Cara Menghias Kue Ulang Tahun Anak yang Sederhana dan Mudah

Sebuah kue tentu tidak akan menarik tanpa kita menghiasnya dengan berbagai macam bahan. Kue akan tampak indah dengan hiasan seperti coklat, buah-buahan, whipped cream, fondant, dan bahan lainnya. Selain sebagai penghias kue, bahan-bahan tersebut juga akan menambah rasa.

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menghias kue adalah krim dengan berbagai warna. Dan, kue yang memiliki hiasan cantik dan indah adalah kue ulang tahun. Apalagi kalau kue ulang tahunnya untuk anak-anak, tentu memiliki bentuk yang lucu dan menarik.

Menghias kue ini sebenarnya berfungsi untuk membuat tampilan kue menjadi lebih menarik ketika disajikan. Tetapi menghias kue ini lebih dari pada itu, hiasan pada kue bertujuan menutup dan memperbaiki kekurangan yang ada pada bagian kue yang rusak.

Tetapi kita butuh kreativitas ketika akan menghias sebuah kue sehingga memiliki bentuk yang menarik. Oleh karena itu kita perlu latihan dan mengetahui cara menghias kue ulang tahun yang baik. Bukan cuma itu saja, kita juga perlu mencari referensi bentuk dan bahan hiasan kue yang saat ini sedang digemari.

Dari pada penasaran, mending kita belajar bareng-bareng bagaimana caranya menghias kue untuk ulang tahun itu.

1. Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream

Kue yang dihias dengan buttercream

livforcake.com

Buttercream adalah salah satu jenis krim yang terbuat dari mentega dan gula. Kita bisa membuat berbagai macam hiasan menggunakan krim yang satu ini. Buttercream bisa digunakan untuk menutup seluruh permukaan kue sebelum dihias. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai frosting pada cupcake atau hiasan dekorasi yang kita bentuk menggunakan piping bag yang sudah dipasang spuit.

Kita juga bisa mengubah buttercream menjadi berbagai macam warna yang berbeda, tergantung penggunaannya saja. Cukup ditambahkan sedikit pewarna makanan saja, atau bisa juga dengan menambahkan perisa yang mungkin cocok dengan tema kue ulang tahunnya.

Menutup Kue Ulang Tahun dengan Buttercream

Buttercream

brianarestoblog.blogspot.co.id

Sebelum menutup kue ulang tahun, kita membutuhkan alat seperti scrapper, pisau kue bergerigi, spatula, botol semprot yang berisi air, dan meja putar. Kue yang akan dihias juga harus sudah dingin, kalau bisa disimpan dulu di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Pertama kita letakkan kue di atas meja putar, lalu rapikan bagian samping dan atas menggunakan pisau bergerigi tajam agar permukaan kue menjadi halus.

Setelah itu poles cake menggunakan buttercream dengan tipis terlebih dulu, gunakan spatula atau pisau oles untuk meratakan. Langkah ini dimaksudkan agar remah roti yang ada di permukaan kue menempel dengan sempurna.

Setelah seluruh permukaan kue tertutupi semua dengan buttercream yang tipis, saatnya untuk menambahkan buttercream dengan tebal. Masukkan buttercream ke dalam piping bag, lalu semprotkan secara merata pada seluruh permukaan kue, mulai dari bagian samping dan atas.

Meratakan buttercream pada permukaan kue

craftsy.com

Kemudian gunakan scrapper, sebuah alat yang berbentuk seperti papan tipis terbuat dari plastik atau stainless steell untuk merapikan polesan buttercream pada bagian samping dan atas kue. Cara menggunakan scrapper ini adalah dengan mengatur posisinya 90 derajat terhadap meja atau alas, lalu miringkan 45 derajat pada permukaan kue.

Agar mendapatkan hasil yang bagus dan halus, semprot kue dengan air memakai sprayer, lalu rapikan lagi permukaan kue menggunakan scrapper dengan memutar meja putar saja.

Setelah semua permukaan kue tertutupi buttercream dengan rapi, masukkan kembali kue ke dalam kulkas selama 3 jam atau lebih, agar buttercream menjadi padat dan kokoh, baru kue siap untuk dihias kembali.

Nah, sebenarnya selain digunakan untuk melapisi permukaan agar halus, buttercrea, juga bisa digunakan untuk menutup kue yang tidak rata.

