101 Tempat Wisata di Jogja yang Indah dan Memesona

Tempat Wisata di Jogja – Siapa sih yang nggak kenal Jogja? Kota yang dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebutnya Jogja, Yogyakarta, Ngayogyokarto, Yojo, dan sebutan-sebutan lain untuk kota ini. Kota ini dikenal juga dengan sebutan kota pelajar, kota budaya, dan tentu saja kota istimewa.

Nah, Jogja ini sebenernya dibagi menjadi lima wilayah lho, ada Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

Keempat kabupaten dan satu kota tersebut tentu mempunyai berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, atau biasanya disebut tempat wisata. Dan, di Jogja ini ada banyak banget lho tempat wisatanya. Kamu nggak bakal bisa deh pergi ke semua tempat kalo cuma satu hari di Jogja.

Sebelum kita cari tahu berbagai tempat wisata indah di Yogyakarta, lihat video tentang Jogja dulu yuk!

Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Biar lebih enak, tempatnya diurutkan berdasarkan daerah aja ya. Jadi kalau kamu mau pergi ke sana nggak usah pindah-pindah kabupaten segala.

Tempat Wisata di Sleman

Sleman merupakan salah satu kabupaten yang ada di bagian utara Kota Jogja. Tempat wisata yang paling terkenal di kabupaten ini tentu saja Kaliurang dengan pemandangan Gunung Merapi yang memukau. Nah, selain wisata alamnya yang indah, ada banyak candi yang bisa kamu kunjungi di Sleman lho.

1. Kaliurang

Kaliurang Sleman Jogja

katadia.com

Wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman adalah Kaliurang. Menawarkan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijaunya pepohonan rindang. Letaknya berada di lereng Gunung Merapi, perbatasan antara Sleman dengan Jawa Tengah.

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Kaliurang, salah satu yang terkenal adalah gardu pandang. Dari gardu pandang, kamu bisa melihat puncak Gunung Merapi menggunakan teropong yang sudah disediakan. Selain menikmati pemandangan, di dekat Kaliurang banyak terdapat agrowisata.

Selain itu, ada juga bangunan bersejarah yang ada di Kaliurang, salah satunya adalah Wisma Kaliurang dan Pesanggrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton Yogyakarta.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Sleman Jogja

petawisataindonesia.com

Tentu kamu sudah tau kalau di Jogja itu ada gunung yang aktif bernama Gunung Merapi. Tapi tau nggak kalau ternyata Gunung Merapi itu punya museum? Nama museumnya adalah Museum Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi dibangun untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya upaya mitigasi bencana. Selain itu, museum ini juga dimaksudkan untuk tempat pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan juga bencana alam lainnya.

Museum ini berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Jaraknya kira-kira lima kilometer dari kawasan Kaliurang.

Dengan semboyan ” Merapi Jendela Bumi”, kamu pasti akan mendapatkan banyak ilmu yang mungkin belum diketahui jika mengunjungi museum ini.

3. Monumen Yogya Kembali – MONJALI

Monumen Jogja Kembali - Monjali

jogjaheritagecity.com

Monumen Yogya Kembali, atau orang Jogja biasa menyebutnya Monjali, merupakan sebuah museum sejarah kemerdekaan Indonesia. Museum ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dengan baik. Banyak wisatawan dari mulai anak-anak sampai orang dewasa yang mengunjungi museum ini.

Monjali dibangun untuk melambangkan sudah berfungsinya kembali Pemerintahan Indonesia. Selain itu, monumen ini juga menjadi bukti ditariknya pasukan Belanda yang waktu ini menduduki Jogja pada tanggal 29 Juni 1949. Serta, kembalinya Presiden Soekarno dan Bung Hatta pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta setelah mereka diasingkan.

Bentuk bangunan dari Monjali seperti gunung berbentuk kerucut yang melambangkan kesuburan dan juga pelestarian terhadap budaya Indonesia.

Di area Monumen Yogya Kembali terdapat replika Pesawat Cureng dan Pesawat Guntai. Ada juga dua buah senjata mesin yang bisa kamu lihat di sana. Di bagian selatan pelataran, kamu akan melihat 420 nama pejuang yang telah gugur serta puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar.

4. Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja

rentalhiacedijogja.com

Masih satu area dengan Monjali, Taman Pelangi menyajikan pemandangan yang berbeda dari kegagahan bangunan Monjali. Taman Pelangi merupakan taman dengan berbagai macam lampion penuh warna ketika malam tiba.

Saat masuk ke taman, kamu akan disuguhi berbagai bentuk lampion seperti bentuk hewan, tumbuhan, tokoh kartun, bahkan ada juga yang berbentuk seperti tokoh pemimpin di Indonesia.

Selain menikmati berbagai macam lampion penuh warna, di Taman Pelangi juga terdapat wahana permainan lho. Ada becak mini, trampolin, bola air, perahu dayung, bom-bom car, speed boat, dan wahana mengasyikkan lainnya.

