101 Tempat Wisata di Jogja yang Indah dan Memesona

Tempat Wisata di Jogja – Siapa sih yang nggak kenal Jogja? Kota yang dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebutnya Jogja, Yogyakarta, Ngayogyokarto, Yojo, dan sebutan-sebutan lain untuk kota ini. Kota ini dikenal juga dengan sebutan kota pelajar, kota budaya, dan tentu saja kota istimewa.

Nah, Jogja ini sebenernya dibagi menjadi lima wilayah lho, ada Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

Keempat kabupaten dan satu kota tersebut tentu mempunyai berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, atau biasanya disebut tempat wisata. Dan, di Jogja ini ada banyak banget lho tempat wisatanya. Kamu nggak bakal bisa deh pergi ke semua tempat kalo cuma satu hari di Jogja.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Biar lebih enak, tempatnya diurutkan berdasarkan daerah aja ya. Jadi kalau kamu mau pergi ke sana nggak usah pindah-pindah kabupaten segala.

Tempat Wisata di Sleman

Sleman merupakan salah satu kabupaten yang ada di bagian utara Kota Jogja. Tempat wisata yang paling terkenal di kabupaten ini tentu saja Kaliurang dengan pemandangan Gunung Merapi yang memukau. Nah, selain wisata alamnya yang indah, ada banyak candi yang bisa kamu kunjungi di Sleman lho.

1. Kaliurang

Kaliurang Sleman Jogja

katadia.com

Wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman adalah Kaliurang. Menawarkan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijaunya pepohonan rindang. Letaknya berada di lereng Gunung Merapi, perbatasan antara Sleman dengan Jawa Tengah.

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Kaliurang, salah satu yang terkenal adalah gardu pandang. Dari gardu pandang, kamu bisa melihat puncak Gunung Merapi menggunakan teropong yang sudah disediakan. Selain menikmati pemandangan, di dekat Kaliurang banyak terdapat agrowisata.

Selain itu, ada juga bangunan bersejarah yang ada di Kaliurang, salah satunya adalah Wisma Kaliurang dan Pesanggrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton Yogyakarta.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Sleman Jogja

petawisataindonesia.com

Tentu kamu sudah tau kalau di Jogja itu ada gunung yang aktif bernama Gunung Merapi. Tapi tau nggak kalau ternyata Gunung Merapi itu punya museum? Nama museumnya adalah Museum Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi dibangun untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya upaya mitigasi bencana. Selain itu, museum ini juga dimaksudkan untuk tempat pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan juga bencana alam lainnya.

Museum ini berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Jaraknya kira-kira lima kilometer dari kawasan Kaliurang.

Dengan semboyan ” Merapi Jendela Bumi”, kamu pasti akan mendapatkan banyak ilmu yang mungkin belum diketahui jika mengunjungi museum ini.

3. Monumen Yogya Kembali – MONJALI

Monumen Jogja Kembali - Monjali

jogjaheritagecity.com

Monumen Yogya Kembali, atau orang Jogja biasa menyebutnya Monjali, merupakan sebuah museum sejarah kemerdekaan Indonesia. Museum ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dengan baik. Banyak wisatawan dari mulai anak-anak sampai orang dewasa yang mengunjungi museum ini.

Monjali dibangun untuk melambangkan sudah berfungsinya kembali Pemerintahan Indonesia. Selain itu, monumen ini juga menjadi bukti ditariknya pasukan Belanda yang waktu ini menduduki Jogja pada tanggal 29 Juni 1949. Serta, kembalinya Presiden Soekarno dan Bung Hatta pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta setelah mereka diasingkan.

Bentuk bangunan dari Monjali seperti gunung berbentuk kerucut yang melambangkan kesuburan dan juga pelestarian terhadap budaya Indonesia.

Di area Monumen Yogya Kembali terdapat replika Pesawat Cureng dan Pesawat Guntai. Ada juga dua buah senjata mesin yang bisa kamu lihat di sana. Di bagian selatan pelataran, kamu akan melihat 420 nama pejuang yang telah gugur serta puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar.

4. Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja

rentalhiacedijogja.com

Masih satu area dengan Monjali, Taman Pelangi menyajikan pemandangan yang berbeda dari kegagahan bangunan Monjali. Taman Pelangi merupakan taman dengan berbagai macam lampion penuh warna ketika malam tiba.

Saat masuk ke taman, kamu akan disuguhi berbagai bentuk lampion seperti bentuk hewan, tumbuhan, tokoh kartun, bahkan ada juga yang berbentuk seperti tokoh pemimpin di Indonesia.

Selain menikmati berbagai macam lampion penuh warna, di Taman Pelangi juga terdapat wahana permainan lho. Ada becak mini, trampolin, bola air, perahu dayung, bom-bom car, speed boat, dan wahana mengasyikkan lainnya.

5. Museum Affandi

Museum Affandi Jogja

corlena.wordpress.com

Kamu pasti tidak asing dengan nama Affandi, seorang maestro lukis yang terkenal di Indonesia. Dan ternyata, di Jogja ada museum yang memajang karya-karyanya lho. Museum ini terletak di Jalan Raya Jogja-Solo, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto No. 167, sebelah barat Sungai Gajah Wong.

Buat kamu yang suka seni, tempat ini cocok banget buat kamu. Selain bisa lihat karya sang maestro, kamu juga bisa menemukan inspirasi karya di sini.

6. Museum Dirgantara Mandala

Musuem Dirgantara Mandala Yogyakarta

yogyakarta.panduanwisata.id

Wisata yang ada di Sleman selanjutnya adalah Museum Dirgantara Mandala. Lokasi dari museum ini ada di Komplek Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta.

Awal mulanya, museum ini didirikan pada tanggal 4 April 1969 di Jl. Tanah Abang, Bukit, Jakarta. Lalu, pada Bulan November 1977, museum ini dipindahkan dan digabungkan dengan Museum Ksatrian AAU di Adisucipto, Yogyakarta.

Di museum ini, kamu bisa melihat koleksi pesawat terbang, foto, dan juga diorama. Selain itu, ada juga koleksi museum yang berupa tanda kehormatan, baju dinas, dan buku yang disimpan di perpustakaan.

Kalau kamu ingin mengunjungi Museum Dirgantara Mandala, museum ini buka dari jam delapan pagi sampai jam tiga sore. Ajak anak-anak untuk mengunjungi tempat ini ya, selain berekreasi, mereka juga dapat belajar tentang kedirgantaraan dan sejarah penerbangan di Indonesia.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta

yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Candi prambanan ini berada di perbatasan antara Klaten Jawa tengah, dengan Sleman, DIY lho.

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini juga termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Nah, buat kamu yang penasaran pengen mengunungi candi Hindu termegah di Indonesia ini, kamu bisa lho menggunakan transportasi umum. Kamu bisa menggunakan TransJogja dari halte manapun yang ada di Jogja. Tinggal tanya saja sama petugasnya, jalur apa yang digunakan untuk dapat sampai ke Candi Prambanan.

8. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

coretanpetualang.wordpress.com

Candi Ratu Boko atau biasa dikenal juga sebagai Istana Ratu Boko merupakan sebuah istana yang dibangun pada abad ke delapan. Candi ini berada di selatan Candi Prambanan, jaraknya kurang lebih tiga kilometer. Letak candi ini berada di atas perbukitan yang ketinggiannya mencapai 196 mdpl.

Luas area Istana Ratu Boko ini adalah 250.000 meter persegi. Terbagi menjadi empat bagian, yaitu bagian barat, tengah, timur, dan tenggara.

Bagian tengah dari candi ini terdiri dari sebuah gapura utama, lapangan, kolam, Candi Pembakaran, paseban, dan batu berumpak. Pada bagian tenggara, ada balai, pendopo, kolam, tiga candi, dan keputren. DI bagian timur terdapat stupa Budha komplek gua, dan kolam. Sedangkan pada bagian barat terdiri dari perbukitan.

Kalau kamu mengunjungi Candi Ratu Boko, kamu bisa melihat pemandangan yang indah dari sana. Bahkan, kalau matahari mulai tenggelam, akan tampak sunset yang indah dengan warna kemerahannya.

9. Candi Ijo

Candi Ijo

piknikdong.com

Berjalan ke arah selatan sedikit dari Candi Ratu Boko, kamu akan menemukan Candi Ijo. Candi Hindu ini jaraknya sekitar empat kilometer ke arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Dan ternyata, candi ini merupakan candi yang paling tinggi di Jogja lho. Candi Ijo ini berada di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut, lebih tinggi dari pada Candi Ratu Boko.

Lokasi candi ini tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit yang disebut Gumuk Ijo, sehingga akan tampak keindahan alam yang membentang di Jogja. Pemandangan di bawah candi juga bagus lho, berupa pertanian yang membentuk terasiring.

10. Candi Abang

Candi Abang - Bukit Teletubies

marikitadolan.wordpress.com

Desa Wisata Candi Abang terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di atas bukit, sebelah barat Jalan Raya Jogja-Piyungan.

Candi Abang merupakan candi yang berbentuk mirip dengan piramida yang ditengahnya terdapat sebuah sumur. Candi ini terbuat dari batubata yang warnanya merah. Mungkin karena dari batubata merah inilah kenapa candi ini dinamai Candi Abang.

Tetapi, saat ini Candi Abang banyak ditumbuhi rerumputan, jadi lebih mirip Candi Ijo dari pada Candi Abang. Bentuk candi ini juga menyerupai bukit yang sekilas mirip bukit Teletubies. Nah, di bukit ini kamu bisa memuaskan hasrat untuk foto selfie atau bareng bersama dengan teman-temanmu.

