Karya Seni Kerajinan Tangan dari Kertas

KERAJINAN TANGAN DARI KERTAS – Karya seni berupa kerajinan tangan saat ini sangat banyak macamnya. Mungkin karena kertas itu mudah dibentuk dan barangnya pun mudah didapat. Jadi banyak orang yang suka membuat kerajinan tangan dari bahan kertas.

Bahkan, kerajinan tangan dari kertas ini biasa dibuat menjadi tugas dari sekolah. Entah itu kerajinan dari koran bekas, kerajinan dari kardus dan masih banyak kertas-kertas lain yang dijadikan kerajinan.

Anak TK pun juga sudah diajari untuk membuat kerajinan dari kertas lho. Biasanya sih hanya melipat-melipat kertas menjadi bentuk burung atau binatang yang lain. Ada juga yang diajari membuat kerajinan dengan memotong-motong kertas menjadi bentuk yang indah.

Nah, kalau kerajinan kertas yang biasa mungkin kamu udah pernah lihat. Berikut ini ada beberapa kerajinan tangan dari kertas yang beda dari biasanya. Dari bentuk dan tingkat kesulitannya pun jauh lebih tinggi.

1. Angsa Kertas

Kertas yang disusun berbentuk angsa

dillta.wordpress.com

Kalau membuat origami, biasanya berbentuk burung-burungan kan? Nah, ini juga seni dari kertas yang bentuknya burung juga. Bedanya bentuknya yang lebih besar, dan cara membuatnya lebih rumit. Kerajinan angsa kertas ini dibuat dengan melipat kertas menjadi berbentuk segitiga. Nah, butuh banyak kertas yang kemudian disusun sampai berbentuk angsa.

Kamu juga bisa bikin sendiri lho, tapi cari-cari dulu tuh tutorialnya. Bentuk yang bisa dibuat pun banyak, nggak cuma angsa aja. Hewan-hewan lain juga bisa, kalau mau coba dan berhasil, nanti bisa juga tuh di-upload disini.

2. Papercraft

Karya seni dari kertas

bilazassalsabilah.blogspot.com

Papercraft ini merupakan kerjinan yang lebih modern karena kertasnya ada gambarnya. Membuat papercraf ini bermacam-macam tingkat kesulitannya. Mulai dari yang bentuknya sederhana seperti gambar di atas, atau bentuk yang lebih rumit lagi.

Membuat papercraft yang sederhana cukup mudah kok caranya. Pertama kamu harus cari dulu pola gambar yang mau dibuat menjadi papercraft. Kemudian print pola tersebut diatas sebuah kertas, usahakan menggunakan kertas yang agak tebal. Setelah itu potong kertas mengikuti pola yang sudah ada. Terakhir tinggal disatukan deh menggunakan lem.

3. Tekukan Kertas yang Indah

Karya seni dari kertas yang ditekuk

storenvy.com

Nah, kalau yang satu ini banyak orang yang bisa, namanya seni melipat kertas atau origami. Bentuk yang sering dibuat adalah burung, ada juga yang membuat origami berbentuk naga lho. Kalau gambar diatas itu bentuknya kurang tau apa ya. Tapi kelihatan keren dan rumit cara membuatnya.

4. Pop-up Book

Buku pop up

boston.com

Pop-up merupakan seni yang menampilkan gambar yang muncul dari kertas, atau 3d. Jadi kalau kamu membuka buku pop-up, akan muncul gambar yang timbul. Seperti pada gambar di atas, ikannya keluar dari halaman buku tersebut.

5. Pop-up Card

Kartu ucapan pop up

storenvy.com

Pop-up card ini hampir sama dengan pop-up book. Bedanya cuma berbentuk buku dan kartu saja. Nah, pop-up card ini biasa digunakan untuk kartu ucapan, seperti ucapan ulang tahun, pernikahan, atau untuk memberi hadiah pada kawan. Selain itu, pop-up card juga bisa dijadikan sebagai undangan suatu acara lho.

6. Seni Menggulung Kertas

Karya seni dari kertas berbentuk ikan

design-moderne.com

Seni kertas yang satu ini kelihatan sangat indah dengan berbagai macam warna. Gulungan-gulungan kertas yang disusun sehingga berbentuk menjadi sebuah bentuk yang keren.

7. Potongan Kertas yang Indah

Kertas dipotong membentuk karya yang indah

4rtgallery.blogspot.com

Seni kertas yang lain seperti terlihat pada gambar. Kalau yang ini tingkat kerumitannya lebih tinggi lagi. Nggak bisa bayangin deh, butuh waktu berapa lama sehingga menghasilkan seni seperti gambar di atas.

8. Seni Kertas yang Rumit

Naga kertas

creativeboysclub.com

Nah, kerajinan tangan yang satu ini juga dari kertas lho. Nggak percaya kan? Awalnya saya juga nggak percaya, masak kertas bisa jadi bentuk kayak gitu.

Kerajinan tangan dari kertas ini merupakan sedikit kerajinan yang keren. Ada juga kerajinan lainnya, seperti kerajinan tangan dari kardus, kerajinan tangan dari sedotan, dan kerajinan tangan dari botol bekas.

Itu tadi beberapa karya seni yang terbuat dari kertas. Sebenarnya masih banyak lagi yang lain, nanti saya update lagi deh, makanya tungguin terus ya.

Leave a Reply