Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Unik

KERAJINAN TANGAN DARI BOTOL BEKAS – Membuat kerajinan tangan sebenarnya susah-susah gampang. Susah kalau yang dibuat itu kerajinan yang rumit, gampang kalau cuma buat yang sederhana saja. Nah, kalau kerajinan tangan dari botol bekas ini bisa dibilang cukup mudah. Bahkan lebih mudah dari pada kerajinan tangan dari kertas, kerajinan tangan dari sedotan ataupun kerajinan tangan dari kardus.

Nah, berikut ini beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas, ada juga yang hanya memanfaatkan tutup botolnya saja.

1. Tutup Botol untuk Menghias Dinding

Hiasan dindind tutup botol bekas

lbkids.tumblr.com

Kebanyakan dinding atau tembok di luar rumah itu di cat atau dibiarkan saja tanpa pewarnaan. Nah, ada salah seorang seniman yang memanfaatkan tutup botol beraneka warna dan ukuran menjadi penghias tembok luar rumah.

Tembok rumah yang semula biasa saja, setelah diberi sentuhan seni dan juga kreativitas menjadi berbeda. Bisa membuat orang yang melihatnya menjadi senang dan juga gembira. Gimana nggak gembira tuh, disuguhi pemandangan yang bagus secara gratis, hehehe.

2. Perahu Botol Bekas

Perahu dari botol bekas

flickr.com

Botol bekas yang masih utuh ternyata bisa dibuat menjadi sebuah kendaraan untuk keadaan darurat. Bukan untuk mengisi air untuk minum ya, botol bekas dibuat menjadi sebuah perahu kecil yang bisa kamu gunakan saat terjadi banjir.

Untuk membuatnya, kamu harus mengumpulkan botol bekas yang masih utuh dalam jumlah yang banyak. Setelah itu, satukan dengan menggunakan tali dan ikat dengan kuat. Buat bentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah perahu.

3. Lampu Meja Unik

Lampu meja dari botol bekas

personalise.co.uk

Lampu meja biasa digunakan untuk menghias ruangan agar tampak lebih indah. Nah, kalau kamu ingin lampu mejad yang nggak biasa, coba buat lampu meja yang satu ini. Terbuat dari bagian bawah sebuah botol yang kemudian disatukan menjadi berbentuk seperti bola. Tinggal letakkan di atas sebuah lampu dan jadilah lampu meja yang lain dari yang lain.

4. Tempat Berteduh

Eyup-eyup seko botol

behance.net

Kerajinan tangan itu nggak melulu yang bentuknya kecil-kecil lho. Contohnya yang satu ini, sebuah tempat untuk parkir atau berteduh dari botol bekas. Dengan desain yang baik, botol yang semula hanya dibuang saja, dapat menjadi sebuah kerajinan yang bagus dan bermanfaat.

5. Pot Tanaman

Pot botol bekas

thisiscolossal.com

Untuk menghias dinding sebenarnya nggak perlu biaya yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan dinding rumah menjadi sebuah tempat untuk menanam. Bisa menanam kangkung, selada, cabai atau tanaman yang bermanfaat lainnya.

Nah, menanamnya pun nggak perlu beli pot yang harus mengeluarkan uang lagi. Cukup gunakan botol bekas minuman yang sudah tidak dipakai lagi. Tinggal bolongi bagian atasnya dan beri lubang kecil di bawahnya. Tempel di tembok, lalu isi dengan tanah dan pupuk kandang. Pot dari botol bekas siap untuk menanam deh.

6. Cover Lampu

Penutup lampu botol bekas

bouf.com

Nah, kalau yang ini cover untuk lampu dari botol bekas. Yang digunakan cuma bagian bawahnya aja, jadi atasannya dipotong dan mungkin bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan yang lainnya.

7. Pot Tanaman Lucu

Pot botol bekas lucu

boredpanda.com

Kalau tadi membuat pot tanaman yang ditempelkan pada dinding. Nah, yang ini pot tanamannya berbentuk unik dan lucu. Ditaruh di dalam rumah juga bisa, buat dijadikan hiasan bisa juga.

8. Sapu Botol Bekas

Sapu dari botol bekas

boredpanda.com

Botol bekas ternyata juga bisa dibuat dari botol bekas. Ide yang luar biasa nih, kamu bisa memanfaatkan botol yang sudah tidak terpakai. Dari pada hanya dibuang atau berserakan dan menumpuk. Buat aja jadi sapu keren yang nggak ada di toko-toko. Tinggal ikuti langkah-langkah yang ada digambar ya.

9. Bunga Cantik

Bunga botol bekas

boredpanda.com

Siapa mengira kalau bunga yang bentuknya cantik itu terbuat dari botol? Nah, itu memang dari botol bekas yang sudah nggak dipakai lagi.

10. Tempat Koin

dompet dari botol plastik

flickr.com

Tempat koin ini terbuat dari botol bekas juga lho. Cara membuatnya cukup mudah, tinggal ambil dua botol bekas, lalu potong bagian bawahnya. Siapkan resleting dan tempelkan pada bagian dalam botol yang sudah dipotong tadi.

One Response

  1. Lidya October 18, 2015

Leave a Reply