10 Makanan Khas Jambi yang Selalu Dinanti

Makanan Khas Jambi – Jambi, sebuah kota yang terletak di Pulau Sumatera, memiliki banyak keindahan di dalamnya. Kamu dapat menemukan kebudayaan di sana, pemandangan alam yang memesona, dan makanan yang menggoda.

Ngomongin soal makanan nih, kemarin-kemarin kan kita udah pernah bahas makanan khas Padang, makanan khas Medan, dan makanan khas Palembang tuh. Nah, mungkin kamu juga penasaran apa aja sih makanan khas Jambi itu.

Biar kamu nggak makin penasaran dan pengetahuanmu bertambah tentang dunia per-kuliner-an dan masakan khas Indonesia, langsung aja yuk kita cari tau apa aja makanan yang menjadi khasnya Jambi.

1. Kue Srikaya

Kue srikaya khas Jambi

kuliner.ilmci.com

Makanan khas Jambi yang unik dan tentu saja bikin penasaran adalah kue srikaya. Kamu tau kan sama buah srikaya? Nah, kalau nggak tau tenang aja, kue ini nggak dibuat pakai buah srikaya kok. Cuma namanya aja yang pakek srikaya.

Kue ini bukan menggunakan srikaya sebagai bahan utamanya lho, tapi malah menggunakan tape. Nah, di sinilah keunikannya kue yang satu ini. Orang yang belum tahu pasti mengira kue ini dibuat menggunakan buah srikaya. Eh, ternyata malah pakai tape sebagai bahan utamanya.

Selain tape, kue ini juga menggunakan santan sebagai bahan campurannya. Tidak lupa juga diberi pewarna alami dari daun pandan, gula, dan juga rempah-rempah. Rasa kue yang satu ini patut kamu coba lho, lezat dan memiliki aroma yang khas.

2. Nasi Gemuk

Nasi gemuk makanan khas Jambi

sharontravelogue.com

Nasi gemuk merupakan makanan berbahan dasar nasi khas Melayu, dan tentu saja, olahan nasi ini menjadi salah satu makanan favorit di Jambi.

Nasi gemuk biasa dinikmati saat pagi hari untuk sarapan. Di dalam nasi gemuk, kamu akan mendapati nasi yang memasaknya menggunakan santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk. Selain nasi yang menjadi tokoh utamanya, tentu saja ada pelengkap lain yang menemaninya juga.

3. Gandus

Kue gandus kue khas Jambi

kuekhaspalembang.com

Gandus merupakan makanan khas Jambi yang berupa kue. Gandus terbuat dari tepung beras, santan, sagu, dan bumbu-bumbu yang membuat kue ini sedap rasanya. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, garam, dan cabe.

Kue gandus ini dimasak dengan cara dikukus, kemudian dipotong kotak kecil setelah matang. Tak lupa tambahan taburan ayam, ebi, udang, daging giling, atau bisa juga abon ikan.

Buat kamu yang penasaran, coba datang ke Jambi, dan nikmati makanan khas yang satu ini. Rasanya itu menggoda banget deh, gurih dengan tekstur yang legit. Cocok banget buat teman minum teh hangat.

4. Burgo

Kue burgo khas Jambi

passionandmind.blogspot.com

Satu lagi makanan khas Jambi yang berupa kue adalah burgo. Makanan khas yang terbuat dari tepung beras dan sagu. Kue ini kalau dilihat dari bahannya mirip dengan kue gandus. Teksturnya pun hampir sama, kenyal dan legit.

Perbedaan kue ini dengan kue gandus adalah bentuk dan cara penyajiannya. Kue burgo disajikan dengan bentuk seperti dadar gulung. Selain itu, kue gurih ini juga memakai kuah yang terbuat dari santan, kaldu ikan, dan udang. Jangan lupa juga taburan bawang goreng yang bakal menambah kenikmatan kue burgo ini.

5. Kue Padamaran

Kue Padamara

akurat.co

Kalau kamu mencari jajanan tradisional dari Jambi, kue ini bisa jadi salah satunya, kue padamaran. Kue ini terbuat dari tepung beras dan santan, rasanya gurih. Tekstur dari kue padamaran mirip seperti bubur sumsum. Bedanya dengan bubur sumsum terletak pada kinca gula merahnya.

Kalau bubur sumsum, kinca gula merahnya disiramkan di atas bubur. Kue padamaran, kinca gula merahnya tidak hanya di bagian atas kue saja, tetapi juga di dasarnya. Perpaduan rasa kue dengan kinca gula merah akan memberikan keunikan tersendiri.

