10 Makanan Khas Palembang yang Bisa Membuat Kamu Berdendang

MAKANAN KHAS PALEMBANG – Apakah kamu pernah main ke Palembang? Kalau pernah, apa nama makanan yang paling terkenal di sana? Yup, benar sekali, pempek. Hampir di seluruh Indonesia, makanan ini ada, nggak cuma di Palembang saja.

Tapi, tahukah kamu, kalau ternyata makanan di Palembang itu nggak cuma pempek saja yang terkenal. Ada banyak makanan yang mungkin kamu tahu bentuknya tapi nggak tahu dari mana makanan itu berasal.

Nah, untuk menambah khasanah per-kuliner-an mu, mari kita cari tahu tentang makanan khas dari kota yang ada di Sumatera Selatan ini.

1. Pempek

Pempek ikan

pegipegi.com

Kalau denger kata pempek, pastilah orang akan teringat nama Palembang. Yup, pempek memang salah satu makanan yang berasal dari kota tersebut. Dan makanan ini sangat populer bahkan di luar Palembang. Kamu mungkin akan dengan mudah menemukan warung atau restoran yang menjual pempek ini.

Pempek merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah daging ikan dan sagu. Dengan berkembangnya pengetahuan, sekarang sudah banyak variasi pempek yang lebih menarik. Ada yang ditambah dengan isian telur ayam, kulit ikan, atau tahu.

Jenis pempek pun beragam, ada pempek kapal selam, pempek adaan, pempek lenjer, pempek kulit, pempek pistel, pempek tahu, pempek lenggang, pempek udang, pempek belah, pempek panggang, dan pempek otak-otak.

Untuk menikmati pempek, masyarakat Palembang biasanya menggunakan saus cuko. Saus berwarna kehitaman yang terbuat dari cabe, gula merah, dan udang kering. Makan pempek pakai cuko akan menambah cita rasa dari pempek, kamu harus cobain deh.

2. Tekwan

Tekwan

en.wikipedia.org

Kalau kamu tahu tekwan, makanan ini juga terbuat dari daging ikan dan sagu lho. Mirip kayak pempek gitu, tapi bedanya cara penyajiannya. Bentuk tekwan ini bulat-bulat kecil dan disajikan bersama kaldu udang, bawang goreng, seledri, jamur kuping, bihun, dan taburan daun bawang.

Kenikmatan tekwan akan lebih terasa ketika kita memakannya saat masih panas. Jangan lupa menambahkan sambal yang tentunya akan lebih menambah kenikmatan dari tekwan

3. Model

Model

phinemo.com

Model itu nama makanan lho, bukan model yang suka bergaya di depan kamera. Model ini mirip dengan tekwan lho, bahan dasarnya berupa daging ikan dan sagu. Kemudian dibentuk menyerupai pempek tahu dan dipotong kecil-kecil. Penyajiannya tentu memakai kuah kaldu udang dengan soun sebagai pelengkap.

Model ternyata ada 2 varian berbeda, yaitu model ikan dan model gandum. Kamu bisa pilih mana yang lebih kamu suka, kalau nggak suka ikan, mungkin kamu bisa memilih model gandum.

Kalau tadi, penyajian model menggunakan kuah dan juga soun, ternyata masih ada teman-temannya yang lain lho. Kamu dapat menjumpai udang, timun, jamur kuping, dan bawang goreng dalam seporsi model. Ada juga tuh yang menambahkan cuka agar rasa makanan ini lebih mantab.

4. Laksan

Laksan

klikhotel.com

Makanan Palembang itu, ternyata banyak yang menggunakan bahan daging ikan dan tepung sagu. Termasuk di dalamnya ya laksan ini. Laksan merupakan pempek lenjer yang tebal dan dipotong melintang.

Kalau biasanya pempek itu dimakan dengan menggunakan kuah cuko, laksan ini sedikit berbeda. Laksan dapat kamu nikmati dengan kuah santan pedas, yang tentu saja gurih dan nikmat.

5. Kemplang

Kerupuk kemplang

en.wikipedia.org

Kamu pernah makan kerupuk ikan? Mungkin yang kamu makan itu kemplang. Kemplang adalah kerupuk yang terbuat dari pempek lenjer yang diiris tipis dan dikeringkan.

Yang namanya kerupuk, tentu saja kemplang ini memiliki tekstur yang renyah. Rasanya pun berbeda dengan kerupuk biasanya karena menggunakan pempek yang bahan dasarnya adalah ikan.