Tempat Wisata di Kota Yogyakarta

Nah, setelah lelah berkeliling kabupaten yang ada di Jogja, saatnya kita menjelajahi Kota Jogja nya ya. Di Kota Jogja, tempat wisatanya nggak kalah keren lho. Ada banyak tempat ramai yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Malioboro. Tapi, bukan cuma Malioboro aja, banyak juga tempat bersejarah di Kota Jogja.

11. Malioboro

Malioboro Jogja

blog.kedaikampus.com

Siapa sih yang nggak kenal sama Malioboro di Jogja? Sebuah jalan yang menjadi icon-nya Kota Jogja ini udah terkenal dimana-mana. Malioboro merupakan kawasan yang terdiri dair tiga jalan di Jogja. Dimulai dari Tugu Jogja, sampai ke perempatan Kantor Pos Jogja, atau orang biasa mengenal dengan nol kilometer.

Di Malioboro, kamu akan menemukan berbagai tempat yang menjual berbagai macam barang. Terutama di Pasar Beringharjo, di sana terdapat berbagai macam batik yang bisa kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain itu, di kawasan Jalan Malioboro juga terdapat objek bersejarah lho. Ada Tugu Jogja, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Monumen serangan Oemoem Satu Maret, dan Bangunan Kantor Pos Besar.

Di pinggir Jalan Malioboro kamu juga akan menemukan pedagang kaki lima yang menjual beraneka ragam barang dan ada juga makanan. Selain itu, ada juga seniman jalanan yang mempersembahkan kemampuan mereka di sini.

Buat kamu yang mampir ke Jogja, langsung aja ke Malioboro untuk jalan-jalan ya. Sekarang kawasan ini juga udah enak buat pejalan kaki lho. Karena, tempat parkir yang dulunya ada di pinggir Jalan Malioboro udah dipindah ke kawasan parkir Abu Bakar Ali.

12. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta

afiaanwas.blogspot.com

Buat kamu yang membawa anak kecil saat berwisata, atau ingin mengajarkan pengetahuan baru kepada mereka, Taman Pintar jadi pilihan yang cocok untuk kamu kunjungi. Taman Pintar merupakan wisata edukasi yang letaknya tidak jauh dari Malioboro. Tepatnya ada di Jalan Panembahan Senopati No. 3, Yogyakarta.

Taman Pintar dibangun atas ide dari Walikota saat itu, Herry Zudianto. Dibangun di atas tanah seluas 12.000 meter persegi. Waktu memasuki area Taman Pintar, kamu sudah disuguhi berbagai macam permainan yang asyik dan ada juga permainan edukasi untuk anak-anak.

Taman Pintar dibagi menjadi beberapa zona dan wahana seperti penjelajah kecil, taman bermain, petualangan lingkungan, titian penemuan, titian sains, jembatan sains, teknologi canggih dan populer.

Jadi, ketika kamu dan anak-anak memasuki wahana yang ada di Taman Pintar, selain dapat membuat hati senang, pengetahuan juga akan bertambah lho. Buruan, ajak anak dan keluarga berwisata edukasi di Taman Pintar Yogyakarta.

13. Keraton Yogyakarta

Pagelaran Keraton Yogyakarta

id.wikipedia.org

Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan segala keistimewaannya, salah satunya adalah keberadaan Keraton Yogyakarta. Dengan mengunjungi Keraton, kamu tentu akan mendapatkan pengalaman yang nggak biasa. Karena, di dalam Keraton kamu bisa lebih mengenal tentang Jogja.

Ketika memasuki Keraton, kamu dapat melihat aktivitas abdi dalem yang sedang bertugas. Kamu juga akan melihat koleksi barang-barang milik Keraton Yogyakarta. Ada barang pecah belah, keramik, foto, senjata, miniatur, replika, serta berbagai jenis batik dengan diorama proses membuatnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni yang jadwalnya berbeda-beda setiap harinya. Kamu bisa menikmati pertunjukan wayang golek, macapat, tarian, dan wayang kulit. Kalau kamu suka panahan, datang aja tiap selasa wage, nanti akan ada lomba jemparingan atau panahan gaya Mataram di Kemandhungan Kidul.

Nah, gimana? Nggak usah bingung kalau kamu piknik ke Jogja. Tempat pertama yang harus kamu kunjungi dulu itu Keraton Yogyakarta. Biar afdol gitu, masak ke Jogja tapi nggak pernah ke Keraton.

14. Taman Sari

Taman Sari Jogja

destinasiwisatadomestik.blogspot.com

Taman Sari, sebuah tempat yang dahulu merupakan sebuah istana air yang digunakan oleh permaisuri dan putri raja sebagai tempat permandian. Bangunan dari istana air ini terlihat indah dengan perpaduan gaya Eropa, Jawa, Hindu, dan Cina. Di dalamnya terdapat juga ruangan dan lorong rahasia dengan kisahnya sendiri-sendiri.

Kalau kamu memasuki Taman Sari lewat pintu utama, akan disambut kolam pemandian yang cukup luas. Dengan arsitekturnya yang khas dan gemercik air di Taman Sari akan menambah keunikan tempat ini.

Kolam pemandian yang ada di Taman Sari dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama adalah Umbul Kawitan, yaitu kolam yang dikhususkan untuk putri raja. Kedua adalah Umbul Pamuncar, kolam ini digunakan oleh para selir. Sedangkan yang ketiga adalah Umbul Panguras, kolam terakhir inilah yang digunakan oleh raja.

Nah, kalau kamu penasaran sama keindahan istana air di Jogja ini, langsung aja menuju ke lokasinya. Taman Sari ini berada di komplek Njeron Beteng. Nggak jauh kok dari Keraton dan Malioboro. Kalau nggak tau tempatnya, tanya aja sama warga Jogja, pasti dijawab dengan senang hati.

15. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Yogyakarta

iidmarsanto.wordpress.com

Salah satu museum yang ada di Kota Jogja adalah Museum Sonobudoyo. Di museum ini, kamu akan disuguhi sejarah, budaya, dan juga bagaimana arsitektur dari bangunan Jawa. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935.

Kalau kamu akan mengunjungi museum ini, pastikan mencatat ini ya. Museum Sonobudoyo buka dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Tempat ini tutup setiap hari senin, hari besar, dan hari libur. Alamat museum ini ada di Jalan Trikora No. 6 Pendowoharjo, Yogyakarta.

Selain melihat tentang sejarah dan budaya Jawa, kamu juga dapat menikmati pertunjukan wayang kulit yang biasanya dipentaskan dari jam 8 malam sampai jam 10 malam. Kalau mau menyaksikan pertunjukan wayang kulit tersebut, kamu harus sedikit mengeluarkan uang, tapi nggak banyak kok, ya sebanding dengan apa yang bakal kamu lihat.

16. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

sinarharapan.co

Kalau kamu lagi jalan-jalan di Malioboro, nggak ada salahnya lho main ke Benteng Vredeburg. Benteng ini letaknya masih di dekat Malioboro. Kalau dari arah Tugu Jogja, terus ke Malioboro, nah, sebelah kiri sebelum sampai ke Nol Kilometer tuh tepatnya Benteng Vredeburg.

Benteng ini sebenernya adalah museum, jadi, kalau kamu masuk ke sini, tentu akan tambah wawasan kamu tentang sejarah Indonesia khususnya Jogja.

Di dalam Bneteng Vredeburg kamu akan menemukan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Ada perpustakaan, ruang seminar, ruang diskusi, ruang pelatihan, ruang pertemuan, ruang pertunjukan, audio visual & ruang belajar kelompok, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

17. Gembira Loka

Gembira Loka Zoo Jogja

gembiralokazoo.com

Kebun binatang yang letaknya nggak jauh dari pusat Kota Jogja ini sayang banget kalau kamu lewatin lho. Apalagi buat kamu yang suka sama binatang, kamu harus mengunjungi tempat yang satu ini, Gembira Loka Zoo.

Selain Kebun Binatang Gembira Loka ini terletak di tengah keramaian Jogja, tempat ini juga merupakan satu-satunya kebun binatang di Jogja lho. Ada banyak hewan yang bisa kamu lihat di sini. Ada komodo, gajah, harimau, orang utan, monyet, onta, zebra, kudanil, dan burung.

Nggak cuma itu aja, Gembira Loka juga punya koleksi ular, soa, kura-kura, katak dari beberapa negara yang berbeda, dan biawak. Semua hewan itu bisa kamu temui di wahana Taman Reptil dan Amfibi Gembira Loka Zoo.

Selain melihat-lihat berbagai macam hewan, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk menonton pertunjukan aneka satwa lho. Tapi harus dateng di jam yang tepat ya, nanti kamu bisa melihat kakaktua yang bisa berhitung, berang-berang yang pandai bermain bola, atau orang utan yang jago naik sepeda.

18. Beringharjo

Pasar Beringharjo

beringharjo.co.id

Kalau kamu suka belanja dan cari tempat buat belanja barang-barang khas Jogja, cb deh dateng ke Pasar Beringharjo. Pasar ini nggak jauh dari Malioboro sama Benteng Vredeburg kok, masih dalam satu area yang sama. Jadi enak kalau kamu mau jalan-jalan ke tiga tempat ini sekaligus.

Di sini kamu bisa menemukan banyak hal lho. Mulai dari makanan, pakaian, sampai barang-barang kebutuhan sehari-hari.

19. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul Jogja

jogja-paketwisata.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Jogja yang gratis tapi selalu ramai adalah Alun-alun Kidul. Alun-alun ini merupakan salah satu bagian dari Keraton Yogyakarta. Tempat yang bisa digunakan oleh masyarakat Jogja untuk berkumpul, ngobrol, atau menikmati suasana malam Jogja.

Di Alun-alun Kidul, terdapat dua buah beringin yang ukurannya cukup besar. Ada juga penjaja makanan di sekeliling alun-alun.

