Nglanggeran (Gunung Api Purba) di Jogja

Nglanggeran – Pernah dengar ada gunung api purba di Jogja? Gunung yang yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan saat ini menjadi salah satu objek wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Nama tempatnya adalah Gunung Nglanggeran, terletak di kawasan Baturagung, utaranya Gunungkidul. Tempat ini memiliki ketinggian antara 200-700 meter di atas permukaan laut, dengan pemandangan yang indah tentunya.

Konon, gunung api purba ini dulunya merupakan gunung berapi aktif lho. Menurut penelitian, umur gunung ini sekitar 60 60 juta tahun. Mungkin karena hal tersebut, Gunung Nglanggeran ini disebut sebagai gunung api purba.

Kawasan gunung api purba ini merupakan daerah yang litologinya tersusun dari material vulkanik tua. Bukan hanya itu, kawasan ini juga memiliki keindahan yang unik dan nilai ilmiahnya tinggi.

Bahkan kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran ini dijadikan sebagai geopark. Saat tahun 2010, ada perwakilan dari UNESCO datang ke Nglanggeran. Nah, perwakilan tersebut mengatakan bahwa Nglanggeran berpotensi sebagai kawasan geopark yang memiliki nilai ekologi dan warisan budaya.

Rute ke Nglanggeran

Nglanggeran merupakan gunung api purba yang ada di Jogja
piyambakan.com

Kalau kamu ingin mengunjungi Nglanggeran, tempat ini bisa dikunjungi dari tiga arah.

Pertama, jika kamu dari arah Wonosari dan melewati Bunderan Sambipitu, ambillah arah ke kanan, tepatnya Dusun Bobung, baru kemudian menuju ke Desa Nglanggeran. Jarak dari Kota Wonosari sekitar 20 km.

Kedua, kalau kamu berangkat dari Prambanan kemudian lewat Pasar Prambanan, menujulah ke Piyungan. Setelah itu, naik sampai ke Bukit Bintang di Patuk, lalu melewati Radio GCD FM. Lalu belok kiri menuju ke arah desa Ngoro-oro, tempat yang banyak terdapat antena stasiun transmisi atau BTS.

Baru setelah melewati daerah antena tersebut, kamu langsung menuju Nglanggeran. Setelah itu kamu bisa berhenti di Pendopo Joglo Kalisong, atau di Gunung Nglanggeran. Jarak tempuh dari Prambanan hampir sama, kurang lebih 20 km.

Ketiga, jika kamu dari utara yang melewati pertigaan Bendongantungan di Klaten, menujulah ke arah selatan melewati RS Jiwa Koloni Soedjarwadi. Setelah itu menuju Pasar dan Kecamatan/ Tugu Wedi, lalu lewat Pesu, Mawen, Teluk, Jogoprayan, Tumpang, Sampang.

Setelah itu, kamu akan menaiki jalan menanjak menuju kawasan Baturagung. Nah, melewati rute ini pun jaraknya hampir sama, kurang lebih 20 km dari arah Bedongantungan.

Melewati jalanan menuju ke Ngalnggeran ini tidak terlalu bersusah payah karena jalannya yang cukup baik. Tapi, kamu harus tetap waspada karena jalanan yang menanjak cukup tajam.

Lokasinya di Mana Ya?

Nglanggeran ada di Baturagung, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Jogja kira-kira 20 km.

Apa Saja yang Ada di Nglanggeran?

Wisata Alam Nglanggeran Jogja
ksmtour.com

Nah, setelah sampai di Nglanggeran, kamu akan menemukan suasana yang nyaman. Ada banyak pepohonan dan area persawahan, dan tentu saja pemandangan yang indah.

Bahkan, di tempat ini ada wahana petualangan seperti panjat tebing, jelajah gunung, dan juga susur gua.

Selain itu, kamu juga menikmati eduwisata dengan mengunjungi lokasi yang terdapat pengetahuan untuk bidang lingkungan, seni, dan budaya.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Wonosari
basri-bachtiar.blogspot.com

Embung yang ada di Nglanggeran memiliki luas 0,34 Ha. Embung ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mengairi kebun buah kelengkeng dan durian.

Kalau kamu main ke Gunung Api Purba, bisa mampir ke sini nih. Jaraknya nggak jauh kok, cuma 1,5 KM di sebelah tenggara pintu masuk Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba.

Keindahan dari embung atau danau ini akan tampak lebih syahdu ketika petang akan datang. Kamu bisa menikmati sunset sampai malam hari datang.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjung Kedung Kandang Nglanggeran Jogja
travelingyuk.com

Selain gunung api dan embung, di Nglanggeran kamu juga bisa menemukan air terjun, tepatnya di sebelah selatan gunung api. Air terjun ini cukup unik, bentuknya berundak-undak, mirip terasiring di area persawahan.

Kalau kamu mau melihat pemandangan yang cukup bagus, datang ke sini waktu musim hujan ya. Saat kemarau, debit airnya sedikit, jadi pemandangannya kurang menarik. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu perlu treking, turun dari parkiran.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuknya, ada beberapa tempat dan harganya pun berbeda-beda.

Wisatawan Domestik

  • Tiket Gunung Api Purba – Rp 15.000 siang dan Rp 20.000 malam
  • Tiket Air Terjun Kandang – Rp 7.000
  • Tiket Kampung Pitu – Rp 15.000
  • Tiket Embung Nglanggeran – Rp 10.000 siang dan Rp 15.000 malam

Wisatawan Manca Negara

  • Tiket Gunung Api Purba – Rp 30.000 siang dan malam
  • Tiket Air Terjun Kandang – Rp 20.000
  • Tiket Kampung Pitu – Rp 30.000
  • Tiket Embung Nglanggeran – Rp 30.000 siang dan malam

Harga yang tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah lho ya.

Persiapan

Ketika kamu berkunjung ke gunung api purba ini, sangat disarankan untuk menyiapkan perbekalan dulu. Karena, kita akan naik ke atas puncak Nglanggeran untuk menikmati pemandangan yang indah. Bawalah bekal seperti air minum dan makanan kecil, tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya.

Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggerang ini? Tentukan jadwalnya dan siapkan perbekalan, kamu bahkan juga bisa camping di tempat ini lho. Tinggal bawa tendanya saja, dan perlengkapan lain.

Tapi ingat, tetap jaga alamnya agar selalu asli. Jangan lupa buat mampir ke wisata lain ya, seperti Kalibiru dan Pantai Sadranan. Selamat berwisata di Jogja 🙂

Leave a Reply