Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Enak

CARA MEMBUAT MARTABAK MANIS – Martabak manis merupakan salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Ada juga yang menyebutnya dengan terang bulan, mungkin karena saat dimasak bentuknya seperti bulan purnama.

Nah, martabak manis biasanya bisa kamu dapatkan saat malam hari. Jarang orang tu jualan martabak manis pagi-pagi, nggak tau juga kenapa. Mungkin karena malam-malam orang pada sering cari camilan buat ganjel perut yang lapar. Ketika mencari jajanan apa yang enak, maka ketemulah mereka dengan yang namanya martabak manis.

Terang bulan atau martabak manis ini punya macam-macam rasa lho. Paling populer adalah rasa coklat, kacang dan keju atau campuran ketiga rasa itu. Tapi sekarang ada juga yang bikin martabak manis tapi isinya yang eksklusif. Seperti pasta coklat nattule atau coklat topleren (nama disamarkan). Itu harganya tentu lebih mahal dari pada yang isiannya biasa saja.

Selain rasa- coklat, kacang dan keju, sebenernya masih ada beberapa rasa lain. Tapi, tentu bukan rasa yang terpendam atau rasa yang pernah ada ya. Berikut ini beberapa jenis martabak manis yang sekarang ini baru booming di Indonesia.

1. Martabak Nutella

Martabak nutella

500px.com

Martabak dengan isian nutella yang begitu menggoda. Rasa coklatnya sungguh kaya dan seperti lumer dimulut ketika kamu mengunyahnya, hmmm.

2. Martabak Mini

Martabak Manis Mini

resepkafe.blogspot.com

Walaupun ukurannya mini, tapi rasanya tidak tertandingi. Kamu boleh sandingkan dengan makanan lain di kelasnya, pasti martabak mini ini yang jadi juaranya.

3. Martabak 8 Rasa

Martabak 8 rasa

zomato.com

Buat kamu yang satu rasa aja tidak cukup, maka inilah solusinya. Dalam satu porsi martabak, terdapat delapan rasa yang berbeda.

Nah, kalau kamu pengen berkreasi sendiri bisa kok bikin martabak manis ini di rumah. Buatnya juga nggak begitu susah, langsung aja yuk kita tengok bahan dan cara membuatnya.

#1. Martabak Manis – Terang Bulan

Martabak manis terang bulan

dapuranda.com

Pertama-tama, kita bikin dulu resep yang satu ini, beri nama martabaknya dengan martabak manis terang bulan, hehe.

Bahan Martabak Manis – Terang Bulan

  • 500 gram terigu protein sedang, bisa pakai segitiga bermuda* *nama disamarkan
  • 600 ml air putih
  • 1 sendok makan margarin yang sudah dicairkan
  • 2 butir telur yang sudah dikocok lepas
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instant, pakai fermipun* bisa *nama disamarkan
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt pasta vanili
  • 1/2 sdt garam

Bahan Topping

  • Keju yang sudah diparut secukupnya
  • Meses secukupnya
  • Kacang tanah sangrai secukupnya
  • 60 ml susu kental manis yang putih

Cara Membuat Adonan Martabak Manis – Terang Bulan

  1. Campurkan bahan kering terlebih dahulu, seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam.
  2. Setelah bahan kering terbampur rata, masukkan telur, margarin cair dan pasta vanili, aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tercampur rata.
  4. Kocok adonan memakai mixer, gunakan kecepatan sedang selama 5 menit.
  5. Masukkan baking powder, aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  6. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 60 menit dalam wadah tertutup

Cara Memasak Martabak Manis – Terang Bulan

  1. Panaskan wajan, lalu olesi dengan sedikit margarin biar nggak lengket.
  2. Tuang adonan kedalam wajan, lalu ratakan. Banyaknya sesuai selera ya.
  3. Tunggu sampai keluar gelembung di permukaan adonan dan mulai terbentuk rongga, kemudian tutup.
  4. Masak sampai matang kemudian angkat.
  5. Olesi permukaan martabak dengan margarin.
  6. Taburkan topping sesuai seleran, bisa pakai meses, keju parut atau kacang sangrai.
  7. Tuangkan susu kental manis secukupnya sesuai selera.
  8. Potong martabak manis jadi dua, lalu lipat menjadi bentuk setengah lingkaran.
  9. Martabak manis – terang bulan siap undtuk disajikan.