Walaupun masuk ke Alun-alun Kidul ini gratis, tapi ada salah satu hal yang bayar dan banyak yang nyari lho. Bahkan, orang ke Alun-alun Kidul cuma buat lihat yang satu ini. Nggak tau disebutnya apa, yang jelas suatu hal ini merupakan mobil genjot yang bisa dinaiki beramai-ramai dengan lampu hias di rangkanya.

Tempat Wisata di Bantul

Kabupaten selanjutnya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten yang letaknya berada di selatan Kota Jogja. Menyajikan berbagai macam tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

20. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja

njogja.co.id

Salah satu pantai yang paling terkenal di Jogja adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini letaknya nggak begitu jauh dari pusat kota lho, sekitar 27 km. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum yang beroperasi sampai jam 5 sore.

Berwisata di Pantai Parangtritis, kamu akan bisa menemukan kesenangan yang banyak. Ketika sore menjelang, kamu bisa menikmati matahari terbenam yang indah. Atau, kalau kamu ke tempat ini bareng anak-anak, ada ATV yang bisa kamu sewa untuk sekedar menghabiskan waktu di Parangtritis.

Kalau kamu masih pengen menikmati suasana pantai di malam hari, ada banyak penginapan yang bisa kamu sewa lho. Buat sekedar istirahat sebentar dan kembali lagi menikmati udara laut yang segar.

21. Pantai Depok

Pantai Depok Jogja

infowisatajogjaku.blogspot.com

Setelah menikmati Pantai Parangtritis, nggak ada salahnya lho mampir ke Pantai Depok. Letaknya nggak jauh kok dari Parangtritis, ke sebelah barat sedikit.

Di Pantai Depok, kamu bisa beristirahat sambil menikmati olahan hasil laut lho. Ada berbagai jenis ikan laut yang harganya nggak begitu mahal. Kamu bisa membeli ikan di pasar ikan yang ada di sini, lalu kamu bisa meminta pemilik warung di sekitaran pantai untuk mengolahnya.

Selagi menunggu hidangan matang, kamu bisa melihat bentang laut yang luas. Kamu juga bisa melihat-lihat di sekitar pantai, perahu-perahu nelayan yang sedang berlabuh.

22. Pantai Gua Cemara

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

wisatatiga.com

Pantai lain yang ada di Kabupaten Bantul adalah Pantai Gua Cemara. Pantai dengan pasir berwarna hitam khas jajaran pantai yang ada di Bantul. Tapi, ada hal lain yang membuat pantai ini berbeda. Ada banyak pohon cemara yang berada nggak jauh dari pantai.

Jadi, kamu bisa menikmati aroma pantai dengan seting hutan cemara. Keren nggak tuh? Kamu bisa berteduh dari panasnya sinar matahari sambil ngobrol bareng keluarga dan menyantap bekal yang dibawa di bawah pohon cemara.

23. Gua Cerme

Gua Cerme Imogiri

infowisatajogjaku.blogspot.com

Gue Cerme merupakan salah satu gua yang ada di Jogja. Terletak di dua dusun yang berbeda, mulut gua berada di Dusun Srunggono, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Sedangkan, pintu keluarnya ada di daerah Giritirto, Panggang, Gunungkidul.

Kalau kamu mau menyusuri gua dari pintu masuk sampai pintu keluar, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 sampai 2 jam. Gua Cerme sendiri memiliki panjang kira-kira 1,5 km dengan aliran sungai bawah tanah.

Kamu bisa menikmati pemandangan gua yang menakjubkan lho. Kamu bisa melihat adanya ornamen gua, dari mulai stalagmit yang berbentuk flowstone, sodastraw, moonmilk, dan pilar. Ada juga stalagtit yang warnanya putih seperti kristal.

Nah, kalau kamu menyusuri gua ini sampai ujung, akan ada kejutan yang menunggumu. Ada sebuah air terjun yang sangagt indah walaupun ukurannya nggak begitu besar.

24. Taman Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan

onenesia.wordpress.com

Siapa bilang di Jogja itu yang sejuk cuma daerah Kaliurang dan Merapi aja. Padahal, di daerah selatan kota Jogja juga ada lho tempat yang udaranya sejuk, nama tempatnya adalah Kebun Buah Mangunan.

Lokasi dari Kebun Buah Mangunan ini ada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempatnya nggak jauh kok dari Kota Jogja, sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Jogja. Dengan ketinggian sekitar 150 sampai 200 meter di atas permukaan laut.

DI tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan indah Pantai Parangtritis lho. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam pohon buah. Ada mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, sawo, manggis, dan duku. Jadi, kamu bisa tuh mengajak anak-anak untuk berwisata sekaligus memperkenalkan pohon buah-buahan yang biasa mereka makan.

25. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

blog.onmol.com

Kalau kamu pengen lihat padang pasir, nggak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah sana, cukup dateng aja ke Jogja. Tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo, antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Lokasinya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati. Seperti kebanyakan tempat wisata, kamu bisa mendapati banyak warung yang menjual makanan, toko souvenir, dan fasilitas umum lainnya.

Hal menarik yang ada di tempat ini adalah permainan sand boarding. Kamu bisa bermain seluncur tapi di atas pasir yang halus. Selain itu, Gumuk Pasir Parangkusumo ini cocok banget buat dijadikan tempat foto-foto lho. Apalagi kalau udah sore dan matahari pas mau tenggelam.

26. Jembatan Gantung Siluk

Jembatan Gantung Siluk

adhieswand.blogspot.com

Jembatan Gantung Siluk sebenarnya adalah jembatan yang digunakan untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah oleh sungai. Tapi, karena jembatan ini memiliki keunikan dan juga pemandangannya yang cukup indah, pada akhirnya jembatan ini malah jadi tempat yang biasa dipakai untuk foto-foto.

Jembatan ini membentang di atas Sungai Oya yang menghubungkan dua desa, Selopamioro dan Sriharjo. Jembatan berwarna kuning ini nampaknya biasa saja, tapi coba deh kamu ke sana. Mungkin hasrat ingin foto-foto kamu jadi muncul tuh. Apalagi kalau hari sudah mulai sore, pemandangannya jadi makin nggak nguatin buat foto.

27. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

klinongklinong.com

Pantai Kuwaru, terletak di Dusun Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Jaraknya kurang lebih 29 kilometer dari Kota Jogja. Nggak jauh lah kalau naik kerndaraan pribadi, jalanan buat sampai ke tempat ini juga nggak sulit kok. Jadi, sekalian menikmati suasana jalanan Kota Jogja buat sampai ke Pantai Kuwaru.

Sesampainya di pantai, kamu akan menemukan pemandangan berupa pepohonan yang banyak. Jadi, kamu pasti akan merasa nyaman dan tentu nggak kepanasan di pantai ini.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di berbagai wahana. Kamu bisa menyewa ATV, atau motor trail. Atau, kalau mau lebih aman, kamu bisa mengajak anak-anak masuk ke kolam renang, atau mungkin bermain mandi bola dan juga naik kereta mini.

28. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

wearevisitor.blogspot.com

Di Jogja ini, kalau kamu mau main ke pantai, pasti nggak ada habisnya deh. Ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi, entah itu di Kabupaten Bantul atau Gunungkidul. Dan, salah satu pantai yang nggak boleh kamu lewatkan ketika ada di Kabupaten Bantul adalah Pantai Pandansari.

Pantai Pandansari merupakan pantai dengan mercusuar yang tinggi dan kamu bisa menaikinya. Mercusuar di pantai ini juga menjadi daya tariknya. Kamu bisa melihat bentang pantai di sebelah Pantai Pandansari.

Selain mercusuar, di daerah Pantai Pandansari, kamu bisa berkeliling kebun buah naga lho. Tapi, berkunjunglah saat masa panen sedang berlangsung. Soalnya, kalau masa panen gitu, kamu bisa membeli buah naga untuk dijadikan oleh-oleh dari tempat ini.

29. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang Jogja

anishidayah.com

Kalau kamu sedang berwisata ke Parangtritis, nggak lengkap rasanya mampir ke pemandian air panas di dekatnya, Parang Wedang. Pemandian air panas yang ada di sini, konon, dipercaya masyarakat memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Air yang ada di Parang Wedang merupakan air panas yang kaya mineral dan menyembur dari dalam bumi. Sumber air panas Parang Wedang ini, airnya mengandung beberapa mineral seperti Na, Cl, dan juga Mg. Dan yang unik, air panas yang keluar tersebut tidak mengandung belerang.

Parang Wedang letaknya nggak jauh dari Pantai Parangtritis. Setelah kamu melewati gapura menuju Pantai Parangtritis, ikuti saja jalan. Sebelum sampai ke pantai, nanti kamu akan menemukan tempat ini. Tapi pelan-pelan ya, karena petunjuk tempat ini nggak terlalu besar, jadi kadang nggak kelihatan.

30. Balong Waterpark

Balong Waterpark Jogja

yogyakarta.panduanwisata.id

Buat kamu yang pengen bermain air dengan puas bersama keluarga, Balong Waterpark ini bisa jadi pilihanmu. Tempat wisata permainan air yang menawarkan berbagai macam wahana air yang tentu saja menyenangkan.

Balong Waterpark terletak di Jalan Pleret, Banguntapan, Bantul. Kamu bisa menikmati permainan air, seperti seluncur dengan kecepatan 60 km/jam dari ketinggian sembilan meter. Ada juga wahana Water Coaster yang bisa kamu coba.

Tempat Wisata Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo, tempat wisatanya nggak kalah sama Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kota Jogja lho. Ada berbagai wisata alam yang akan memanjakan pengelihatan kamu. Mulai dari yang menenangkan hati dan pikiran, sampai yang meningkatkan adrenalin ada nih di Kabupaten Kulon Progo.

