Kostum iron man dari kardus

Kerajinan Tangan dari Kardus

Banyak sekali kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan barang bekas. Ada kerajinan tangan dari kardus plastik, sedotan, kertas dan botol plastik.

Semua kerajinan tersebut dibuat selain untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai lagi, juga dapat menambah nilai dari barang tersebut.

Contoh barang yang bisa dibuat dari barang bekas misalnya bunga dari sedotan. Awalnya sedotan bekas hanya memiliki nilai jual yang rendah. Tetapi, setelah diolah dan dibuat menjadi kerajinan bunga dari sedotan, nilai jualnya pun jadi meningkat.

Nah, salah satu barang bekas yang juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi kerajinan tangan adalah kardus. Banyak lho kerajinan keren yang bahan bakunya kardus bekas. Kalau nggak percaya, mending langsung lihat aja deh beberapa kerajinan dari kardus berikut ini.

1. Kursi Kardus

kursi dari kardus
archieli.com

Kamu tentu sudah sering menemui kursi dari bahan kayu, besi, beton, atau plastik. Tapi, ternyata ada juga lho kursi yang dibuat dari kardus. Desainnya pun unik dan menarik, kamu bisa mencoba membuatnya di rumah.

Kursi dari kardus ini memiliki bobot yang lebih ringan dengan bentuk elegan. Cocok banget kalau kamu punya rumah minimalis. Tapi ingat, kursi kardus tentu tidak sekuat kursi dari kayu atau bahan lainnya ya.

2. Meja Kardus

meja dari kardus
lingkarwarna.com

Meja kardus ini cocok buat kamu yang sering menata ruangan atau suka bekerja di luar. Beratnya nggak kayak meja kayu, jadi kamu mudah untuk memindahkannya. Kamu juga bisa membentuknya menjadi berbagai macam bentuk yang tentu bisa kamu kreasikan semaumu.

Meja kardus bisa kamu buat dengan bahan kardus bekas atau baru. Tapi, untuk mendapatkan bentuk yang lebih baik, sebaiknya gunakan kardus baru. Selain masih bagus, kardus baru tentu lebih kuat saat dibuat menjadi meja.

3. Celengan Kardus

Kerajinan celengan dari kardus
kerajinantanganbagus.blogspot.com

Biasanya celengan terbuat dari bahan plastik atau kaleng saja. Tetapi, berkat ide kreatif seseorang, celengan dibuat dari bahan kardus bekas. Hasilnya pun sangat cantik dan rapi, nggak kalah sama celengan dari bahan plastik.

Kalau pengen nyobain bikin celengan kardus, kamu bisa berinovasi sendiri menentukan bentuknya seperti apa. Tinggal bikin dulu aja desainnya, kemudian potong dan bentuk jadi celengan.

Nah, berikut ini ada video langkah-langkah cara membuat celengan dari bahan kardus.

4. Pigura Kardus

Kerajinan pigura dari kardus
kerajinantanganbagus.blogspot.com

Pemanfaatan kardus masih sangat banyak sekali lho, bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan. Salah satunya pigura foto yang cantik ini. Kerajinan tangan dari kardus bekas ini dilapisi dengan kertas daur ulang dan sedikit hiasan bunga, jadilah pigura foto yang menawan.

Cara membuat pigura atau bingkai foto dari kardus ini pun mudah. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah lho.

5. Bunga Kardus

bunga dari kardus
youtube.com

Buat kamu yang pengen ngasih kejutan untuk pasangan, coba deh bikin bunga dari kardus ini. Bentuknya bisa kamu kreasikan sendiri. Selain akan membuat pasangan kamu terkesan, bunga ini nggak akan layu lho. Jadi, kamu bisa memajangnya dalam waktu yang lama.

6. Pesawat Kardus

Kerajinan pesawat dari kardus
wallpaperz.info

Kalau kamu bingung bermain dengan anak atau adik, bisa cobain yang satu ini, pesawat kardus yang bisa dinaiki. Kerajinan tangan dari kardus ini ukurannya pun cukup kalau cuma untuk satu orang anak kecil.

