Inilah Manfaat Saat Kamu Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak itu penting, minimal dua liter dalam sehari. Kalau kamu kurang minum, bisa kayak iklan air mineral tuh. Konsentrasi hilang, akhirnya jadi malu sendiri deh. Nah, ini nih manfaat kalau kita banyak atau paling nggak cukup minum air putih.

1. Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala sakitnya senut-senut

reachingutopia.com

Pernah nggak ngalamin sakit kepala saat cuacanya panas banget? Kalau pernah, jangan asal minum obat-obatan buat ngilangin sakit kepala dulu. Coba deh kamu minum air putih. Menurut penelitian dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih sebanyak tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala. Selain itu kualitas hidup kamu juga akan meningkat, yang selama ini menderita karena sering sakit kepala. Pada percobaan yang dilakukan, ketika kamu minum 1,5 liter air putih, maka sakit kepalamu akan berkurang 21 jam. Intensitas rasa sakitnya juga akan berkurang.

2. Melindungi Jantung

Jantung sehat

stemcellclinic.com

Wah, keren abis nih, masak bisa gitu sih? Hmm, kalau menurut jurnal di American Journal of Epidemiology sih gitu. Orang yang punya kebiasaan minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kamungkinan meniggal karena serangan jantung turun 41% dibandingkan yang cuma minum air putih kurang dari dua gelas sehari.

3. Membuat Kamu Tetap Waspada

Kucing yang waspada

pixabay.com

Sering kan kalau kita lagi kehausan, konsentrasi jadi hilang? Nah, dehidrasi itu penyebab utama rasa lelah yang kita rasakan sepanjang hari. Kalau kamu merasa lelah coba minum segelas air putih. Minum air putih yang cukup membuat kamu dapat bekerja dengan baik, paling nggak kamu bisa lebih konsentrasi. Jika terasa haus dan kamu cuek saja dengan itu, hati-hatilah, karena tingkat dehidrasi sebesar dua persen saja bisa memicu masalah memori jangka pendek.

4. Meningkatkan Ketajaman Otak

Blueprint Otak

footnotescounseling.com

Otak merupakan organ yang sangat membutuhkan air. Jika terjadi dehidrasi sebesar satu persen dari berat badan, itu sudah bisa mengurangi fungsi berpikir kamu. Dengan minum banyak air putih, kamu dapat memastikan kebutuhan otak sudah terpenuhi. Minum air putih sebanyak 8-10 cangkir saja tap hari sudah bisa memperbaiki performa kognitif sebanyak 30%.

5. Memelihara Fungsi Ginjal

Ginjal manusia

huffingtonpost.com

Air berfungsi sebagai media untuk mentransportasikan limbah sisa metabolisme dalam tubuh. Racun yang ada dalam tubuh berupa nitrogen urea dalam darah, merupakan sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian di proses dan diekskresikan menjadi urin. Nah, kalau tubuh kita kebutuhan airnya tercukupi, urin dapat mengalir bebas, jernih dan nggak berbau. Tapi, kalau tubuh kekurangan air, warna dan bau dari urin kita akan terlihat jelas.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan

Sakit Perut

huffingtonpost.com

Minum air yang cukup dalam satu hari dapat membantu pencernaan kamu. Tapi kalau minum air putih jangan langsung setelah makan minum air yang banyak. Itu malah akan mengganggu proses pencernaan yang sedang berlangsung.

7. Mengurangi Rasa Lelah

Lelah letih lesu

demibahagia.my

Kalau manfaat yang ini sepertinya mirip sama yang agar kamu tetap waspada deh. Kalau tubuh kita kekurangan air, maka organ-organ vital akan bekerja lebih keras dari biasanya. Contohnya jantung, ketika tubuh kekurangan air, organ yang satu ini butuh kerja yang lebih ekstra untuk memompa darah ke semua sel, begitu juga dengan organ vital yang lain. Nah, minum air putih yang banyak, selain dapat memperlancar kinerja organ vital kita, juga dapat memelihara fungsi organ tersebut terhindar dari kelelahan akibat kerja yang ekstra tadi.

Sekarang jangan lupa untuk minum air putih minimal dua liter sehari. Biar badan tetap sehat, segar dan bugar.

Leave a Reply