31. Kalibiru

Kalibiru Jogja

diana719.blogspot.com

Kalibiru, salah satu wisata alam di Jogja yang menawarkan pemandangan yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap.

Sebenernya, Kalibiru ini merupakan desa wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Walaupun hutan yang ada di kawasan ini sebenernya milik pemerintah lho. Keren nggak masyarakat di daerah Kalibiru ini?

Di Kalibiru, kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas menarik. Di tempat ini ada homestay, pendopo, camping ground, warung makan, fasilitas outbound, dan berbagai fasilitas lainnya yang akan memudahkan kamu berwisata di Kalibiru.

Tempat yang paling menarik dan sering dijadikan objek foto oleh para wisatawan di Kalibiru adalah sebuah tempat di atas pohon yang tinggi. Kalau dilihat, tempat itu mirip seperti rumah pohon tanpa atap. Nah, dari atas pohon ini, kamu bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh.

32. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Kulon Progo

jadiberita.com

Puncak Suroloyo merupakan sebuah puncak di Kabupaten Kulon Progo yang memiliki pemandangan eksotis. Untuk menuju tempat ini pun, kamu harus melewati jalanan berkelok dan naik turun. Nah, itu baru sampek bagian bawah puncak ya, buat naik ke Puncak Suroloyo, kamu masih harus menaiki sekitar 286 anak tangga lho.

Buat kamu yang tekadnya nggak kuat, kayaknya bakalan sulit buat naik sampai ke atas deh. Mungkin baru setengah jalan aja tenaga kita udah tinggal sedikit. Tapi, begitu sampai ke puncak, pemandangan yang ada bisa bikin letih yang kita rasakan itu hilang lho.

Kalau kamu mau ke Puncak Suroloyo, sebaiknya datang pagi-pagi deh. Soalnya, waktu terbaik buat melihat pemandangan di sini itu dari matahari terbit sampai jam 10-an. Kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit yang tentu saja menakjubkan dari gardu pandang yang ada di Puncak Suroloyo.

33. Waduk Sermo

Waduk Sermo Jogja

infowisatajogjaku.blogspot.com

Waduk Sermo merupakan sebuah waduk yang ada di Kabupaten Kulonprogo Jogja. Dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan diresmikan oleh Beliau pada tanggal 20 November 1996. Bendungan ini membendung Kali Ngrancah dan tempat yang dijadikan waduk ini, warganya harus diungsikan, atau bisa disebut transmigrasi bedol desa.

Nah, Waduk Sermo ini juga cuma satu-satunya waduk yang ada di Jogja lho. Waduk dengan berlatar Perbukitan Menoreh ini rugi banget kalau nggak kamu kunjungi. Dan untuk meningelilingi waduk, kamu bisa menyewa perahu yang ada di samping waduk.

34. Pantai Glagah

Pantai Glagah Kulon Progo

wisatatempat.com

Pantai Glagah, merupakan salah satu wisata pantai di Jogja yang menawarkan pemandangan berbeda. Pantai ini ada di Kabupaten Kulon Progo, berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Yogyakarta.

Di Pantai ini, kamu bisa menemukan sebuah laguna yang luas dengan pemandangan yang indah tentunya. Laguna tersebut dijadikan sebagai salah satu wahana permainan air. Kamu bisa berkeliling menggunakan kapal motor, atau perahu kayur dan kapal bebek.

Tapi, yang paling menarik perhatian tentu pemecah ombaknya. Bagian timur pantai, kamu akan menemukan tetra pod atau pemecah ombak. Fungsinya? Tentu saja untuk memecah ombak yang menghantam dengan kuatnya.

Tetrapod ini menarik karena jarang sekali ditemukan di pantai-pantai lain yang ada di Jogja. Tentu kamu akan menemukan pemandangan berbeda ketika mengunjungi Pantai Glagah ini.

Kalau kamu dari jauh, ada berbagai penginapan yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Atau mungkin kamu mau camping, di pantai ini juga ada lho camping ground-nya. Takut lapar? Warung makan juga ada, jadi nggak perlu khawatir kelaparan kalau kamu berkunjung ke sini.

35. Pantai Congot

Pantai Congot Kulon Progo

ragamtempatwisata.com

Setelah berkunjung ke Pantai Glagah, kamu bisa mampir ke Pantai Congot. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Glagah, tepatnya masuk ke Desa Jangkaran, Kecamatan Temon. Pantai ini berjarak 15 kilometer dari Wates.

Pantai Congot memiliki bentang pantai sepanjang 4,5 kilometer, pantai yang cukup panjang memang. Aksesnya pun mudah, karena pantai ini berada sekitar 2 km dari jalur lintas selatan Pulau Jawa.

Pantai ini merupakan muara dari Sungai Bogowonto. Kemiripan dari Pantai Congot dan Pantai Glagah adalah laguna. Ya, pantai ini juga memiliki laguna yang tidak kalah indahnya. Dengan adanya laguna tersebut, pantai ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk membudidayakan ikan dan udang dengan sistem tambak.

36. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Kulonprogo Jogja

wahyuadies.wordpress.com

Salah satu air terjun yang ada di Kulon Progo adalah Grojogan Sewu. Air terjun ini terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Tempat ini cukup menantang untuk dikunjungi, kamu harus melewati pepohonan yang rindang dan hutan yang ada di sekitar air terjun ini. Tapi, untuk sampai ke lokasi ini jalan yang dilalui menggunakan kendaraan cukup mudah kok.

Cara menuju lokasi ini kalau dari arah Tugu Jogja adalah langsung saja menuju Jalan Kyai Mojo. Setelah sampai perempatan Demak Ijo Ring Road Barat, ikuti jalan menuju Jalan Godean sampai ke Pasar Godean.

Setelah sampai Pasar Godean, terus lurus sampai kamu menemukan perempatan Naggulan. Kemudian jalan lagi menuju ke Pasar Kenteng, lalu menuju ke Kecamatan Girimulyo. Carilah arah ke Pasar Jonggrangan.

Kalau sudah sampai Pasar Jonggrangan, selanjutnya ambil jalan menuju ke Dusun Benteng dan cari akses jalan untuk sampai ke Grojogan Sewu.

37. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

titik0jogja.blogspot.co.id

Bukan cuma di daerah Jawa Barat saja yang punya kebun teh, Jogja ternyata juga ada lho. Nama tempatnya adalah Desa Wisata Nglinggo. Di tempat ini kamu akan menemukan perkebunan teh yang asri dan serba hijau membentang sepanjang mata memandang.

Kamu bisa menikmati kesegaran udara perkebunan teh dengan berjalan kaki menyusuri sela-sela tenaman teh di perkebunan ini. Jangan lupa kenakan pakaian yang cukup tebal karena udaranya cukup membuat dingin kulit kamu.

Selain perkebunan teh yang menjadi daya tarik utama Desa Wisata Nglinggo ini, kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Nama air terjun ini adalah Curug Watu Jonggol.

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa perkebunan teh di Jogja itu, bisa kok langsung menuju ke tempat ini. Tepatnya ada di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

38. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

lensanasrul.com

Wisata air terjun lainnya yang ada di Jogja adalah Curug Sidoharjo. Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Untuk bisa menikmati henbusan angin serta deburan air yang jatuh dari Curug Sidoharjo ini tidak bisa sembarang waktu lho. Kita cuma bisa menikmati air terjun ini saat musim penghujan. Hal ini karena ketika musim kemarau air di sekitar curug akan kering, jadi tidak ada air terjunnya.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini menggunakan kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Aksesnya cukup mudah kok, kalau kamu sudah sampai ke Pasar Dekso, jaraknya kurang lebih 5 km saja.

Ketika sudah sampai di depan air terjun, kamu pasti akan bisa menikmati keindahannya. Dengan tinggi sekitar 75 meter dan air yang deras, kamu akan merasakan udara yang sejuk. Bahkan, kalau kamu terlalu dekat dengan air terjunnya, tentu akan basah baju yang kamu kenakan.

39. Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo

yuvenstour.wordpress.com

Buat kamu yang suka memacu adrenalin, tempat wisata yang satu ini mungkin bisa dicoba, arung jeram Sungai Progo. Kamu pasti akan dipuaskan menyusuri Sungai Progo dengan bentukan jeram yang khas dan cukup menantang.

Nah, rute yang dapat dilalui ketika ber-arung jeram di Sungai Progo ini dapat disesuaikan dengan pengalaman wisatawan. Ada rute untuk pemula, tingkat lanjut, dan profesional. Ayo, buruan datang ke tempat ini dan buktikan tantangannya yang ada di depan mata.

40. Puncak Widosari

Puncak Widosari

mandrapahlawa.blogspot.com

Puncak yang ada di Jogja itu nggak cuma Gunung Merapi lho, ada puncak lain di Kulon Progo, Puncak Widosari namanya. Puncak ini berada di Padukuhan Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Menuju kawasan ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Kalau kamu berangkat dari Kota Jogja, pertama menujulah ke Tugu Jogja. Setelah itu, jalan terus sampai ke Jalan Godean.

Setelah sampai di perempatan Nanggulan, ambil jalan ke kanan. Lanjutkan perjalanan sampai kamu tiba di perempatan Dekso. Kemudian belok kiri di perempatan tersebut dan menuju Pasar Plono. Kemudian ikuti papan penunjuk arah menuju Kebun Teh Tritis. Nah, Puncak Widosari ini hanya berjarak kurang lebih 10 menit dari Kebun Teh Tritis.

Puncak Widosari ini cocok banget buat kamu yang suka upload foto di sosial media lho. Pemandangannya itu luar biasa banget deh, ada gugusan pegunungan yang membentang dengan warna hijau yang memukau.