Selain memanfaatkan barang bekas, membuat mainan sendiri dapat meningkatkan kreatifitas kamu lho. Ajak juga adik atau anakmu membuat berbagai macam kreasi dari bahan kardus ini.

7. Burung Kardus

Kerajinan burung dari kardus
bahan-membuat.com

Kerajinan dari kardus tidak hanya melulu yang kita gunakan sehari-hari lho. Salah satu contohnya kerajinan yang tau ini, burung hantu kardus.

Kerajinan yang satu ini tidak dapat kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita atau menyimpan sesuatu seperti celengan. Tapi, kerajinan ini dapat dijadikan pajangan yang akan memperindah ruangan di rumah kamu.

8. Tempat Tidur Kardus

Kerajinan tempat tidur mainan dari kardus
gopixdatabase.com

Ini bukan tempat tidur beneran ya, cuma mainan saja, cocok untuk anak perempuan nih. Biasanya kan anak perempuan memiliki boneka tuh. Nah, tempat tidur dari kardus ini bisa dijadikan hadiah untuk anak perempuan atau adik kamu. Biar bonekanya punya tempat tidur sendiri.

9. Lampu Gantung Kardus

Kerajinan lampu gantung dari kardus
katydidandkid.com

Kalau biasanya lampu gantung itu terbuat dari besi yang berat. Ternyata ada juga lampu gantung yang terbuat dari kardus lho. Desainnya nggak kalah sama lampu asli yang terbuat dari logam. Selain itu, bobotnya lebih ringan dan pembuatannya tidak terlalu rumit dari pada yang berbahan logam.

Kamu bisa banget mencoba kerajinan tangan dari kardus seperti di atas untuk hiasan di rumah.

10. Kotak Kardus

wadah dari kardus
penakertasdanoemy.wordpress.com

Kardus dengan bentuk kotak tentu sangat sering kamu temui. Nah, dari pada kamu buang, mending dibuat menjadi tempat benda-benda kamu aja tuh. Tinggal dibentuk dengan ukuran yang dibutuhkan, terus dihias menggunakan gulungan kertas atau hiasan lain.

Kamu bisa menggunakan kardus bekas tempat sepatu atau susu formula untuk membaut kerajinan tangan dari kardus bekas ini.

11. Kamera DSLR Kardus

Kerajinan kamera DSLR dari kardus
suggestkeyword.com

Kamera keren yang terbuat dari kardus, namanya kamera DSLR kardus. Walaupun tidak bisa digunakan untuk memotret sesuatu, tapi kamera ini mirip sekali dengan yang asli lho. Bentuk dan detailnya sangat mirip, sungguh kerajinan tangan yang dibuat dengan seirus nih.

12. Kostum Iron Man Kardus

Kerajinan kostum iron man dari kardus
huffingtonpost.com

Ini juga nggak kalah keren dari yang lain atau malah yang paling keren, sebuah kostum iron man yang terbuat dari kardus. Kalau kerajinan tangan yang satu ini nggak bisa dikerjakan sembarangan orang.

Harus yang sudah punya jam terbang yang tinggi sama ketekunan. Karena tingkat kerumitan membuat kerajinan sebesar ini dengan memakai bahan kardus itu akan sangat membuat pusing.

13. Jam Dinding Kardus

Jam dinding dari kardus
ideas.stitchcraftcreate.co.uk

Kardus juga bisa dibuat menjadi jam dinding yang lucu dan unik. Dengan membuat bentuk yang berbeda dan ditambahi karakter lucu, anak-anak pasti akan suka.

Kamu bisa membuat terlebih dahulu rangka atau tempat untuk meletakkan mesin jam nya. Buat sesuatu yang unik agar jam dinding kamu tampak berbeda. Kalau mau lebih mudah, buat dahulu pola yang akan kamu buat, baru kemudian potong pola sehingga membentuk sebuah jam dinding.

