Contoh Alat Musik Ritmis dan Melodis

Sebenarnya apa sih beda antara alat musik ritmis dan melodis? Beda antara alat musik ritmis dan melodis terletak pada ada tidaknya nada. Kalau alat musik ritmis itu nggak ada nadanya, sedangkan melodis ada nadanya.

#1. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis ini tidak memiliki nada. Meskipun nggak ada nadanya, alat musik ritmis sangat berguna lho. Fungsinya itu untuk mengatur jalannya irama musik sehingga lagunya menjadi lebih enak didengar. Alat musik ritmis ini sering digunakan untuk alat musik pengiring dan pengatur tempo lagu.

Cara memainkan alat musik ritmis bisa dengan  dipukul menggunakan tangan, dengan alat, atau juga bisa dikocok.

Contoh Alat Musik Ritmis

Ada beberapa contoh alat musik ritmis tang sering digunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

1. Gendang

Gendang Alat Musik Tradisional Indonesia

id.wikipedia.org

Gendang atau kendang merupakan alat musik yang ada di gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur irama musik yang sedang dimainkan. Alat musik ini cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan tangan di kedua sisinya.

Ada jenis gendang yang ukurannya kecil atau disebut juga ketipung. Kalau gendang yang ukurannya menengah disebut ciblon atau kebor.

Gendang kebanyakan dimainkan oleh pemain gamelan yang sudah profesional. Gendang kebanyakan dimainkan sesuai dengan naluri seorang pengendang. Sehingga, jika orang yang memainkannya berbeda, maka akan berbeda juga suasananya.

Gendang dengan kualitas yang baik biasanya terbuat dari kayu kelapa, nangka atau cempedak.

2. Drum

Drum set

bigbangdrums.com

Drum adalah alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan tangan atau sebuah tongkat (stick). Dalam musik jazz, pop dan rock, penyebutan alat musik drum mengacu pada drum kit atau drum set.

Drum set merpakan sekelompok perlatan musik yang terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom, simbal, hi-hat dan kadang ada juga yang menambahkan drum listrik.

3. Tamborin

Tamborin

lpmusic.com

Cara memainkan tamborin adalah dengan dipukul menggunakan tangan dan digoyangkan. Tamborin akan menghasilkan suara gemerincing ketika digoyangkan dan akan berpadu dengan suara tabuhan ketika dipukul.

Tamborin dibuat dari kayu yang dilengkapi dengan membran terbuat dari kulit sapi atau bisa juga dari plastik. Bagian sisi tamborin terdapat beberapa simbal logam kecil yang akan mengeluarkan bunyi gemerincing.

Asal dari alat musik ini adalah Eropa, tapi tamborin juga memiliki kemiripan dengan alat musik sejenis yang ada di Cina, India, Peru dan Greenland.

4. Kastanyet

Kastanyet

pixgood.com

kastanyet adalah alat musik yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras cekung atau gading. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menggesek-gesekkannya dengan ibu jari.

Kastanyet biasa digunakan untuk mengiringi tarian yang berasal dari Spanyol.

5. Triangle

imgkid.com

imgkid.com

Triangle adalah sebuah alat musik yang bentuknya sangat sederhana. Triangle berbentuk segitiga dan termasuk kategori alat musik perkusi idiofoni (suara dihasilan dari getaran seluruh badan instrumen). Selain triangle, alat musik lain yang masuk dalam kategori idiofoni adalah chimes, bel dan simbal.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Tapi, ada hal yang harus kamu perhatikan, saat memainkan triangle, jangan menyentuh badan alat musik ini ketika sedang dibunyikan. Jika kamu menyentuhnya, maka akan mengurangi daya getar dan dapat menghilangkan respon ketukan yang dihasilkan oleh triangle.

Memukul triangle pun harus menggunakan teknik. Triangle dipukul pada sisi luar ketika kita memainkan musik biasa. Tetapi, jika irama musik membutuhkan perubahan yang cepat, maka pukulan harus dilakukan pada sisi dalam dan akan menghasilkan suara yang lebih keras.

6. Rebana

rebanajepara.blogspot.com

rebanajepara.blogspot.com

Rebana atau dalam bahasa Jawa dikenal sebagai terbang, adalah gendang yang bentuknya bundar dan pipih. Bingkainya terbuat dari kayu berbentuk lingkaran yang salah satu sisinya dilapisi dengan kulit kambing.

Pertunjukan tari Zapin di Indonesia, Brunei, Malaysia dan Singapura sering menggunakan rebana untuk dijadikan sebagai pengiring kesenian tersebut. Selain itu, rebana juga digunakan untuk mengiringi kelompok kasidah dan hadroh.

7. Konga

Alat musik ritmis bernama conga atau konga

wikipedia.org

Alat musik yang satu ini bernama conga, atau bisa juga dibaca konga. Bentuk konga hampir mirip dengan kedang, tetapi ukurannya lebih panjang dan bentuknya lebih unik. Konga merupakan alat musik yang terbuat dari kayu sebagai badannya dan kulit untuk menghasilkan suara.

Konga juga dilengkapi dengan penyangga untuk membuatnya berdiri. Penyangga ini biasanya terbuat dari besi.

