Puncak Becici Mangunan, Sejuknya Hutan Pinus dan Indah Pemandangan

Puncak Becici – Jogja merupakan kota dengan sejuta keindahan dan nuansa berbeda. Kalau kamu menginjakan kaki di kota ini, akan ada hawa yang berbeda. Entah itu kamu masuk ke kotanya, ataupun pergi ke tempat wisata alamnya.

Ngomongin soal wisata alam Jogja, ada satu tempat wisata yang sayang banget buat dilewatin. Tempat ini menyajikan kesejukan dan keindahan pemandangan dari atas bukit, Puncak Becici.

Puncak Becici Dlingo Bantul

Puncak Becici di Malam Hari
dolandolen.com

Kalau kamu mencari hutan pinus, di Yogyakarta ini ada banyak banget, yang paling populer tentu saja Hutan Pinus Mangunan. Tapi, kamu tahu nggak? Ternyata, kalau kita ke hutan pinus, lurus terus saja, nanti ada petunjuk jalannya kok, sampai akhirnya ketemu Puncak Becici.

Puncak yang memiliki keindahan yang luar biasa ini sekarang banyak sekali pengunjungnya. Kalau kamu datang ke tempat ini waktu awal-awal buka, tempatnya masih belum terlalu dirawat. Tapi, sekarang sudah sangat bagus, banyak sekali spot-spot yang bagus buat foto.

Kalau di deskripsikan secara singkat, Puncak Becici adalah tempat wisata alam dengan pemandangan dari atas bukit. Di tempat ini terdapat banyak spot foto menarik dengan suasana sejuk dan pohon pinus yang rindang.

Lokasi atau Letak

Dusun Gunung Cilik RT 07 / RW 02. Muntuk, Kecamatang Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55783.

Puncak yang indah ini masih masuk ke dalam kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan.

Rute Menuju Puncak Becici

Untuk bisa sampai ke puncak, ada 2 rute yang dapat ditempuh, lewat Imogiri atau Bukit Bintang – Gunung Kidul.

Rute 1

Kalau kamu dari Kota Jogja, bisa langsung menuju Jalan Imogiri Timur, lurus saja sampai menemukan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan dan petunjuk arahnya sampai ketemu pertigaan yang kalau ke kanan ke Kebun Buah Mangunan.

Ambil jalan kiri yang ke arah Hutan Pinus. Kalau sudah sampai Hutan Pinus, jalan terus dan ikuti petunjuk ke Bukit Becici.

Rute 2

Kalau kamu sudah terlanjur di Jalan Jogja – Wonosari, bisa coba rute berikut ini. Ambil rute berikut ya, dari Piyungan menuju ke Bukit Bintang, lalu sampai Perempatan Patuk. Dari Perempatan Patuk ambil jalan ke kanan arah Dlingo, ikuti terus jalan utamanya.

Kalau sudah mengikuti jalan dan bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1, kamu akan menemukan petunjuk arah menuju ke Puncak Becici.

Kedua rute tersebut bisa kamu pilih salah satunya. Jalan menuju puncak juga sudah bagus, jadi kamu nggak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk

Biaya yang dikenakan saat kamu akan memasuki tempat wisata ini bisa dibilang cukup murah lho.

  • Tiket masuk – RP 2.500
  • Parkir roda dua – RP 2.000
  • Parkir roda empat – Rp 5.000
  • Parkir Bus – 20.000

Jam Buka

Tempat wisata ini buka dari hari Ahad sampai Senin. Jam bukanya dari jam 06.00-19.00.

Fasilitas Pendukung

Camping Ground Bukit Becici
netmedia.co.id

Seperti halnya tempat wisata lainnya, ada beberapa fasilitas pendukung di sini. Kamu bisa menemukan mushola, toilet, area parkir, warung jajanan, tempat outbond, dan spot foto.

Selain itu, ada juga beberapa tempat yang menarik, seperti misalnya hammock. Kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 20.000 per dua jam. Atau, kalau mau yang unik, ada hammock bertingkat yang bisa disewa dengan harga antara Rp 15.000-60.000.

Buat kamu yang ingin camping, di sini juga bisa. Kamu cukup membayar Rp 5.000 per orang saja untuk bisa berkemah di kawasan puncak ini. Tentu harga tersebut nggak termasuk tenda lho ya.

Kalau kamu pengen selfie, ada spot foto yang bisa digunakan untuk bergaya. Atau, kalau pengen bisa melakukan pemotretan profesional, misalnya saja seperti prewedding, kamu cukup membayar Rp 30.000 saja.

Spot Foto Menarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa spot menarik untuk kamu berselfie ria. Berikut ini beberapa tempatnya.

Gardu Pandang

Gardu Pandang Puncak Becici
klikhotel.com

Tempat yang bisa digunakan untuk berfoto dengan background yang bagus adalah gardu pandang. Kamu bisa melihat perbukitan dan hijaunya pepohonan. Dari gardu pandang ini kamu juga bisa melihat keindahan sunrise lho, tapi berangkatnya harus pagi-pagi bener.

Hammock dan Ayunan

Mammock di Puncak Becici
puncakbecici.blogspot.com

Kalau kamu sudah menyewa hammock, nggak ada salahnya foto di tempat ini. Bagus banget deh pasti gambar yang didapatkan.

Taman Love

Taman Love Puncak Becici
gufronsalim.blogspot.com

Nah, buat kamu pasangan muda yang baru saja menikah, coba deh foto di spot ini. Taman ini cocok banget buat pasangan yang entah itu baru saja menikah ataupun sudah lama berkeluarga, biar romantis gitu.

Rumah Marsupilami

Rumah Marsupilami Puncak Becici
travelingyuk.com

Kamu tahu film kartun zaman dulu yang tokonya seekor hewan yang berwarna kuning berekor panjang? Nah, iya, marsupilami. Ternyata, di tempat wisata ini kita bisa menemukan rumahnya yang unik itu lho. Bentuknya dibuat semirip mungkin dengan yang ada di film kartun, cocok buat foto-foto.

Gimana? Kamu tertarik untuk berkunjung ke “Becici Peak” yang indah dan mengagumkan? Jangan Lupa, kunjungi juga Taman Pintar untuk menambah pengetahuan ya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.