Kemplang ini ada dua versi lho, yang digoreng atau dipanggang. Biasanya, untuk menikmati kemplang, kamu bisa mencocolkannya ke sambal khas yang berwarna hitam dan rasanya sungguh mantab.

6. Celimpungan

Celimpungan

sotokito.blogspot.com

Walaupun memiliki nama yang berbeda-beda, ternyata makanan khas Palembang itu memiliki bentuk yang mirip atau menggunakan bahan dasar yang sama.

Celimpungan, kalau dilihat sekilas, bentuknya itu mirip seperti laksan. Bedanya cuma bentuknya saja, celimpungan memiliki bentuk bulat pipih dan ukurannya lebih besar dari tekwan.

Untuk penyajiannya, celimpungan dihidangkan bersama kuah santan yang sudah dicampur kunyit, bawan putih, bawang merah, daun salam, garam, dan lada. Dengan banyakya bumbu yang digunakan untuk kuah santan, menyebabkan warna kuahnya menjadi kekuningan dan memiliki rasa yang nikmat.

7. Kue Maksuba

Kue Maksuba

wikimedia.org

Salah satu makanan khas berupa kue dari Palembang adalah kue maksuba. Kue ini sekilas mirip seperti kue lapis, tapi tentu saja kedua makanan ini memiliki perbedaan.

Kue maksuba berbahan dasar telur bebek dan susu kental manis. Bahkan, telur yang digunakan untuk membuat kue ini bisa mencapai 28 butir lho. Nggak kebayang deh gimana lezatnya kue dengan telur bebek sebanyak itu.

Nah, dari kedua bahan tersebut, ditambah dengan bahan lain, adonan kue maksuba kemudian dibuat menjadi mirip kue lapis. Kue ini tentu memiliki rasa yang enak dan manis, teksturnya pun legit dan lembut.

Konon, kue maksuba dipercaya sebagai sajian utama di Kasultanan Palembang lho. Kue ini biasa disajikan kepada tamu kehormatan. Tapi, sekarang kamu bisa menjumpai kue maksuba di Palembang dengan mudah. Kue ini juga sering kali disajikan saat sedang merayakan hari raya.

8. Martabak Har

Martabak Har

luckty.wordpress.com

Jajanan ringan khas Palembang yang mengadopsi makanan dari India, martabak har. Salah satu makanan khas dengan bahan pembuatnya yang sederhana. Terdiri dari tapung terigu, telur ayam, telur bebek. Dimasak sampai matang dan disiram dengan kari kambing dan kentang.

Makan martabak har ini tentulah berbeda dengan memakan martabak telur biasa. Martabak har lebih terasa gurih dan rasanya itu ringan di mulut, dipadukan dengan kuah kari-nya, hmmm. Kamu pasti bisa dibikin kekenyangan karena nggak mau berhenti makan.

9. Kue Srikaya

Kue Srikaya

kuliner.ilmci.com

Kue srikaya, atau orang Palembang menyebutnya kue srikayo, merupakan kue dengan rasa yang manis dan teksturnya lembut.

Kue yang satu ini bentuknya mirip dengan puding, berwarna hijau yang berasal dari daun pandan. Selain kue yang berwarna hijau, biasanya bagian bawah kue ini juga terdapat sesuatu berwarna putih.

Bagian bawah kue srikaya biasanya adalah ketan, tapi ada juga yang menggantinya dengan roti. Walaupun namanya kue srikaya, tapi kue ini nggak pakai srikaya lho buat bahan utamanya. Kue ini menggunakan telur dan bahan lainnya sebagai bahan utamanya.

10. Pindang Tulang

Pindang Tulang Palembang

dentistvschef.wordpress.com

Pindang tulang, makanan khas Palembang yang terbuat dari tulang sapi dengan sedikit daging yang masih menempel dan juga sumsum tulang. Kalau di daerah Pulau Jawa, mungkin mirip dengan tengkleng ya makanan yang satu ini.

Tulang sapi yang digunakan pada masakan ini akan dimasak bersama dengan bumbu pedas. Mirip-mirip seperti pindang patin gitu. Rasanya pun juga lezat, apalagi kalau kamu makan pas dapat sumsum tulangnya, hmmmm, pasti nikmat banget tuh.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Palembang. Atau kamu juga bisa mampir ke kota tetangga untuk mencicipi makanan khas Medan atau makanan khas Padang. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Reply