketika kita sedang dalam perjalanan dan bertanya orang sekitar. “Pak, ke tempat A aranya mana ya?”. Biasanya, akan dijawab tuh, ke utara kan mas, terus barat, lalu belok kiri.

Nah, itu peranan mata angin ketika kita sedang dalam perjalanan.

Orang zaman dahulu, butuh banget nih sama yang namanya mata angin. Untuk menyeberangi lautan, melewati hutan, dan berpetuangan menakhlukkan dunia.

Sampai sekarang pun, mata angin masih sangat penting. Kamu bisa Google Maps yang sudah canggih itu aja masih menunjukkan mana utara dan selatan kok.

Nah, berikut ini kita bahas tentang mata angin yuk. Dari pengertian, ada berapa jenis, sampai cara mengetahui mata angin yang benar itu gimana.

Apa itu Arah Mata Angin?

Arah mata angin adalah panduan yang digunakan untuk menentukan suatu posisi.

Itu tadi pengertian arah mata angin yang singkat ya. Mata angin ini biasanya disebut juga dengan titik kompas. Atau setiap titik di dalam kompas yang menunjuk pada suatu arah. Sistem ini yang biasanya digunakan pada kompas, peta, atau sistem navigasi lain.

Jenis Mata Angin

Arah mata angin dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu mata angin pokok, mata angin tengah, dan mata angin tambahan.

Arah Mata Angin Pokok

Arah mata angin ini merupakan jenis pertama yang paling sering digunakan masyarakat. Ya, karena jenis mata angin ini memang menjadi standar dalam pembuatan alat petunjuk arah.

Yang termasuk dalam kelompok ini adalah utara, timur, selatan, dan barat.

Tiap mata angin pokok atau primer itu memiliki derajat yang berbeda-beda ya.

  • Utara
  • Timur 90°
  • Selatan 180°
  • Barat 270°

Arah Mata Angin Tengah

Jenis berikutnya adalah mata angin tengah, letaknya ada di antara mata angin pokok. Terdiri dari empat arah, yaitu timur laut, tenggara, barat daya, dan barat laut.

  • Timur laut – di antara utara dan timur.
  • Tenggara – di antara timur dan selatan.
  • Barat daya – di antara selatan dan barat.
  • Barat laut – di antara barat dan utara.

Kamu mungkin juga sering kali mendengar nama-nama dari arah mata angin tengah atau sekunder ini kan?

Arah Mata Angin Tambahan

Kelompok terakhir dari jenis mata angin adalah tambahan atau tersier.

Letak kelompok ini ada di antara mata angin primer dan sekunder. Jadi, totalnya ada delapan nama untuk kelompok tersier ini. Fungsinya? Tentu saja untuk menunjukkan arah yang lebih akurat.

Berikut ini nama arah mata angin tambahan atau tersier.

  • Utara timur laut – antara utara dan timur laut.
  • Timur timur laut – antara timur laut dan timur.
  • Timur menenggara – antara timur dan tenggara.
  • Selatan menenggara – antara tenggara dan selatan.
  • Selatan barat daya – antara selatan dan barat daya.
  • Barat barat daya – antara barat daya dan barat.
  • Barat barat laut – antara barat dan barat laut.
  • Utara barat laut – antara barat laut dan utara.

Nama 16 Arah Mata Angin yang Lengkap

Kompas lengkap
unsplash.com

Buat yang masih belum jelas, berikut ini ada tabel nama arah mata angin beserta singkatan, nama dalam bahasa Inggris, dan derajatnya.

NamaSingkatanBahasa InggisSingkatanDerajat
UtaraUNorthN0 / 360
Utara Timur LautUTLNorth NortheastNNE22,5
Timur LautTLNortheastNE45
Timur Timur LautTTLEast NortheastENE67,5
TimurTEastE90
Timur MenenggaraTTGEast SoutheastESE112,5
TenggaraTGSoutheastSE135
Selatan MenenggaraSTGSouth SoutheastSSE157,5
SelatanSSouthS180
Selatan Barat DayaSBDSouth SouthwestSSW202,5
Barat DayaBDSouthwestSW225
Barat Barat DayaBBDWest SouthwestWSW247,5
BaratBWestW270
Barat Barat LautBBLWest NorthwestWNW292,5
Barat LautBLNorthwestNW315
Utara Barat LautUBLNorth NorthwestNNW227,5

Tabel di atas akan memudahkan kamu dalam menghafal nama arah mata angin dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan derajat arahnya.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Setelah mengetahui nama dari mata angin yang ada di dunia ini, sekarang kita cari tahu bagaimana menentukan arahnya.

