7 Masakan Khas Korea yang Mendunia

Masakan suatu daerah memiliki ciri khas masing-masing. Tergantung kebudayaan dan juga adat kebiasaan masyarakat sekitar. Sebuah masakan bisa jadi dianggap enak di suatu tempat, tapi tidak untuk tempat lainnya.

Kamu bisa saja suka sama jengkol atau durian, tapi di belahan bumi lain, ternyata ada yang nggak suka sama kedua makanan tersebut. Nah, tapi, ada juga lho jenis masakan yang ternyata bisa diterima di berbagai tempat di dunia.

Salah satu contohnya adalah makanan Korea. Ya, makanan yang berasal dari negeri ginseng ini bukan saja digemari di negaranya sendiri, tapi juga di negara lain di seluruh dunia.

Nah, ada 7 jenis masakan Korea yang sangat terkenal dan banyak digemari. Berikut ini mari kita lihat apa aja sih makanan Korea tersebut.

1. Bulgogi

Bulgogi, daging panggang

maangchi.com

Kamu pernah dengan makanan dengan nama bulgogi? Atau pernah mencicipi kelezatan makanan yang satu ini? Wah, pasti sangat enak dan bikin pengen nambah lagi tuh.

Ternyata bulgogi adalah salah satu makanan yang berasal dari Korea Selatan, bisa juga disebut dengan pulgogi. Untuk membuatnya, kamu terlebih dahulu harus menyiapkan daging sapi yang sudah diiris tipis.

Daging sapi tersebut kemudian dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Tapi, sebelum dimasak, tentunya daging sapi tersebut dibumbui terlebih dahulu. Bumbu yang biasa digunakan untuk membuat bulgogi adalah kecap, gula, lada, minyak wijen, jahe dan bawang putih.

Setelah matang, bulgogi biasa disajikan bersama dengan lauk lain yang ditempatkan pada mangkuk kecil. Biar tambah mantab, kadang bulgogi juga diberi tambahan saus sambal.

Memakan bulgogi pun ada caranya tersendiri, nggak kayak makan daging biasanya. Kalau kamu mau pakai cara yang biasa digunakan di Korea Selatan, ikuti langkah berikut.

Pertama ambil selada, kemudian bulgogi dan lauk lainnya. Letakkan bulgogi dan lauk tadi di atas selada, jangan lupa, tambahkan juga nasi. Setelah itu, tinggal gulung selada dan rasakan sensasi rasanya.

2. Kimbap

Kimbap

swisshansik.wordpress.com

Kimbap itu bukan kebab lho ya, bentuknya malah lebih mirip sushi yang dari Jepang. Di Korea kimbap juga biasa disebut gimbap. Makanan yang mengunakan bahan berupa nasi putih yang isinya daging, potongan telur atau ikan. Ada juga model gimbap yang ditambahkan dengan beberapa jenis sayuran.

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bentuk gimbap ini mirip dengan sushi. Semua bahan yang ada digulung menjadi satu menggunakan rumput laut kering. Nah, nama gimbap ini terdiri dari dua kata lho, gim yang berarti rumput laut kering dan bap yang artinya nasi putih.

Kimbap biasanya dibuat menjadi 8 potongan untuk satu gulungan. Dipotong seukuran yang kita bisa memakannya dalam sekali gigit. Bentuk gulungannya bisa dibuat bundar atau segitiga, rumput laut juga bisa diletakkan di luar atau di dalam.

Isian gimbap, selain daging, terkadang juga ada yang menggunakan wortel, timun, acar lobak dan bayam. Untuk memberikan rasa, biasanya nasi akan ditambahkan dengan sedikit garam dan minyak wijen.

3. Bibimbap

Bibimbab dari Korea Selatan

id.wikipedia.org

Bibimbap, merupakan nama makanan yang berasal dari kata bibim yang artinya campur dan bap yang berarti nasi. Jadi, bibimbap ini sejenis nasi campur, nasi yang dicampur dengan berbagai macam bahan.

Bibimbap terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam sayur, jamur, daging sapi dan telur mentah. Tidak lupa pula, gochujang, saus pedas khas Korea.

Penyajian bibimbap pun cukup unik, seperti nasi pecel mungkin kalau di Indonesia. Jadi di bagian bawah terdapat nasi putih dan di atasnya diberi sayur, lauk dan saus.

Makan bibimbap ini paling asik ketika mencampur semua bahan menjadi satu. Semua bahan diaduk sampai tercampur rata dan warnanya akan berubah menjadi merah karena sausnya.

Nah, ada satu tips unik nih buat kamu yang mau menikmati bibimbap dengan cara berbeda. Pertama masukkan bibimbap kedalam wadah tertutup dan letakkan di kulkas. Setelah dingin, rasakan sensasi bibimbap dingin yang pasti beda dari bibimbap yang masih panas.