Memainkan konga ini cukup mudah, seperti gendang, kamu cukup memukul kulit yang akan menghasilkan bunyi dengan menggunakan tangan secara langsung

8. Marakas

Alat musik ritmis bernama marakas

tokopedia.com

Marakas merupakan alat musik tradisional yang menghasilkan suara semarak dan rincik. Suaranya mirip dengan suara di daerah pantai dengan hembusan angin yang cukup kencang.

Untuk memainkan alat musik yang satu ini, kamu cukup menggoyangkannya, nanti butiran kecil yang ada di dalam marakas akan saling bergesekan dan menghasilkan suara.

Contoh Memainkan Alat Musik Ritmis – Lagu Kincir-Kincir

#2. Alat Musik Melodis

Nah, kalau alat melodis ini memiliki nada dan irama. Di dalam sebuah lagu itu ada notasi, yang do re mi fa sol la si do itu lho. Nah, alat musik melodis ini mampu memainkan nada-nada tadi, dari do sampai si.

Cara memainkan alat musik melodis ini bermacam-macam, yang dipetik, ditiup, digesek, dihisap dan ditekan. Tergantung alat musik yang dimainkan itu apa.

Contoh Alat Musik Melodis

Beberapa contoh alat musik melodis yang mungkin sudah kalian ketahui.

1. Recorder

loveyourguitar.com

loveyourguitar.com

Recorder ini sering sekali dimainkan oleh anak-anak, disamping mudah didapat harganya pun juga murah. Walaupun memainkan recorder cuku mudah, tapi ada beberapa teknik yang cukup sulit untuk dilakukan oleh seorang anak.

Recorder adalah salah satu jenis alat musik melodis yang cara memainkannya dengan ditiup. Sumber bunyinya berasal dari tekanan udara karena tiupan yang dilakukan saat memainkannya.

2. Pianika

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Nah, alat musik yang satu ini bentuknya mirip keyboard, adalah cara memainkannya. Kalau keyboard cukup ditekan langsung keluar bunyinya karena memakai listrik. Pianika perlu ditiup dulu baru deh ditekan tuts-nya, kalau hanya ditekan saja tidak akan keluar suaranya.

Pianika ini biasa dimainkan sebagai alat pembelajaran di sekolah-sekolah. Pianika digunakan sebagai alat pembelajaran karena ukurannya yang tidak terlalu besar, harganya tidak mahal dan tentu saja memainkannya cukup mudah.

Karena ditiup untuk memainkannya, pianika ini termasuk golongan alat musik tiup.

3. Gitar

musician-makers.com

musician-makers.com

Gitar adalah alat musik yang memainkannya dengan cara dipetik. Gitar terdiri dari bagian badan dan leher yang padat. Bagian leher digunakan sebagai tempat senar yang biasanya berjumlah enam buah.

Secara umum ada dua jenis gitar, gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik adalah gitar yang bagian badannya memiliki lubang. Sedangkan gitar elektrik bagian badannya tidak berlubang, walaupun pada awalnya juga berlubang. Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan badan padat pada gitar elektrik dinilai lebih sesuai.

4. Biola

ordinaryhappilyeverafter.com

ordinaryhappilyeverafter.com

Biola adalah alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Biola mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda antara satu senar dengan senar yang lain.

Selain nama biola, nama lain yang biasa digunakan untuk menyebut biola adalah fiddle. Biola biasanya disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional.

5. Harmonika

suzukimusic.co.uk

suzukimusic.co.uk

Harmonika adalah alat musik yang memainkannya harus dengan ditiup. Cara memainkannya adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara.

Harmonika modern ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann pada tahun 1821. Awalnya, harmonika merupakan sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam. Plat getar tersebut disusun secara horizontal dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Ternyata alat musik melodis yang tradisional pun juga ada nih. Ini nih beberapa alat musik melodis tradisional yang ada di Indonesia.

6. Angklung

suarabambu.wordpress.com

suarabambu.wordpress.com

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berkembang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan.

Bunyi dihasilkan karena benturan badan pipa bambu, sehingga terdengar bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 dalam tiap ukuran angklung, baik yang besar maupun kecil.

Dalam bukunya Dictionary of the Sunda Language yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, Jonathan Rigg menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu. Bambu tersebut dipotong ujung menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, kemudian diikat bersama dalam suatu bingkai dan digetarkan untuk menghasilkan bunyi.

7. Bonang

mastergamelan.blogspot.com

mastergamelan.blogspot.com

Bonang Barung adalah salah satu instrumen dari seperangkat Gamelan Jawa. Bonang dibagi menjadi dua macam, yaitu Bonang barung dan Bonang penerus. Cara memainkan bonang adalah dengan dipukul pada bagian atasnya.

8. Kecapi

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Kecapi ini mirip dengan gitar, cara memainkannya dengan dipetik.

Contoh Permainan Musik Ritmis dan Melodis dengan Lagu Anoman Obong

Nah, itu tadi beberapa alat musik ritmis dan melodis. Selain musik sebenarnya ada juga seni lainnya yang cukup menarik utuk dipelajari, namanya origami. Origami berbentuk naga mungkin bisa kamu cobain untuk latihan.

Leave a Reply