Di sini, kita akan menggunakan alat manual ya, bukan yang modern seperti GPS ataupun aplikasi kompas di HP. Buat jaga-jaga aja, siapa tahu kita sedang membutuhkan mencari jalan tapi baterai smartphone sudah habis kan ya.

Pakai Kompas

kompas dan peta
unsplash.com

Menggunakan kompas ini cukup mudah dilakukan, mirip seperti pakai kompas di smartphone kok. Letakkan saja kompas di tempat yang permukaannya datar. Tunggu sampai jarum berhenti dan menunjuk ke satu arah.

Nah, jika jarum sudah berhenti, maka arah yang ditunjuk adalah Utara dan selatan. Biasanya ditandai dengan warna merah untuk utara dan sisi lainnya adalah selatan.

Kompas biasanya juga memiliki angka disekelilingnya. Itu berguna untuk mengetahui arah selain mata angin pokok. Kamu bisa memutar arah utara sampai di angka 0 (nol). Nah, angka-angka lainnya bisa menunjukkan arah sesuai dengan derajatnya.

Kamu bisa lihat tabel di atas untuk mengetahui derajat dari mata angin. Atau kalau misalnya kompas kamu menggunakan bahasa Inggris, hafalkan juga ya, biar nggak salah nantinya.

Menggunakan Kompas Bidik

Arah mata angin
unsplash.com

Penggunaan kompas bidik mirip dengan kompas biasa. Cara menggunakannya cukup pegang kompas bidik dengan tenang dan mendatar. Sasaran yang akan kita lihat dibidik melalui visir.

Perhatikan celah yang terdapat pada kaca pembesar, lalu miringkan kaca pembesar sampai posisinya sekitar 50 derajat dari kaca dial. Setelah itu, perhatikan garis dan angka yang menunjukkan derajat pada dial.

Dengan Bayangan Tongkat

Kamu juga bisa menentukan arah mata angin dengan menggunakan tongkat lho. Tentu cara ini digunakan dalam keadaan darurat saja ya. Selama masih bisa menggunakan GPS atau kompas, lebih baik gunakan itu.

Cara ini tidak bisa digunakan di semua kondisi, misalnya saja mendung, hujan, atau saat gelap. Karena, cara ini membutuhkan cahaya matahari untuk membuat bayangan dan menunjukkan arah.

Alat yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan cara ini adalah sebagai berikut.

  • Tongkat lurus dengan panjang 50-160 cm.
  • Tongkat lurus yang panjangnya 30 cm.
  • 2 batu atau barang yang bisa digunakan untuk penanda.

Berikut ini langkah-langkah atau cara kerja tongkat yang digunakan untuk menentukan mata angin.

  1. Pertama, tancapkan tongkat ke dalam tanah, usahakan posisinya tegak lurus.
  2. Akan ada banyangan yang muncul, tandai ujung bayangan tersebut dengan batu.
  3. Setelah 15 menit, bayangan akan berpindah, tandai lagi letak bayangan tersebut.
  4. Hubungkan kedua ujung bayangan yang sudah ditandai tadi dengan garis lurus.
  5. Bayangan yang terbentuk akan berlawanan arah dengan posisi matahari berada.
  6. Jadi, garis yang terbentuk menunjukkan arah timur sampai ke barat.
  7. Titik pertama yang terbentuk menunjukkan arah barat, sedangkan titik kedua menunjukkan arah timur.

Menggunakan teknologi

Aplikasi penunjuk arah mata angin
unsplash.com

Mengetahui arah, sekarang ini sangatlah mudah, terutama sejak adanya teknologi bernama GPS. Buat yang punya smartphone, pasti sering banget deh memanfaatkan teknologi ini.

Yups, membuka Google Maps ataupun aplikasi lain untuk mengetahui lokasi. Misalnya saja nih, pesen ojol, tentu kamu membutuhkan GPS agar bisa diketahui lokasinya.

Selain itu, ada juga kompas di dalam HP lho. Jadi, buat yang pegnen tahu dimana barat, utara, timur, atau selatan, bisa menggunakan handphone kamu aja.

Arah mata angin ternyata sangat berguna untuk kehidupan kita ya. Kamu juga harus menghafal namanya dalam bahasa Inggris beserta derajat juga kalau perlu.

Ilmu ini juga berguna banget kalau kamu mau baca peta, lihat Google Maps, belajar geografi dan geologi. Pokoknya penting untuk mengetahui lokasi deh, biar kita nggak tersesat dan tak tau arah jalan pulang, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.