4. Jjajangmyeon

jjajangmyeon

maangchi.com

Makanan dengan nama yang unik ini merupakan salah satu kuliner yang harus kamu coba. Jjajangmyeon, atau kamu juga bisa menyebutnya chajangmyeon.

Jjajangmyeon merupakan mie khas Korea Selatan yang memiliki ciri khas tersendiri. Menu yang satu ini menggunakan saus dengan bahan utama kedelai hitam. Saus kedelai hitam kental pasti akan memberikan rasa yang unik dan lezat.

Bahan yang digunakan untuk melengkapi kelezatan mie Korea ini adalah daging, sayuran dan kadang juga seafood. Dengan berbagai macam bahan tersebut, jjajangmyeon akan memiliki rasa yang kaya.

Mie yang digunakan untuk membuat jjajangmyeon lebih besar uukrannya dari pada mie yang ada di Indonesia. Jadi, kamu pasti akan puas makannya.

Nah, tadi kan sempar disebutkan kalau jjajangmyeon menggunakan saus kedelai hitam. Saus tersebut biasa dimasak dengan bawang bombay dan bahan tambahan lain. Selain itu, untuk mengurangi rasa asin saus kedelai hitam, jjajangmyeon ditambah dengan kuah kaldu.

Kalau di Korea, jjajangmyeon biasanya disajikan bersama dengan muji, semacam acar lobak. Dan untuk menikmatinya, kamu terlebih dahulu harus mengaduk mie agar semua bahan tercampur rata.

5. Ramyeon

Ramyeon, ramen Korsel

travelblog.ticktab.com

Kalau kamu penggemar mie instan, sepertinya mie yang satu ini nggak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Ramyeon, mie instan yang berasal dari Korea Selatan.

Walaupun sama-sama mie instan, tapi mie ini berbeda dengan mie instan yang ada di Indonesia. Ukuran mie lebih besar dan kenyal. Selain itu, kuahnya memiliki rasa yang pedas terlihat lebih kental.

Nah, ternyata nggak cuma orang Indonesia saja yang suka mengonsumsi mie instan. Masyarakat Korea pun juga suka memakannya. Bukan tidak mungkin juga mie instan asal Indonesia ada yang suka juga di Korea.

6. Japchae

Japchae

tarasmulticulturaltable.com

Kalau dilihat dari namanya, kok makanan yang satu ini mirip dengan capcai ya. Japchae dan capcai, mirip banget kan? Bahkan, japchae biasa juga disebut dengan chapchae. Tapi cuma namanya saja yang mirip, bentuk makanannya ternyata berbeda.

Japchae merupakan masakan yang bahan utamanya adalah soun. Di dalam masakan ini ditambahkan pula berbagai macam jenis sayuran dan daging. Biasanya sayuran yang digunakan adalah wortel, jamur dan bayam. Semua sayuran tersebut diiris tipis memanjang. Tak lupa pula ditambahkan kecap dan gula untuk memberikan rasa yang maknyus.

Penggunaan soun pada japchae ternyata berbeda dengan soun yang ada di Indonesia. Soun yang digunakan untuk japchae memiliki ukuran yang lebih besar dan terasa lebih kenyal. Selain itu, japchae juga menggunakan irisan cabe dan juga wijen di atasnya.

7. Kimchi

Kimchi dari Korea Selatan

en.wikipedia.org

Kamu pernah lihat sawi yang warnanya merah dan bentuknya lembek? Nah, itu yang namanya kimchi. Makanan khas Korea berbahan dasar sawi putih yang difermentasi.

Kimchi ini sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia tentunya. Mungkin salah satu penyebab makanan ini sangat terkenal karena sering muncul di film-film Korea.

Kimchi ternyata bisa juga disebut kimchee dan sayuran digunakan pun nggak melulu sawi. Kamu bisa menggunakan juga lobak atau timun.

Warna merah yang ada pada kimchi karena ditambahkan bumbu. Bumbu yang biasa digunakan adalah cabe, bawang bombai, bawang putih, pasta udang, jahe dan saus ikan.

Rasa dari kimchi ini mungkin kurang familiar untuk lidah orang Indonesia, asam dan pedas. Kalau kamu penasaran rasanya, bisa kok dicari di supermarket. Biasanya sudah ada kimchi kemasan siap santap.

Nah, itu tadi 7 masakan Korea yang terkenal sampai ke penjuru dunia. Kalau kamu penasaran akan cita rasanya, datangi saja restoran yang menghidangkan masakan Korea di kota kamu.

Leave a Reply