2#. Martabak Manis Teh Hijau

Resep selanjutnya adalah martabak manis yang diberi tambahan teh hijau di bahannya. Mau tau seperti apa cara membuatnya? Mari kita simak resep berikut ini.

Bahan Martabak Manis Teh Hijau

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1,5 sdt bubuk teh hijau
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk atau kamu juga bisa menggunakan yang cair
  • 1/4 sdt garam

Semua bahan di atas dicampur menjadi satu, kemudian diayak.

  • 80 gram gula pasir
  • 350 ml susu putih cair
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdm gula pasir yang digunakan untuk taburan

Bahan Isi Martabak Teh Hijau

  • Mentega atau margarin
  • Nutella
  • Meses atau keju parut
  • Susu kental manis

Cara Membuat Martabak Manis Teh Hijau

  1. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam wadah. Tambahkan gula pasir, campur sampai rata, kemudian buat lubang di tengah campuran tersebut.
  2. Kocok telur, kemudian masukkan susu cair, aduk kembali sampai semua tercampur rata. Tuangkan campuran telur dan susu ke tengah-tengah tepung yang sudah disiapkan tadi. Campur menggunakan pengaduk dari kayu, tapi ingat, jangan sampai terlalu lama mengaduknya.
  3. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit, jangan lupa, tutup pakai serbet.
  4. Setelah 30 menit, panaskan dahulu wajan atau teflon yang akan digunakan untuk memasak, kira-kira selama 5 menit. Setelah 5 menit memanaskan, kecilkan api, dan tutup teflon selama 7-8 menit, agar suhu telfon menjadi stabil.
  5. Sambil menunggu dipanaskan lagi, bagi adonan martabak manis menjadi dua. Tambahkan soda kue ke dalam salah satu adonan, kemudian aduk rata. Ada catatan nih, soda kue ini dimasukkan ke dalam wadah sesaat sebelum kita memasak adonan tersebut.
  6. Setelah suhu teflon stabil, tuang adonan, dan besarkan api kompor, tapi sedikit aja ya mbesarinnya. Tunggu sampai terlihat ada gelembung-gelembung keluar dan bagian pingir martabak mulai mengering.
  7. Setelah itu, tambahkan gula pasir di atas adonan, lalu tutup teflon dan kecilkan kembali apinya. Masak sampai martabak manisnya matang.
  8. Setelah permukaan martabak manis kering dan tidak terlalu lengket. Angkat martabak tersebut dan olesi permukaanya dengan margarin atau mentega.
  9. Tambahkan isian sesuai dengan yang kamu suka, mau pakai nutella, meses, atau keju. Jangan lupa tuangkan susu kental manisnya. Setelah itu, lipat martabak manisnya dan olesi kembali kulit bagian luarnya dengan margarin atau mentega.
  10. Martabak manis teh hijau siap dihidangkan.

#3. Martabak Manis Toblerone

Martabak Manis Toblerone

sixtotenallaroundtheworld.wordpress.com

Kalau yang satu ini dulu sempat nge-hits nih, tapi sekarang kayaknya udah kalah pamor sama martabak nutella. Semua berubah ketika nutella menyerang, hehe. Nah, berikut ini resep yang bisa kamu coba untuk membuat martabak toblerone.

Bahan Martabak Manis Toblerone

  • 500 gram tepung terigu yang proteinnya sedang
  • 100 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk, pakainya yang full cream ya
  • 700 ml air putih
  • 10 gram soda kue
  • 11 gram ragi
  • 1 sdt vanili cair, atau kamu bisa menggunakan vanili bubuk
  • 3 butir telur ayam

