Ini Dia Makanan Khas dari 10 Daerah di Sumatera

Pernah berkunjung ke Sumatera? Pernah makan makanan khas di tempat yang kamu kunjungi? Kalau belum, ini nih beberapa makanan khas dari daerah Sumatera.

1. Mie Aceh

Mie khas dari Aceh

id.wikipedia.org

Mie aceh merupakan makanan yang sudah terkenal di Aceh. Kalau kata orang tu, makanan khas Aceh, tapi ini untuk makanan beratnya lho. Mie aceh ini terbuat dari mie kuning yang tebal, serta ada bahan lain seperti daging sapi, daging kambing atau bahan ang berasal dari laut, kalau nggak udang ya cumi. Kuah dari makanan yang satu ini bentuknya mirip kayak kuah kari, rasanya gurih dan pedas.

2. Bika Ambon

Bika Ambon dari Sumatera Utara

cara.media

Namanya saja yang ada kata ambonnya, tapi ternyata makanan ini bukan khas dari Ambon. Bika ambon merupakan makanan khas dari Medan, Sumatera Utara. Terbuat dari tepung terigu, telur, gula, santan. Sekarang sudah banyak variasi rasa dari makanan ini, ada yang rasa pandan, coklat, bahkan rasa keju pun ada.

3. Rendang

Rendang Daging

rendangdaging.com

Rendang ini makanan yang sudah mendunia. Bahkan pernah menjadi makanan paling enak sedunia, atau masih yang nomer satu ya? Makanan ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Proses pembuatan yang lama dan dengan bumbu rempah yang kaya, menjadikan rendang menjadi makanan yang harus kamu cobain.

4. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin berasal dari daerah Jambi

no3cityhotel.com

Gulai kepala patin ini makanan yang populer di Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan bumbu tempoyak, nah tempoyak ini merupakan durian yang sudah difermentasi. Tapi ada sebagian orang yang mengganti tempoyak dengan santan, biar baunya nggak begitu menyengat.

5. Pendap

Pendap

maskiki.com

Pendap ini berasal dari daerah Bengkulu. Bahannya berupa parutan kelapa yang di beri bumbu seperti bawang putih, kencur dan cabai giling. Kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

6. Gulai Belacan

Gulai belacan

hungryc.wordpress.com

Makanan khas dari Riau ya ini, gulai belacan. Belacan sendiri kalau di Jawa namanya terasi. Belacan digunakan untuk membumbui makanan yang terbuat dari udang atau ikan ini, makannya namanya jadi gulai belacan.

7. Otak-otak

Otak-otak ikan

travels4yum.com

Otak-otak terbuat dari ikan lho ya, bukan dari otak. Otak-otak merupakan makanan khas Riau Kepulauan. Makanan ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kalau ada yang beli baru deh dibakar tuh, biar aromanya makin mantab dan rasanya makin sedap.

8. Pempek

Pempek ikan

pegipegi.com

Kalau ini pasti kamu udah tau kan? Yup, namanya pempek, asalnya dari Palembang, Sumatera Selatan. Makan pempek kurang lengkap kalau nggak ditemani kuahnya. Namanya kuah cuko, kuah ini di buat dari air yang didihkan, lalu ditambahkan gula merah, ebi, cabe rawit, bawang putih dan garam.

9. Mie Bangka

Mie bangka belitung

commons.wikimedia.org

Namanya mie bangka, tentu asalnya dari Bangka. Tapi kayaknya gambar yang dipakai itu bukan mie bangka deh, mungkin cuma mie ayam biasa. Mie bangka ini terbuat dari mie basah biasa, lalu disiram pakai kuah yang terbuat dari ikan, udang, cumi atau kerang.

10. Seruit

Seruit

tentanglampung.com

Seruit ini asalnya dari Lampung. Makananya berupa ikan yang digoreng atau dibakar, lalu dicampur sama sambal terasi, tempoyak atau mangga. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis dan sebagainya.

Leave a Reply