Inilah Keindahan Wisata Kalibiru di Wates Jogja

Pasti pada udah tau kan yang namanya kota Yogyakarta? Tapi orang lebih sering menyebutnya dengan Jogja. Bahkan logo barunya pun bertuliskan Jogja istimewa.

Jogja Istimewa

Jogja menjadi tempat kita berwisata yang nggak kalah dengan tempat-tempat lain di Indonesia. Biasanya kalau ke Jogja kalau nggak ke Malioboro ya ke Parangtritis tuh.

Tapi, setelah dikelola oleh pemerintah atau warga setempat, ternyata wisata alam di Jogja ini jadi banyak banget. Mulai dari air terjun, menelusuri goa, berbasah-basahan menyusuri sungai dengan arung jeram, bahkan ada yang naik ke gunung purba.

Nah, salah satu tempat wisata yang baru-baru ini mulai naik namanya yaitu Kalibiru. Tempat wisata yang terletak di barat kota Jogja, tempatnya seekor kera berkelana mencari kitab suci.

Jalan Menuju Kalibiru

Jarak antara Jogja ke Kalibiru  kira-kira sekitar 40 km lah, lumayan deket. Kamu tinggal ikutin aja jalan menuju arah kota Wates. Bisa lewat Jl. Wates atau Jl. Godean, sama aja sih, sama-sama jalan. Setelah ketemu kota Wates kita tinggal ikutin jalan yang menuju Waduk Sermo.

Nggak usah khawatir kesasar, udah banyak kok papan petunjuk arah ke Kalibiru. Saran saya sebaiknya memakai kendaraan pribadi aja, biar lebih gampang kalau mau mampir-mampir. Sebenernya ada juga kendaraan umum yang menuju ke objek pariwisata yang satu ini, tapi kurang recomended. Kita harus ganti angkutan umum sampai beberapa kali dulu biar bisa sampai kesana.

Awal Mula Kalibiru

Ternyata Desa Wisata Kalibiru ini baru dibuka pada tahun 2008, masih sangat muda nih. Awalnya masyarakat secara swadaya membangun berbagai fasilitas untuk menunjang keindahan Kalibiru ini agar menjadi tempat wisata yang lebih baik.

Sebelum dikelola oleh masyarakat, Kalibiru merupakan sebuah hutan wisata yang tandus dan gersang, nggak kayak sekarang lah. Masyarakat berinisiatif untuk menjaga hutan supaya tetap asri dan lestari.

Nah, karena dikelola oleh masyarakat maka disebut hutan kemasyarakatan. Hutannya milik negara tapi pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat, keren dah.

Lokasinya Dimana Ya?

Desa Wisata Kalibiru tepatnya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitasnya Apa Aja Sih?

Kalibiru Jogja

Salah satu pemandangan yang dapat kita lihat di Kalibiru (shobek-corp.blogspot.com)

Kalau bicara masalah fasilitas, di Kalibiru bisa dibilang fasilitasnya lumayan lengkap. Mulai dari yang santai-santai sampai yang bikin adrenalin kamu terpacu.

Yang utama jelas fasilitas yang sering kita jumpai di tempat wisata lain seperti area parkir, kios-kios penjual makanan, mushola, dan kamar mandi umum.

Nah, yang paling menarik ya tentu saja fasilitas buat kita senang-senang dong. Di sana ada gardu pandang sehingga kita dapat melihat pemandangan yang indah tentunya.

Kalau mau yang butuh nyali ada flying fox, panjangnya kurang lebih 85 meter, lumayan buat ngerasain terbang sebentar tuh. Kita juga bisa berkeliling dalam kawasan Hutan Wisata Kalibiru. Jalurnya pun beragam, mulai dari yang 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km.

Kalau kamu treking ambil jalur yang 7 km, kamu bisa melihat tuh Waduk Sermo dari dekat. Yang ini masalah keberuntungan nih, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat hewan langka seperti Elang Jawa, Ayam Alas, Landak, Celeng, bahkan Harimau Jawa atau Harimau Kumbang., bener-bener mantab deh.

Kalibiru Jembatan Gantung Jogja

Ada juga jembatan gantungnya (wisata-kulonprogo.blogspot.com)

Selain itu, untuk kamu yang mau mengadakan pertemuan atau rapat-rapat gitu ada cottage dan ruang pertemuan yang berbentuk joglo. Kalau mau baca-baca buku tentang pertanian dan kehutanan bisa berkunjung ke perpustakaannya. Kalau dibaca semua bukunya mungkin nggak selesai tuh satu harian.

Kalau kamu berkunjung ke Jogja jangan lupa singgah di Desa Wisata Kalibiru ya.

 

One Response

  1. Hanif Mahaldi March 15, 2015

Leave a Reply