14. Mainan Karakter Kardus

Mainan karakter lucu
mollymoocrafts.com

Kamu juga bisa mengajak anak-anak membuat karakter mainan yang lucu bentuknya. Buat saja yang sederhana seperti gambar di atas. Cukup bentuk kardus menjadi persegi, lalu gabungkan, jadi deh.

Atau, kamu juga bisa membuat mainan dari kardus seperti burung hantu di atas. Tapi, tentunya membuat kreasi yang rumit juga membutuhkan kreativitas yang tinggi serta kemauan yang kuat.

15. Motor-motoran Kardus

Mainan berbentuk motor
dimas-miniatur.blogspot.com

Mainan dengan bentuk motor juga bisa kamu buat dengan bahan kardus. Walaupun mempunyai tingkat kesulitan yang relatif lebih tinggi. Tapi membuat motor-motoran dari kardus ini nggak ada salahnya juga lho.

Bahkan, kamu juga bisa tuh membuat berbagai macam bentuk kendaraan dari kardus. Tinggal lihat bentuk kendaraan yang sebenarnya, lalu buat pola pada kardus, kemudian potong dan rekatkan kardusnya.

16. Rumah Kucing dari Kardus

Rumah kucing
youtube.com

Buat kamu yang punya kucing, bikin rumah-rumahan untuk kucingmu. Membuatnya pun nggak rumit kok, cukup ambil kardus yang masih utuh saja. Kemudian buat lubang di bagian depan dan juga sampingnya, lalu beri hiasan sesuai selera. Jangan lupa kasih bantal di dalamnya, biar kucing kamu nyaman di sana.

17. Tanda yang Terbuat dari Kardus

Tanda dilarang mengganggu
kumpulankerajinan.wordpress.com

Kalau kamu pengen membuat tanda biar orang nggak asal masuk kamar atau mungkin kamu nggak pengen diganggu. Bikin aja tandanya pakai kardus.

Kamu bisa bikin peringatan apa saja dengan kardus ini. Tinggal bentuk tulisan yang kamu inginkan, kemudian tempelkan ke kardus yang sudah dibentuk. Kasih tali, lalu pasang deh di depan pintu kamar kamu.

18. Topeng dari Kardus

Topeng
dali-lomo.blogspot.com

Topeng dari kardus ternyata juga ada lho, bahkan bentuknya sangat mirip dengan karakter aslinya. Kamu bisa membuat berbagai macam bentuk topeng yang pastinya disesuaikan dengan bentuk yang kamu inginkan dan keahlianmu dalam membuat sebuah kerajinan.

19. Tas dari Kardus

Tas Kardus
fastcoexist.com

Tas dari kardus, tampaknya benda seperti ini sangat jarang sekali kita temui. Tas dengan bahan kardus yang berbentuk kotak dan kelihatan sangat kuat.

Tas kardus ini bahkan bisa diubah menjadi meja berukuran kecil yang bisa digunakan untuk membantuk kamu saat sedang belajar. Gunakan meja kecil dari tas kardus sebagai alas untuk menulis dan membaca.

20. Pedang-pedangan dari Kardus

Mainan Pedang-Pedangan
kevlarkatana.deviantart.com

Kalau kamu suka main game Minecraft, tentu sudah tidak asing dengan bentuk pedang di atas. Pedang tersebut merupakan salah satu pedang yang ada pada game Minecraft. Kamu pun bisa lho memiliki pedang tersebut. Caranya?

Cara biar punya pedang itu ya tinggal membuatnya. Bentuk pedangnya nggak begitu rumit kok, kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah.

21. Meja Laptop dari Kardus

Meja Laptop dari Kardus
springwise.com

Buat kamu yang bekerja di balik meja dan menginginkan suasana kerja yang berbeda, coba buat meja laptop dari kardus. Meja ini nantinya bisa kamu letakkan di atas meja, dan kamu bekerja dengan berdiri.