41. Gunung Lanang

Gunung Lanang Kulon Progo Jogja

liburmulu.com

Kulon Progo memiliki gugusan perbukitan yang terkenal, yaitu Perbukitan Medoreh. Dan, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di sana adalah Gunung Lanang. Walaupun namanya gunung, sesungguhnya tempat ini tetaplah sebuah bukit lho.

Dari atas Gunung Lanang ini, kamu bisa melihat bentang alam yang indah, mulai dari Kota Wates sampai Gunung Merapi dapat terlihat dari atas bukit ini.

Gunung Lanang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Akses menuju tempat ini nggak sulit kok, tapi setelah kamu sampai di kawasan wisatanya, perlu tenaga ekstra untuk bisa sampai ke puncaknya.

42. Pantai Trisik

Pantai Trisik Jogja

ragamtempatwisata.com

Selain Pantai Glagah dan Pantai Congot, Kulon Progo masih punya pantai lain yaitu Pantai Trisik. Aksesnya pun hampir sama, tapi paling mudah kalau lewat daerah Bantul. Cukup menyusuri Jalan Bantul, setelah sampai perempatan Palbapang, lalu menuju ke arah Jembatan Kali Progo.

Setelah sampai jembatan, tinggal cari arah petunjuk agar bisa sampai ke Pantai Trisik deh.

Dalam perjalanan menuju pantai ini, kamu akan disuguhi pemandangan persawahan di sisi jalan. Sesampainya di pantai, tentu saja kamu akan melihat hamparan pasir pantai berwarna hitam dan deburan ombak yang cukup kencang.

Tempat Wisata di Gunungkidul

Nah, kabupaten selanjutnya yang nggak kalah keren dibanding yang lainnya adalah Kabupaten Gunungkidul. Di kabupaten ini, tempat wisata yang paling banyak adalah wisata pantainya. Jadi, kalau kamu pengen puas-puasin ke pantai, main aja ke Gunungkidul.

43. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

jogja-punya.blogspot.com

Akhir-akhir ini, air terjun yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini menjadi ramai diperbincangkan di sosial media. Bukan cuma oleh orang Jogja saja, tapi juga para wisataawn yang pernah mengunjungi tempat ini.

Air Terjun Sri Gethuk, merupakan air terjun yang berada di Dusun Menggoran, Deas Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Di kawasan Air Terjun Sri Gethuk, kamu akan melihat air terjun yang meluncur ke bawah dan tebing tinggi di sampingnya. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Gua Rancang Kencono lho, situs purbakala, area memancing, atau bumi perkemahan di daerah sekitar air terjun ini.

44. Gua Pindul

Goa Pindul

infojalanjalan.com

Menyusuri gua dengan menggunakan pelampung pastilah sangat mengasikkan. Hal itu bisa kamu lakukan di tempat wisata Gua Pindul lho. Letaknya tentu saja di Gunungkidul, tepatnya di Desa Karangmojo.

Daya tarik dari Gua Pindul adalah sungai yang ada di dalam gua. Kamu bisa menyusuri sungai ini menggunakan pelampung yang disewakan di sekitar tempat wisata ini. Walaupun terlihat menyenangkan, menyusuri sungai dala gua ini juga akan terasa menegangkan lho.

Nah, ketika menyusuri sungai ke dalam gua, kita akan dipandu oleh pemandu. Ketika memasuki gua, kita akan diberi penjelasan oleh pemandu mengenai ornamen-oenamen yang ditemui selama perjalanan.

Kamu akan menemukan ornamen seperti batu kristal yang cantik di dalam gua. Selain itu ada juga moonmilk, stalaktit, dan juga stalagmit yang tak kalah indah. Nggak rugi deh pokoknya kalau kamu menyusuri sungai di dalam Gua Pindul ini.

45. Gua Jomblang

Goa Jomblang

dyateqon.blogspot.com

Gua Jomblang merupakan gua yang cukup langka karena merupakan gua vertikal dan memiliki hutan purba di dalamnya. Kalau ingin memasuki gua ini, terlebih dahulu kita harus memasang perlengkapan untuk turun dari mulut gua yang ada di atas.

Gua ini terletak di Dusun Jetis Wetan, Desa Panjangrejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Jarak antara lokasi gua ini dengan alun-alun Wonosari sekitar 10 km. Kalau dari Jogja sekitar 60 km.

Untuk dapat memasuki gua ini, kamu tidak boleh sembarangan, harus ditemani oleh pemandu. Selain karena masuknya harus menggunakan perlengkapan yang memadai, menjaga kelestarian gua ini juga harus dilakukan agar ekosistem di dalamnya tidak rusak.

46. Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

boydivisionarmy.mywapblog.com

47. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubung Kali Suci

antisiladja.blogspot.com

48. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

maulinnautaminingsih.wordpress.com

49. Gua Gelatik

Goa Gelatik Gunungkidul

desawisatabejiharjo.net

50. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja

jogjis.blogspot.com

51. Pantai Baron

Pantai Baron Gunungkidul

jejakmerlin.blogspot.com

Pantai yang pertama adalah Pantai Baron, letaknya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Kalau dari Jogja, kira-kira berjarak 40 kilometer. Jarak yang nggak jauh banget lah untuk menikmati keindahan Pantai Baron ini. Pantai ini, konon namanya didapat dari nama seorang bangsawan di zaman dahulu, Baron Sekber.

Pantai Baron memiliki pemandangan yang indah lho, jajaran bukit yang mengelilinginya dan juga pemandangan pantainya yang memukau. Kamu juga bisa tuh melihat jejeran perahu nelayan yang sedang berlabuh di bibir pantai. Kalau sedang beruntung, kamu bahkan bisa melihat nelayan yang baru pulang dari menangkap ikan.

52. Pantai Kukup

Pantai Kukup Yogyakarta

wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai lain yang menghias selatan Gunungkidul, Yogyakarta adalah Pantai Kukup. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Pemandangannya nggak perlu diragukan lagi deh, kamu bisa menikmati pantai dengan pasirnya yang putih dan birunya lautan. Hal menarik yang ada di pantai ini adalah sebuah pulau karang. Kalau dilihat-lihat, mungkin mirip sama Tanah Lot yang ada di Bali kali ya.

Tapi, beda antara Tanah Lot dan Pantai Kukup adalah pasir pantainya. Kalau Tanah Lot kan pasir pantainya berwarna hitam, sedangkan Pantai Kukup, pasirnya berwarna putih.

53. Pantai Krakal

Pantai Krakal

jogjaempatroda.com

Pantai Selanjutnya adalah Pantai Krakal. Orang-orang biasa menyebut tiga pantai ini sebagai trio lho, Baron, Kukup, dan Krakal. Letak pantainya pun masih di Kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Tanjungsari.

Pantai Krakal memiliki bentang pantai yang cukup panjang, di sisi pantainya juga terdapat karang-karang dengan berbagai jenis ikan. Biasanya, anak-anak kecil, bahkan orang tua, menangkap ikan di pantai ini. Cocok banget deh buat kamu yang mau liburan bareng keluarga ke pantai ini. Soalnya cukup ramah juga nih buat anak kecil, ombaknya nggak terlalu tinggi.

54. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

piknikasik.com

Pantai yang sedang rame-ramenya dari tahun 2010-an adalah Pantai Indrayanti. Sebenernya, nama pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Lha terus, nama Indrayanti dari mana? Nah, ternyata, nama Indrayanti itu diambil dari nama salah seorang pemilik warung yang ada di sana. Terus, akhirnya pantai ini terkenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantainya itu, super cantik deh, dengan pemandangan laut yang biru, terus pasir pantai yang putih. Bikin kamu betah lama-lama di pantai ini deh.

55. Pantai Siung

Pantai Siung Gunungkidul

senjasagarmatha.wordpress.com

Pantai Siung, terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai yang berada jauh di timur Kabupaten Gunungkidul, jaraknya saja sekitar 70 kilometer dari Kota Jogja lho. Butuh waktu cukup lama untuk bisa sampai ke pantai ini.

Pantai ini memiliki pemandangan layaknya pantai pada umumnya. Laut yang biru dengan hamparan pantai pasir putih menawannya. Tapi, buat kamu yang suka tantangan, pantai ini bisa kamu jadikan pilihan. Karena, di Pantai Siung, kamu dapat mencoba olahraga panjat tebing lho. Tapi ingat, kamu harus bersama dengan para ahli dan tentu saja selalu menggunakan peralatan keamanan.

56. Pantai Sundak

Pantai Sundak Wonosari Jogja

titik0jogja.blogspot.com

Konon, Pantai Sundak ini namanya berasal dari kata asu (anjing) dan landak lho, tapi nggak tau juga kebenarannya sih. Pantai ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, deket banget sama pantai Indrayanti. Jadi, kamu bisa mampir ke Pantai Indrayanti sekalian habis dari Pantai Sundak.

57. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

spotunik.com

Pantai yang memiliki keunikan lainnya di Gunungkidul, Yogyakarta adalah Pantai Pok Tunggal. Terletak di kecamatan yang sama dengan Pantai Siung, yaitu Kecamatan Tepus. Memiliki pasir pantai yang putih dan pemandangan tebing karang nan indah.

Disebut Pantai Pok Tunggal karena ada sebuah pohon yang berdiri dengan kokoh di sana. Kalau kamu melihat dari tempat yang tepat, akan terlihat seperti cuma ada satu pohon aja tuh di pantai. Makanya namanya pok tunggal, yang artinya satu pohon.

58. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai Ngobaran ini punya empat tempat ibadah untuk empat kepercayaan yang berbeda lho. Bangunan tempat ibadah tersebut berada berdekatan sehingga menjadi gambaran persatuan dan toleransi yang ada di Indonesia.

Salah satu tempat ibadah yang ada di Pantai Ngobaran adalah sebuah bangunan mirip pura. Bangunan tersebut juga lengkap dengan patung yang berwarna putih. Bangunan tersebut dibangun pada tahun 2003 untuk menyambut salah satu keturunan raja Majapahit, Brawijaya V.