Menghias Kue Menggunakan Buttercream dan Wafer Coklat

Menghias kue dengan butter cream dan wafer

jurnaldapur.blogspot.co.id

Selain menyelimuti permukaan kue menggunakan buttercream, kita juga bisa menghiasnya dengan berbagai macam bentuk. Kali ini kita akan menghias kue dengan buttercream coklat, wafer berlapis coklat, atau permen coklat. Dan tentu saja kue yang menjadi dasar untuk dihias.

Poles terlebih dahulu kue menggunakan buttercream seperti cara yang sebelumnya telah dilakukan. Setelah semua permukaan kue tertutupi, tempelkan wafer coklat pada sisi kue. Kemudian taburkan permen coklat di atas kue yang sedang kita hias sampai semuanya tertutup.

Kita tinggal menyimpannya di dalam kulkas selama 3 jam, daru deh disajikan.

2. Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Fondant

Kue yang dihias menggunakan fondant

craftsy.com

Fondant atau yang biasa disebut sebagai icing sudar atau pasta gula adalah salah satu jenis bahan yang digunakan untuk dekorasi kue. Bentuknya padat tapi elastis, sehingga mudah dibentuk, bahkan terlihat seperti lilin mainan. Bedanya dengan mainan, fondant ini bisa kita makan dan rasanya manis.

Kita akan mudah mendapatkan fondant di toko-toko bahan kue terdekat. Tapi, kalau memang nggak nemu, bisa kok bikin sendiri dengan bahan dan cara membuat fondant yang mudah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat fondant aldalah sirup glukosa, gelatin, gliserin, mentega, gula khusus untuk kue, air dingin, dan ekstrak vanila. Semua bahan tersebut dicampur sampai menjadi seperti lilin mainan.

Kalau kamu menggunakan fondant yang siap pakai, kadang teksturnya setekah dikeluarkan dari kemasan cukup keras. Nah, kalau hal itu terjadi, kamu perlu menguleni pasta gula ini terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghias kue.

Untuk menghias kue ulang tahun menggunakan fondant, kita juga memerlukan pewarna makanan karena sebagian besar fondant itu warnanya putih. Jadi dengan sedikit memberikan pewarna makanan, kita akan memperoleh fondant dengan aneka warna.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai menghias kue, terlebih dahulu siapkan bahan dan juga alat yang diperlukan ya.

  • Kue yang akan dihias
  • Fodant
  • Tepung Maizena
  • Pewarna makanan
  • Penggilas adonan
  • Gunting
  • Pisau
  • Rolling cutter
  • Meja dekorasi untuk kue

Langkah-langkah Menghias Kue Menggunakan Fondant

Menutup kue menggunakan fondant

cakes.com

  1. Letakkan terlebih dahulu kue di atas meja dekorasi untuk kue.
  2. Siapkan pola atau gambar yang akan digunakan untuk menghias kue. Pola ini digunakan untuk mempermudah saat pengerjaan.
  3. Selanjutnya, warnai terlebih dahulu fondant dengan warna yang kamu inginkan. Ambil beberapa bagian fondant, kemudian tetesi sedikit pewarana makanan, lalu uleni sampai warnanya berubah semua.
  4. Taburkan tepung maizena di atas meja, lalu giling fondant menggunakan penggilas adonan dengan ketebalan yang kamu inginkan. Pastikan ketebalannya jangan terlalu tipis agar fondant tidak mudah sobek.
  5. Setelah itu, olesi kue menggunakan krim sampai semua permukaannya tertutupi, lalu letakkan fondant sampai menutup seluruh kue.
  6. Ratakan fondant samapi mebentuk seperti bentuk kue dasarnya, pastikan juga tidak ada bagian fondant yang menggelembung. Lalu potong bagian bawah yang lebih lebar dari kue agar terlihat lebih rapi.

Setelah seluruh permukaan kue terselimuti dengan fondant, kita tinggal memberikan hiasan lain deh. Kamu bisa membentuk beraneka macam bentuk menggunakan fondant. Bisa bentuk hewan, tokoh kartun, bunga, bangunan, atau bentuk abstrak. Tinggal buat yang menarik dan lucu saja agar anak-anak suka.

Gimana? Cukup mudah kan menghias kue ulang tahun dengan buttercream dan fondant? Ya, walaupun teorinya terlihat mudah, tentu kamu membutuhkan praktek yang banyak agar hasilnya bagus. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply