Yuk, Kenalan dan Lihat Gambar Nirmana 2D yang Keren

Setelah mambahas tentang nirmana secara umum, sekarang kita lihat yuk nirmana 2D yang keren-keren. Nirmana 2D ini nirmana yang dibuat diatas sebuah bidang. Jadi hasilnya berupa gambar gitu, tapi keren deh kalau dilihat. Tapi sebelumnya, kita belajar sedikit dulu tentang nirmana dua dimensi dan prinsip nirmana itu seperti apa ya.

Kenalan Sedikit Sama Nirmana 2D

Nirmana itu memiliki arti tidak berbentuk, karena nir itu tidak dan mana itu bentuk. Sedangkan dwimatra berarti elemen dua dimensi. Jadi nirmana dwimatra memiliki arti karya elemen dua dimensi yang tidak berbentuk, tetapi penyusunan elemen-elemen tersebut mempunyai nilai keindahan atau menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Nimana dwimatra sering disebut nirmana dua dimensi atau nirmana 2D, biasanya dibuat di atas media kertas. Kertas yang digunakan pun beragam, ada yang menggunakan kertas kertas manila, conqueror. Alas untuk karyanya bisa menggunakan kertas karton yang warnanya bisa kuning atau putih dengan ketebalan yang sesuai.

Dalam Nirmana, kamu akan mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar. Kamu akan mempelajari garis, bidang, dimensi, bentuk, komposisi dan proporsi. Variasinya pun beragam, ada elemen visual titik, garis, bidang, keseimbangan, tekstur dengan irama, kontras, warna dan kesatuan agar nirmana yang kamu buat mempunyai nilai seni. Kita dapat menggunakan pola agar dapat memperoleh keseimbangan, irama, kontras dan kesatuan. Contohnya seperti memutar objek (rotate), memiringkan (skew), menduplikasi (duplicate), mengubah ukuran (tranform), membalik objek (mirror) dan lain sebagainya. Dengan demikian, nirmana dua dimensi yang kita buat mempunyai nilai seni dan nilai keindahan.

Prinsip Nirmana

Membuat sebuah karya itu juga harus memperhatikan prinsip yang ada. Walaupun sebenarnya kita bisa membuatnya secara langsung, tapi dengan memperhatikan prinsip-prinsipnya akan di hasilkan sebuah karya yang lebih bagus lagi.

1. Keseimbangan (balance)

Keseimbangan adalah keadaan suatu benda jika semua dayanya bekerja saling meniadakan. Mudahnya tuh gini deh, bagian kanan dan kiri sama.

2. Irama (ritme)

Irama adalah pengulangan yang teratur dan terus menerus. Di alam kita bisa mengambil contoh pengulangan gerak, seperti pada ombak laut, gerakan daun yang tertiup angin, semut berbaris dan lain sebagainya.

3. Kesatuan (unity)

Kesatuan ini salah satu prinsip dasar dalam tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat kurang bagus. Ketidakteraturan akan mengakibatkan karya yang dihasilkan menjadi tidak nyaman dipandang.

4. Pusat perhatian (center of interest)

Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.

Gambar Nirmana

1. Nirmana Titik

Nirmana titik ini dibuat dari beberapa titik dan menghasilkan karya yang keren. Padahal hanya dengan membuat titik-titik yang banyak dan membuatnya menjadi sebuah pola lho. Tapi karyanya jadi bagus gitu.

dennyyusufagastyan.wordpress.com

dennyyusufagastyan.wordpress.com

delladia.wordpress.com

delladia.wordpress.com

eko151293.wordpress.com

eko151293.wordpress.com

2. Nirmana Garis

Nirmana garis dibuat dengan membuat garis lurus. Dengan banyaknya garis dan arahnya yang berbeda seakan menciptakan sebuah ilusi pada gambar. Gambar terlihat seperti menjorok kedalam atau ada juga yang menonjol.

dkvsmkn9bandung.blogspot.com

dkvsmkn9bandung.blogspot.com

nyssanadira.wordpress.com

nyssanadira.wordpress.com

Nah, itu dia contoh gambar nirmana, kalau kamu mau coba bikin juga bisa kok. Tinggal praktekin aja, pertama jangan bikin yang rumit dulu. Bikin aja yang simpel tapi keren, baru kalau udah biasa buat yang rumit dan lebih keren.

2 Comments

  1. Introvert sketch May 14, 2015
  2. faizah putri October 20, 2016

Leave a Reply