Makanan Khas Jakarta, Menikmati Hidangan Ibukota

MAKANAN KHAS JAKARTA – Jakarta, sebuah kota yang menjadi pusatnya Indonesia. Berkumpulnya manusia dari berbagai pelosok negeri untuk mengadu nasib di sana. Mulai dari aceh yang ada di ujung Sumatera, atau Papua yang kaya di Timur Indonesia. Semuanya berkumpul dalam satu kota bernama Jakarta.

Jakarta tentunya punya daya tarik tersendiri sampai bisa menjadi magnet untuk orang yang ingin mencari pekerjaan. Konon katanya, di sana banyak terdapat lapangan pekerjaan. Sehingga, orang-orang rela untuk berdesakan demi bisa berangkat kerja waktu masih pagi buta.

Nah, keunikan jakarta yang paling kentara tentunya ada pada makanannya. Makanan khas Betawi menjadi salah satu daya tarik yang nggak bisa dipungkiri. Siapapun yang pernah merasakannya, pastinya pengen makan lagi untuk yang kedua kalinya.

Lalu apa saja sih makanan khas Jakarta yang bisa kita coba? Berikut ini beberapa makanan yang layak buat kamu coba ketika berkunjung ke Jakarta.

1. Kerak Telor

Kerak Telor Jakarta, Betawi

taysbakers.com

Makanan yang satu ini agaknya sudah bukan hal yang baru lagi. Kerak telor sudah menjadi ikonnya Kota Jakarta. Kamu bisa menemui makanan khas Betawi ini di Jakarta. Apalagi kalau pas ada acara Pekan Raya Jakarta, lebih gampang lagi tuh nyarinya.

Kerak telor ini kalau dilihat-lihat, mirip sama omlet. Bahan utamanya tentu saja telor, kemudian ditambah dengan ketan dan beberapa bahan lain.

Ada yang unik dari makanan yang berbentuk lingkaran ini. Cara memasaknya menggunakan tungku arang, dan yang paling keren, setelah setengah matang, saat memasak kerak telor, wajannya dibalik. Tapi, telor yang ada di wajan itu nggak tumpah lho. Kamu harus lihat sendiri tuh biar percaya.

2. Ketoprak

Ketoprak Jakarta

rinipuspitajulianti.wordpress.com

Ketoprak merupakan makanan yang terbuat dari ketupat ataupun lontong yang diberi tambahan tahu, bihun, dan tauge. Kenikmatan ketoprak berasal dari saus kacang yang disiram di atas bahan-bahan tadi.

Tak lupa pula, pelengkap berupa kerupuk diletakkan di atas ketoprak untuk menambah kenikmatannya. Kamu bisa meminta rasa yang pedas juga lho kalau memang suka sama yang nendang.

3. Nasi Uduk

Nasi uduk Jakarta

bkpk.me

Makanan ini sudah nggak asing lagi pasti di telinga orang Indonesia. Nasi uduk, kalau di Jakarta biasa dijadikan menu sarapan yang lezat. Mungkin kalau dilihat mirip-mirip nasi liwet gitu ya bentuknya.

Bahan dari nasi uduk ini tentunya beras putih yang dimasak bersama bumbu. Bumbu yang digunakan adalah santan, daun serai, daun jeruk, daun salam, dan garam.

Kelezatan nadi uduk ini akan lebih terasa jika dimakan saat masih hangat. Rasanya gurih dan nikmat, dengan tambahan telur dadar, ayam goreng, semur jengkol, kentang balado, sambal kacang, dan empal, menjadikan makanan ini lebih istimewa.

4. Semur Jengkol

Semur jengkol yang menggoda

kesehatanibuhamil.com

Siapa sih yang nggak suka sama jengkol? Pastinya lebih banyak daripada yang suka ya? Mungkin karena menghilangkan bau jengkol itu yang agak sulit. Bisa mengganggu kehidupan berumah tangga kalau sampai bau jengkol menyebar kemana-mana.

Tapi, semur jengkol itu rasanya unik lho, apalagi dipadukan dengan bumbu-bumbu pilihan. Makanan khas Betawi ini paling banyak penggemarnya di Betawi tentu saja. Karena, orang Betawi tahu bagaimana cara menghilangkan bau jengkol yang kurang enak itu.

5. Nasi Ulam

Nasi Ulam Betawi

en.wikipedia.org

Nasi ulam merupakan salah satu makanan khas betawi yang bahan utamanya adalah nasi. Nasi ulam merupakan masakan perpaduan antara cita rasa Betawi dengan kuliner Cina.

Nasi ulam biasa disajikan dengan siraman semur kentang/semur tahu/semur telur di atas nasinya. Tak lupa pula tambahan bihun goreng, cumi asin goreng, perkedel kentang, dan telur dadar iris. Tambah nikmat lagi kalau diberi daun kemangi, bawang goreng, taburan kacang, dan sambal.

6. Gado-gado

Gado gado yang nampak lezat dimakan

travelblog.ticktab.com

Gado-gado ini mungkin mirip sama salad sayur dari barat ya. Campuran sayuran yang kemudian diberi saus kacang yang gurih dan lezat.

Gado-gado merupakan makanan campur-campur, isinya ada ketupat, telur, kentang, tahu, kerupuk, dan taburan bawang goreng. Kemudian, tak lupa guyuran saus kacang di atas semua bahan. Cocok banget kalau mau buat sarapan, makan siang, atau makan malam.

7. Laksa Betawi

Laksa Betawi

en.wikipedia.org

Laksa merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Cibinong, tapi kemudian merambah sampai ke Jakarta dan akhirnya disebut laksa Betawi.

Laksa ini merupakan makanan berkuah yang terdiri dari bihun, perkedel, telur, dan taburan daun kemangi serta daun kucai. Makanan yang satu ini juga dipengaruhi cita rasa Cina dengan rasa yang gurih dan manis.

Nah, itu tadi makanan khas Jakarta yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jangan lupa untuk jaga kesehatan agar tetap bisa makan-makan dan jalan-jalan ya 🙂

Leave a Reply