Hal ini tentu saja akan membuat suasana yang ada di tempat kerjamu menjadi berbeda. Tinggal bentuk saja beberapa lembar kardus menjadi sebuah meja kecil yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan laptop.

22. Mainan Anak dari Kardus

Mainan Kardus
kiddizone.wordpress.com

Kalau anak kamu mempunyai mainan balok dari kayu, coba deh bikin tempat buat menyimpan balok tersebut. Kamu bisa membuat sebuah tempat berbentuk kotak yang terdapat lubang di setiap sisinya.

Lubang yang ada di sisi kardus nantinya digunakan untuk memasukkan balok kayu. Nah, buat lubang dengan bentuk seperti balok kayunya. Dan, suruh anak kamu untuk mencocokkan lubang mana yang bentuknya sama dengan balok kayu yang dia punya.

23. Kambing dari Kardus

Karakter Hewan
aliexpress.com

Untuk kamu pecinta hewan, coba deh buat kreasi dari kardus yang bentuknya hewan. Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas. Kardus dapat dibuat menjadi berbentuk seperti kambing.

24. Istana Kardus

Istana Mainan
kixcereal.com

Kalau anak atau adik kamu senang main lego, coba deh buatin istana dari kardus. Istana ini nantinya bisa menemani si kecil bermain dengan legonya.

Kamu bisa membuat bentuk istana yang sederhana saja. Mungkin kamu bisa mengambil kardus kotak, kemudian menggambar pintu istana dan menambahkan menara di sampingnya.

25. Hiasan Dinding Kepala Hewan dari Kardus

Hiasan Dinding
aliexpress.com

Kamu tentu pernah melihat hiasan dinding yang dibuat dari kepala hewan buas yang sudah diawetkan. Padahal, hewan buas yang dilindungi itu tidak boleh diburu dan dijadikan sebagai pajangan.

Untuk kamu yang pengen punya hiasan dinding dari kepala hewan buas, masih ada solusinya kok. Kamu bisa membuatnya dari kardus yang dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah hiasan dinding berbentuk kepala hewan buas.

26. Rak Serbaguna Segi Enam

Ternyata, kardus juga bisa digunakan untuk membuat rak yang biasanya dari kayu. Ini membuktikan kalau kardus itu memiliki kekuatan yang bisa dibandingkan dengan kayu lho. Membuatnya pun mudah, kita nggak perlu gergaji seperti ketika membuat rak dari kayu.

Kerajinan tangan dari kardus bekas dan cara membuatnya seperti vidio di atas tentu akan meningkatkan kreatifitas kamu lho.

27. Mobil-mobilan

Mobil-mobilan
wikihow.com

Ada mainan lagi nih yang bisa kita buat untuk anak-anak di rumah, mobil-mobilan dari kardus. Daripada kita membelikan mainan terus untuk anak, sekali-kali coba deh ajak mereka untuk membuatnya sendiri. Tentunya dengan pengawasan dan pendampingan dari kita sebagai orang dewasa lho ya.

Penutup

Banyak banget kan kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kardus bekas? Kamu bisa mengunakan kardus bekas susu, Aqua, karton Indomie, Ultra Milk, Bebelac, mie instan, Lactogen, Zee, SGM, Milo, Dancow, dan kardus bekas lainnya.

Selain menggunakan kardus, kamu bisa juga mengombinasikan dengan bahan lain. Bisa sedotan, kerats, botol, kain flanel, stik es krim, kulit telur, dan masih banyak bahan lainnya.

Kalau untuk video pembuatannya, kamu bisa cari-cari tuh di Youtube. Nih, ada satu contoh yang layak untuk kamu coba.

Nah, keren-keren kan karya kerajinan tangan berbahan kardus di atas? Kalau mau bikin, nanti saya bikin cara membuat kerajinannya deh. Tapi kalau bisa yaa, hehe. Selain kardus, masih ada lagi kerajinan lain, salah satunya adalah kerajinan dari eceng gondok.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.