5. Museum Affandi

Museum Affandi Jogja

corlena.wordpress.com

Kamu pasti tidak asing dengan nama Affandi, seorang maestro lukis yang terkenal di Indonesia. Dan ternyata, di Jogja ada museum yang memajang karya-karyanya lho. Museum ini terletak di Jalan Raya Jogja-Solo, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto No. 167, sebelah barat Sungai Gajah Wong.

Buat kamu yang suka seni, tempat ini cocok banget buat kamu. Selain bisa lihat karya sang maestro, kamu juga bisa menemukan inspirasi karya di sini.

6. Museum Dirgantara Mandala

Musuem Dirgantara Mandala Yogyakarta

yogyakarta.panduanwisata.id

Wisata yang ada di Sleman selanjutnya adalah Museum Dirgantara Mandala. Lokasi dari museum ini ada di Komplek Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta.

Awal mulanya, museum ini didirikan pada tanggal 4 April 1969 di Jl. Tanah Abang, Bukit, Jakarta. Lalu, pada Bulan November 1977, museum ini dipindahkan dan digabungkan dengan Museum Ksatrian AAU di Adisucipto, Yogyakarta.

Di museum ini, kamu bisa melihat koleksi pesawat terbang, foto, dan juga diorama. Selain itu, ada juga koleksi museum yang berupa tanda kehormatan, baju dinas, dan buku yang disimpan di perpustakaan.

Kalau kamu ingin mengunjungi Museum Dirgantara Mandala, museum ini buka dari jam delapan pagi sampai jam tiga sore. Ajak anak-anak untuk mengunjungi tempat ini ya, selain berekreasi, mereka juga dapat belajar tentang kedirgantaraan dan sejarah penerbangan di Indonesia.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta

yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Candi prambanan ini berada di perbatasan antara Klaten Jawa tengah, dengan Sleman, DIY lho.

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini juga termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Nah, buat kamu yang penasaran pengen mengunungi candi Hindu termegah di Indonesia ini, kamu bisa lho menggunakan transportasi umum. Kamu bisa menggunakan TransJogja dari halte manapun yang ada di Jogja. Tinggal tanya saja sama petugasnya, jalur apa yang digunakan untuk dapat sampai ke Candi Prambanan.

8. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

coretanpetualang.wordpress.com

Candi Ratu Boko atau biasa dikenal juga sebagai Istana Ratu Boko merupakan sebuah istana yang dibangun pada abad ke delapan. Candi ini berada di selatan Candi Prambanan, jaraknya kurang lebih tiga kilometer. Letak candi ini berada di atas perbukitan yang ketinggiannya mencapai 196 mdpl.

Luas area Istana Ratu Boko ini adalah 250.000 meter persegi. Terbagi menjadi empat bagian, yaitu bagian barat, tengah, timur, dan tenggara.

Bagian tengah dari candi ini terdiri dari sebuah gapura utama, lapangan, kolam, Candi Pembakaran, paseban, dan batu berumpak. Pada bagian tenggara, ada balai, pendopo, kolam, tiga candi, dan keputren. DI bagian timur terdapat stupa Budha komplek gua, dan kolam. Sedangkan pada bagian barat terdiri dari perbukitan.

Kalau kamu mengunjungi Candi Ratu Boko, kamu bisa melihat pemandangan yang indah dari sana. Bahkan, kalau matahari mulai tenggelam, akan tampak sunset yang indah dengan warna kemerahannya.

9. Candi Ijo

Candi Ijo

piknikdong.com

Berjalan ke arah selatan sedikit dari Candi Ratu Boko, kamu akan menemukan Candi Ijo. Candi Hindu ini jaraknya sekitar empat kilometer ke arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Dan ternyata, candi ini merupakan candi yang paling tinggi di Jogja lho. Candi Ijo ini berada di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut, lebih tinggi dari pada Candi Ratu Boko.

Lokasi candi ini tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit yang disebut Gumuk Ijo, sehingga akan tampak keindahan alam yang membentang di Jogja. Pemandangan di bawah candi juga bagus lho, berupa pertanian yang membentuk terasiring.

10. Candi Abang

Candi Abang - Bukit Teletubies

marikitadolan.wordpress.com

Desa Wisata Candi Abang terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di atas bukit, sebelah barat Jalan Raya Jogja-Piyungan.

Candi Abang merupakan candi yang berbentuk mirip dengan piramida yang ditengahnya terdapat sebuah sumur. Candi ini terbuat dari batubata yang warnanya merah. Mungkin karena dari batubata merah inilah kenapa candi ini dinamai Candi Abang.

Tetapi, saat ini Candi Abang banyak ditumbuhi rerumputan, jadi lebih mirip Candi Ijo dari pada Candi Abang. Bentuk candi ini juga menyerupai bukit yang sekilas mirip bukit Teletubies. Nah, di bukit ini kamu bisa memuaskan hasrat untuk foto selfie atau bareng bersama dengan teman-temanmu.

One Response

  1. chilya February 20, 2017

Leave a Reply