Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Penjelasannya

Contoh Teks Anekdot Lucu – Apakah kamu tahu apa arti dari teks anekdot itu? Teks anekdot adalah cerita singkat berisi sindiran atau kritikan yang lucu dan biasanya menggambarkan kejadian yang benar-benar terjadi.

Dengan penjelasan mengenai pengertian teks anekdot tersebut tentu kita menjadi tahu bahwa anekdot isinya biasanya adalah humor. Dan, yang dibahas dalam salah satu jenis teks ini biasanya juga tidak jauh-jauh dari masalah sosial, layanan publik, lingkungan, hukum, ataupun politik.

Menulis Konten yang Baik Untuk Website

linkedin.com

Seperti teks lainnya, teks anekdot tentu juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan yang lain.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

  • Jika dibaca, teks anekdot biasanya lucu atau kocak.
  • Umumnya, teks ini mengangkat figur manusia ataupun karakter hewan yang dibuat menjadi bisa bicara.
  • Isi teksnya dimaksudkan untuk menyindir.
  • Berkaitan dengan dunia nyata, walaupun perumpamaan yang digunakan di dalam anekdot sedikit fiksi.
  • Biasanya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki kedudukan atau orang penting, dan juga layanan publik.
  • Mendekati perumpamaan tentang cerita dongeng

Struktur Teks Anekdot

Sturktur yang digunakan dalam teks anekdot berbeda dengan teks lainnya. Teks anekdot dimulai dari abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan juga re-orientasi.

Bagi kita yang masih awam, istilah-istilah tersebut tentu masih belum familiar. Berikut ini penjelasan mengenai istilah di struktur teks anekdot.

1. Abstraksi

Abstraksi adalah struktur pertama yang ada di awal paragraf teks anekdot. Fungsi utama struktur ini adalah untuk memberikan sedikit gambaran tentang isi dalam teks anekdot secara keseluruhan.

2. Orientasi

Orientasi adalah struktur teks anekdot yang fungsinya menggambarkan sebuah situasi yang terjadi di awal cerita.

3. Event

Event adalah struktur yang isinya tentang gambaran dari susunan peristiwa yang diceritakan di dalam teks anekdot.

4. Krisis

Krisis adalah struktur yang membahas mengenai masalah pokok atau inti dari sebuah teks anekdot.

5. Reaksi

Reaksi adalah struktur yang menunjukkan cara penyelesaian atau solusi yang ada di dalam struktur krisis.

6. Koda

Koda adalah struktur yang menggambarkan terjadinya perubahan pada tokoh di dalam teks anekdot.

7. Re-orientasi

Re-orientasi adalah struktur penutup atau bagian akhir pada teks anekdot.

Kaidah Teks Anekdot

Selain memiliki struktur teks, teks anekdot juga punya kaidahnya sendiri. Ada beberapa kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks anekdot.

1. Menggunakan Waktu yang Lampau

Yang dimaksud dengan waktu lampau adalah kalimat yang menyatakan waktu di masa lalu atau yang sudah terlewat. Contohnya sebagai berikut: Kemarin Ahad, Budi pergi bersama ayah ke pantai.

2. Memakai Kata Penghubung

Kata penghubung yang biasa digunakan seperti lalu, kemudian, setelah itu, dan kata penghubung lainnya. Contohnya adalah: Kemudian aku lari tunggang langgang.

3. Pernyataannya Retoris

Pertanyaan retoris adalah salah satu majas yang ada di dalam bahasa Indonesia, yaitu berupa pertanyaan yang sebenarnya tidak memerlukan jawaban, jawaban yang dibutuhkan sudah ada pada penanya. Contohnya adalah: Apakah kamu kira aku tidak kekenyangan setelah makan banyak?

4. Menggunakan Kata Kerja

Selain kata penghubung, kata kerja juga dibutuhkan ketika kita menulis sebuah teks anekdot. Ada banyak kata kerja yang bisa digunakan, seperti membaca, berlari, menulis, dan kata kerja lainnya. Contohnya adalah: Kami sedang menulis kisah pilu negeri ini.

5. Memakai Kalimat Seru

Kalimat seru atau ajakan di dalam teks anekdot bertujuan untuk mengajak pembaca pada suatu hal. Contohnya: Ayo menjadikan lingkungan bersih dengan buang sampah pada tempatnya!

6. Menggunakan Kalimat Perintah

Kalimat perintah digunakan untuk memberikan perintah kepada seseorang. Contohnya adalah: Turunkan tagihan listrik secepatnya!

Penjelasan di atas merupakan beberapa pengetahuan tentang teks anekdot, mulai dari pengertian, struktur, dan kaidah dari teks anekdot. Setelah kita mengetahui seluk beluk teks anekdot, berikut ini ada beberapa contohnya.

Contoh Teks Anekdot Singkat Lengkap

Sekarang kita akan melihat contoh teks anekdot dan menganalisa strukturnya.

Contoh Teks Anekdot Tentang Politik

Saat sedang mengadakan kerja bakti, dua orang ketua RT di dalam kampung dagelan sedang mengobrol masalah keamanan kampung. Ketua RT yang pertama mempermasalahkan banyaknya pencurian yang sedang terjadi di RT-nya. Sedangkan ketua RT kedua membicarakan tentang banyaknya preman yang berkeliaran.

Ketua RT pertama: “Wah, di RT saya, sekarang ini banyak banget kasus pencurian, bukan hanya benda kecil saja, tapi juga barang-barang yang besar.”

Ketua RT kedua: “Kalau di tempat saya malah banyak preman sekarang pak. Nggak tau deh gimana cara menanggulanginya.”

“Bagaimana kalau kita kerjasama aja pak?”, kata ketua RT pertama.

“Kerjasama bagaimana pak RT?”, sambut ketua RT kedua.

“Kita pancing maling dengan mengikat barang berharga di tubuh preman yang sedang tidur.”, jawab ketua RT pertama.

“Lah, kita malah ngasih sasaran empuk dong sama malingnya?”, tanya ketua RT kedua.

“Ya nggak lah pak, kan nanti kalau malingnya ambil barang berharganya, mau nggak mau si preman ikut keambil tuh.”, jawab ketua RT pertama dengan serius.

“Oh, bener juga pak, kalau pas premannya bangun terus lihat ada malingnya, bisa berantem mereka.”, tambah ketua RT kedua.

“Nah, bener banget pak RT, kita ini memang cerdas ya.”, sahut ketua RT pertama dilanjutkan dengan tawa mereka berdua.

Leave a Reply