Lari Estafet, Olahraga Beregu dengan Teknik dan Cara Bermain Sendiri

LARI ESTAFET – Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah lari. Olahraga lari ini ada bermacam-macam, mulai dari lari jarak pendek, lari maraton, lari halang rintang, sampai lari estafet.

Dari sekian banyak jenis lari, ada jenis lari yang ternyata merupakan olahraga beregu lho. Mungkin kamu juga udah tau tuh, olahraga lari yang beregu adalah lari estafet.

Buat kamu yang penasaran apa sih itu lari estafet, simak yuk artikel di bawah ini.

Sejarah Lari Estafet

Lari estafet pertama kali dikenal di bangsa Aztek, Inka, dan Maya yang tujuannya adalah untuk meneruskan berita yang sudah diketahui. Kemudian, di Yunani, ada yang namanya estafet obor. Acara ini diselenggarakan saat pemujaan leluhur untuk meneruskan api keramat ke daerah jajahan yang baru. Nah, tradisi apo olimpiade sekarang ini juga terinspirasi dari kebudayaan di Yunani.

Pengertian Lari Estafet

Lari estafet atau lari sambung adalah salah satu cabang dari olahraga atletik yang dilakukan secara bergantian atau beranting. Lari estafet dilakukan dengan bersambung dan bergantian membawa sebuah tongkat dari start sampai finish.

Dalam satu regu lari estafet, terdiri dari empat orang pelari. Setiap pelari akan membawa tongkat dan menyampaikannya pada pelari lainnya.

Pada saat akan memulai, pelari pertama akan menggunakan start jongkok. Sedangkan untuk pelari kedua, ketigam dan keempat menggunakan start melayang.

Jarak lari estafet yang sering diperlombakan dalam perlombaan olahraga atletik adalah 4×400 meter. Selain teknik yang harus dimiliki oleh para pelari, pemberian dan penerimaan tongkat di daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan juga harus dikuasai dengan baik.

Peraturan Lari Estafet

Peraturan dalam perlombaan lari estafet dibagi menjadi dua, yaitu untuk lari estafet 4×100 meter dan 4×400 meter. Tapi, kedua jenis ini hampir sama peraturannya. Perbedaannya adalah ketika ada peserta yang menjatuhkan tongkat estafetnya.

Pada perlombaan lari estafet 4×100 meter, jika ada peserta yang menjatuhkan tongkat, maka tim-nya akan langsung didiskualifikasi. Tapi, untuk lari estafet 4×400 meter, jika ada pelari yang menjatuhkan tongkat, maka diperbolehkan untuk mengambil kembali tongkat yang dijatuhkan.

Selain itu, ada peraturan lain seperti daerah untuk pergantian tongkat estafet. Pergantian tongkat estafet harus dilakukan pada daerah pergantian yang panjangnya 20 meter. Dan, untuk pelari estafet 4×100 meter, akan ditambah 10 meter prazona.

Apa itu prazona? Prazona adalah daerah yang digunakan pelari untuk mempercepat larinya, panjangnya sekitar 10 meter. Tapi, saat memasuki prazona, sudah tidak ada pergantian tongkat.

Peraturan lainnya adalah pelari harus selalu berada di jalur larinya masing-masing walaupun sudah memberikan tongkatnya kepada pelari berikutnya.

Dalam lari estafet juga ada peraturan, pelari pertama harus berlari pada lintasannya masing-masing sampai pada tikungan pertama. Kemudian, pelari pertama boleh masuk ke lintasan dalam. Pelari ketiga dan keempat akan menunggu di daerah pergantian secara berurutan sesuai kedatangan anggota tim-nya.

Tongkat Estafet

Namanya juga lari estafet, pastilah membutuhkan tongkat estafet. Tongkat estafet adalah sebuah tongkat yang diberikan secara bergilir dari satu pelari ke pelari lain yang masih dalam satu tim. Tongkan estafet juga tidak bisa sembarang tongkat, ada spesifikasinya sendiri.

  • Panjang tongkat adalah 29-30 cm
  • Diameter tongkat, untuk dewasa 3,81 cm dan untuk anak-anak 2,54 cm
  • Berat tongkat adalah 50 gram

Memegang Tongkat Estafet

Memegang tongkat estafet

asysyariah.com

Cara memgang tongkat estafet pun tidak bisa sembarangan. Tongkat estafet bisa dipegang menggunakan tangan kanan atau tangan kiri. Setengah bagian tongkat dipegang oleh pemberi tongkat, dan ujung bagian lain akan dipegang oleh penerima tongkat berikutnya.

start dengan memegang tongkat estafet

atletismo.f1cf.com.br

Selain itu, untuk pelari pertama, tongkat estafet harus dipegang di belakang garis start.

Demikian sekilas tentang lari estafet, semoga dapat menambah pengetahuan kamu tentang olahraga yang ada 🙂

Leave a Reply