5 Makanan Khas Turki yang Sampai Kebawa Mimpi

Buat kamu yang suka berkeliling dunia, coba deh sempatkan untuk mengunjungi Turki. Kota yang memiliki berbagai macam tempat unik yang pastinya tidak akan kamu temui di Indonesia. Bukan hanya tempatnya saja menarik, kuliner di negara ini juga patut kamu coba lho.

Ada banyak makanan khas yang akan membuat lidahmu dimanjakan. Apalagi kalau kamu merupakan penggemar makanan yang dipengaruhi budaya Yunani, Timur Tengah, Ottoman, dan Balkan. Makanan khas di Turki pasti akan kamu sukai juga karena kebanyakan makanan di negara ini dipengaruhi oleh budaya-budaya tersebut.

Biar kamu nggak tambah penasaran, langsung aja kita cari tahu apa saja makanan yang menjadi khas di Turki.

1. Baklava

Makanan khas Turki bernama cookdiary.net

cookdiary.net

Baklava merupakan salah satu jenis roti yang ada di Turki. Makanan ini dipengaruhi oleh kekasisaran Ottoman, terbuat dari lapisan phyllo dengan isi kacang-kacangan. Penyajiannya biasanya dengan disiram menggunakan madu atau sirup.

Cara membuat baklava adalah dengan menumpuk adonan roti pastri, kemudian pada setiap lapisannya diberi metega cair dan potongan kacang. Kacang yang digunakan untuk membuat roti ini biasanya menggunakan kacang pistachio atau walnut. Setelah itu, adonannya dipotong berbentuk persegi, hal ini dilakukan karena ketika sudah matang baklava mamiliki tekstur renyah dan susah untuk dipotong.

2. Kebab

Kebab Turki

sportourism.id

Tentu kamu sudah tahu makanan yang satu ini, di Indonesia sudah cukup populer bahkan banyak penggemarnya. Bahkan, kebab sudah terkenal di seluruh dunia. Kebab merupakan makanan yang terbuat dari irisan daging panggang kemudian digulung dalam roti pita. Daging yang digunakan tentu saja sudah dibumbui menggunakan bawang, tomat, jamur, selada, dan saus cabe.

Selain penyajian menggunakan roti pita, kamu juga dapat menikmati kebab dengan model dibuat seperti sate. Satu tusuk sate bisa terdiri dari daging, bawang, dan paprika. Kalau kamu main ke Turki, makanan ini akan dengan mudah kamu temui di hampir tiap daerah di sana.

3. Lahmacun

Lahmacun khas Turki

startupistanbul.com

Makanan yang satu ini bentuknya mirip seperti pizza yang dari Italia. Lahmacun ini bentuknya tipis dengan berbagai jenis topping di atasnya. Kamu bisa memilih mau menggunakan daging cincang ataupun sayuran, tinggal pilih yang sesuai selera denganmu.

Lahmacun biasanya dimakan bersama dengan bahan makanan lain. Jadi kita akan menjadikan makanan lain sebagai isiannya sebelum dimakan. Isian yang biasa digunakan adalah daun selada, bawang bombay, terong bakar, acar, dan bahan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon dan potongan cabe, biar rasanya makin mantab.

Setelah ditambahkan isian pelengkap, lahmacun kemudian digulung seperti kebab, baru kemudian siap untuk disantap.

4. Kofte

Kofte makanan khas Turki

tastyeatsathome.com

Kofte merupakan makanan yang berbahan dasar daging ayam, daging sapi, atau domba. Bahan dasar tersebut kemudian digiling lalu dicampur dengan rempah-rempah, lalu dibentuk seperti steak berukuran kecil. Untuk mematangkan kofte biasanya dipanggang, digoreng, atau direbus.

5. Gozleme

Gozleme dari Turki

aroundleglobe.blogspot.co.id

Gozleme merupakan makanan yang terbuat dari roti tortilla, kemudian diisi dengan bayam, kentang, keju, dan peterseli. Makanan ini sangat mudah kamu temui di pasar lokal yang ada di Turki. Cara memasak gozleme ini cukup mudah, cukup dipanggang menggunakan panggangan yang besar. Kamu bisa menikmati gozleme ini bersama dengan teh hangat atau ayran, yoghurt khas dari Turki.

Leave a Reply