Pemandangan pantai ini sangat indah, ada pasir pantai berwarna putih dan jajaran batu karang. Bahkan, kalau kamu datang ke pantai ini pagi-pagi, ada masyarakat sekitar yang akan memanen rumput laut.

59. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

pasirpantai.com

Pantai Ngrenehan ni terletak di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pemandangan di pantai ini bikin mata jadi termanjakan deh.

Pantai ini memiliki pasir yang putih dan laut berwarna biru. Ada keindahan lain di Pantai Ngrenehan, bukit karang yang ada di pantai ini seperti memeluk tempat ini. Kalau dari atas, kamu bakal disuguhi pemandangan kapal nelayan yang sedang berbaris rapi.

60. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta

otiket.info

Sepanjang pantai kamu akan melihat keelokan pasir putih di Pantai Sepanjang. Lah, kok sepanjangnya ada dua? Ya, emang nama pantai ini adalah Pantai Sepanjang. Letaknya ada di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari.

Nama Sepanjang bukan sembarang nama lho, nama tersebut diberikan karena garis pantai ini adalah yang paling panjang di antara pantai yang ada di Gunungkidul.

Kamu bakal puas deh kalau jalan-jalan di pantai ini. Dengan garis pantai yang panjang, mungkin kamu akan capek dulu sebelum sampai ke ujung pantai. Tapi, dengan suasana di sana, kelelahan itu mungkin akan sirna.

61. Pantai Drini

Pantai Drini Gunungkidul Jogja

telusurindonesia.com

Pantai Drini ini punya sebuah icon yang jadi ciri khas lho. Ada sebuah pulau kecil yang terpisah dengan pantai dan kamu bisa menuju ke pulau tersebut ketika air tidak sedang pasang. Di pulau tersebut terdapat tanaman santigi yang disebut masyarakat sekitar sebagai drini. Jadilah nama pantai ini menjadi Pantai Drini.

Pantai ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Letaknya berdekatan dengan Pantai Baron, tepatnya ada di timur Baron.

Pantai Drini memiliki area pasir yang luas dan terdapat gugusan batu karang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Tempat ini cocok untuk piknik bersama keluarga dan bermain pasir bersama anak-anak tercinta.

62. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

dheni-yulistianto.blogspot.com

Pantai selanjutnya adalah Pantai Sadranan, terletak di Desa Ngastirejo, Kecamatan Tanjungsari. Seperti pantai lain di Gunungkidul, Pantai Sadranan juga memiliki pasir yang putih.

Di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan di gazebo yang sudah ada di pinggir pantai. Sehingga, kamu nggak perlu takut kulit jadi gosong ketika berada di sini. Tapi, kalau mau main pasir dan basah-basahan di laut, ya kamu tetap harus berpanas-panas di pinggir pantai.

63. Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunungkidul Jogja

liburmulu.com

Kalau kamu main ke Pantai Siung, bisa juga lho mampir ke Pantai Jogan. Letaknya ada di barat Pantai Siung, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Daya tarik dari Pantai Jogan adalah dengan adanya air terjun yang ada di pinggir pantai. Jadi, kamu nggak cuma bisa menikmati pemandangan pantai, tapi juga keindahan air terjunnya. Tapi hati-hati ya kalau menuju ke air terjunnya, karena jalanan di sana cukup licin.

64. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Jogja

piknikasik.com

Dari namanya mungkin kamu udah bisa membayangkan bagaimana kondisi pantai ini, Wediombo, pasir yang lebar atau luas. Tapi ternyata nggak seperti namanya lho, pantai ini nggak begitu luas sih.

Letak Pantai Wediombo ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Berbeda dengan pantai lain, letak pantai yang satu ini agak ke bawah, sehingga kamu harus menuruni anak tangga untuk dapat menjangkau ke bibir pantai.

Pantai ini lumayan sepi, jadi kamu akan puas bermain-main di pinggir pantai sekaligus menikmati pemandangan yang indah di sana.

65. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunungkidul Jogja

jarangpanas.com

Pantai yang masih sepi dan asri di antara pantai-pantai di Gunungkidul adalah Pantai Jungwok. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Wediombo. Kamu bisa menuju ke Pantai Jungwok dari Pantai Wediombo. Walaupun cukup melelahkan, tentu kamu akan merasa puas dengan pemandangan di sana.

Pantai Jungwok ini dikelilingi bukit yang dipenuhi tumbuhan hijau. Kalau dilihat dari atas, Pantai Jungwok terlihat seperti dipeluk oleh bukit-bukit hijau. Pokoknya indah banget deh, nggak rugi kalau kamu pergi ke pantai ini, kalau perlu camping sekalian di pantai ini.

66. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

yogski.wordpress.com

Pantai Nglambor merupakan sebuah pantai yang berbentuk teluk kecil dengan dua buah bukit mengapit pantai ini. Terdapat juga dua karang besar yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa. Karang ini juga berfungsi untuk menahan ombak yang menghampiri Pantai Nglambor.

Jadi, di Pantai Nglambor, ombaknya tidak terlalu besar. Bahkan kamu bisa snorkeling melihat indahnya pemandangan laut di sana. Ada berbagai jenis ikan, batu karang, dan juga rumput laut.

Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Jadi, kamu nggak perlu kesusahan mencari pantai indah untuk ber-snorkeling ini.

67. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

rianamoko.wordpress.com

Pantai Sadeng terletak d Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Konon, dahulu pantai ini merupakan muara dari Sungai Bengawan Solo. Tapi, karena pergeseran lempeng, aliran Sungai Bengawan Solo menjadi berubah. Saat ini, aliran sungai lama disebut sebagai Bengawan Solo Purba dan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Sadeng merupakan pelabuhan perikanan yang ada di Yogyakarta. Bahkan, bisa di bilang pelabuhan perikanan di tempat ini salah satu yang paling maju, sering disebut sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI). Hal ini terlihat dari aktivitas yang ada di pelabuhan dengan adanya perahu motor berukuran besar.

Nah, kalau kamu mengunjungi pantai ini, sudah banyak fasilitas yang cukup memadai. Ada tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi, warung makan, dan tentu saja penjual ikan mau yang sudah matang ataupun yang masih mentah.

68. Pantai Ngeden

Pantai Ngeden

arumkhasanna.blogspot.com

Ngeden bukan sembarang ngeden, di Gunungkidul ada Pantai namanya Pantai Ngeden. Walaupun namanya agak gimana gitu, pantai ini tetaplah pantai dengan pasir putih dan pemandangan laut yang indah lho. Walaupun pantai ini nggak terlalu luas, tapi karena suasana yang masih sepi, pantai ini jadi serasa milik sendiri.

Pantai Ngeden ada di Desa Krambisawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Di pantai ini, kamu bisa menjelajah pantai, atau nak ke atas bukit untuk melihat pemandangan dengan lebih leluasa. Di atas bukit juga terdapat gardu pandang yang tentu akan memudahkan kamu untuk menikmati keindahan alam di Pantai Ngeden.

69. Pantai Slili

Pantai Slili Gunungkidul

ukukaka.blogspot.com

Pantai Slili, salah satu pantai yang kurang banyak pengunjungnya, tetapi memiliki pemandangan yang nggak kalah indah dari pantai lain di Gunungkidul lho. Letak pantai ini ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Buat kamu yang akan mengunjungi tempat ini, ada fasilitas berupa gazebo yang dapat kamu gunakan untuk sekedar melepas lelah atau berlindung dari teriknya matahari. Dari gazebo kamu juga dapat melihat putihnya pasir pantai dan birunya laut luas.

70. Pantai Muncar

Pantai Muncar ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, bukan Muncar yang ada di Banyuwangi lho ya.

Pantai Muncar ini memiliki warna pasir yang putih dan dikelilingi tebing karang yang tinggi. Mungkin, kamu jarang mendengar nama pantai ini. Ya, memang nama pantai ini jarang terdengar karena pengunjungnya tidak terlalu banyak.

71. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

indonesiaspektakuler.blogspot.com

Nama pantai ini seperti salah satu alat transportasi yang ada di Yogyakarta, andong. Pantai Ngandong ini juga termasuk pantai yang masih belum banyak dikunjungi lho. Padahal pantainya nggak kalah indah dari pantai lainnya. Kamu bisa melihat pemandangan dari atas bukit yang terdapat gardu pandangnya.

Pantai Ngandong merupakan pantai yang diapit oleh Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Untuk sampai ke pantai ini, kamu bisa menyusuri tepi pantai melewati bukit dari Pantai Sundah atau Pantai Krakal.

Di Pantai Ngandong, kamu bisa menikmati suasana pantai dengan duduk di tempat yang disediakan oleh pemilik warung di sana. Selain itu, terdapat juga penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin menikmati suasana malam di pinggir pantai yang tentu saja akan berbeda ketika siang hari.

72. Pantai Timang

Pantai Timang Gunungkidul

soebratha.wordpress.com

Pantai Timang, merupakan sebuah pantai dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Tempat ini cocok banget buat kamu yang suka menguji adrenalin lho. Letaknya ada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Selain memiliki pantai dengan pasir putihnya, Pantai Timang juga punya bukit karang yang cukup terjal dengan deburan ombaknya. Di perbukitan batu karang tersebut terdapat gondola atau kereta gantung yang biasa digunakan untuk menuju ke pulau yang terpisah dari pantai.

73. Pantai Ngondo

Pantai Ngondo merupakan salah satu pantai yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tentu bukan karena di pantai ini kurang bagus pemandangannya, tapi karena memang pantai ini masih baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Walaupun jarang diketahui orang, tapi akhir-akhir ini, Pantai Ngondo sudah mulai banyak yang mengenal, terutama para pecinta wisata pantai. Kalau ke pantai ini, kamu akan melihat sebuah batu karang yang bentuknya seperti perahu lho.