6. Bolu Kojo

Bolu Kojo

kedaikuka.co.id

Bolu kojo mungkin belum seterkenal makanan khas Jambi lainnya. Tapi, di daerah Sumatera Selatan, makanan ini cukup populer lho. Kamu akan mudah menemukannya di daerah Palembang, Riau, Bengkulu, dan Jambi.

Bolu kojo disebut juga bolu kemojo, kue bolu yang bentuknya mirip bunga kamboja. Bentuk bunga di kue ini didapat dari bentuk loyang yang digunakan. Loyang sengaja dipilih yang bentuknya mirip seperti bunga kamboja.

Kue ini, biasanya dimakan sebagai menu berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Selain menu berbuka, bolu kojo biasanya juga dihidangkan dalam acara atau pesta adat. Bolu kojo sangat cocok dinikmati sambil minum teh hangat dan bersantai serta bercengkrama dengan keluarga.

7. Mie Celor

Mie Celor

foody.id

Di Jambi juga ada mie yang memiliki rasa khas lho, namanya adalah mie celor. Mie ini seperti mie pada umumnya, terbuat dari tepung terigu. Saat disajikan, mie celor akan dilengkapi dengan seledri dan toge, tapi ada juga yang menggunakan daun sop.

Kalau kamu berkunjung ke Jambi, akan sangat mudah menemukan mie yang satu ini. Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan di Kota Jambi. Tapi, kalau sedang nggak di Jambi, kamu juga bisa menemukannya di Bengkulu, Palembang, dan Padang.

Perbedaan mie celor Jambi dengan mie celor yang lainnya terletak pada kuahnya. Kuah dari mie celor Jambi tidak terlalu kental dibanding lainnya.

8. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng

wanitaindonesia.co.id

Apakah kamu pernah mendengar rambutan digoreng? Kalau iya, itu merupakan salah satu makanan khas yang unik dari Jambi. Rambutan goreng merupakan rambutan yang digoreng, mirip seperti membuat pisang goreng. Menggoreng rambutan ini tentu juga tanpa kulit, hanya daging dan bijinya saja.

Sebelum digoreng, rambutan akan dibiarkan terlebih dahulu agar kering. Tujuan pengeringan tersebut supaya hasil akhirnya nanti bagus. Setelah kering, daging rambutan ditaburi bumbu yang terdiri dari tepung terigu, vanili, dan garam. Baru setelah itu digoreng sampai berwarna kecoklatan atau matang.

Makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh juga karena tahan sampai enam bulan. Kata orang yang pernah mencicipinya, rambutan goreng memiliki rasa seperti kurma. Apakah kamu penasaran dengan rasanya?

9. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan Mas

pinterest.com

Kerutup Ikan merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari ikan air tawar. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan gurame, nila, atau ikan mas. Setelah dipilih ikan yang segar, kemudian dibumbui, baru kemudian digoreng bersama dengan daun kunyit.

Untuk menikmati kerutup ikan, kamu bisa mencarinya di rumah makan khas Jambi. Ketika kamu memesan kerutup ikan, biasanya ikan baru digorengkan sesuai pesanan. Jadi, tentu akan dihidangkan saat masih panas. Menu ikan ini paling enak dinikmati dengan pelengkap berupa lalapan dan sambal terasi.

10. Kue Muso

Kue Muso

instagram.com

Kue muso merupakan salah satu makanan khas yang sangat disukai masyarakat Jambi. Kue muso memiliki bentuk seperti mangkok yang bagian pinggirnya berwarna coklat dan tengahnya terisi adonan hijau. Pinggiran dari kue ini merupakan coklat pada yang tentu rasanya enak.

Untuk membuat kue ini, kamu memerlukan banyak bahan. Mulai dari tepung terigu, tepung ketan, bubuk coklat, air pandan, air suji, minyak sayur, garam halus, santan, telur, gula pasir, air hangat, dan vanili bubuk.

Kamu akan dengan mudah menemukan kue ini ketika Bulan Ramadhan. Kue ini biasanya disantap sebagai salah satu menu berbuka puasa. Rasa dari kue ini manis, sehingga cocok sebagai menu takjil untuk menambah tenaga setelah seharian berpuasa.

Bener-bener menggoda kan makanan khas Jambi di atas? Buruan cobain makanan khas Jambi ini, tentu saja setelah mencoba makanan khas Jogja, makanan khas Jawa Barat, makanan khas Jawa Tengah, dan makanan khas Jawa Timur. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Reply