Bahan Topping Martabak Manis Toblerone

  • Gula pasir
  • Mentega atau margarin
  • Toblerone
  • Keju yang sudah diparut

Cara Membuat Martabak Manis Toblerone

  1. Pertama, masukkan ragi ke dalam gelas, tambahkan air, kemudian aduk sampai berbuih, diamkan selama 5-10 menit.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir, soda kue, dan susu bubuk. Campur semua bahan kering tersebut sampai rata.
  3. Masukkan telur dan vanili cair, aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  4. Selanjutnya, tambahkan ragi yang sudah disiapkan terlebih dahulu ke dalam adonan. Aduk kembali sampai adonan tercampur, lalu tutup adonan menggunakan kain basah dan diamkan selama 60 menit.
  5. Untuk hasil martabak manis yang baik, saring adonan agar hasilnya nanti tetap lembut.
  6. Panaskan wajan dengan menggunakan api kecil, kemudian tuang adonan. Masak sebentar, lalu taburi permukaannya dengan gula pasir.
  7. Masak terus sampai martabak manis terlihat mengering, lalu angkat dan olesi dengan mentega atau margarin. Taburi dengan topping berupa toblerone dan keju parut.
  8. Martabak Manis Toblerone siap disajikan.

#4. Martabak Manis Red Velvet

Tentu kamu sudah sering mendengar varian lain dari martabak manis yang satu ini, dengan warna merah yang tampak menggoda untuk segera dihabiskan membuatnya laris di pasaran. Nah, berikut ini resep membuatnya.

Bahan Martabak Red Velvet

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 750 ml air
  • 120 gram gula pasir
  • 1/2 sdt essen vanila
  • 4 buah kuning telur ayam
  • 2 sdt baking powder
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm baking soda
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Margarin secukupnya

Untuk topping, kamu bisa menggunakan bahan di bawah ini.

  • Keju cheddar yang sudah diparut
  • Susu putih kental manis
  • Meses coklat

Cara Membuat Martabak Manis Red Velvet

  1. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, kuning telur, baking powder, pewarna merah, essen vanila, dan air. Campur sampai rata dan adonan menjadi licin.
  2. Diamkan adonan kurang lebih satu jam.
  3. Panaskan loyang, sembari menunggu loyang panas, masukkan baking soda ke dalam adonan dan aduk sampai rata.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang secukupnya, gunakan api kecil agar tidak gosong.
  5. Setelah adonan meletup seperti mengeluarkan gelembung, taburi dengan gula pasir dan tunggu sampai membentuk lubang-lubang.
  6. Tutup adonan yang sedang dimasak sampai matang, setelah itu angkat.
  7. Olesi permukaan martabak dengan margarin, baru kemudian taburi dengan coklat, keju, dan meses. Lipat dan potong martabak sesuai selera.
  8. Martabak manis red velvet siap disajikan.

Nah, gampang kan cara membuat martabak manis alias terang bulan? Kamu bisa mencoba sendiri di rumah, jadi kalau pengen nggak perlu jajan terus tuh. Kalau gitu langsung aja ke tips dan trik membuat martabak manis agar hasilnya lebih enak dan lezat.

Tips & Trik

  • Pastikan saat mendiamkan adonan waktunya jangan terlalu cepat, minimal 60 menit. Pendiaman adonan dilakukan agar ragi dapat tumbuh dengan optimal dan dapat menghasilkan martabak manis yang memiliki tekstur dan rasa yang enak.
  • Gunakan wajan atau tempat memasak yang tebal agar panas yang dihasilkan merata disetiap sisi wajan sehinga tidak aga bagian yang terlalu gosong atau kurang matang.
  • Gunakan api sedang atau kecil, jangan terlalu besar. Jika api yang digunakan terlalu besar, bagian bawah martabak manis akan cepat gosong.
  • Saat memasak harus ditutup, agar bagian atas juga matang dengan sempurna.
  • Jika martabak manis yang dihasilkan keras setelah dingin, itu berarti adonan terlalu banyak terigu dan kurang air. Bisa juga karena waktu pendiaman adonan kurang lama.
  • Olesi permukaan martabak manis dengan margarin, lakukan saat adonan sudah matang dan akan diangkat dari wajan.

Itu dia resep kita kali ini, semoga hasil martabak manisnya enak dan banyak yang suka ya, selamat mencoba.

Leave a Reply