Nah, buat kamu yang mau menikmati keindahan pantai ini, bawalah bekal dari rumah. Karena, di Pantai Ngondo masih belum banyak warung yang menjual kebutuhan perbekalan kamu. Tapi, mungkin kedepannya, setelah pantai berpasir putih ini ramai pengunjung, akan banyak juga warung-warung yang menjajakan jualannya di sini.

74. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakarta

youtube.com

Kalau kamu suka yang mungil-mungil, mungkin Pantai Ngetun ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Kalau mau ke pantai ini, kamu bisa sekalian ke Pantai Nglambor dan Pantai Siung karena jalannya searah.

Pantai mungil ini diapit oleh dua buah bukit yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan Pantai Ngetun kelihatan kecil. Tetapi, hal itu malah membuat Pantai Ngetun terlihat indah banget lho. Selain itu, pantai ini masih sepi, jadi kalau dateng jangan sendirian atau cuma berduaan ya. Mendingan rame-rame, lebih asik dan tentu akan seru banget tuh.

75. Pantai Seruni

Pantai Seruni Gunungkidul Jogja

hartono238.files.wordpress.com

Salah satu pantai yang memiliki pemandangan menawan tetapi tersembunyi dan belum banyak orang datang adalah Pantai Seruni. Nama pantai ini diambil dari nama Bunga Seruni yang berarti emas.

Untuk mencapai pantai ini, seperti halnya kita mencari emas, perjalanannya nggak gampang. Kamu harus jalan kaki atau naik perahu biar sampai di Pantai Seruni. Kalau dari Kota Jogja, kamu bisa naik motor atau mobil. Tapi, setelah sampai parkir terdekat, kamu tetap harus berjalan kaki agar bisa sampai di pantai.

76. Pantai Langkap

Pantai Langkap, berada di Desa Karambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai yang satu ini banyak mencuri perhatian wisatawan karena pemandangannya begitu indah. Dengan gugusan batu karang berbentuk unik dan pasir pantai yang lembut, membuat kamu akan memanjakan mata dan menenangkan hati.

Untuk sampai ke Pantai Langkap, lebih baik kamu menggunakan kendaraan pribadi, entah itu motor atau mobil. Karena, tempat wisata ini bisa dibilang terpencil, jadi lebi enak menggunakan kendaraan pribadi.

77. Pantai Gesing

Pantai Gesing Jogja

perdanadona.blogspot.com

Pantai Gesing merupakan pantai yang cocok untuk kamu melepas penat dan melupakan sejenak kejenuhan dari aktivitas harian. Pantai ini terletak di Padukuhan Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Kalau kamu butuh ketenangan dan merasa pantai itu seperti milikmu, kunjungilah pantai ini. Karena, bisa dibilang Pantai Gesing ini masih perawan. Ya, walaupun sekarang sudah mulai terkenal dan banyak pengunjung berdatangan.

78. Pantai Torohudan

Pantai Torohudan Gunungkidul

sangpenjelajahnegeri.blogspot.com

Pantai lain di Gunungkidul yang masih jarang dikunjungi wisatawan adalah Pantai Torohudan. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Hal yang menyebabkan pantai ini jarang ada pengunjung karena akses menuju ke tempat ini masih sulit.

Pantai Torohudan berada di balik bukit yang ada di timur Pantai Ngrenehan. Kalau kamu mau datang ke pantai ini, tanya saja sama penduduk di sekitar Pantai Ngrenehan. Pasti kamu akan ditunjukkan jalan menuju pantai ini dengan ramah oleh penduduk sekitar. Tapi, siapkan tenaga ya, karena jalanannya cukup terjal dan jauh.

79. Pantai Greweng

Pantai Greweng Gunungkidul

indonesiana.merahputih.com

Pantai Greweng berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Sama seperti pantai lain yang masih sepi di Gunungkidul, Pantai Greweng ini untuk mencapainya harus dengan berjalan kaki.

Kamu harus menyusuri sawah yang luas dengan berjalan kaki. Tapi, ketika sampai di pantai, lelah setelah berjalan kaki akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Selain itu, sesampai di bibir pantai, kamu berasa ada di pantai pribadi lho. Gimana nggak berasa pantai pribadi, pantai ini masih sepi karena jarang ada pengunjung yang datang.

80. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan Gunungkidul

krakalgunungkidul.wordpress.com

Kalau di Magetan ada Telaga Sarangan, di Jogja ada Pantai Sarangan. Letaknya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Kalau kamu nggak tau, pantai ini deket banget kok sama Pantai Krakal.

Seperti Pantai Krakal, Pantai Sarangan juga berpasir putih dan memiliki karang yang indah. Kalau dibanding Pantai Krakal, Pantai Sarangan ini lebih sepi. Cocok buat kamu yang udah kehabisan tempat di Pantai Krakal dan nggak tau mau kemana lagi.

81. Pantai Jagang Kulon

Pantai Jagang Kulon ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Walaupun kalah tenar dari Pantai Siung atau Pantai Indrayanti, tapi pantai ini nggak kalah lho keindahan pemandangannya.

Kamu akan disuguhi keindahan berupa pantai dengan pasir putihnya dan juga keindahan alam yang masih asri. Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa menggunakan motor atau mobil pribadi. Di jalanan masih belum banyak petunjuk arah menuju ke pantai ini, tapi kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar agar tidak tersesat.

82. Pantai Nguluran

Walaupun di Gunungkidul ada banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi, tapi pasti ada daya tarik sendiri di pantai-pantai itu lho. Entah itu karena bentuk pantainya, lingkungan sekitar, atau mungkin karena masih sepi pantai tersebut. Termasuk salah satunya adalah Pantai Nguluran yang tentu memiliki keunikan tersendiri.

Letak Pantai Nguluran ini hampir sama seperti pantai-pantai lainnya. Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melewati jalanan yang cukup susah. Selain karena pantainya masih sepi, Pantai Nguluran ini juga tergolong pantai baru. Jadi, selain jalanan yang naik turun, petunjuk arah menuju pantai pun masih jarang. Kamu harus selalu siap untuk bertanya ketika nggak tau lagi harus melewati jalan yang mana.

Seperti halnya pantai lain, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang biru dan bermain pasir pantai.

83. Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum Gunungkidul

andiiaira.blogspot.com

Satu lagi pantai yang msih sepi pengunjung, Pantai Kayu Arum. Pantai dengan pasir yang putih ini terletak di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Kalau dari Pantai Baron, kira-kira berjarak tujuh kilometer.

Untuk mencapai pantai ini, kamu harus terlebih dahulu menuju ke Baron Techno Park. Nah, parkir aja kendaraan kamu di sana. Setelah itu jalan kaki deh sekitar empat kilometer, atau membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

84. Pantai Pakundon

Masih di daerah Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Ada lagi sebuah pantai yang menawarkan keindahan alamnya untuk kamu kunjungi, namanya Pantai Pakundon.

Seperti pantai lain yang masih kurang banyak dikenal, Pantai Pakundon ini belum banyak pengunjungnya. Pas banget buat kamu yang suka tempat wisata yang sepi. Selain sepi, pantai ini cocok buat kamu yang suka sama jelajah alam lho. Jadi tunggu apalagi? Langsung aja datang ke Pantai Pakundon di liburanmu selanjutnya.

85. Pantai Banyunibo

Pantai Banyunibo

norcho.blogspot.com

Pantai Banyutibo, pantai ini juga terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Letak pantai ini berada di sebelah timur Pantai Siung. Tapi jaraknya cukup jauh, dipisahkan oleh tiga bukit yang menawarkan pemandangan indah dan elok.

Kamu bisa juga menjelajah bukit di timur Pantai Siung untuk menuju ke Pantai Banyutibo ini. Kamu akan melewati bukit batu, sawah, dan perkebunan warga sekitar. Tapi, karena tidak ada petunjuk jalan untuk sampai ke Pantai Banyutibo dari Pantai Siung. Bisa saja kamu harus memutar karena salah jalan, atau paling nggak tanya ke warga, kemana arah yang benar.

Setelah sampai, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Sebuah pantai yang tidak berpasir, hanya ada bebatuan dan juga air terjun, tetapi pemandangan itu sangat indah. Kalau mau melihat air terjun dari dekat, kamu harus berhati-hati ketika turun dari bukit karena lereng bukit tersebut cukup licin.

86. Pantai Busung

Masih di desa yang sama dengan Pantai Siung dan Pantai Banyutibo, ada sebuah pantai lagi yang nggak kalah indahnya lho, namanya Pantai Busung. Bukit-bukit di sekitar pantai membuatnya menjadi indah.

Selain menikmati pemandangan dan suasana yang masih sepi, di Pantai Busung, kamu juga bisa menikmati makanan yang dijajakan penduduk sekitar. Makanan yang paling khas adalah nasi tiwul. Kamu tau kan apa itu nasi tiwul? Itu lho, semacam nasi tapi dibuat dari ketela pohon.

87. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Gunungkidul

jpicnicblog.wordpress.com

Pantai tersembunyi lain di Gunungkidul adalah Pantai Sedahan. Pantai ini terletak di timur Pantai Wediombo, atau lebih tepatnya ada di sebelah Pantai Greweng.

Walaupun pemandangan di pantai ini sangat bagus, tapi akses menuju ke sana masih sulit. Sehingga, pantai ini memang belum dibuka atau dikelola secara baik untuk dijadikan pantai wisata. Bayangin aja, buat bisa sampai ke pantai, kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Kendaraan hanya bisa sampai di Pantai Wediombo, perjalanan selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki. Jadi, kamu parkirkan saja motor atau mobil di Pantai Wediombo. Selanjutnya, kamu akan menyusuri jalan setapak tanpa petunjuk untuk bisa sampai ke Pantai Sedahan. Jadi, jangan malu-malu bertanya kepada penduduk sekitar kalau memang kamu bingung memilih jalan ya.

