Cara memasak daging kambing

Cara Memasak Daging Kambing Biar Empuk dan Tidak Bau

Cara memasak daging kambing yang benar itu gimana sih? Biar daging nggak bau dan bisa empuk gitu lho.

Kamu suka makan daging nggak?

Kalau suka, biasanya makan daging apa? Ayam, sapi, atau kambing?

Kebanyakan orang di Indonesia lebih suka daging ayam ataupun sapi. Jarang banget yang suka makan kambing sebagai hidangan kesehariannya.

Paling kalau mau menikmati kambing beberapa kali saja dalam sebulan. Soalnya, kalau makan kambing kebanyakan bisa bikin darah tinggi.

Yah, kalau kebanyakan emang nggak baik sih. Orang kalau makan nasi kebanyakan juga tentu bisa bikin obesitas. Pokoknya semua yang kebanyakan-kebanyakan itu nggak baik, udah gitu aja, hehehe.

Karakteristik Daging Kambing

Sebelum memasak daging kambing, kita harus tahu dulu ciri-ciri daging kambing.

  • Daging kambing memiliki aroma yang khas, orang Jawa menyebutnya bau prengus.
  • Warna dari daging kambing adalah merah cerah. Tapi, jika dibiarkan terlalu lama, maka warnanya akan berubah jadi merah pucat, atau merah agak coklat.
  • Tekstur daging kambing lebih lembut jika dibandingkan dengan daging sapi.

Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Bau

Cara mengolah daging kambing agar tidak bau
hawaku.com

Sekarang, kita akan belajar cara mengolah daging kambing biar tidak ada bau prengus nya. Itu lho, bau khas kambing yang buat beberapa orang mengganggu.

1. Hilangkan Lemak pada Daging

Biasanya, bau prengus atau bau khas daging kambing muncul dari lemak yang menempel di daging. Karena itulah sebaiknya lemak di daging dibuang terlebih dahulu.

Kamu bisa menghilangkan lemak dan memisahkannya kalau memang ingin tetap memasak. Tapi, kalau nggak mau dimasak, bisa langsung dibuang aja tuh.

Cara menghilangkan lemak yang mudah tentu dengan menggunakan pisau tajam. Selain itu, kamu bisa mencoba memasukkan daging kambing ke dalam freezer terlebih dahulu. Baru setelah membeku, kamu bisa mudah memisahkan lemak dan dagingnya.

2. Beri Air Perasan Jeruk Nipis

Seperti halnya menghilangkan amis pada ikan, kamu bisa mencoba menghilangkan bau kambing menggunakan jeruk nipis. Siram saja air jeruk nipis ke daging kambing dan ratakan ke seluruh permukaannya.

Diamkan 30-60 menit sampai air jeruk nipis meresak ke dalam daging. Baru setelah itu, kamu bisa mencuci daging sebelum dimasak.

3. Taburi Garam Beryodium

Bau prengus pada daging kambing juga bisa dihilangkan menggunakan garam beryodium lho. Taburi saja daging dengan garam beryodium, kemudian diamkan selama 60 menit. Setelah 60 menit, cuci daging kambing menggunakan air bersih sebelum dimasak.

4. Gunakan Rempah Pilihan

Kalau kamu sudah terlanjur mencuci daging kambingnya, maka cara paling ampuh menghilangkan bau kambing adalah mengolahnya menggunakan rempah khas Indonesia.

Kamu bisa menggunakan rempah yang memiliki aroma kuat untuk penghilang bau. Misalnya saja serai, daun jeruk, jahe, kemangi, kapulaga, cengkeh, dan rempah lainnya yang punya bau khas yang kuat.

Cara Memasak Daging Kambing Biar Cepat Empuk

Cara membuat daging kambing empuk
tasteofhome.com

Setelah berhasil mengatasi bau kambing, sekarang kita mencoba membuatnya jadi empuk ya.

1. Pakai Daun Pepaya

Orang-orang zaman dahulu, sering menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging. Kamu bisa nih mencobanya sendiri di rumah.

Pertama, cuci terlebih dahulu daun pepaya yang baru kamu petik. Setelah itu, bungkus daging yang masih mentah menggunakan daun papaya. Diamkan selama 1-2 jam agar tekstur daging melunak. Baru deh setelah itu kamu bisa mengolahnya dan mendapatkan tekstur lebih empuk.

2. Gunakan Parutan Nanas

Parut nanas mudah, kemudian baluri daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan parutan nanas. Diamkan selama 5-7 menit saja, jangan lama-lama. Kalau kelamaan, nanti daging malah jadi terlalu empuk dan hancur ketika dimasak.

Menggunakan nanas ini adalah cara paling ampuh membuat daging jadi empuk. Tapi, yang saya rasakan kalau menggunakan nanas ini sedikit merubah cita rasa dari daging kambing.

Yah, walaupun begitu, kamu bisa mencoba membuktikannya sendiri lho. Bisa saja yang saya rasakan cuma karena terlalu lama merendamnya saja.

3. Lumuri Parutan Buah Pir

Selain nanas, kamu juga bisa menggunakan buah pir lho buat mengempukkan daging. Selain bikin empuk, buah pir juga bisa menghilangkan bau prengus dari kambing.

Mirip seperti cara menggunakan nanas, kamu cukup parut buah pir. Kemudian, lumuri daging kambing pakai parutan pir tersebut. Diamkan beberapa saat, lalu cuci dan olah sesuai dengan keinginan kamu.

Penutup

Cara memasak daging kambing di atas bisa kamu coba sendiri di rumah ya. Biar, masakan kamu tidak bau dan cepat empuk serta enak rasanya.

Kamu bisa memasak berbagai jenis olahan, mulai kambing kecap, asam manis, ala arab, bumbu kuning, masak cabe ijo, kebuli, gulai santan, dan lainnya. Semua masakan enak & lezat, yang penting tektur dagingnya lembut dan lunak aja.

Tapi ingat ya, jangan banyak-banyak makannya, nanti kolesterol bisa naik. Tetap sederhana saja, biar sehat dan bisa mengolah makanan lainnya.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.