4 Makanan Khas Jambi yang Selalu Dinanti

MAKANAN KHAS JAMBI – Jambi, sebuah kota yang terletak di Pulau Sumatera, memiliki banyak keindahan di dalamnya. Kamu dapat menemukan kebudayaan di sana, pemandangan alam yang memesona, dan makanan yang menggoda.

Ngomongin soal makanan nih, kemarin-kemarin kan kita udah pernah bahas makanan khas Padang, makanan khas Medan, dan makanan khas Palembang tuh. Nah, mungkin kamu juga penasaran apa aja sih makanan khas Jambi itu.

Biar kamu nggak makin penasaran dan pengetahuanmu bertambah tentang dunia per-kuliner-an, langsung aja yuk kita cari tau apa aja makanan yang menjadi khasnya Jambi.

1. Kue Srikaya

Kue srikaya khas Jambi

kuliner.ilmci.com

Makanan khas Jambi yang unik dan tentu saja bikin penasaran adalah kue srikaya. Kamu tau kan sama buah srikaya? Nah, kalau nggak tau tenang aja, kue ini nggak dibuat pakai buah srikaya kok. Cuma namanya aja yang pakek srikaya.

Kue ini bukan menggunakan srikaya sebagai bahan utamanya lho, tapi malah menggunakan tape. Nah, di sinilah keunikannya kue yang satu ini. Orang yang belum tahu pasti mengira kue ini dibuat menggunakan buah srikaya. Eh, ternyata malah pakai tape sebagai bahan utamanya.

Selain tape, kue ini juga menggunakan santan sebagai bahan campurannya. Tidak lupa juga diberi pewarna alami dari daun pandan, gula, dan juga rempah-rempah. Rasa kue yang satu ini patut kamu coba lho, lezat dan memiliki aroma yang khas.

2. Nasi Gemuk

Nasi gemuk makanan khas Jambi

sharontravelogue.com

Nasi gemuk merupakan makanan berbahan dasar nasi khas Melayu, dan tentu saja, olahan nasi ini menjadi salah satu makanan favorit di Jambi.

Nasi gemuk biasa dinikmati saat pagi hari untuk sarapan. Di dalam nasi gemuk, kamu akan mendapati nasi yang memasaknya menggunakan santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk. Selain nasi yang menjadi tokoh utamanya, tentu saja ada pelengkap lain yang menemaninya juga.

3. Gandus

Kue gandus kue khas Jambi

kuekhaspalembang.com

Gandus merupakan makanan khas Jambi yang berupa kue. Gandus terbuat dari tepung beras, santan, sagu, dan bumbu-bumbu yang membuat kue ini sedap rasanya. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, garam, dan cabe.

Kue gandus ini dimasak dengan cara dikukus, kemudian dipotong kotak kecil setelah matang. Tak lupa tambahan taburan ayam, ebi, udang, daging giling, atau bisa juga abon ikan.

Buat kamu yang penasaran, coba datang ke Jambi, dan nikmati makanan khas yang satu ini. Rasanya itu menggoda banget deh, gurih dengan tekstur yang legit. Cocok banget buat teman minum teh hangat.

4. Burgo

Kue burgo khas Jambi

passionandmind.blogspot.com

Satu lagi makanan khas Jambi yang berupa kue adalah burgo. Makanan khas yang terbuat dari tepung beras dan sagu. Kue ini kalau dilihat dari bahannya mirip dengan kue gandus. Teksturnya pun hampir sama, kenyal dan legit.

Perbedaan kue ini dengan kue gandus adalah bentuk dan cara penyajiannya. Kue burgo disajikan dengan bentuk seperti dadar gulung. Selain itu, kue gurih ini juga memakai kuah yang terbuat dari santan, kaldu ikan, dan udang. Jangan lupa juga taburan bawang goreng yang bakal menambah kenikmatan kue burgo ini.

Bener-bener menggoda kan makanan khas Jambi di atas? Buruan cobain makanan khas Jambi ini, tentu saja setelah mencoba makanan khas Jogja, makanan khas Jawa Barat, makanan khas Jawa Tengah, dan makanan khas Jawa Timur. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Reply