88. Pantai Songlibeng

Pantai Songlibeng ini juga termasuk ke dalam pantai yang sepi pengunjung. Untuk menuju ke pantai ini, kamu nggak akan menemukan petunjuk arah lho. Jadi, siap-siap tanya ke penduduk sekitar kemana arah yang tepat kalau mau ke Pantai Songlibeng.

Kendaraan pribadi menjadi pilihan yang tepat untuk menuju ke pantai berpasir putih ini. Tapi ingat, kendaraan tersebut haruslah dalam kondisi yang prima. Mengingat perjalanan untuk sampai ke pantai ini cukup jauh dengan jalan yang menantang.

Jangan lupa juga membawa bekal, karena di tempat ini masih belum ada fasilitas umum yang memadai. Dan ingat, jaga kebersihan pantai yang masih asri ini ya.

89. Pantai Ngungap

Pantai Ngungap Gunungkidul

uswahcf.blogspot.com

Pantai lain di Gunungkidul yang tidak memiliki garis pantai adalah Pantai Ngungap. Pantai merupakan sebuah tebing dengan pemandangan yang indah. Berupa bebatuan karang dan juga tebing curam yang dihempas ombak.

Pantai ini berada di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya, satu kilometer jaraknya dari Pantai Sadeng. Di pantai ini masih belum ada fasilitas seperti tempat wisata lainnya. Cuma ada gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk melihat pemandangan, itu pun dibangun oleh warga sekitar Pantai Ngungap.

90. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono Gunungkidul

duapagiwae.blogspot.com

Pantai Pringjono ini terletak di sebelah barat Pantai Nguyahan, tepatnya di balik bukit yang ada di sana. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus berjalan kaki dari Pantai Nguyahan. Jadi, jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup karena di pantai ini belum ada warung.

Jalanan yang harus kamu lewati untuk sampai ke Pantai Pringjono cukup terjal. Bahkan, kalau bisa sih kamu ditemani warga sekitar jika tidak mau tersesat arah jalan pulang.

Setelah sampai di pantai, kamu akan menemukan pemandangan yang menakjubkan. Pantai dengan pasir yang putih dan ada banyak hewan-hewan laut di sela terumbu karang. Ada juga batu karang besar yang berserakan di sebelah timur pantai ini.

91. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

blog.misteraladin.com

Pantai Watu Kodok atau Watukodok merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki keunikan tersendiri. Konon, nama Watukodok diambil dari pemandangan sebuah karang yang bentuknya menyerupai seekor kodok. Jadilah pantai ini disebut sebagai Pantai Watukodok oleh penduduk sekitar.

Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya masih berada satu baris dengan Pantai Baron, jadi kamu nggak perlu bingung jalan untuk sampai ke pantai ini.

Sesampainya di pantai, kamu akan disambut pemandangan pantai berpasir putih dan perbukitan batu karang khas pantai Gunungkidul. Kamu juga bisa menemukan warung-warung kecil yang menjajakan makanan di sekitar Pantai Watukodok.

92. Pantai Nampu

Pantai Nampu Wonogiri

pasirpantai.com

Sebenernya, Pantai Nampu ini bukan berada di daerah Gunungkidul, Yogyakarta lho. Pantai ini berada di Desa Dringo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Walaupun bukan berada di Jogja, tapi, kalau kamu lewat Wonosari, tempat ini nggak terlalu jauh lho. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu sekalian mampir ke Pantai Nampu ini.

Pantai ini juga masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kamu dapat bermain sepuasnya di pantai ini, bisa dengan bermain air atau pasir. Tapi, kalau kamu pengen mainan air, hati-hati dengan ombaknya ya. Ombak di Pantai Nampu ini cukup besar soalnya.

93. Pantai Krokoh

Pantai Krokoh

enjoytoyogyakarta.blogspot.co.id

Pantai Krokoh terletak di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Keindahan di pantai ini nggak perlu kamu tanyakan lagi deh. Pantai dengan pasirnya yang putih, tebing tinggi yang menjorok ke arah laut, dan suasananya yang menenangkan.

Selain itu, ketika air laut sedang surut, kamu dapat melihat berbagai jenis biota laut di Pantai ini. Ada terumbu karang, dan hewan laut lainnya. Bahkan, di tebing bagian timur pantai ini, ada sebuah lubang yang ternyata merupakan sarang kelelawar dan burung walet.

94. Pantai Grigak

Kalau kamu suka sama yang tersembunyi-tersembunyi, Pantai Grigak ini kelihatannya cocok buat kamu. Ya, walaupun pantai ini nggak jauh beda sama pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Tapi, pantai ini tetap menarik lho buat dikunjungi.

Untuk sampai ke pantai ini, kamu harus ekstra sabar dan hati-hati karena jalanan yang bisa dibilang kurang bagus. Kalau dari Jogja, langsung saja menuju Wonosari, tepatnya ke Desa Girikarto. Nah, setelah sampai di Desa Girikarto, kamu mesti tanya ke warga sekitar ya, karena belum banyak petunjuk jalan yang mengarah ke pantai ini.

95. Pantai Parangracuk

Pantai Parang Rucuk

imtichan.blogspot.com

Salah satu pantai yang bisa kamu jadikan alternatif selain Pantai Baron adalah Pantai Parangracuk. Pantai ini masih satu area dengan Pantai Baron, jadi kamu nggak terlalu pusing memilih pantai mana ketika Pantai Baron ramai pengunujung.

Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Baron, kalau kamu berada di bukit sebelah timur Baron, kamu bisa melihat Pantai Parangrucuk dari kejauhan.

Untuk mencapai pantai ini, kamu dapat berjalan dari Baron dengan melewati bukit karang yang terjal. Membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai ke pantai ini. Dan ketika sampai pantai, kamu akan melihat ada keunikan di sana. Di Pantai Parangrucuk terdapat beberapa sumber energi listrik alternatif. Ada Pembangkit listrik tenaga surya dan tenaga gelombang.

96. Pantai Karangtelu

Mungkin kamu masih jarang mendengar nama pantai yang satu ini, tapi sekarang sudah mulai banyak orang yang menyebut-nyebut Pantai Karangtelu ini. Semua itu karena keindahan yang ada di pantai ini, sekarang mulai banyak yang membicarakannya.

Pantai Karangtelu terletak di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Di pantai ini, kamu bisa memuaskan hobi memancingmu lho. Pantai Karangtelu ini sering disinggahi pemancing untuk merasakan bagaimana memancing di tempat ini.

97. Pantai Butuh

Pantai Butuh Wonosari

wisata-jogja.net

Untuk kamu yang sangat ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang sepi, Pantai Butuh mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Pantai ini berada satu jalur dengan Pantai Ngeden dan Pantai Nglimun.

Pantai Butuh ini sangat menggoda lho untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, dengan pemandangan yang indah dan suasana serasa pulau pribadi, kamu bisa memuaskan dirimu di pantai ini.

Pantai ini diapit oleh dua bukit dengan semak dan pohon di atasnya. Kamu bisa naik ke atas bukit itu dan berjalan-jalan mengelilinginya untuk melihat keindahan Pantai Butuh dari atas.

98. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

infowisatajogjaku.blogspot.com

Pantai lain yang tidak memiliki garis pantai di Gunungkidul adalah Pantai Kesirat. Tapi, walaupun nggak ada garis pantainya, pantai ini masih menawarkan berjuta pesona lho.

Pantai ini cocok buat kamu yang akan camping dan menikmati pemandangan alam di kala malam menjelang. Kamu bisa menikmati terbenamnya matahari yang indah di pantai ini. Selain itu, buat kamu yang suka mancing, ada spot yang bisa dijadikan tempat mancing di Pantai Kesirat lho.

99. Pantai Ngunggah

Pantai Ngunggah

dwitff.blogspot.com

Pantai Ngunggah ini cocok banget buat kamu yang suka sama tantangan. Pantai yang ada di Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan keindahan tapi dengan usaha yang lumayan.

Pantai ini masih tergolong pantai yang baru, jadi pastinya belum ada fasilitas yang memadai di sini. Kamu juga harus mau bersusah terlebih dahulu, melewati jalan bergelombang, turun lewat jalan setapak, sampai akhirnya tiba di bibir pantai. Tapi semua usaha itu pasti terbayarkan setelah melihat keindahan yang di tawarkan Pantai Ngunggah.

100. Pantai Botorubuh

Pantai unik lain yang nggak kalah sama pantai-pantai terkenal di Gunungkidul adalah Pantai Botorubuh. Pantai ini masih belum banyak yang tau, tapi buat orang yang suka mancing, pasti pernah dengar nama pantai ini.

Pantai Botorubuh terletak di sebelah timur Pantai Wediombo. Untuk sampai ke pantai ini kamu harus berjalan kaki melewati jalanan yang cukup terjal. Tetapi, sesampainya di pantai, kamu akan melihat spot mancing yang bagus. Pantai Botorubuh atau biasa juga disebut Pantai Bonang ini terkenal dengan berbagai jenis ikan besarnya.

101. Pantai Nguyahan

Letak Pantai Nguyahan ini sama seperti Pantai Ngobaran, yaitu di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Walaupun pantai ini letaknya nggak jauh dari Pantai nguyahan dan Ngobaran. Bahkan, jaraknya hanya 200-500 meter dari Pantai Ngrenehan lho, tapi tempat ini masih sepi pengunjung. Mungkin karena faktor belum bagusnya jalan dan kurangnya petunjuk untuk dapat sampai ke pantai ini kali ya.

Leave a Reply